Satu hal yang saya belum mengerti dan pahami, tapi membuat saya penasaran selama ini adalah soal pertambangan. Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil pertambangan. Ada begitu banyak tambang di negara ini yang menjadi sumbeer pendapatan negara ini. Tapi begitu mendengar kata tambang, asosiasi yang muncul dibenak saya tidaklah positif. Pencemaran, adalah sebuah kata yang muncul pertama kali. Kenapa ? karena hal itulah yang sering diekspos oleh media, baik televisi, internet atau film yang biasa saya tonton.

Pertanyaannya adakah tambang yang “bersih” , ramah lingkungan dan juga “ramah” bagi penduduk sekitarnya ? Kalaupun pastinya dibutuhkan banyak biaya, usaha dan juga komitmen penuh dari pengelola tambang sendiri.

Sekali lagi pertanyaanya , Apakah ada ?

Jawabannya, Ada !

Hasil bacaan di Internet menyatakan ada sebuah tambang, PT Newmont Nusa Tenggara di pulau Sumba Nusa Tenggara, sebuah daerah yang indah permai memiliki sebuah tambang yang beroperasi menghasilkan tembaga dan mineral ikutan emas.

Yang saya cukup salut dengan keterbukaan mereka pada media dan juga masyarakat, bagaimana mereka mengelola tambang dengan efisien tapi ramah lingkungan. PT Newmont Nusa Tenggara mengundang banyak orang untuk melihat langsung proses yang ada didalam tambang mereka. Dan mempersilahkan orang untuk menyebarluaskan informasi ini di jagad maya ke seluruh dunia. menurut saya transparasi mereka terhadap publik memperlihatkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi bahwa perusahaan ini beraktivitas semaksimal yang mereka paparkan kepada khalayak ramai. tindakan berani tapi jujur membuka diri adalah hal yang tidak semua perusahaan mau lakukan. ada niat dan tujuan baik alam hal ini.

dari berbagai bacaan mengatakan betapa Tambang Newmont Nusa Tenggara berjalan dengan efektif, melakukan pengelolaan lingkungan yang baik, bermanfaat bagi wilayah sekitarnya, menerap tenaga kerja lokal dan juga memberikan sumbangsih cukup besar terhadap pendapatan negara. bisa menjadi panutan bagi tambang lain di Indonesia.

menarik sekali untuk menyaksikan dengan mata kepala sendiri bagaimana tambang ini beroperasi. Semoga saya dapat melihatnya secara langsung. sungguh elok apabila semua tambang di Indonesia bisa beroperasi seperti PT Newmont Nusa Tenggara.

Kalau ingin tahu lebih banyak lagi silahkan Baca lebih lanjut di website resminya http://www.ptnnt.co.id/id/Default.aspx
follow akun twitter resminya di @NewmontID atau laman Facebook mereka di https://www.facebook.com/NewmontID/?fref=ts

3 comments

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.