Dalam perjalanan #NewmontBootcamp ini saya takjub dengan kemajuan teknologi di bidang pertambangan. Mulai dari pabrik yang besar , sistem penanganan lingkungan yang mumpuni, dan banyak lagi.

Tapi ada satu mesin yang menarik perhatian saya. Mesin Raksasa pengangkut bijih batuan dari Mine Pit Batu Hijau, sang Permata Raksasa ke mesin Crusher. Sang Haul Truck !

Alhamdulillah kami berkesempatan melihat lebih dekat Haul Truck,  Kendaraan ini BESAR sekali. Tingginya 6 meter, Naiknya saja harus pakai tangga. Sekali angkut bisa 240 ton batuan ! Salut sama drivernya. Kendaraan roda 6 ini memiliki ban super besar, yang harus diganti karena aus setiap maksimal 5-6 bulan sekali. Harga satu ban nya senilai US$3000. Setiap kali mengisi bensin 5000 liter dengan masa pakai 24 jam. Silahkan dihitung biaya maintenance nya.

Kami juga sempat berjumpa dengan salah satu pengemudinya, Mbak Rita atau akrab Itot yang merupakan seorang wanita asli Sumbawa. Hebat sekali Mbak Itot ini, sudah sangat berpengalaman membawa Haul Truck. dan dia bukan wanita satu-satunya drivel Haul Truck disini.

Saya berkesempatan naik keatas Haul Truck dan diberi izin untuk duduk sebentar di kursi kemudinya. Kendaraan ini besar dan luas sekali ! berulang kali saya menyebutkan kalimat ini. Banyak tombol di panel kemudinya. saya takut menekan tombol manapun ! Takut truck nya jalan, sementara dibawah banyak orang sedang berfoto. jadi duduk sebentar, berpose ala pengemudi Haul Truck,  lalu turun.

Tidak sembarang orang bisa mengendarai Haul Truck. ada pelatihan yang intensif dan panjang. Karena cara mengemudikannya pun tidak mudah. ada protokolnya.

Saya berkesempatan mengikuti training mengendarakan Haul Truck di Mining Centre PT Newmont. pelatihan dilaksanakan didalam simulator 4 D terbaru. Dimana ada program komputer yang mengatur supaya terasa dalam Haul Truck aslinya. Seorang instruktur dan programer membantu saya belajar mengemudikan Haul Truck. Ada beberapa layar yang menyerupai kaca dalam Haul Truck. protokolnya sebelum menyalakan mesin, tekan klakson 1 kali. Lalu , starter mesin  agak lama. kalau kurang lama tidak akan kestart.

Setelah berhasil distart, tekan klakson lagi 3 kali untuk memberitahu orang disekitar bahwa Haul Truck akan jalan. lalu masukan gigi ke D untuk jalan. Haul Truck memakai perseneling otomatis. Setirnya tidak bisa dibilang Ringan, walau Power steering, tapi rasanya berbeda dengan kendaraan biasa. mungkin karena ukurannya yang raksasa.

Dalam simulasi, saya diminta untuk berbeloik, mengikuti jalan yang ada. lalu berhenti saat ada Haul Truck lain lewat. Lalu instruktur meminta programer untuk menurunkan hujan, lalu turunlah hujan buatan dilayar. seru sekali. seperti asli, Lalu Instruktur meminta programer untuk simulasi kebakaran terjadi dalam Haul Truck.

Sirine tanda bahaya berbunyi nyaring. saya diminta instruktur untuk menghentikan Haul Truck. tapi karena penasaran, saya kurang menghiraukan instruktur. saya pacu Haul Truck mendekati lereng Mine Pit dengan harapan saya akan rem mendadak ketika sudah dekat. Keisengan saya berbuah hampir celaka, ternyata tidak mudah menyetir haul truck dengan kecepatan tinggi. proses beloknya pun menjadi sulit…

Lereng Mine Pit semakin dekat…

Cekungan berwarna Turquoise mulai terlihat jelas

Sementara perlambatan Haul Truck masih kurang.. masih berlari menembus jalan

Kaki saya menginjak pedal rem kuat-kuat…

Lalu terasa getaran kuat di kursi kemudi, disertai jeritan orang-orang.

Haul Trucknya hampir terjungkal kedalam Mine Pit yang dalam itu….

untung saja ini simulasi. bukan kejadian nyata. tapi memang tidak mudah mengendarai raksasa ini. perlu pelatihan, kesabaran, dan juga komitmen menjalankan Standar Operation Procedure. karena berkaitan dengan keselamatan banyak jiwa.

Sungguh penglaman yang seru. saya mau lagi, tapi antrian untuk mencoba simulator sudah panjang, saatnya yang lain mencoba.

IMG_20160215_113353
Berpose di Ban Haul Truck bersama gerald dan Pelangi dari Metro TV dan Maha Chakry dari Berita Satu #Newmontbootcamp
IMG_20160215_113307
Mencoba menyandarkan beban hidup kepada haul Truck yang kuat #Newmontbootcamp
IMG_20160215_114415
Kegirangan duduk di kursi kemudi Haul Truck #Newmontbootcamp
IMG_20160215_112800
#Newmontbootcamp Next Top Model berpose di haul Truck
IMG_20160215_112142
Mbak Itot yang Jagoan. Driver wanita asal Sumbawa #Newmontbootcamp
IMG_20160215_151149
Gara-gara penasaran, akhirnya hampir menjungkalkan Haul Truck di Simulator #Newmontbootcamp

4 comments

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.