Salah satu orang paling pelit di dunia adalah pengendara yang tidak mau kasih jalan buat orang menyeberang atau memutar balik kendaraan !

Memberikan kesempatan untuk orang menyeberang atau memutar balik seharusnya bukan hal yang sulit atau memakan waktu yang lama, apalagi mahal. Tapi sekarang di Kota besar seperti dan Jakarta & Bandung, sepertinya makin banyak yang makin pelit melakukannya.

Ketika ada pejalan kaki mau menyeberang, kadang kesulitan karena banyak yang sepertinya memacu kendaraanya semakin kencang, seakan dikejar hutang, sampai tak mau memberi kesempatan lewat.

Atau ketika ada kendaraan lain mau memutar balik arah, entah kenapa banyak yang merasa rugi untuk memberikan waktu 10 detik untuk membiarkannya lewat.

Terkadang seperti sengaja tidak dibiarkan lewat. Yang penting duluan. Klakson dipencet sekuatnya supaya yang memutar tidak menghalangi jalan. Pedal gas ditekan sekencangnya, tak mau kehilangan kecepatan kendaraanya. Tampak mengintimidasi seakan tak perduli orang mau menyeberang atau memutar balik kendaraan. Padahal lampu sein dan tangan sudah melambai-lambai meminta diberi jalan…

Sampai dalam kasus ekstrem , yang nyebrang atau memutar hampir tertabrak karena tidak diberi jalan. Beberapa saat berpikir, mau memutar balik kendaraan saja sudah bikin frustasi…

Hawa jalanan Indonesia memang sudah makin panas. Luapan emosi karena kemacetan sudah semakin merajalela…. Dan Tata cara berkendara sering sudah tidak sesuai saat ujian SIM dulu.

image

Tapi sudah sepelit itukah kita ? Sampai memberikan waktu 10-15 detik supaya orang bisa lewat saja enggan ? Sesibuk itukah kita ? Sampai kehilangan waktu 10 detik saja tak rela?

Tidak akan merugi uang juga! Bukankah kita manusia Indonesia seharusnya memiliki Budi pekerti, tepo seliro, Semangat berbagi ? Apa kabar ya mereka ?

Saya mohon luangkanlah waktu barang 10 detik memberi kesempatan orang menyeberang atau memutar balik kendaraan. Tidak akan bikin rugi Kok. Itu adalah bentuk dari kebaikan Hati manusia yang paling mudah.

Pergunakan rem. Yang pedalnya di tengah kalo di Mobil atau ada di stang motor. Bisa dipakai lho itu. Berhati-hati di Jalan Raya, dan hormatku sesama pengguna jalan yang lain.

4 comments

  1. I just want to mention I am all new to blogging and site-building and truly liked you’re website. Very likely I’m going to bookmark your site . You surely come with amazing posts. Many thanks for revealing your web page.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *