Perjalanan ini sebenernya sudah agak lama, setahun yang lalu. Ngendon di draft, tapi tak mengapa yang penting kenangannya masih segar menempel di kepala. #dasarbloggerpemalastapirajinjalanjalan

Tempat setahun yang lalu saat #AipTrip goes to Java , saya sempat melakukan road trip ke Jogjakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dan dalam kesempatan itu sempat mampir ke Blitar. Pas disana baper lalu rindu pantai. Setelah googling menggoggling, saya baru tahu kalau di Blitar juga ada Pantai. Tahunya ke Blitar ada makam Presiden pertama kita Soekarno. Makanya diputuskanlah pergi ke Pantai Tambakrejo.

Berbekal GPS dan pengetahuan minim soal Blitar plus Tanya sana sini, mengarahlah kendaraan saya ke arah Selatan , kira-kira sejam ke daerah Kademangan. Yang menakjubkan perjalanan cukup naik turun melewati perbukitan yang cukup cantik. Agak nyesel rasanya gak turun dan foto-foto.

Sampai akhirnya bau laut tercium di udara. Ah pantai sudah dekat.

Lalu terlihatlah pemandangan biru-biru kesayangan. Pantai.

Pantai Tambakrejo modelnya hampir mirip seperti banyak pantai di pulau Jawa. Dekat dengan pemukiman dan tempat jualan.

Tapi suasananya cukup sepi. Mungkin karena saya saya datang di hari Selasa. Kalau weekend katanya cukup ramai juga.

Setelah parkir langsung berlarian ke pinggir pantai.
Garis pantainya panjang sekali. Pasirnya coklat gelap dan cukup bersih.

Air lautnya bersih dan dipinggir Pantai Tambakrejo masih banyak biota laut yang hidup

Karena sepi, enak sekali jalan-jalan disini, sampai tetiba ada dua orang pemuda main motor-motoran. Mereka bawa motor trail sampai ke laut. Lalu mesinnya mati. Entah maksudnya apa ? 

Yang seru disana ada banyak batuan dan Karang yang kalau surut bisa jadi aquarium gratis. Ada banyak biota laut terperangkap dalam kolam-kolam kecil tenang. Mulai dari aneka macam ikan , bintang laut sampai keriting ada. Dilihat saja ya, jangan dipanggil. Apalagi dibawa pulang. Kasihan.

Lama juga saya menikmati keindahan Pantai Tambakrejo mau nyoba ngukur panjang pantai.

Sepulang dari sana dekat saja dari Pantai ada penjualan ikan asap. Aromanya sudah menggoda sejak di pantai tadi . Di kios-kios selain dijual ikan segar juga dijual aneka ikan yang sudah diasap. Baunya enak banget. Potongan ikan tuna dijepit potongan Bambu lalu dipanggang diatas bara api. Ada juga ikan utuh yang dipanggang.

Harganya murah tergantung besar potongan ikan nya. Rp. 5000 sudah dapat sepotong besar. Rasanya sedap sekali. 

Ikan segar dengan daging yang tebal dengan aroma asap yang indah.
Ikan ini bisa dijadikan oleh-oleh. Tapi jangan lama-lama disimpan karena bukannya segar, paling hanya kuat dua hari 

Itulah sekolah perjalanan ke Pantai Tambakrejo, Blitar. Indonesia adalah negeri yang kaya. Ayok kita jelajahi supaya kita kaya akan pengalaman dan wawasan, tapi ingat jangan merusak lingkungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *