​    ​Dalam rangka ekonomi kreatif , sekarang tiap daerah seakan berlomba untuk menawarkan pariwisata baru dan bisa jadi alternatif pilihan wisatawan. Terutama wisata yang memberi fasilitas buat bergaya kekinian untuk diupload di social media. 

Tak terkecuali Brebes. Daerah penghasil Bawang Merah dan Telur Asin ini ternyata punya beberapa tempat baru yang menarik untuk dikunjungi.

Siapa sangka Brebes juga punya daerah pegunungan yang menarik. Dikelilingi banyak gunung, seperti Gunung Kumbang, Gunung Slamet, dll. 

Di tengah jajaran pegunungan ini ada kecamatan Salem yang lokasinya berbentuk seperti mangkok yang dikelilingi pegunungan. Wisata pegunungan ini memiliki banyak potensi menjadi daya tarik wisata. 

Salah satu yang menarik adalah Wanawisata Kalibaya Puncak Lio , pasir Panjang, Kecamatan Salem.  Disana banyak tempat dan aktivitas buat bergaya. Memasuki wilayahnya kita disuguhi oleh jejeran Pohon Pinus yang menjulang tinggi. Kesegaran alami langsung terasa. 

Di Wanawisata Kalibaya Puncak Lio ada banyak aktivitas yang bisa dijalani. Fasilitasnya komplit. 

Mau beraksi ?

Tinggal pilih ! 

Mulai dari nyobain motor trail dan ATV lengkap dengan jalurnya. Rasakan sensasi menaklukan Medan motortrail yang seru. Gaya kan ? 

Kalau mau nyobain off road disediakan mobil 4x 4 lengkap dengan jalurnya. Lebih panjang dibandingkan jalur motortrail dan ATV.  

Kalau mau bergaya dengan kuda, disana disediakan kuda untuk menyusuri hutan sekitar Kalibaya.

Mau Flying Fox juga bisa. Ada, tinggal Bilang. 

Kalau mau ngajak anak-anak juga tempat ini menyediakan aneka aktivitas outbound untuk anak-anak, mulai dari semacam rumah pohon dimana anak-anak bisa bermain di atasnya, ayunan dan banyak lagi. 

Disediakan pula fasilitas umum seperti toilet dan juga musholla. Disana juga ada cafe yang menyediakan aneka minuman hangat dan mie rebus penghalau dingin yang efektif,

Kalau datang kesini bersiap-siap memakai baju hangat atau jaket atau keduanya, karena udara disini dingin tapi segar sekali. Kalau bosan dengan kesumpekan Kota Besar yang bikin mumet komplit dengan bisingnya kendaraan dan pengapnya gas buangan knalpot, pergi kesini deh. Ngademin abiiis. plus udaranya segar banget.
Tapi satu keunggulan dari Kalibaya yang tak terbantahkan. Terpampang nyata. 

Pemandangannya. 

Pemandangan ke arah waduk Malahayu dan kota Brebes di kejauhan adalah bintang utama dari Wanawisata Puncak Lio Kalibaya.

dan ini dimanfaatkan dengan sangat maksimal oleh pengelola. Mereka menempatkan tempat foto bergaya. Aneka platforfm menara pandang terbuat dari kayu dipasang secara strategis untuk mendapatkan foto terbaik. di beberapa pohon pinus, yang harus dipanjat dengan tali pengaman. Tapi kalau mau mudah dan dapat pemandangan paling maksimal ya di platform utama depan cafenya.

Ada satu lagi permainan menarik disini yaitu Ayunan Angkasa. Jadi kalau mau main diikat dengan tali pengaman yang dikaitkan ke sebuah pohon kayu besar, lalu kita didorong sehingga terombang ambing di udara. Adrenaline Rush ! Melayang di udara hanya terikat tali. Tapi para peserta yang ikut happy banget kelihatannya. Awalnya pada takut. Tapi teriakan kaget berubah menjadi pekik riang gembira setelah terbiasa. 

Yang membuat saya terkesan adalah, disini pengelolanya adalah pemuda karang taruna. Karena awal ide pembuatan wana wisata Kalibaya ini emang datang dari mereka. Kesadaran memajukan daerah ini membuat mereka berpikir keras bagaimana supaya bisa mengemas potensi alam menjadi kawasan wisata ?

 Dengan perencanaan yang baik, dan bantuan investor akhirnya terwujud juga impian mereka untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya. Bisa dijadikan contoh buat daerah lain. Harus berperan aktif kalau mau maju. Jangan hanya menunggu ukuran bantuan pemerintah. 

Hasilnya ? Gaya banget kan pemuda setempat mengelola daerah wisata sendiri. 

Selama saya disana sinyal seluler lancar jaya kok. Kalau mau upload langsung ke social media bisa , Jangan lupa tag Instagram Kalibaya atau FB mereka di Kalibaya Park.
Kalau mau bergaya di Kalibaya Puncak Lio, bisa via Kota Brebes, ke arah Kecamatan Salem. Lewat waduk Malahayu, Bandungsari, nah dari sini harus hati-hati Pemirsah. Jalanannya menanjak dan berliku. Lumayan bikin deg-degan. 

Atau bisa via Majenang, sejam saja kurang lebih dari belokan ke Brebes dari Kota Majenang. 

Semua perjalanan itu akan terbayar dengan pemandangan keren, aktivitas seru, foto gaya dan kenangan manis dari Kalibaya

Masih banyak tempat keren di Indonesia buat dikunjungi. Yuk jalan-jalan lagi ! 

Peekholidays.com dan dianjuarsa.com pose ama payung di Kalibaya

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *