​Sekarang semakin banyak bermunculan destinasi selfie di Indonesia.

Apa itu destinasi Selfie? Itu lho tempat foto-foto cantik menawan buat dipost di social media kayak Instagram, Facebook atau Twitter. Terus dikomen Dan direpost deh sama orang-orang. 

Nah di Brebes sekarang ada Panenjoan Salem. Dalam Bahasa Sunda Panenjoan berarti tempat melihat.

 Eh Kok Nyunda sih? Ini kan di Brebes you know. 

Daerah Salem memang berbudaya dan berbahasa Sunda. 

Pas rombongan kita datang hujan baru selesai. Jadi agak becek. Maklum lah ya. Cuman terhibur dengan pohon-pohon Pinus yang mengelilingi Panenjoan Salem ini.

Masuk tempat wisata ini Kita harus bayar Tiket 5000 rupiah. Plus 5000 lagi buat nyobain semua gardu pandang yang ada disana. Sepuasnya. Bebas. Tapi ngantri ya, jangan rebutan. 

Masih saudaraan dengan Kalibaya Puncak Lio  , Panenjoan Salem merupakan destinasi kekinian yang menawarkan keindahan panorama Alam.

Setelah gerbang Kita langsung disambut dengan aneka payung dan caping warna-warni , sebagai aksen untuk mempercantik destinasi wisata ini.

Seiring dengan semangat kekinian, di Panenjoan Salem disediakan aneka gardu pandang, dengan view terbaik untuk selfie. Macam-macam bentuknya. Dari yang bambu seperti biasa. Ada juga yang bentuknya Love, bundar dsb.
Sebenarnya tanpa naik gardu pandang, Kita bisa menyaksikan Panenjoan Salem dengan pemandangan Indah dari perbukitan untuk melihat ke lembah dibawahnya.

Tapi kalau naik gardu pandang, keindahannya makin maksimal. Lebih keren buat foto-foto.

Pas kita datang sedang berkabut, jadi dramatis banget buat foto-foto.

Saran kalau kesana, mending pake baju warna-warni biar di foto warnanya jadi hidup dan menarik, kontras dengan pemandangan sekitarnya.

Disana juga ada banyak property buat foto-foto , seperti seperangkat Teko ini. Bisa foto seakan lagi minum Teh cantik di hutan Pinus. 

Di Panenjoan Salem masih dibangun aneka fasilitas penunjang. Dengan luas 13 hektar, prosesnya masih berlangsung. Masih dibuat beberapa gardu pandang lagi dan akan disediakan fasilitas outbound. Sepertinya bakal seru banget kalau udah jadi semua.

Susur Sungai dan Body Rafting di Ranto Canyon, foto minjem dari Ngadem.com

Sebenarnya masih ada satu objek wisata yang menarik disini yaitu Ranto Canyon. Disana kita bisa ikutan Body Rafting, setelah menyusuri sawah, tebing dan sungai. Seru banget kayaknya adventure disana. 

Cuman karena cuaca sedang jelek, kita tidak diizinkan ikutan. Keselamatan tetap nomer 1 gaes. 
Kalau mau dapat komplit paketnya Panenjoan Salem dan Ranto Canyon mending nginep deh.

Setelah nginep semalem, subuh liat Sunrise yang warbiyasak, terus lanjut Body Rafting. 

Disana disediakan homestay murah , Hanya Rp.50.000/ malam udah termasuk sarapan dan minuman Selamat Datang. Kalau mau hubungi aja Akang-Akang pengurusnya. 

Fasilitasnya masih sederhana di Rumah penduduk, Tapi masih layak dan bersih. Highlight nya adalah Pemandangan Panenjoan Salem dan Body Rafting di Ranto Canyon.

Sekali Body Rafting murah Kok, Rp. 35.000 saja. Ada juga paket-paket body rafting dan menginap dengan harga 100 ribu. Udah termasuk makan. Tanya saja sama Akangnya. 

Kalau mau tau lokasinya ini dia :

Panenjoan Salem

Dukuh Babakan, Wanoja, Salem, Wanoja, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52275

CP : 0853-1383-6654

https://g.co/kgs/kriOJQ

GPS Coordinates Panenjoan Salem

Salah satu peer ke Panenjoan Salem adalah jalan yang nanjak dan berliku kalau dari Brebes. Mending jalan siang-siang. Kalau bawa kendaraan pribadi , mesti hati-hati banget , karena ada tanjakan yang lumayan sulit sebelum Puncak gunung Lio.

Kalau dari Majenang jalannya relatif lebih datar, walau tetap ada turunan Dan tanjakan juga. Sejam lah dari belokan ke Brebes dari Kota Majenang. Pemandangan di jalannya juga kece. 

Kendaraan umum lewat sekali sehari. Jadi sebaiknya bawa kendaraan pribadi. Mobil atau motornya mesti dalam kondisi prima ya. Jangan ngantuk nyupirnya. 

Tapi dalam satu tujuan wisata bisa dapat banyak banget tempat wisata, mulai dari Puncak Lio Kalibaya, Panenjoan Salem, Ranto Canyon, dan semua pemandangan Indah di Kecamatan Salem , Brebes. Bisa juga mampir ke Waduk Malahayu.

Jangan khawatir soal fasilitas, disana semua sudah siap.

Selamat jalan-jalan. Masih banyak tempat lain yang bisa kita kunjungi di Indonesia. 

7 comments

  1. Just desire to say your article is as astounding. The clarity
    to your publish is simply great and that i can think you’re a professional on this
    subject. Fine with your permission let me to clutch your feed to
    stay up to date with coming near near post. Thanks 1,000,000
    and please carry on the rewarding work.

  2. Your style is so unique in comparison to other folks I’ve read stuff from.

    I appreciate you for posting when you have the opportunity, Guess I
    will just book mark this web site.

  3. You have made some really good points there. I looked on the internet for more info about the issue and found most individuals will go along with your
    views on this website.

Leave a Reply