Makassar adalah salah satu surga kuliner di Indonesia. Lokasinya yang strategis menyediakan aneka jenis bahan makanan segar dan berkualitas. Mulai dari aneka makanan laut, Aneka ternak, dan banyak lagi.

Penduduk Negeri Anging Mamiri ini sangat pandai mengolah aneka jenis makanan sehingga menjadikan hidangan lezat berkualitas dengan rasa yang tak terlupakan di lidah !!!

Kali ini #TemenAip mau diajak menelusuri aneka wisata kuliner Khas Makassar yang disukai selama #Aiptrip kesana

1. Rumah Makan Kota Daeng

Pertama, mari kita ke Rumah Makan Kota Daeng yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan KM.18, Sudiang, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90242, Indonesia
Telepon: +62 411 552575

Rumah Makan ini selain jadi tempat makan, juga punya toko oleh-oleh yang komplit. Terletak dekat bandara , sangat praktis buat makan sambil beli-oleh-oleh sebelum meninggalkan Makassar.

Disini disajikan aneka makanan laut alias Seafood alias sari laut. 

Kita pesen Ikan Sunu goreng , Udang Bakar, Ikan Rica-Rica , Sapo Tahu dan Ikan Bakar Bumbu Parappe. 

Condimentnya banyak. Ada beberapa pilihan sambal yang disajikan pas makan disini, mulai dari sambal dabu-dabu, sambal terasi, dan sambal mangga. Aduh yang terakhir seger bangett. Pedes-pedes asem manja gimana gitu. 

Keunggulan masakan di sini adalah bahan dasar yang fresh. Gosipnya, yang punya warung makan dulunya hanya penyalur bahan seafood. Terus kepikiran, kenapa gak bikin rumah makan ? Makanya seafood mereka dijamin fresh. secara penyalur gitu.

Ikan Rica-Ricanya Pedas ! Daging kerapunya mulus. Ditambah bumbu rica-rica yang berlimpah membuat lidah bergoyang ayayayaya.. sedap.

Ikan Sunu goreng nya juwara Duniya ! Potongan daging Ikan digoreng tepung, Crunchy diluar, moist didalamnya. dicowel sambal mangga plus sambal dabu-dabu.. alamaak.. Mertua lewat, gak keliatan (kalau punya mertua itu juga)

Ikan Baronang bakar parappenya sedap. Jadi bumbunya meresap karena dioles terus pas dibakar di panggangan.

Udang Bakarnya fresh ! Masaknya pas, sehingga teksturnya sesuai dengan pengharapan. Kalau terlalu mateng kan rada Alot. Ukurannya besar-besar. sekali lagi, dicowel sambal mangga plus sambal dabu-
dabu…alamak pacar lewat, gak keliatan (kalau punya  itu juga)

2.Jalangkote dan Pisang Ijo Lasinrang

Jalangkote adalah penganan khas Makassar yang rada mirip sama pastel. Waktu #AipTrip ke Makassar, diharuskan mampir kesini sama Bang Rafiq, mantan penyiar dan sekaligus bos radio-radio kondang di Indonesia.

 Jalangkote ini bentuknya mirip dengan pastel yang bikin beda itu isinya. Kalau pastel isinya sayuran , jalangkote lebih komplit , ada soun, wortel, telur rebus dan daging cincang. Kalau mau kesana mampir ke Jalan Lasinrang no. 11 A, Makassar.  Karena kiosnya kecil, kita bisa  melihat langsung cara pembuatannya. Ukurannya besar ! Harganya Rp.6.000,- sajah. Murah. Enak pisan pas dimakan saat panas, apalagi dicocol ke sausnya. Duh berasa pengen nambah terusss ! Biasanya si Jalangkote ini juga bisa dijadikan oleh-oleh dari Makassar. Digoreng setengah matang, lalu dibawa. 

Kalau sampai rumah tinggal digoreng lagi deh.

Sambil nunggu pesanan Jalangkote, sempet juga nyicip pisang Ijonya. 

Pisang Matang dibalut tepung beras dengan pewarna pandan, disiram bubur sumsum dan saus merah dan serutan es yang banyak. aduhay. Enak banget TemenAip ! Segar, gurih, manis, asin , semua tumbuuh jadi satuuuu #lalunyanyi

3.Rumah Makan Apong

Salah satu restoran Seafood yang terkenal adalah Rumah Makan APong. 

Menyajikan makanan halal berbahan dasar seafood. Jenis seafood mereka banyak banget. Udang, kepiting, cumi-cumi. Aneka ikannya lebih banyak lagi Ikan Sunu, Bandeng ( bolu) , Titang, Baronang, 
Papakulu, Kaneke, Cepa, Kudu-Kudu, Katamba, Kakap, Patikoli, Es Kolar, Bunga Baru, Ikan Muna (Tapi-Tapi), Sukkang, Salamata, dan banyak algi. Terus terang ga semua jenis ikan diatas saya paham.
Bisa dimasak dengan cara digoreng, dibakar,  woku ( pedas ala Menado) , Pallumara ( kuah kuning) , di Tim, Nano-Nano, Kuah Asam.

Kita makan di Apong cabang  Jl. Pangeran Diponegoro No.95, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90157, Indonesia
Telepon: +62 411 3612684

Jam buka · 11.00–14.00, 17.00–23.00

Restorannya agak fancy, makannya di ruang VIP yang ber AC. cociks buat makan yang privat dan intim ( apeuuu ) 

Sambil menunggu pesanan datang, kita disuguhi otak-otak dengan sambal Dabu istimewa. Sambal pedas pake Suravvung atau Kemangi. 

Aduh enak beneerr.

Pesanan kita pun datang , Ikan Bakar Parappe, Udang Masak Singapore, Pallumara Bandeng , Ikan Kudu-Kudu Goreng , Cumi Goreng Tepung dan Kangkung Asap. Disajikan dengan aneka kondimen macam sambal dabu dan kecap asin dan potongan cabe rawit. Makan jadi semangat deh.

Duh makanan disini memang terpuji rasanya deh. kesegaran seafoodnya benar-benar berkolaborasi dalam kerjasama hakiki dengan bumbu dan teknik memasak yang mumpuni !

Palumara Bandenganya Masya Allah, sedap banget TemenAip. Bandengnya sedap, kuah kuningnya terasa. Tidak amis. Teksturnya kenyal-kenyal bergembira. pas banget

Ikan Kudu-Kudu gorengnya digoreng tepung. Bentuknya lucu ikan kudu ini. Kotak bagai ikan buntal ala ala. Balutan tepungnya Crispy ,kress pas digigit, lalu lembut daging ikannya didalam.

Ikan Bakar Parappenya lumayan lah, tapi sinar kelezatannya terbayangi oleh yang lain. hahahaaha. Rasanya ada nuansa manis dan gurih

Udang masak singapore nya gurih, semacam Udang Telur Asin deh. Sedap.

Kangkung Asapnya beneran berasap. hahaha. Bumbunya enak, pake cumi dan telur puyuh.

Ada rasa ada harga. Harga disini lumayan lah, Mahal. Hahaha.  tapi kalau sebanding dengan rasanya kenapa tidak. Wajiblah mampir kalau ke Makassar

 

4.Coto Nusantara

Pagi-pagi pengen sarapan makanan khas makassar, ya Coto Makassar. 

Dan salah satu Coto paling populer adalah Coto Nusantara  di Jalan 

Nusantara no 2 dan punya cabang lagi di  Jalan Merpati No.2 dan 3, Kunjung Mae, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90113, 
Telepon: +62 813-4385-4785 jam buka 06.00–18.00.

saya makan di Jalan Nusantara dekat pelabuhan. Pagi-pagi sudah ramai. tercium bau Coto yang menari-nari di ruangan yang penuh dengan pengunjung. Setelah pesan , akhirnya datanglah itu Coto dalam mangkuk kecil. Cukup apa memenuhi selera lapar body ku yang aduhay ini ? Hajaar sajalah. 

Makan Coto pake Buras. Semacam lepat  yang dimasak dengan santan jadi lebih gurih. Ga cukup deh makan buras satu. Disajikan dengan jeruk nipis dan sambal pedas. 

Bisa juga sih makan sama ketupat. 

Yang juara dalah isiannya COto, ada daging, paru, hati, babat daaaan otak sapi TemenAip !!! Pagi-pagi makan berkolesterol hahahaah. 

Ternyata pas pulang baru tau, kalau kita bisa makan Coto pakai daging doang minus jeroan bagi yang pantang kolesterol. Makanya. Nanya dulu atuuh

Tapi semua isiannya enak, ga berbau dan teksturnya bagus. Apalagi otaknya, Nyaammmm !!! Kuahnya yang gurih , sedap sekali. DItambah jeruk nipis dan sambal rasanya makin mentereng. Ini salah satu Coto favoritkuh pokoknya. Paling enak menurut sayah.

5.Sop Konro Karebosi

Sebenarnya biasa makan Konro di daerah Casablanca atau Kelapa Gading, tapi mumpung ke Makassar, kenapa tidak nyobain makanan ini di daerah asalnya. ya kan? kita mengunjungi gerainya di Jalan Gunung Lompobattang No. 41-43, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90115, Indonesia
Telepon: +62 411 3612157 Jam buka 13.21–23.00 
Ada dua lantai, dan kita makan di lantai dua. Setelah melihat menu, akhirnya dipesan Sop Konro dan Konro Bakar.

Kenapa namanya Karebosi ? karena dulunya jualan di kaki lima dekat lapangan Karebosi , sehingga sekarang sukses membuka beberapa cabang, termasuk di Jakarta.

Rumah makan ini menyajikan menu Sop Konro , Konro Bakar, Sop Saudara, dan Es Pisang Ijo.
 
Sup Konro adalah masakan sup iga sapi khas Makassar. biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Kuahnya berwarna hitam karena menggunakan Buah Keluwek yang menimbulkan rasa gurih. 

Berbeda dengan rawon di Jawa Timur. Karena Rawon lebih banyak memakai keluwak, sementara Konro lebih sedikit dan memakai kemiri. 

Kalau Rawoon hanya menyajikan potongan daging berlemak, Konro disajikan dengan tulang iganya  sekalian.Menurut saya rasa Sop 

Konro lebih kompleks, karena banyak lapisan rasa di dalamnya. Ada gurih , asin, dan ada nuansa nutty di dalam kuahnya.

Sop Konro lebih sedap kalau dikucuri jeruk nipis dan juga sambal apabila suka pedas. Dagingnya empuk, sedap dimakan dengan nasi panas.

Kalau Konro Bakar , Potongan Iga Besar , yang telah dibumbui, dipanggang, lalu disajikan dengan saus kacang. Makannya pun dengan pisau dan garpu, dan disediakn kuah konro untuk menemani hidangan ini. Saus Kacangnya yang terasa manis. Ada aroma asap dalam daging iganya. Mudah dipotong dan makin seru makannya karena tulangnya besar sekali. hahaha.
Kesimpulannya rasanya sama dengan cabang yang di Jakarta. Berarti jago mereka di bidang kuality Control, bisa mempertahankan resep dan rasa di cabang yang berbeda.Patut diacungi Jempol !!

Hidup mesti dinikmati, jalan-jalan juga. Cobalah menu tradisional andalan daerah yang dikunjungi. Masakannya mencerminkan kebudayaan daerah setempatnya.

Demikian aneka kuliner Makassar kesukaan pas #Aiptrip. masih banyak lagi yang harus dicoba. mungkin ada usul ? boleh lah dikomen ya
 

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *