Halo #TemenAip apa Kabar ? Udah Makan belum ? penting ih pertanyaannya. Iya dong , kan #sokperhatian , #sokbanget deh

Makan dong, nanti Aku #KhaWATIR

Okay, pembukaan yang aneeehhh….

Jadi gini , Dulu saya sering pergi ke Majalaya. Sekarang jarang. Jangan tanya kenapa. Drama soalnya. Hahaha…

Tapi kalau ke Majalaya saya selalu pergi ke Rumah Makan Ciwalengke. Alamatnya di Jalan Raya Laswi No.184/216, Majalaya, Sukamaju, Bandung, Jawa Barat 40382, Indonesia
Telepon: +62 22 5950473

Tampak depan Rumah Makan Ciwalengke
Salah satu kegiatan unik kalau mau makan disini adalah mencari lokasinya. Buat yang belum tahu akan menjadi suatu ujian tersendiri. Walaupun terletak di jalan besar, Rumah Makan ini tidak memiliki papan nama. Polos aja seperti rumah biasa. Tapi kalau bingung tanya aja. Orang Majalaya baik-baik kok.

saya kasi koordinatnya deh di Rumah Makan Ciwalengke

Masuk kedalamnya berasa masuk ke mesin waktu, karena settingan tempatnya tak berubah sejak dahulu. Ada meja panjang tempat meletakan lauk pauk, dan tempat duduk panjang dari kayu bagi para tetamu.

Di meja, berjajar aneka jenis lauk pauk ala Sunda. Mulai dari ayam goreng, babat, ikan mas , Ikan Bawal, aneka tumisan dan banyak lagi menu yang menggairahkan nafsu makan.

Aneka macam lauk pauk ala Sunda
Cara makannya agak beda dari rumah makan Sunda lainnya. Biasanya kan ngambil nasi sendiri atau disuguhin nasi pakai bakul. kalau disini lain deh #TemenAip, Disini nasinya di ambilin sama si Tetehnya. 

Nasi , Lidah Sapi dan Tumis Lember

Nasi hangat dan pulen yang dikasih Teteh tinggal  ditambahin aneka menu masakan Sunda yang kita bisa pilih sendiri. Mau apa Hayooo.. Hidangan disajikan dengan lalapan segar dan sambal terasi yang juara.

Kalau mau diangetin, tinggal request ke Tetehnya. Langsung idgoreng atau dipanaskan sesuai permintaan. Tapi teteh ga menerima menghangatkan perasaan yang telah dingin beku oleh aliran waktu ya…

Dan seperti biasa kalau kesana pasti bingung mau makan apa. Abis pilihannya banyak banget sih.

Gule Otak Sapinya maknyuzz
Akhirnya saya menyendok Gulai Otak, Tumis Hareumis ( a.k.a kerang air tawar ) , dan kacang merah goreng berbumbu.

Jadi gulai otaknya beda sama masakan padang. Gulai atau Gule Sunda ada rasa manisnya, selain gurih. Tapi rempah-rempah yang dipakai begitu terasa. Sedep deh. Otaknya masih fresh, teksturnya pas untuk dimakan. Tumis Haremisnya enak sekali. Rebusan Hareumis ditumis dengan bumbu, bikin lidah bergoyang gembira. Sementara Kacang merahnya rasanya kompleks. bukan perumahan tapi. Teksturnya semi renyah, lalu terasa manis, asin dan secara perlahan ada rasa pedasnya. Jagoan deh membangun rasa.

Sambel Terasinya Juarak
Semua lauk dimakan bersama nasi pulen dan sambel terasi enaknya pakai banget. Mertua lewat ga kerasa deh pokoknya. Kalau mau tambah nasi tinggal minta lagi sama tetehnya.

Balakutaknya Gede-Gede

Yang menarik hari itu ada Kepala Kakap masak kuning. Saya mau nyobain tapi keburu udah ambil lauk lain. tampak menggoda sekali.

Kepala Kakap masak Kuning

Terus liat tumis belut, rendang daging, semur jengkol, sambal goreng tempe,  perkedel, Daging gepuk pakai serundeng, gurame goreng, aneka pepes, masakan cumi-cumi, tumis lember dan jamur merang, sate ati ampela ,gule Kambing, gule hati sapi, ayam masak kuning, paru, duh semua pengen dan enak-enak.

Aneka pepes , semur jengkol cs
Setelah makan selesai, baru deh dihitung. Masing-masing ditanya makan apa saja , nanti dihitung sam Tetehnya. Jangan sampai Darmaji ya ( Dahar Lima Ngakunya Hiji, alias makan lima, ngakunya satu) , prinsip kejujuran amat dijunjung tinggi di Rumah Makan Sunda seperti CIwalengke ini.

Gepuk atau Empal pakai Serundeng
Makannya cukup ekonomis, Nasi tiga, otak sapi 1,  Hati Sapi 1, pepes ayam 1, babat 1, kacang merah, haremis, gurame goreng 2 , semuanya jadi Rp.122.000,- sangat sepadan dengan rasanya yang enak dan otentik Sunda banget

Goreng Bawal, Gulai Kambing dan Hati Sapi
Pokona Rasana Raos Pisan #TemenAip

Mari kita jalan-jalan dan makan-makan lagi. Kalau ke Majalaya, jangan lupa makan di Ciwalengke deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *