Makan siang-siang di Cirebon yang sedap dimana sih ?

Paling mainstream ya makan Nasi Jamblang atau Empal Gentong.

Makan Nasi Jamblang deh, soalnya banyak pilihan lauknya. Tapi pengen ke tempat yang belum pernah. Secara Kedai Nasi Jamblang bertebaran di Kota Udang ini.

Ya di Nasi Jamblang Ibu Nur lah akhirnya yang dipilih, karena tempatnya dekat dari Grage Mall , Jalan Cangkring 2 no 34 Kejaksan , Cirebon , buka di maps Nasi Jamblang Ibu Nur

Disiang yang terik pas jam 12 , kami sampai di lokasi. Rumah Makan dua lantai bernuansa hijau kuning. Pasti keliatan deh.

Rumah Makan Nasi Jamblang Ibu Nur

Untung dapet Parkir yang deket, tapi pas turun, Antrian panjang menanti. Rame deeeh.. kayak ngantri sembako.

Antrian boook

Antriannya sampai keluar Rumah Makan saking panjangnya. Selalu ada mixed feeling kalau ngantri nya  panjang, pasti enak, tapi antrinya lamaaa. Hahahaa.

Walau panjang, antriannya relatif cepat dan tertib.

Didalam juga ramai. Jadi sistem disini, antri makanan ala perasmanan, diambilin Nasi Jamblang pilih sendiri lauknya, lalu dihitung dan dibayar.

Antriannya tertib kok
Suasana di dalam

Setelah mengantri selama 15 menitan,  akhirnya tiba juga saatnya buat pilih makanan ! 

Pertama kita ditanya mau Nasi Jamblang nya berapa. Seporsi nya Rp. 2.000,- tapi keciil banget. Mana cukup satu kan. Akhirnya karena sok diet, pesen dua aja deh. Dua centong kecil Nasi disajikan diatas piring beralaskan Daun Jati. 

Terus ditanya mau pakai Sambal Goreng apa tidak ?

Lalu Kita pilih sendiri mau lauk apa.

Pilihan menu

Aneka makanan bisa Kita pilih. Harganya juga variatif , Tempe seribu, otak Goreng Lima ribu, Lidah Goreng 9 ribu , pepes rajungan 8500, dan paling mahal Balakutak 28 ribu.

Ayo mau apa ? Bingung kaan !! Ambil apa ya ? Paru Goreng ? Pepes Jamur ? Telor ?

semua hidangan yang ditawarkan begitu menggugah selera alias bikin ngacay. Ada ati sapi, ati Ayam, aneka pepes, ikan tuna, masakan Udang, 

Siap-siap makan ati , ati ayam

Salah satu yang jadi primadona adalah Balakutak yang dimasak dengan tintanya. Ukurannya besar-besar, Dan tinta hitamnya sengaja tidak dibuang  karena menambahkan rasanya gurih khas Cumi/Balakutak .Balakutak nya besar-besar masak hitam

 Yang menarik perhatian juga adalah Udang yang ditusuk masing-masing tiga buah lalu dimasak asam manis dan sedikit pedas. Udangnya gede-gede banget. 

Nasi pakai balakutak , sate kerang

Setelah melihat sodara saya pesen Balakutak, tahu Tempe dan sate kerang, lalu yang lain pesen Nasi Udang, paru Goreng… Akhirnya saya memutuskan

Nasi Jamblang Udang

Buat milih lidah goreng , pepes rajungan, lidah , Otak Goreng, dan sate kerang. Pengen ngambil Balakutak, Udang tapi apa kabar kolesterol akuu nanti… 

Nasi Jamblang Pepes Rajungan

Ada sensasi yang berbeza pas makan pakai daun . Nasinya pulen, tapi sedikit. Hahhaa. Dua kurang, apalagi satu.

Sambal Gorengnya tidak terlalu pedas walau merah membara, tapi memberi sentuhan cantik buat makan siang kali ini. 

Sate kerang nya lumayan, tapi ga begitu spesial.

Otaknya dibumbui sederhana lalu digoreng memakai Telur. 

Lidahnya dimasak model semur. Ada rasa manis dan gurih , teksturnya pas banget.

Pepes rajungan nya berani bumbu ! Terserap dengan baik dalam daging rajungannya.  Enak banget. Cuman lama-lama ada rasa pedas yang nendang banget !

Nah kalau semua unsur diatas digabung dalam gigitan yang berirama penuh harmoni, rasanya Enak banget ! Lezat penuh cita rasa !

Pantasan aja antriannya panjang bener. Enak Pemirsah. Kelebihannya tempatnya lumayan luas dibandingkan tempat Nasi Jamblang lainnya. 

Tips kalau kesini, pesen nasinya Jangan cuma satu atau Dua. Pesen lagi aja di piring lain khusus Nasi. Terus kalau kepengen lauk apa. Ambil aja. Malas kan kalau mau nambah harus ngantri lagi.

Puas rasanya makan siang kali ini. Lalu biar Cirebon banget ditutup dengan Tahu Gejroooot. Enaaak. Tapi pedeus hahhaaa

Mas Crew Nasi Jamblang Bu Nur nyiapi Nasi Jamblang di atas daun Jati
Tahu Gejroooot

The Verdict , Nilai Buat Nasi Jamblang Ibu Nur , saya Kasi 8,5 , makanannya otentik, tempat makan cukup luas, cuman antriannya Rada aduhaay..
Baiklah sekalian report #aiptrip kali ini, Mari kita cobain aneka makanan Indonesia sambil jalan-jalan ya.

One comment

  1. Setuju. Makan nasi jamblang tuh gak cukup 2 bungkus nasi. Imut banget… T.T
    Kalau mau yang lebih otentik lagi sebenarnya nasi jamblang di Pelabuhan. Itu bukanya cuma sampai jam 10. Lokasinya nyelip dan dapurnya di situ langsung. Kalau minggu pagi buset.. harus sabar nunggu orang-orang selesai makan. Menu wajibnya cumi blekutek. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *