July 26, 2017 rachman14_8253ukrb 16Comment

 

 

 

Pose di Pasar Seni Ancol yang legendaris, tempat para seniman memajang karya-karyanya

Hello TemenAip ! Mau nanya, kapan coba terakhir pergi ke Ancol ? Okay, mungkin ada jawaban makan di Bandar Jakarta, Telaga Sampireun. Tapi kapan terakhir berekreasi ke Ancol ? Kalau Aip udah lama banget ga rekreasi ke Ancol. Khusus buat rekreasi, bermain, jalan-jalan dan  bersenang-senang di Ancol. Udah lama juga sih. Kalau lewat sih sering, itupun kalau ke bandara. Terakhir nginep tahun 2013, itupun meeting workplan tahunan di Aston Marina Ancol. Lebih ke kerja dibanding rekreasi.

Tapi Ancol itu paling juara soal kenangan deh. Makanya pas kemarin diajakin ke Ancol langsung mengiyakan, karena penasaran Ancol sekarang seperti apa sih ?

 

Siapa sih yang tidak pernah ke Ancol waktu kecil dulu. Atau pas umurnya lebih mudaan. Ada banyak lapisan kenangan disana. Kenangan waktu kecil sama orang tua, kenangan waktu ABG sama teman-teman, kenangan waktu sama rekan kerja dan banyak lagi, kenangan sama mantan jangan diitung yak. Sakiit.. hahaha

 

Banyak orang masih punya tradisi pergi ke Ancol di Hari Raya , atau hari libur lainnya, tapi ternyata banyak juga yang udah lama gak pergi ke Ancol. Seperti saya, TemenAip ! Buat yang udah lama gak ke Ancol, Yuk #KembaliKeAncol ! Setelah menghabiskan waktu yang menyenangkan bersama teman-teman blogger di Ancol,

Update-nya ternyata Ancol sudah berbenah pemirsah !! Sekarang banyak banget kemajuannya, ada banyak pilihan tempat rekreasi. Sesuai dengan slogan One Stop Recreation. Mau apa aja ada. Dari wisata kuliner , mall, pantai, Dufan, wisata edukasi dan banyak lagi. Ancol sekarang lebih teratur dan jauh lebih baik dari zaman dulu.

sunset di Pantai Lagoon Ancol

Kita mulai dari pantai, sudah dari dulu Pantai Ancol terkenal sebagai tempat rekreasi warga Jakarta. Bentang pantai sepanjang 3,5 KM bisa diakses selama 24 jam !! Yang spesial lagi, di Ancol pasirnya sekarang sudah dilengkapi dengan pasir putih. Setiap Sabtu Minggu diadakan hiburan Beach Fun Dance , joged bersama yang amat menghibur dan juga pertunjukan Free Style Jetski di pantai Beach Pool. Kalau mau foto-foto cantik, ada dermaga yang menjorok ke laut, jadi maksimal foto-fotonya.

Beach Fun Dance

Kalau mau seseruan bermain air dengan aneka macam permainan bisa ke Atlantis, Water Adventure yang merupakan revitalisasi dari Gelanggang Renang Ancol. Atlantis memiliki luas 5 hektar dan bisa menampung sampai dengan 12500 pengunjung. Disana ada aneka macam kolam yang asik buat main air untuk usia segala umur, nama kolamnya yaitu: Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus,Atlantean, dan Kiddy Pool. Cobain Dragon Slide, perosotan air yang penuh lika liku seperti kehidupan, seru pisan !! Bikin deg-degan tapi kepengen lagi. Cobain juga Crazy Slide, yang panjang dan tinggi banget, penuh dengan adrenaline rush lah ! Pas kesana banyak turis asing yang sedang main air, jadi Atlantis secara kualitas diakui turis mancanegara !

Seseruan di Atlantis Water Adventure

 

Kita juga bisa bernostalgia ke Dufan ! Alias Dunia Fantasi. #KembaliKeDufan memberikan sensasi tersendiri. Beberapa kali pergi kesini dengan orang yang berbeda memberikan memori tersendiri. Saya kagum dengan perawatan aneka wahana yang dilakukan dengan sangat baik. Semua wahana yang sudah ada seperti Halilintar, Condor, Ontang Anting, Arung Jeram, dll masih terlihat sama seperti dulu dalam kondisi yang prima. Ada juga wahana baru seperti Ice Age , lalu pertunjukan Teenage Mutant Ninja Turtle yang amat disukai anak-anak.

Turangga-Rangga, karusel berkuda masih seperti dulu. Terawat sekali

Teenage Mutant Ninja Turtle kegemaran anak-anak

Perasaan menyenangkan yang saya rasakan saat #KembaliKeDufan masih sangat kuat terasa. Perasaan pusing abis naik Ontang Anting juga masih sama rasanya , hahaha. Pusing-Pusing Menggembirakan ! Soal Dufan kayaknya perlu ditulis khusus deh ya. Tapi sedikit tips, mending beli Annual Pass Dufan, harganya  jatuh lebih murah, bisa masuk Dufan selama setahun lho !

Selain bersenang-senang semaksimal mungkin, Ancol juga menawarkan wisata edukasi di Jakarta , antara lain : Ocean Dreams Samudera ! Disana kita bisa bersenang-senang sambil belajar.

Bisa nonton dan ketemu Lumba-lumba di Dolphin Bay , yang juga merupakan tempat terapi bagi ana-anak berkebutuhan khusus. Mau pose nostalgia dicium Lumba-lumba juga tempatnya disini.

dicium Ari si Lumba-lumba pintar di Dolphin Bay

Kalau baca di ancol.com , Ocean Dream Samudra ini diresmikan pada juni 1974 oleh Gubernur Ali Sadikin sebagai perwujudan cita-citanya tentang perlunya sarana rekreasi yang mengenalkan kepada masyarakat tentang laut beserta potensinya. Ocean Dream Samudra merupakan Edutainment Theme Park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa.Ocean Dream Samudra merupakan unit oceanarium terbesar yang terdiri dari pentas lumba-lumba, pentas singa laut, pentas aneka satwa, peragaan satwa, akuarium ikan laut dan tawar serta taman yang merupakan habitat beraneka macam burung.

Tau gak TemenAip , kalau Ancol ternyata menjadi pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium) karena memiliki konsep dan manajemen lumba-lumba yang paling lengkap di Indonesia, seperti kolam penampungan lumba-lumba, water treatment, trainer/keeper, pengadaan ikan yang berkualitas, laboratorium, para medis dan dokter hewan.

Ubur-ubur cantik di Jellyfish Sphere

Wisata edukasi lainnya adalah Seaworld Ancol ! Sebagai pelopor pelopor Aquarium Air Laut raksasa yang memperkenalkan keanekaragaman hayati dunia bawah air, mulai laut, air tawar sampai laut dalam.

SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil dan 1 jenis mamalia sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

aneka informasi di seaworld

Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

bagaikan adadi bawah laut

Pas masuk kedalam, kerasa banget kenangan dulu pas awal-awal ke Seaworld , Dingin… Begitu takjubnya melihat kehidupan bawah laut, menimbulkan rasa penasaran. Entah berapa orang ahli biologi yang cita-citanya terpicu gara-gara melihat tempat ini. Dan semoga semakin bertambah kedepannya. Seaworld ini sarat dengan sarana belajar, mulai dari display, kolam yang bisa menyentuh biota laut, sampai pada materi presentasi MC yang membawakan acara Feeding Time di Aquarium Utama selalu menyisipkan informasi ilmiah. Aip juga sempat merasakan pengalaman Fun Diving di Aquarium Utama bersama aneka jenis ikan, dari yang besar sampai yang kecil, bahkan sempat berdekatan dengan hiu Buto sepanjang dua meter ! Seru banget !

Jangan lewatkan Pameran mahluk laut dalam seperti Coelacanth , aneka ikan laut dalam. Saksikan juga  penampilan Jellyfish Sphere. Pameran ubur-ubur yang dikemas secara apik dengan lighting dan musik yang keren banget.

jajan siomay di Ecopark

Yang menarik, Ancol juga menawarkan Edukasi Konservasi di Jakarta. Kalau diperhatikan , lapangan golf-nya sekarang sudah tidak ada. sudah berganti dengan Allianz Ecopark yang baru saja diresmikan pada 23 Juli 2017 lalu. Ecopark ini adalah salah satu bentuk niat baik Ancol untuk konservasi dan menjadi lebih ramah lingkungan. Di taman yang luas ini, ada sebuah danau dimana kita bisa bermain sepeda air , melihat farm animals, area tempat berlatih paint ball dan panahan.

Foto Bareng Bakari , si Singa Putih

Dan yang paling baru, Fauna Land, semacam Kebun Binatang dengan aneka hewan unik seperti Singa Putih Kanguru Putih ,Kuda Poni, Kura-Kura Raksasa. Anak-anak bisa belajar soal fauna dan juga berinteraksi langsung, seperti memberi makan kuda dan kura-kura.

Di Ecopark kita bisa berolahraga jogging, bersepeda dan banyak lagi. Uniknya lagi setiap weekend ada Ecomarket, dimana kita bisa membeli aneka macam makanan , mulai dari Bubur ayam, Pempek, dimsum sampai pecel dengan harga yang terjangkau dan citarasa yang lezat. Ecomarket dimulai pagi hari jam 6 sampai jam 11 siang.

Gak akan ada habisnya ngomongin soal Ancol, Ancol memang luar biasa. Sebuah kawasan komplit semua ada. Banyak sekali tempat dan kegiatan menarik disini. Tapi yang pasti, Ancol adalah tempat merajut kenangan, kenangan gembira masa lalu dan juga tempat membuat kenangan baru bersama orang-orang tercinta.

 

Yuk Kembali Ke Ancol.

Kalau penasaran dengan video-video seri #KembaliKeAncol bisa ditonton yang sudah tayang di Youtube Channel Arief Pokto

  1. Serunya Naik Kereta Sato-Sato Keliling Ancol
  2. Kembali Ke Sea World Ancol part 1

 

 

16 thoughts on “Kembali Ke Ancol

  1. Syukurlah lapangan golf sekarang sudah tidak ada dan berganti jadi ruang edukasi publik. Dari pos ini kelihatan Ancol semakin berbenah ya. Memang kita pantas balik ke Ancol dan menikmati semua wahana yang kelihatannya juga sudah diperbaharui

    1. Ancol mulai ramah lingkungan. Keputusan besar mengubah lapangan golf jadi Ecopark. Mereka juga tidak mengizinkan pemakaian styrofoam di Ancol. Kayak Popmie aja sekarang kemasannya harus yang plastik, supaya bisa di recycle. Masih panjang perjalanannya, tapi kalau gak dimulai, kapan lagi ?

  2. Selama di jakarta cuma sekali ke ancol. Itu pun nonton konser iwan fals. Ahahah…. Jadi gak blusukan ke wahana wahana… Drdulu cuma pengen doang sih…. Semoga nanti kalo k jakarta lagi bs ke ancol deh….

    Btw itu senam pinggir pantau lucu juga kak… Sayang di Situbondo sebenernya pantainya lumayan bagus2 si… Cuma ya gt… Kurang dikelola.. Coba kalo bs kayak ancol. Pasti kerennnn

    1. wajib Mampir ke Ancol Mas Uwan ! Soal Senam dan Joged Massal itu menghibur banget lho. Bisa diusulkan dari klub-klub senam ibu-ibu, atau klub aerobik. siapa tau isa jadi kayak Ancol. Di SItubondo pantainya bagus2 juga thoo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *