Hello TemenAip ! Sudah nge-trip kah ? Jalan-jalan deh, biar ga kurang piknik. Lumayan stress bisa berkurang dari hiruk pikuk kehidupan #Hadeuh..

Underwater shot

Cuman kapan waktunya? Kan sibuk?
Sebaiknya meluangkan waktu sih. Efisiensi tepatnya. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya.
Nah dalam rangka kondangan saudara di Cirebon, jadilah #Aiptrip x Kondangan. Sekali menyelam, minum air plus nangkap ikan. Memang agak ribet sih. Tapi bisa aja, selama kita tau mau pergi kemana.

Ke Cirebon mau kemana ? Nah karena ke Keraton-keraton udah pernah, pengen cari destinasi buat main air. Googling deh…

Criing ! Target Locked !!

#Aiptrip kali ini temanya “Pencarian 3 Telaga Natural !”

Aip bakal mencari telaga-telaga berair sejernih kristal. Yang bening dengan air yang menyegarkan !!

 

Di Google Maps muncullah 3 situ atau Danau alias Telaga yang dicari. Ada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

 

Kejernihan Air Talaga yang Natural

 

Di daerah ini Ada 3 Telaga berair jernih yang lokasinya berdekatan. Ada Telaga Remis yang paling besar, Telaga Nilam dan Situ Cicerem.

Pas banget sekalian pulang, bisa langsung #Aiptrip ke tiga Telaga ini. Dari Cirebon ambil jalur ke arah Sumber. Sebelum Rajagaluh, perhatikan ada belokan ke kiri ke arah Kuningan.

Tiga Telaga ini ada di perbatasan Cirebon, Majalengka, dan Kuningan. Sempet bikin bingung juga sih. Untung pegangan lalu liat Google Maps dan bertanya pada penduduk setempat yang baik hati.tempat wisata ini mudah dijangkau dari mana saja.  Dari Kota Cirebon, Telaga Remis hanya berjarak sekitar 24 km ke arah selatan, sedangkan dari pusat kuningan berjarak 35 km ke arah utara.

Buat masuk ke tempat ini ada retribusi masuk sekaligus ke Telaga Remis & Telaga Nilam. Untuk Situ Cicerem sendiri pengelola nya beda. Harga tiketnya murah kok. Ga bikin kantong bolong. Rp. 42.000 untuk 3 orang termasuk biaya Parkir.

Urutannya yang pertama Talaga Nilam, Talaga Remis lalu Situ Cicerem…

Tips dari akang-akang penjaga gardu retribusi ( yang lupa dipoto) , sebaiknya ke Situ Cicerem dulu yang paling atas, Talaga Remis, baru ke Talaga Nilam.

Idih, siapa dia ngatur-ngatur kita yakaan? Lalu diatur mau ke Telaga Remis dulu, Situ Cicerem lalu ke Talaga Nilam #SerahLuDahIp..

Nah, tulisannya juga mau bahas Talaga Nilam dulu deh, karena disini yang paling bikin Happy. Soal Cicerem dan Remis di edisi berikutnya yak, biar fokus kayak lensa baru.

Talaga Nilam ada di kawasan Telaga Remis. Jaraknya dekat lah, kira-kira 500 meter dari Telaga Remis.

 

Setelah Parkiran, Ada beberapa cottage yang disewakan untuk pengunjung menginap. Harganya Rp.250.000/malam. Dari situ Aip menuruni tangga untuk sampai ke Telaga Nilam. Agak-agak curam, mesti berhati-hati.

Telaga ini ga terlalu luas. Sebesar kolam renang kebanyakan lah.Ada dua bagian, yang agak kecil , kedalamannya cukup dangkal. Paling dalam kira-kira 165 cm, soalnya Aip masih bisa berdiri. Bagian Talaga yang satu lagi lebih luas dengan bagian yang lebih dalam.

 

Dari parkiran turun dulu ke Talaga Nilam

Di sekeliling Talaga sudah ditembok dan dilapisi paving block, jadi didesain seperti kolam renang. Apalagi ditambah dengan bungalow-bungalow mini tempat istirahat para pengunjung.

 

Di antara danau Ada Warung penjual makanan, penyewaan Kolor ( ya Kolor , tulisannya gitu ) , penyewaan Ban dan pelampung anak-anak. Serta beberapa ruang bilas merangkap tempat berganti pakaian.

Kelebihan Telaga Nilam airnya jernih banget. Sebening Kristal ! Kita bisa melihat ganggang dan bebatuan juga di dasar Telaga.

Cocok buat underwater photoshoot. Mau gaya apa aja cocok deh, soalnya keliatan.

Gaya apa ini ?

Tadinya kan mau liat-liat aja, main air. Kecipak kecipak kecil di air Telaga yang jernih. Tapi pas kaki masuk ke Telaga, Ada suatu sensasi tersendiri, amat sangat menyegarkan !!!

Ga pikir panjang, taruh dompet dan smartphone, ga pake berganti swimsuit, lalu terjun deh ke Telaga Nilam.

Loncat gak indah

Airnya suejuk banget !! Pas masuk ke dalamnya kita bisa melihat ganggang, tanaman air dan bebatuan di dasar Talaga.

Sesekali berenang ke tepian. Lalu balik main air lagi. Gitu aja terus. Sampai lupa waktu.

Kejernihan Yang  HQQ

Ohiya, hati-hati kalau berdiri di Telaga ini, dasarnya banyak bebatuan, kadang ada yang tajam. Jadi mesti pelan-pelan.

Supaya bisa lebih santai, diputuskan buat nyewa Ban, harganya variatif dari Rp.10.000 – Rp. 15.000 , pelampung anak-anak juga segitu. Enak deh bisa leyeh-leyeh menikmati sejuk dan beningnya air Talaga.

Disinilah berasa banget liburannya, ga mikirin apa-apa, santai aja menikmati suasana.. Basah-basahan, kena semilir angin. Enak bener mengapung di atas ban. Pepohonan di sekitar Telaga memberikan efek adem extra.

Lalu tiba-tiba..

Gujubaaarrr.. suara percikan air keras terdengar diiringi dengan semburan air biking kaget.

Ternyata salah satu pengunjung loncat dari atas Batu ke dalam Talaga. Dan kalau dilihat dari luas penampangnya yang cukup lebar dikali tinggi dan berat jenis, bisa dimaklumi kenapa suaranya bisa sekencang itu.

Dia dan kawan-kawan nya tertawa karena Senang. Ya baguslah, tempat ini bikin banyak orang happy. Beberapa anak kecil berpelampung pun berenang di bagian telaga yang dangkal.

 

Karena dingin, Naik dulu buat mampir ke Warung. Beli teh manis hangat dan Gorengan fresh from the fryer. Asap masih mengepul dari Bakwan, Pisang dan Tahu isi Goreng. Jajannya murah cuman Rp. 10.000 doang..

Lalu loncat lagi ke Telaga. Gujubaaarrr !!!

Main air lagi. Bener-bener puas deh main air di Talaga Nilam ini.

Lho Aipnya manaa ??

Karena hari makin senja, diputuskan main airnya udahan dulu.

Yaaaaah… Kecewa. Tapi ya gimana lagi, harus meneruskan perjalanan ke Tasikmalaya, belum anggota tubuh sudah agak-agak kisut ( memandang jari-jari kisut dengan nanar)

Langsung masuk ke kamar bilas yang sempit, lengkap dengan ember dan gayungnya. Setelah Mandi bilas, segera ganti baju, yang untungnya masih sedia di Mobil. Sewa kamar bilas Rp 2000 sajah.

Pulang dari Telaga Nilam, badan berasa Seger banget. Kulit juga terasa kencang. Oh, apakah Talaga ini berkhasiat membuat kita awet Muda ?

Ah entahlah. Tapi yang pasti main air kali ini happy banget. Mungkin efeknya itu, segeran.

Tempat ini bikin happy banyak orang. Itu yang terpenting. Semoga bisa dijaga dan terus dikelola dengan baik supaya kealamiannya tetap terjaga.

Telaga Nilam bening sekali airnya

Very-very recommended buat pecinta main air kayak saya.

Mau tau #AipTrip ke Telaga Remis dan Situ Cicerem ? Baca postingan selanjutnya ya
“Pencarian 3 Telaga Natural !”

 

Kalau mau nonton videonya , silakan

 

 

 

14 comments

    1. Dangkal sih, tapi kalau mau yang dalam, harus ke bagian yang satu lagi. Berendam , main air santai tak terusik itu adalah salah satu bentuk kmewahan. Apalaagi airnya jernih banget.

  1. Sambil kondangan minum air. Eh habis kondangan main air. Cocok namanya Telaga nilam. Airnya kehijauan tapi jernih. Nggak salah deh Kang Aip mengambil rute ini sebelum pulang kondangan.

    Eh serius kulit jadi kencang habis mandi dalam Talaga nilam? Jadi pengen ikutan mandi juga di sana πŸ™‚

  2. jadi inget kemaren pas naik gunung. d sana ada sungai yang paras semua….. tanahnya dikit karena kebawa dari atas sepertinya…. dan pas mandi berasa berendam di atas cawan raksasa… jernih pula…

    dan berasa surga bangettt….. tempat ini aselik rekomended banget dah kalo maen ke cirebon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *