Ketemu Menjangan di Pulau Menjangan
Hallo TemenAip !
Pernah dengar soal Pulau Menjangan ? Pulau ini berada dalam Kawasan Taman Nasional Bali Barat. Bisa dibilang Pulau Menjangan adalah Surga para penyelam sejati , atau tukang snorkeling amatiran kayak saya. Udah lama mengincar tempat ini sebagai destinasi wisata buat #Aiptrip, sampai akhirnya kesempatan itu datang juga. Pas ke Banyuwangi kali ini dipastikan memesan open trip ke Pulau Menjangan dan Tabuhan di tourbanyuwangi.com , dapat jadwal Sabtu 14 Oktober 2017. Peserta diharapkan datang pada jam 07:30 untuk keberangkatan menuju Menjangan dengan meeting point Grand Watudodol.
FYI, dengan dibukanya penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi, akses wisata di Banyuwangi dan sekitarnya jadi makin mudah. Tidak perlu ke Bali buat ke Menjangan. Cukup dari Banyuwangi. Banyak turis mengambil jalan lewat Banyuwangi selain ke Menjangan, bisa juga mengunjungi objek wisata lain seperti Taman Nasional Baluran , Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, dll.

Perjalanan dari Kota Banyuwangi ke Grand Watu Dodol memakan waktu kira-kira 20 menitan. Kawasan ini adalah tempat wisata sekaligus keberangkatan open trip ke Menjangan dan Tabuhan. Ada koperasi penyewa kapal pariwisata yang bekerjasama dengan travel agent. Salut, secara industri pariwisatanya sudah terbentuk.

Setelah semua peserta berkumpul , kami berangkat menggunakan sebuah kapal kayu berkapasitas 15 orang. Kapalnya jadi lega, karena peserta Open Trip hanya berlima saja. Ada saya, Dyah , seorang Music Director dari Bali , Pak Candra, seorang pengusaha dari Tangerang, dan duo heboh selebriti Banyuwangi yaitu Lutvia dan Virdha, kita panggil saja mereka incess, ditambah Susan,  tour guide Kami. Plus Mas Anjar nahkoda sekalian dive instructor dan Dani asistennya. Kami di brief oleh Mbak Susan soal pemakaian alat snorkeling , apa yang tidak boleh dilakukan selama di Pulau Menjangan. Jadi pulau itu termasuk kawasan Taman Nasional, jadi sebagai pengunjung kami tidak boleh merusak lingkungan , membuang sampah sembarangan. Sewaktu snorkeling tidak boleh menyentuh karang, atau membawa hewan laut keluar Taman Nasional..

Sepanjang perjalanan, kami dihibur oleh kehebohan selebriti Banyuwangi dengan lagu-lagu populer sampai Banyuwangian. Ya mereka bernyanyi sambil goyang-goyang, bikin seru dan ketawa ketiwi sih. Kelakuan mereka bikin peserta Open Trip langsung cair, tidak perlu ice breaking. sebelumnya Saya sama Dyah juga langsung klik karena sama-sama pernah menjadi music director radio, jadi bahasannya langsung nyambung. Serunya ikutan open trip begini adalah kita bisa ketemu teman-teman baru , ada yang biasa, ada yang seru, ada yang rempong, ada yang heboh, judes, pokoknya aneka macam perilaku manusia bisa kita temukan saat kita travelling. Kali ini dapat yang heboh dan seru !

Peserta open trip hari itu

Perjalanan Kapal ke Pulau Menjangan memakan waktu selama 35 menit dari Grand Watudodol. Pemandangannya luar biasa ! Saya bisa melihat perbukitan di pulau Bali di depan, sementara di belakang bisa terlihat pemandangan gunung Raung, dibelakangnya ada Gunung Ijen dan Gunung Manganti. Langit hari itu cerah sekali, maksimal pokoknya menikmati pemandangan. Cuman air laut agak bergejolak sedikit saat dalam perjalanan. Di tengah laut ombak cukup besar sampai cipratannya masuk ke dalam kapal.

“OmayGaaad “ ….”Auuuuw rambutkuuuu” teriakan kedua incess heboh waktu cipratan air masuk ke dalam kapal, membasahi kami semua. Badan kami langsung basah kuyup terkena air laut. Untung semua peralatan udah dimasukin ke Dry Bag, jadi kamera, handphone aman semuanya. Tips naik kapal ke Menjangan, Bawa Dy Bag !! Walau basah-basahan, kami malah  ketawa-ketawa menikmati suasana.

Akhirnya sampai di Pulau Menjangan , gradasi air di sekitar pulau cantik sekali, pasir putih, lalu biru muda, turquoise lalu biru tua. Bersama beberapa kapal lain, kapal kami melempar jangkar di sekitar pulau.   Mas Anjar memberi aba-aba untuk segera turun. Sambil memakai peralatan snorkelling, saya melihat di kapal sebelah beberapa turis asing sedang memakai peralatan selam. Seru juga tampaknya diving disini.

Perairan di Menjangan , penuh dengan terumbu karang

 

Byur, saya yang terjun pertama. Tak lupa memabwa action cam, langsung berenang melihat keindahan alam bawah laut. Airnya jernih, tapi kok di bawah pasir doang ? ada sedikit ikan berenang ? Oh ternyata yang banyak karangnya ada kira-kira 5 meteran, kapal tidak berhenti di atasnya karena  takut merusak karang disana .

Snorkelling bikin happy, photo by Dyah Karang

Setelah berenang beberapa meter, terlihat keindahan laut Pulau Menjangan. Aneka macam ikan berenang di terumbu Karang. Ada Parrotfish, Angel Fish, sama beberapa ikan yang suka kita lihat di Aquarium ( Ngeles karena gak tahu namanya hahaha).. Terumbu karang juga banyak sekali disana, hanya saja perlu berenang dimana terumbu karang lebih banyak.

Pas lihat di kejauhan incess Lutvia udah free diving aja buat pemotretan underwater. Duh memang juara kelakuan anak zaman now ya. Sementara Dyah sedang berenang melihat-lihat ikan. Pak Candra yang traveler dan pernah pergi kemana-mana tapi gak pernah turun snorkeling , memutuskan untuk berenang juga. Tapi beliau gak mau jauh-jauh dari kapal.

Selfie underwater ceritanya

Sebenarnya kondisi buat berenang, snorkelling dan diving siang itu asyik sekali. Cuaca cerah tak berawan, arus pun santai banget !! Siang itu bener-bener menikmati snorkelling di Pulau Menjangan.

Melepas Patrick. Photo from @tourbanyuwangi

Kemudian semuanya naik kapal untuk melanjutkan ke spot berikutnya. Mengelilingi pulau Menjangan, kami sempat melihat Pura Ganesha, tempat peribadatan orang Hindu. Ada banyak orang yang sedang beribadah disana. Tampaknya mereka menaiki perahu juga. Bagus sekali kelihatannya Pura ini, tapi kami tak sempat turun, hanya melihat dari kapal saja.

Pose depan Pura Ganesha

Perjalanan dilanjutkan mengunjungi Pos BKSDA di Pulau Menjangan. Sekalian mendarat di Pulau Menjangan, dari tadi kan di laut terus tuh.

Kapal kami mendarat di dermaga kecil, dimana sudah ada beberapa kapal lain berlabuh. Turun dari kapal kami disambut gapura Selamat Datang Ke Pulau Menjangan..

Group terheboh

Suasana di Pulau Menjangan rada mirip di Baluran, agak kering gimana gitu, ada pepohonan sih, tapi tak sehijau biasanya. Cuacanya cukup panas dengan terik matahari yang lumayan. Angin laut membantu mendingikan suasana ditambah hembusan angin yang sangat baik untuk adegan pemotretan, Hadeuuh…

Beberapa turis asing sedang asik snorkeling di dermaga, sementara kami berlari ke satu tujuan yang sama…..

Toilet…

 

Jadi di pos ini ada beberapa bangunan, sepertinya ada tempat menginap, ada dua kamar bilas dan hanya satu toilet yang bisa dipakai tamu. Jadi mengantri.

Sambil antri toilet, kami melihat beberapa ekor menjangan sedang mejeng ! Asyiik ! ketemu juga sama penghuni asli pulau ini ! Gak perlu jauh-jauh menjelajah.. Eh mereka udah nongkrong disini. Kalau dilihat mereka tidak terlalu takut sama manusia. Bisa diam saat difoto, tapi pas didekati kabur juga. Mungkin karena saya bukan Disney’s Princess, yang kalau ketemu binatang langsung akrab !! Bawa dua incess juga bukan type-type Disney, lebih ke perpaduan Rihanna campur Syahrini !

Foto bareng Menjangan. Jangan ganggu dan bikin kaget ya

 

Happy banget bisa ketemu menjangan di pulaunya. Berasa mission accomplished gitu. hahaha. Setelah urusan toilet selesai, kami makan siang di salah satu pondok yang ada di depan bangunan BKSDA. Menunya Nasi Ayam Rica dan Sambal. Adegan kami makan ditonton para bule yang lewat, karena group Kami paling horre dan berisik. Setelah makan, Kami pergi ke gugusan pasir putih memanjang yang bagus banget. Latar belakangnya gunung-gunung di Jawa. Paling  depan Gunung Raung, dibelakangnya Gunung Ijen dan Manganti.

Pulau Menjangan dengan Tiga gunung di pulau jawa sebagai latar belakangnya

Sudah pasti kita adakan photoshoot dengan berbagai gaya disini. Dan sempet juga bikin video klip Zumba dengan Incess Virdha sebagai instrukturnya.

Asik sekali main pasir dan foto-foto disini, tempatnya menyenangkan sekali. Cuman karena waktu sudah habis, kami harus melanjutkan perjalanan ke Pulau Tabuhan, yang akan dibahas di postingan berikutnya.. hehehehe

Tips ke Pulau Menjangan :

  1. Sebaiknya ikutan open trip, saya menggunakan @tourbanyuwangi di IG , atau klik TourBanyuwangi.com (08113411712) , dengan 300 K udah dapat paket all in Menjangan-Tabuhan, termasuk Kapal, Izin kegiatan snorkelling, izin dan tiket masuk pulau, alat snorkeling, makan siang, air mineral,  jaket pelampung , dan dokumentasi under water. Cuman sayangnya mereka cuman berangkat weekend, kalau mau hari biasa mesti nyewa kapal sendiri yang juga berangkat dari Watudodol, biayanya mulai 1.300.000 ,- kalau mau lebih detail nomernya di 085333510003
  2. Pakailah tabir surya yang banyak. Kalau habis pakai lagi, jangan kayak saya, pulang dari sana gosong. Hahaha, untung bisa dirawat dengan olesan Lidah buaya segar dari pekarangan. Langsung adem, dan pelan-pelan sembuh.
  3. Bawa Dry Bag ! Muncratan air bakal masuk dalam kapal. Selamatkan Gadget yang tidak waterproof, daripada nyesel kaan ?
  4. Sarapan sebelum berangkat
  5. Bawa antangin, tolak angin, percayalah, anda akan masuk angin.
  6. sebaiknya bawa bekal makan dan minuman sendiri, karena di Menjangan tidak ada yang jualan. Jangan lupa sampahnya dibawa pulang  jangan ditinggalkan.
  7. Have fun…. Jangan Manyun

Mau lihat video pas #Aiptrip ? Silakan nonton di

 

21 comments

  1. Seru banget snorkeling di Pulau Menjangannya! Jadi penasaran banget dengan keindahan bawah air di sana. Habisnya sudah banyak sekali teman yang merekomendasikan menyelam dan snorkeling. Puas banget pastinya kalau lancar snorkeling, soalnya bisa menikmati keindahan bawah laut. Yah, akhirnya memang jelajah pulaunya sendiri belum cukup. Lebih indah bawah lautnya, ya. Hehe…

  2. Kang Aip, seru banget tur ke Pulau Menjangan ini. Sudah teman-temannya asik, Laut Biru, cuaca mendukung, temu pula dengan penghuni asli Pulau yakni Menjangan. Noted! Aku akan ikut Open trip Banyuwangi suatu saat kalau datang ke sini 🙂

    1. sekali-kali open trip seru Bu, nambah pengalaman. Rejeki bisa ketemu menjangan langsung tanpa harus jalan-jalan. Pas pulang ketemu lumba-lumba pula

  3. Bagus banget Kak Aipp..
    Ceritanya seru jadi bikin pengen ke Menjangan juga. Tapi dengar-dengar katanya underwater coralsnya di sana sudah mulai ada beberapa spot yang rusak juga ya?

    1. kalau lagi apes sih gitu, tapi jangan sampe orang lain merusak keseruan liburan kita kaan, harus fokus ke yang lain kalau gitu

    1. dan pulangnya ketemu lumba-lumba ! banyak banget bonusnya ! hahaha. Cuss Masnya ke Menjangan, via Banyuwangi aja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *