Hello TemenAip !

Ayo Ngacuung , siapa yang KZL sama kondisi kemacetan antara Jakarta-Bandung dan sebaliknya ?

Perjalanan Jakarta-Bandung dengan akhir-akhir ini memang suka bikin pusing karena ada pembuatan double track jalan tol. Kedepannya sih bakalan lancar, tapi untuk sekarang ? Bikin stress yang ada.  Perjalanan yang biasa ditempuh dalam waktu normal 3 jam bisa molor ke 5 jam. Kalau lagi apes bin amsyiong bisa sampai 7-9 jam. Udah sampai Jogja tuh naik kereta Api. huhuuhu.. Mau gak capek gak nyupir, naik travel trans-trans-an, ya sami mawon atuh, lha wong lewat jalan yang sama kan.

Lewat Puncak pun sama aja. Banyak yang berpikiran sama buat lewat sama.

Cuman karena kondisi seperti itu, apa daya, semua harus dijalani. Apalagi saya sebagai tukang bolak-balik Bandung Jakarta. Bawa mobil udah berasa remuk badan, remuk perasaan. halah. hahaha. Belum biaya bensin dan jajan yang bertambah. Ya dong, nyupir lebih lama, otomatis jajan lebih banyak dong.

Drama Banget deh, ga suka sama deg-degan karena kita harus berada di Jakarta, tapi macet di perjalanannya.

Satu-satunya moda transportasi yang masuk akal antara Jakarta-Bandung, ya Kereta Api. Udah paling bener deh. Dengan armada Argo Parahyangan, perjalanan bisa lebih nyaman dan harga  terjangkau. Dari stasiun Gambir tinggal naik Ojek Online menuju tempat tujuan di Jakarta. Semuanya jadi mudah. Eezy Breezy Wonderful !

Tapi masalahnya ga selesai disitu pemirsah !

Masalah baru muncul saat… semua orang ganti moda transportasi NAIK KERETA API ! Bhaaay ! gak gampang lho dapat tiket kereta api. Apalagi kalau perginya dadakan ! Bisa gawat banget. Apalagi kalau ada meeting-meeting penting atau harus menghadiri acara dadakan gitu kan.t tempat duduk

Belum antri , belum KZL kalau dapet tempat duduk gak di jendela. Ya saya emang agak high maintenance kadnag-kadang.. maafkaaan..

Sampai akhirnya, solusi paling tepat saya dapatkan di smartphone saya sendiri. Memakai aplikasi yang sudah lama saya pakai , juga pergunakan untuk acara travelling, yaitu Traveloka !

Do you know that we can buy Train Tickets through Traveloka ? #mendadakbule

Aplikasi Traveloka sangat mudah digunakan, tinggal pencet, slide sana sini, bayar. Udah. Gampang banget kan. Nah itu buat yang terbiasa pakai Traveloka, Tapi buat yang baru download. Gampang juga sih seharusnya. Traveloka itu user friendly banget !

Tahukah anda kalau Traveloka itu Partner resmi PT KAI ? Jadi segala transaksi di Traveloka itu legal dan bersinergi dengan kebutuhan kita dalam jasa kereta api. Jangan takut , karena resmi dan terhubung dengan sistem PT KAI, seperti booking, memilih tempat duduk, sampai dengan pembayaran.

Kalau gak mau repot, saya sarankan selalu isi  Passenger QuickPick, yaitu data penumpang yang akan naik kereta api. Jadi kalau mau booking buru-buru, gak perlu isi data penumpang lama-lama. Tinggal dipilih aja.  Keisi deh tuh data penumpang, seperti nama, no KTP dan lain-lain.

Yang asik lagi, karena selalu pengen duduk di jendela, saya bisa pilih pilih kursi, dimana aja, selama tersedia. Kecuali di kursi masinis ya, HAlu itu mah !! Dan karena sistemnya terintegrasi dengan sistem PT KAI, kita bisa tau kursi mana yang udah dibeli, mana yang belum. Gampang kan. Bisa keliatan.

Dan yang terpenting, menjadi solusi masalah hidupku, di Traveloka , bisa last minute booking sampai dengan 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Menghindari drama deg-degan gak kebagian tiket kereta. Pasti aja ada kejadian last minute. Dengan feature ini kebantu banget deh.

Okay, kita runut cara pesennya ya…

  1. Buka aplikasi kesayangan.. Traveloka, logo burung biru yang langsing itu..

    Pakai Aplikasi Traveloka mu
  2. Pilih Kereta Api ( Trains)
  3. Masukan asal (origin) misalnya Stasiun Gambir , lalu destinations misalnya Bandung
  4. Masukan Waktu keberangkatan. Mau sekali jalan atau bolak-balik bisa dipilih.
  5. Masukan jumlah penumpangnya ,mau berapa..
  6. Pencet search deh
  7.  Nanti keluar pilihan kereta api yang melayani rute yang kita pilih. Harga tiket juga tercantum
  8. Pas kita pilih, nanti kita diminta memasukan detail penumpang.  Kalau kita berangkat sendiri, tinggal add passenger list. Kalau sama orang lain tinggal kita pilih QUICKPICK dari data penumpang yang udah biasa kita pesenin tiketnya. Kalau belum, isi dulu. pesanan berikutnya tinggal di pick. that quick !
  9. Terdapat pula pilihan membeli asuransi dari CHUBB Travel Insurance. Mencover sampai dengan  6 juta rupiah untuk kecelakaan,  sampai dengan 750 ribu untuk pembatalan keberangkatan.
  10. Setelah itu, pilih tempat duduk deh. Kita bisa pilih gerbong dan tempat duduk yang kosong.. Pilihan kita pokoknya warnanya orange aja. kalau yang abu-abu berarti udah keisi.
  11. Pakai Quick pick nya biar gampang. Bisa milih tempat duduk pula.
  12. Abis milih tempat duduk, keluar deh detail pembayaran kita. Nama penumpang, nama kereta, jurusan , lalu detail pembayaran. Misalnya yang saya pilih harganya Rp. 80.000,- Biasanya ada convenience fee Rp. 7500. Tapi ada juga Channel discount seharga Rp. 7500. Ada juga harga unique code senilai Rp. minus 843 Nanti keluar Total Pembayaran. Total jenderal Rp. 79,157. Harganya sudah ada unique code, yang membedakan pembayaran kita dengan yang lain

    Pembayaran nya  mudah
  13. Lalu tinggal pilih metode pembayaran. Mau pake Credit card, ATM, atau transfer bank , CIMB CLicks, BCA Kikpay, Mandiri Debit. Alfamart. Kalau pakae CC , tinggal klik, Traveloka menyimpan data kartu kita kalau udah biasa pakai. Gampang banget. Kalau via transfer mesti bayar sesuai dengan total harga Rp. 79,157 , jangan dibulatkan. kan pakai unique code.
  14. jangan khawatir, abis pesen ada sms dan email tuntunan pembayaran, ikutin aja. gampang kok

    Ikuti saja instruksinya. Beli Tiket di Traveloka mudah kok. ( Tercyduk saya juga beli tiket pesawat di Traveloka)
  15. setelah bayar, nanti dikirimin SMS dan email , ticket yang sudah issued
  16. Kita tinggal ke stasiun kereta, buat print out boarding pass.
  17. Berangkat deeh..
Naik Kereta Bebas Drama

Jadi tunggu apalagi, segera booking perjalanan memakai Kereta Api memakai Traveloka. Mudah, Harganya sesuai dengan yang di layar, Bebas Drama !

4 comments

  1. Traveloka sekarang makin banyak ya fiturnya. Gue belum pernah coba sih buat booking tiket kereta. Selama ini cuma ngandelin buat beli tiket pesawat. Enak suka banyak promonya. Kapan2 ah nyoba beli tiket kereta lewat traveloka

  2. Aku pun sama lebih suka naik kereta karena tidak meleset dari waktu yang ditentukan. Apalagi kalo dipermudah dengan beli online ticket, makinlah manja eikeeee hahahha…Next time cobain ah beli tiket kereta di Traveloka. Semoga gak ada drama kehabisan tiket hihihihiii

    1. Insha Allah ga akan kehabisan. Kecuali kalau musim liburan atau Lebaran ya. Ga janji. Tapi semua jadi lebih mudah tinggal buka aplikasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *