Hello , TemenAip !

Buat para pecinta KFC, pasti udah pada tahu kalau KFC Indonesia baru saja mengeluarkan varian terbaru di gerai-gerainya yaitu KFC Mini Chizza !! Chicken Pizza ! Alias Ayam Goreng Rasa Pizza.

Setelah KFC Hot & Cheesy , KFC Hotz Chicken , KFC BBQ Chicken , KFC Winger Norishi, KFC Cochiks, muncullah menu  yang saya tunggu-tunggu banget kedatangannya di Indonesia.

 

KFC Chizza Indonesia , sumber FB KFC Indonesia

Chizza sudah hadir sebelumnya di KFC negara lain seperti di Jepang, Malaysia dan Filipina. Pada intinya menu ini adalah Pizza versi KFC yang memiliki bahan daging ayam sebagai pengganti adonan pizza, lalu diberi toping seperti pizza yaitu saus tomat , keju, paprika, dll.

Chizza Jepang

Penasaran banget sama menu ini , sampai nulis soal KFC Chizza pada November 2016 , eh dia akhirnya datang di awal tahun 2018.

Tanggal 8 Januari 2018 , segera saya datang ke gerai KFC Salemba Jakarta Pusat yang buka 24 jam. Pada jam 20.30 , masih lumayan antriannya, dan sebagian besar memesan Chizza. Terdengar sahutan para server KFC memesan Chizza ke bagian kitchen di belakang . Poster Chizza juga sudah ditempel di dinding restoran.

receipt

10 menit menunggu, akhirnya tiba waktunya saya memesan. Saya memesan 2 buah Chizza untuk dibawa pulang. Seporsinya dibandrol Rp.18.000,- , menunya harus disiapkan dulu. Saya harus menunggu kira-kira 5 menit sampai Chizza-nya ready.

chizza

Kalau mengutip dari laman Facebook KFC Indonesia , KFC Mini Chizza adalah Mini Chizza merupakan perpaduan ayam khas KFC yang dilengkapi topping saus keju jalapeno dan irisan paprika. Lengkap dengan hastag #SorryPizza #HelloMiniChizza. Mini Chizza juga disebut sebagai limited edition. Apakah dijual dalam waktu tertentu ?

mini chizza

Tak lama kemudian selesailah pesanan saya.  Disajikan dalam kotak KFC AM tidak seperti dalam gambar di poster . Sayang sekali, mungkin kotak Mini Chizza nya habis, tapi nggak apa, yang penting isinya kan.

mini chizza

Pas dibuka, muncullah si Mini Chizza ini. Kesan pertama, ukurannya mini ya ? Helloo.. namanya juga Mini Chizza. Di atas potongan fillet ayam goreng ada lelehan keju jalapeno , potongan bawang bombay, dan paprika warna merah dan hijau. Lelehan kejunya kalau diperhatikan mirip dengan keju yang ada di KFC Hot n Cheesy kalau menurut saya.

Gigitan pertama terasa kriukan khas KFC yang crispy-nya memang juara, dengan ayam yang juicy dengan bumbu KFC yang meresap sampai dalam.  Lalu terasa juga lelehan keju jalapenonya, yang memang mirip dengan keju Hot & Cheesy, rasa asem saus tomat,  tapi ada aroma lain terasa, sedikit oregano mungkin. Terasa juga potongan bawang bombai lalu rasa paprika yang menyegarkan. Overall rasanya mirip Pizza, tapi daging ayam jadi rotinya. Kalau boleh jujur awalnya rada bingung dengan rasanya. Tapi setelah gigitan kedua, rasanya jadi lebih familiar dan bisa lebih menikmati rasanya. Sampai akhirnya habis juga Mini Chizza-nya.

Usaha KFC Indonesia menghadirkan menu baru patut diacungi jempol. Inovasi perlu terus dilakukan supaya konsumen punya pilihan. Dan pasti sudah ada penelitian menu mana yang kira-kira cocok dengan pasar Indonesia. Termasuk mini Chizza. Satu yang agak kurang sesuai dengan harapan adalah keju yang dipakai bukan Keju Mozzarella seperti yang saya harapkan. Tapi Keju Jalapeno yang mirip dengan menu sebelumnya. Asumsi saya mungkin karena menu Hot & Cheesy yang diterima dengan cukup baik oleh pasar, sehingga rasa yang mirip diharapkan sesukses menu sebelumnya. Padahal kalau kejunya Mozzarella, pasti seru kan. Kejunya meleleh, terus pas diangkat kejunya lengket seperti sensasi makan pizza yang ingin ditiru oleh Mini Chizza.  Kalau dibandingkan dengan versi Jepangnya memanglah berbeda. Terus ada baiknya, walau ukurannya mini, sebaiknya dipotong empat. Supaya sensasi makan pizza-nya lebih kerasa.

duo Mini Chizza

Soal rasa saya beri nilai 7,5 , karena ada dua rasa familiar disana , pizza dan KFC Hot & Cheesy yang bisa dinikmati. Kalau memang suka dengan dua makanan ini. Pasti suka deh. Apalagi zaman sekarang apa-apa dikasi keju. Tapi kalau merujuk sama beberapa menu Ayam Geprek yang dijual oleh restoran lain memakai Mozarella, kenapa KFC tidak ? Sekali lagi, mungkin supaya konsumen familiar dengan rasa yang pernah ada. Eh, sebelumnya. Apakah bakal beli lagi ? Mungkin, lumayan buat iseng. Tapi bukan karena wajib akibat ketagihan.

Ada dua teman saya yang ikut mencoba Mini Chizza, Vika yang memberikan nilai 7,5 dan Bena yang memberikan nilai 5. Why Bena ? Why ???

Haruskan mencoba KFC Mini Chizza ? Sebagai KFC Lovers, harus lah ! Apalagi kalau suka dengan menu sebelumnya.  Apalagi katanya limited edition. Mesti buru-buru nyoba deh. 

Edit : Mini Chizza udah ga dijual lagi akhir January ini. Katanya bakal Ada kejutan lain di February 2018 ini ! Apalagi ya ? Kita tunggu aja

Sampai jumpa di KFC !

 

6 comments

  1. wah .. ada yang baru dgn KFC. Penasaran ih. Eh eh aip ari eta hayam nu pake coklat KFC juga bukan sih? Itu gimana rasanya?

    Eh eh … atuh lah kalo jajan2 jalan2 sama vika, bena dkk ajak2 doooong 🙂

  2. Rasa jalapenonya enggak ada masa ya.
    Kurang berasa rasa pizzanya.
    Untuk harga 18ribu itu terlalu mahal.
    Mending kasih harga mahal sekalian tapi prepare.
    Oh ya ngomong2 preapre. Dus-nya untuk pembelian take away juga nggak prepare. Masa harus pake kfc a.m
    Hmm. Aku ngasih nilai 5 karena ada banyak hal yg harus direvisi.
    Kfc selalu down untuk varian menu baru. Chociks itu juga ampun deh.

Leave a Reply