Welcome to Trizara Resorts

Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Edisi kali ini mau cerita soal keseruan pengalaman  Glamping  perdana di Trizara Resorts Lembang.

Kalau zaman dulu kita suka camping, alias berkemah supaya bisa lebih dekat dengan alam. Dimana kita mesti bangun sendiri kemahnya, masak sendiri pakai kompor portable atau pakai kayu bakar, lalu kalau mau ke toilet ribet. Belum becek, belum kalau hujan kemahnya bocor. Seru banget sih. Kalau zaman dulu masih dijabanin ya, kalau sekarang mungkin udah gak mau ribet, apalagi kalau udah punya anak istri atau badan udah jompo. Malas berkemah.

Tapi buat para pecinta alam yang malas ribet berkemah (seperti akuh) , ada jalan keluarnya, yaitu Glamping. Alias Glamorous Camping.  Glamping apaan sih ? menurut sumber ini ,  Glamping adalah saat alam yang mempesona bertemu dengan kemewahan. Sebuah percampuran antara glamour dan camping. Glamping is where stunning nature meets modern luxury. It’s a way to experience the untamed and completely unique parts of the worldβ€”without having to sacrifice creature comforts.

Nah pada tanggal 5-7 February 2018 kemarin Ariefpokto.com diundang ke acara #TravelBloggerXTrizaraResorts di Trizara Resorts. Seru banget deh di ajak Glamping. Alamatnya ada di  Cihideung Gombong, Gudang kahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391 kalau mau lihat di peta silakan klik peta menuju Trizara.

Acara ini dihadiri para travel bloggers dan komunitas seperti My Trip My Adventure dan IG-ers. Jadinya lebih seru soalnya punya teman baru. Banyak juga sih yang udah temenan di dunia maya tapi baru bersua di dunia nyata. Karena datangnya ramai-ramai naik bis, kita mesti pindah dulu naik angkot carteran, karena jalan ke Trizara agak masuk ke dalam dan bis nya tidak bisa masuk. Kalau mobil biasa sih bisa masuk. Ada tempat parkir khusus, Jadi aman kalau bawa mobil sendiri. Mobil tidak bisa masuk ke kawasan tenda.

 

Sesampainya di Trizara Resorts langsung takjub melihat situasinya. Udara pegunungan Lembang langsung terasa. Memasuki gerbang besar. langsung ada hamparan hijau dengan tulisan Trizara Resorts , langsung pengen guling-guling manja. Hahahaha. Lobby dan restorannya berkonsep terbuka. Jadi semua terasa lega dan lebih dekat dengan alam.

FYI di Trizara Resorts ini terdapat 47 buah Tenda Glamping. Jenisnya ada :

  1. Netra setara dengan deluxe room untuk dua orang ukuran tenda 36 m2 dengan mountain view.
  2. Zana setara dengan standard room untuk dua orang , ukuran tenda 33,75 m2 berada di mountain valley.
  3. Nasika setara dengan superior family room untuk empat orang , ukuran tenda 38,5 m2 berada di mountain valley.
  4. Svada setara dengan premiere family room untuk empat orang, ukuran tenda 38,5 m2 berada di family circle garden area.

Selain itu ada 3 Ruangan Meeting ( Lagna, Melana dan Sabha) , Untuk maknan, tenang, ada  Indriya Cafe ( food and Beverage) Trizara Bar ( juice, coffee , wine, beer, dll) dan Terrace Cafe (Live BBQ set in Buffet).

Selesai check in, kami dipersilahkan masuk ke tenda masing-masing. Senang rasanya pengalaman perdana glamping akan segera dimulai !

Tenda Netra

Kebetulan saya mendapatkan Tenda type Netra no 10 yang pemandangannya paling bagus. Letaknya paling ujung kanan dari deretan Tenda Netra lainnya. Di Trizara Resorts, tendanya dibagi lokasinya berdasarkan ukuran tenda. Kalau tendanya agak jauh, bisa naik Trizara Taxi, dua unit Suzuki Jimny Long  chasis yang dicat kuning dibuat seperti taxi di New York City.  Jadi kalau bawa anak-anak atau orang tua, tenang, tinggal charter taxi ini buat mengantarkan kita dari lobby ke tenda, dan juga dari tenda ke restaurant. Tapi karena tenda Netra letaknya lebih dekat, saya memilih untuk berjalan kaki sambil melihat-lihat situasi. Dari lobby saya berjalan turun melewati aliran air terjun buatan yang. Ke sebelah kanan ada kompleks Tenda Netra, sementara Tenda Svada , Nasika dan Zana berada di bagian lembah, melewati jalan yang menurun ke lembah.

Sejenak saya terdiam memandang keindahan lanskap Trizara Resorts. Keren banget ! Bagaimana desain lanskap disesuaikan dengan kontur alami tanah di daerah ini yang memang berupa bukit dan lembah. Di antara barisan tenda yang rapi, ada banyak ruang terbuka serupa taman dengan hamparan rumput yang terawat. Dan juga aneka pepohonan tinggi, membuat suasana menyatu dengan alam lebih terasa. Jangan takut becek, karena jalanan yang menghubungkan antara tenda , lobby dan restoran semua sudah di paving block. Suasananya bikin betah dan menyenangkan.

Trizara sendiri berarti taman dari surga dari Bahasa Sansakerta. Penamaan jenis tenda disini juga berasal dari bahasa Sansakerta. Tenda Netra berarti mata, Nasika berarti hidung, Svada berarti rasa, dan Zana yang artinya manusia . Mungkin pemilik Trizara Resorts berharap para tamu bisa merasa seperti ada di salah satu taman surga. Memaksimalkan semua panca inderanya sebagai manusia. Supaya bisa lebih dekat dengan alam, karena semuanya ada disini pemandangan yang menakjubkan, Udara dingin pegunungan, aneka tanaman dan pohon dan aneka tanaman yang berlimpah disini.

Suasana di Trizara Resorts

Sambil melamun akhirnya sampai juga di tenda Netra 10 , ternyata roomate, eh tentmate saya sudah ada disana, Faza, seorang blogger reviewer hotel Bandung yang karakternya berwarna sekali. Seru banget anaknya.

Terus terang ini pengalaman glamping yang pertama jadi gak tau seperti  apa kemah pas glamping. Ternyata kemah disini sangatlah kokoh, bahannya tebal, ga takut roboh deh. Lantainya terbuat dari semen , rangkanya terbuat dari besi yang kuat, lalu dilapisi kain terpal yang tebal. Ukurannya cukup luas, ada balkonnya pula lengkap dengan dua buah tempat duduk santai yang cocok untuk santai melihat pemandangan. Ada sebuah tempat tidur besar dan nyaman, sebuah lemari terbuka, sebuah meja lengkap dengan teko listrik dan aneka teh dan kopi.  Yang menarik ada sebuah kotak kayu ajaib di depan tempat tidur. Tempat kita menyimpan barang-barang. Yang seru di dalam kotak kayu ini banyak kompartemen rahasia. Seru deh kayak punya kotak Bajak Laut ! Ada beberapa sentuhan budaya India disini, seperti sarung bantal, lukisan dan beberapa detail cantik lainnya.

Di bagian belakang ada kamar mandi bernuansa putih yang memanjang. Bersih banget. Ini yang penting. Kalau camping biasa, ke kamar mandi bisa horror atau malesin, karena gelap dan becek. Di Trizara , kita tinggal buka pintu kayu, tadaaa… kamar mandi seperti di hotel lengkap dengan shower air panas.  Oh ya disini tidak memakai AC karena tidak perlu. Heloo, Lembang dingin! Disini juga gak ada TV, kenapa ? gak perlu juga. Kan mau menyatu dengan alam. Ngapain ada TV ? Tidak disediakan telepon, untuk berkomunikasi dengan reception kita bisa pakai Whatsapp. Tenang, buat tetap exist aman kok, disini WIFi-nya kencang ! Internetan ga ada kendala !

Mau lihat situasi kamar Netra 10 yang saya tempati ,bisa langsung lihat di 

Sore pertama disambut dengan hujan… Udara dingin Lembang bersekutu dengan hujan membuat suhu jadi dingin sekali. Tapi untungnya, karena glamping, ga becek, bisa selimutan di tempat tidur sambil lihat hujan turun. Nyeselnya ga bareng sama pasangan. Lirik si Faza , rekan sekamar yang sibuk insta story. Karena tendanya kokoh, ga ada tuh bocor-bocor ala kemping biasa. Suasana hujan yang syahdu bisa dinikmati maksimal. Sambil duduk di balkon memandang ke lembah hijau, tiba-tiba Pak Kunal, pemilik Trizara Resorts datang ke Netra 10. Orangnya masih muda, keren, dan bersemangat.

Beliau mengecek keadaan kami para tamu, dan lalu kita ngobrol seru soal pariwisata dll. Ada satu kejadian menarik , pas di check tenda kita gak ada payung, Pak Kunal langsung minta tolong staffnya untuk membawakan kami payung. Sebenarnya masih betah di Tenda, tapi karena waktunya makan malam. Kita berangkat ke restoran untuk makan malam. Malam itu seru karena kita bisa kumpul dengan teman sesama blogger dan juga komunitas Instagramers menikmati menu BBQ dan Live music.

BBQ, Mie Kocok , Breakfast

 

Selama di Trizara Resorts kami dijamu sarapan, makan siang, makan malam, piknik dan BBQ. Pokoknya kita tidak dibiarkan lapar. Sebagai tukang ngemil, hampir dipastikan bekal yang dibawa dari rumah tidak dimakan. Hahaha. Bawa bekal ? yaiyalah, soalnya sebagai golongan pemamah biak, gak boleh kurang makan. nanti kurus ! Tapi ternyata bekalnya mubazir pemirsa. Makanan di Indriya Cafe rasanya enak-enak. Ga kalah sama hidangan restoran di hotel berbintang. Menunya amat beragam, mulai dari western food, Asian, Indian, Sundanese. Pak Kunal , pemiliknya bilang kalau Trizara memang berusaha memenuhi kebutuhan semua pengunjungnya yang datang dari berbagai daerah dan negara. Breakfast nya top notch, ga berasa Camping, kayak breakfast di hotel berbintang aja. Kalau makan di Indriya Cafe, pastikan nyobain aneka soupnya. Gak pernah gagal. Dari mushroom soup sampai soto Betawinya enak banget. Pas buat menghangatkan badan. Aneka menu lunch dan makan siangnyaa juga amat beragam. Gak bikin bosan dan pastinya sedap.

Satu hal yang yang tak boleh dilewatkan di Trizara Resorts adalah foto-foto ! Banyak banget spot keren disini.. Tinggal arahkan kamera, jepret. Jadi deh.  Mau berfoto dimana aja bisa dijadiin profil pic social media. Apalagi kalau rajin hunting. Pasti dapat foto bagus. Koleksi foto keren saya di instagram bisa di check di feed Instagram @Ariefpokto .

Ada kejadian menarik, pas saya upload foto di daerah lobby Trizara, dimana disitu ada sebuah pintu geser kaca berwarna warni. Foto itu jadi bahan mata kuliah Teori Hubungan Internasional Universitas Brawijaya , Malang. Salah satu dosen disana Ibu Henny Rosalinda, menganggap foto kaca warna warni itu mempermudah mahasiswa melihat fenomena Hubungan Internasional yang dilihat dari berbagai sudut pandang yang diwakili aneka warna kaca tersebut. Seru juga ya. Foto di Trizara bisa membantu mahasiswa memahami kuliah mereka.

Jadi bahan mata kuliah di Universita Brawijaya

Pihak Trizara juga sempat menggelar Piknik di sebuah area rerumputan hijau diantara Tenda. Seru banget pikniknya. Digelar aneka macam prop buat foto-foto . Disediakan aneka macam cemilan dengan teh dan kopi. Senang berkumpul bersama teman-teman lama dan baru. Keseruan ini berujung foto-foto.

Piknik Ceria

 

Saya juga sempat mengabadikan moment beberapa model dadakan yang ternyata pada jago pose. Semua mengeluarkan pose andalan untuk kami jepret.

Trizara’s Next Top Model

 Dengan background alam Trizara, tiba-tiba para model berasa lagi di aneka tempat eksotis.  Jadi siapakah yang akan menjadi Trizara’s Next Top Model ? hahaha..

Aneka keseruan aktivitas di Trizara

Selain foto-foto, banyak kegiatan seru lain yang bisa dilakukan di Trizara Resorts. Mulai dari ATV Riding. Terus terang saya baru belajar naik ATV. Belajar 5 menit langsung bisa. Amazing kan. Jadi sebenarnya untuk ATV ada track khusus lengkap dengan tanjakan , turunan dan juga belokan. Letaknya ada di depan area resort.

Disana juga disediakan kegiatan naik mobil off road dan juga Archery ( panahan) tapi kita gak nyoba ini. Karena emang di depan Tenda kita terbentang luas aneka permainan seperti flying fox , High rope. Bikin penasaran deh. Akhirnya nyobain Flying fox, kita mesti naik dulu ke jaring-jaring setinggi 8 meteran, lalu baru bisa meluncur dari ketinggian ke bawah sejauh beberapa belas meter. Seru banget pemirsa ! Untung masih ada otot bisep diantara lapisan daging sengkel dan sandung lamur di tangan buat naik flying fox ini.

Kalau High Rope sendiri adalah aneka tantangan tali temali yang harus ditaklukan. Kalau suka ngagowes, disini disediakan sepeda juga. Seru sepedaannya karena kontur Trizara yang naik turun, ga statis, sepedaan bisa jadi tantangan tersendiri !! Kalau suka olahraga indoor, ada ping pong dan foozball. Seru juga keringatan sambil ketawa ketiwi disini. Lapangan Badminton juga ada, tinggal minta disettingin aja. Bisa juga ikut kelas Zumba yang seru, kelas Yoga yang adem, atau hanya iseng main ayunan sampe bosen. hahaha. Disediakan juga aneka board games penghalau kebosanan, pengundang tawa canda dan hore-hore. Mulai dari Uno, Jenga, Twister semua ada. Ada satu lagi wahana yang seru untuk dimainkan yaitu Trampoline ! Udah lama gak loncat-loncat gembira kegirangan, kejadian deh pas naik trampoline ini. Udah berasa kayak anak kecil mainnya. Hilang stress dan kepenatan hidup kalau berkegiatan di Trizara Resorts.

Kalau mau nonton keseruan kegiatan saya di Trizara mulai dari Flying Fox, ATV , Zumba, main pingpong dan

Santai di Tenda

Ada satu kegiatan penting lain yang harus dilakukan di Trizara Resorts, yaitu leyeh-leyeh manja di tenda. Beneran deh. Duduk di kursi santai sambil memandang pemandangan alam itu nikmat banget. Atau sambil tiduran di tempat tidur, lalu tendanya dibuka biar angin segar pegunungan masuk. Benar-benar sensasi Glamping yang sempurna ! Pengalaman menyatu dengan alam yang takkan terlupa.

Satu lagi kejadian menakjubkan adalah saat pagi tiba, kebetulan paginya berkabut banget. Beneran berasa awan turun ke bumi deh. Senang bisa dapat pengalaman berselimut  kabut tanpa harus susah payah naik gunung dulu. Dan disini pencahayaannya bagus, jadi walau berkabut tapi jalan dan tenda tetap keliatan. Gak nyeremin sama sekali. Berjalan menembus kabut dalam udara dingin memberikan sensasi yang natural banget. Berasa berjalan di langit. OK, stop, mulai lebay. Hahaha.

 

Overall ,  seneng banget deh nginep di Trizara Resorts. Pengalaman Glamping perdana yang amat menyenangkan.Tidurnya nyaman, akticitasnya seru dan menantang, suasana alam pegunungan yang membuat kita berasa menyatu dengan alam, makanan enak, puas foto-foto. Dan yang pasti pulang dari sini makin fresh jiwa dan raga. Kepikiran nanti bakal balik lagi nginep disini sama keluarga  seru kali ya.

Kalau TemenAip mau nginep disana silakan telepon 022 82780085 bisa book via websitenya Trizara.com atau hubungi Trizara Marketing Team: Rido: 081221836225 , Ria: 081222265612 , Bobon: 089619548762 , Candra: 087894833010 bisa juga email ke trizararesorts@gmail.com

Liat juga feed social media mereka , Instagram dan Facebook juga Tripadvisor

 

 

 

 

 

 

.

.

32 comments

  1. Kang Aip, seru banget acara glamping barang-barangnya. Sudah tempatnya bagus, ada acara piknik eh bersama teman-teman pula. Memang indah melewatkan waktu bersama orang-orang menyenangkan di tempat seperti ini.

  2. Waaaah mas aip, makasih ya udah mau dan betah menjadi room mate aku, wkwkwkkwkwsk, ngakak kan, nanti kita seru seruan lagi bareng bareng yaaa, eh btw blog ku ganti nama menjadi fazatraveldiary.blogspot.co.id. Temen aip mampir kesana juga yesssss, with love warga netra 10 :))))))

  3. Trizara glamping juga solusi bagi aku yang ingin mencoba tidur di tenda tapi ogah jika harus mandi atau bersih-bersih di kali. Yang penting suasana alam dan tenda nya dapat, cuma sampai disana keberanian untuk bercamping Ria

  4. Sesuai namanya, nginap di Trizara berasa di surga, fasilitas lengkap dan adem buat refreshing πŸ˜€
    Kapan mau ah diajak glamping manja sama kang aip πŸ˜‰

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

Leave a Reply