Hello TemenAip ! Apa Kabar ?

Ada yang pernah Liburan ke Turki ? Penasaran deh sama negara yang satu ini. Kebetulan orang tua, saudara  dan beberapa teman udah pada kesana. Jadi kepengen deh. Apalagi kalau liat album foto Mamih dan Apih ( yang tak punya Instagram) atau feed Instagram temen-temen. Waduh, jadi nambah penasaran ! Kok pemandangannya bagus-bagus banget. Tempatnya unik dan kayaknya tidak ada di tempat lain.

Apalagi beberapa waktu lalu , Balada serial Turki sempat melanda televisi di Indonesia membuat Turki menjadi pilihan destinasi berlibur baru bagi masyarakat Indonesia. Penggemar drama Turki seolah ingin merasakan secara langsung bagaimana keadaan Negara asal drama Elif ini. Mungkin sambil harap-harap cemas ketemuan sama pemain serial Turki yang ganteng dan cantik itu. Kan memang kampungnya mereka ya. Siapa tau rejeki… Hahaha..

Untuk menuju Turki kini turis asal Indonesia tidak perlu bingung tentang maskapai penerbangan, karena Garuda Indonesia memiliki rute Jakarta – Turki yang bisa langsung membawa TemenAip berlibur ke sana.  Harga tiket Garuda Indonesia juga tidak semahal yang dibayangkan.

Buat inspirasi, kita bisa memilih beberapa destinasi yang ada dalam list berikut ini supaya rencana liburan ke Turki makin asyik karena komplit dan maksimal pengalamannya.

Cappadocia

Balon udara warna-warni di Cappadocia sumber: rainbowtourturkey.com

Pasti sering melihat foto balon udara di atas tebing-tebing bebatuan nan indah kan? Nama tempat itu adalah Cappadocia. Di Cappadocia, semua bangunan dipertahankan khas asli Turki sehingga nuansa budaya yang kental bisa sangat mudah kita temukan di sini. Kita juga bisa merasakan sensasi menginap dalam bangunan batu kuno dan naik balon udara menikmati pemandangan kota Cappadocia dari atas awan. Ini sih kepengen banget deh. Pasti dapat banyak foto cakep buat feed instagram ! Dan yang pasti pengalaman naik Balon udara di tempat sekeren ini pasti gak bakalan terlupakan.

Blue Mosque

Mesjid Biru yang indah dan megah sumber: britishmuslim-magazine.com

Mengunjungi Blue Mosque saat bepergian ke Turki adalah wajib. Kenapa? Karena masjid tertua di Turki ini merupakan ikon Negara tersebut dan masih berdiri megah hingga saat ini. Blue Mosque memiliki arsitektur yang sangat indah dan memanjakan mata. Jika malam hari, cahaya kebiruan dari masjid ini akan berkilauan menambah indahnya bangunan tersebut. Untuk  yang beragama Islam,  bisa merasakan damainya beribadah di masjid bersejarah ini. Kebayang kan sholat di dalam mesjid sebagus ini. Pasti adem dan menyejukkan hati. Apalagi kalau tau sejarah dari mesjid ini. Pasti jadi pengalaman yang akan selalu dikenang sepanjang hidup.

Gunung Nemrut

Patung Dewa Yunani di Gunung Nemrut sumber: wikipedia.org

Gunung ini menyimpan sejarah yang dalam tentang Turki. Di Gunung setinggi 2.134 meter ini kita akan melihat  patung-patung Raja Antiochus I Thos of Commagene dan patung dewa Yunani yang tersebar di kawasan ini. Selain itu, bisa juga menikmati indahnya sunrise di puncak gunung Nemrut dan melihat pemandangan kota. Disini kita bisa melihat kalau Turki itu banyak sekali lapisan budayanya karena perjalanan waktu. Dan semuanya masih dipelihara dengan baik. Kalau kesini hati-hati beraktivitas di sekitar artifak, jangan sampai merusak peninggalan sejarah yang menakjubkan ini. Jangan sampai gara-gara pengen selfie yang beda, malah mengganggu tidak menghormati atau amit-amit, merusak artifak disini. Bisa viral kita, karena alesan yang jelek.

Istiklal Street

Istiklal Street sumber: pixdaus.com

Memiliki nama yang hampir sama dengan masjid di Jakarta, Jangan sampai melewatkan berkunjung ke sini. Istiklal Street adalah sebuah kawasan perbelanjaan yang paling terkenal di Turki. Kita bisa menemukan berbagai jajanan khas Turki, pakaian, dan bahkan galeri seni semua ada di jalan sepanjang 1,4 KM ini. Belanja oleh-oleh akan lebih menyenangkan di jalan ini. Wah  buat pecinta belanja bisa kalap disini ! Kebayang  banyak banget yang bisa dibeli buat oleh-oleh !!

Nah , Tips liburan ke Turki adalah kita harus memastikan untuk selalu mengecek tiket maskapai seperti Garuda Indonesia dll, sebelum merencakan perjalanan. Kini bisa mengurus Visa on Arrival secara online. Hanya perlu mengisi  formulir di website kemudian membayar  sekitar Rp 250.000 dengan menggunakan Kartu Kredit. Setelah melakukan pembayaran silakan cek email konfirmasi, jika sudah disetujui, tinggal cetak deh visanya tersebut.  Gampang banget kan ?

Untuk berkeliling sebaiknya pakai bus, karena fasilitas bus di sana sudah lengkap dan harganya terjangkau. Lumayan kan uang lebihnya bisa buat belanja, atau jajan es krim Turki. Hihihi.

Nah , ternyata mudah juga ya buat liburan ke Turki ! masih ragu untuk berwisata ke Turki ?

7 comments

  1. Penasaran juga pengen jalan-jalan ke turki nih.. Biar hemat waktu jalan-jalan ke turki mending naik direct flightnya Garuda Indonesia aja deh yaa.. 😀

    Cheers,
    Dee Rahma (heydeerahma.com)

Leave a Reply