Naik Royal Trans

Hello TemenAip ! Ada yang tinggal di Bekasi ? Atau sering bepergian ke Bekasi ? Hari gini perjalanan ke atau dari Bekasi penuh perjuangan tersendiri. Macet. Karena volume kendaraanya memang banyak banget. Saking banyaknya lalu lintas ke daerah ini, pemerintah melalui BPTJ membuat sistem ganjil genap bagi kendaraan yang melintas ke daerah ini seperti yang diberlakukan di jalan-jalan protokol di Jakarta. Sebenarnya kalau ada keperluan ke Bekasi, sebelumnya biasanya suka bawa kendaraan sendiri biar nyaman. Tapi macetnya itu lho. Bikin boros. Tapi gimana ? perlu kesana. Akhirnya sempat baca di dunia maya ada ajakan dengan hastag #AyonaikBis. Sampai akhirnya 
datang juga pengalaman naik bis Transjabodetabek premium ke Bekasi ! 

Jadi guys, sekarang sudah ada Bis Premium yang melayani perjalanan menuju Bekasi Barat dan Timur ke Kota Jakarta dan sebaliknya. Ada 44 armada yang melayani trayek Kota Jakarta – Bekasi. Ternyata ini adalah satu program yang dijalankan Kementerian Perhubungan untuk memberikan alternatif lain pengganti mobil pribadi dari Jakarta Ke Bekasi dan sebaliknya dalam rangka mengurangi tingkat kemacetan. Armada bis premium sendiri pilihannya adalah Royal Trans yang dijalankan oleh Trans Jakarta, PPD , Big Bird. Karena namanya premium otomatis tingkat kenyamanannya juga tinggi , beda sama bis lainnya.

Kemarin sempat ada urusan ke Bekasi. Mau bawa mobil malas kan, banyak faktornya, pertama macet, otomatis nyobain kenyamanan salah satu Bis Transjabodetabek Premium ini, namanya Royal Trans yang berangkat dari terminal Blok M.

Bis Royal Trans

Terus terang awalnya agak bingung mau naik Royal Trans ini, karena sudah lama gak naik bis di Terminal Blok M ini. tapi setelah tanya sana sini. Bis Royal trans selalu ada di Jalur Tiga Terminal Blok M. Untuk naik bis ini , tidak perlu beli tiket dulu atau pakai E-Money seperti Trans Jakarta pada umumnya. Tapi langsung naik ke atas bisnya. Bayarnya pun di atas Bis. Pas banget datang pada jam keberangkatan jam 16:30 WIB. Walaupun pakai acara lari-lari dikit naik tangga, takut ketinggalan bus.

Ada beberapa catatan pengalaman naik bis Transjabodetabek premium ke Bekasi :

Bis Baru Yang Premium
Pas Naik , suasana premium Royal Trans ini sangat terasa ! Bis-nya keren sekali ! Dengan kombinasi Merah Marun dan Putih, ukurannya tidak sebesar Bis TransJakarta biasa. Tapi cukup luas. Dinginnya AC terasa banget. Kita bisa mengatur aliran udara di atas kita seperti di pesawat. 

Ada colokan

Tersediapula lampu baca. Joknya juga mewah bisa disesuaikan ketegakan sandarannya. Bahan joknya kulit dengan paduan warna merah marun dan krem. Pokoknya nyaman sekali. Di depan kita ada fasilitas USB Charger. Jadi kalau baterai HP mau habis, kita bebas mengisi daya , tinggal colokin aja !! Ada pula sarung tempat menyimpan barang , juga tempat menyimpan botol minuman supaya gak tumpah-tumpah. Di bagian atas ada kompartemen tempat menyimpan barang. Tidak terlalu besar, tapi cukuplah. Pengalaman naik bis Transjabodetabek premium ke Bekasi ini berasa banget ! Karena berasa  naik bis di luar negeri. Tapi pemandangannya Jakarta banget. 

Duduk nyaman

Dengan kaca jendela yang luas dan bersih, tapi gak bikin silau , kita bisa melihat pemandangan kota Jakarta dengan maksimal.

Pemandangannya

Kalaupun ketiduran karena dinginnya AC, setelah lelah seharian beraktivitas, kayaknya sah-sah saja. Tinggal duduk manis menikmati perjalanan ke Bekasi.

Rute Transjabodetabek Premium

Jadwalnya

Bis-bis ini melayani rute Jakarta – Bekasi Timur. Memulai rute dari Grand Dhika, Bekasi Trade Center dengan tujuan Grand Paragon GM, Tebet, Mall Sunter, Kalideres dan Thamrin City. Bis mulai berangkat mulai pukul 05:40 WIB – 09:00 WIB dengan interval keberangkatan tiap sepuluh menit. Sedangkan rute dari Bekasi Barat berangkat dari Mega City dan Sumarecon tujuannya Plaza Senayan, Kuningan, Podomoro City, Blok M dan Thamrin City. pukul 05:30 WIB – 08:50 WIB dengan interval keberangkatan tiap sepuluh menit. Pas kemaren naik bis dari Blok M ke Bekasi sempat berhenti di beberapa titik seperti Perempatan sebelum Ratu Plaza, Plaza Semanggi dan beberapa titik lain untuk menaikan penumpang. Kita harus jeli melihat bis bertuliskan Transjabodetabek, kalau yang saya tumpangi tulisannya Royal Trans. Jadi gak perlu naik di Blok M, tinggal nunggu saja di tempat-tempat yang disinggahi bis ini, Tapi ngetemnya gak lama, jadi mesti jeli matanya .

Jadwal Berangkat ke Bekasi
Peta Jaringan Transjabodetabek

 

Harga Ekonomis

Tiket

Tarif Bis premium ini , kita dikenakan tarif Rp.20.000 , sepadan banget dengan kenyamanan yang bisa kita dapatkan sebagai penumpang. Nah, karena lagi promo, kemarin cuman bayar setengahnya !! Murah banget kan ? Sepuluh ribu Rupiah saja naik Bis Premium sampai Bekasi Barat !! Pengalaman naik bis Transjabodetabek premium ke Bekasi yang amat ekonomis ! Kalau naik yang lain belum tentu segitu harganya. Diskon ini berlaku sampai Juni 2018. Semoga diperpanjang ya. Hahahahah

Ketepatan Waktu
Untuk menjamin ketepatan waktu, perjalanan dari Bekasi ke Jakarta, BPTJ bersama Jasa MArga dan Kepolisian menyediakan jalur khusus di jalan Tol, diperlukan kira-kira 70-90 menit waktu tempuh perjalanan. 

Parkir Murah

 Buat pengguna dari Bekasi yang memakai kendaraan disediakan park and ride dengan tarif flat Rp. 10.000/ hari dengan menunjukan tiket Transjabodetabek premium. Jadi tinggal parkir seharian di Megamall Bekasi Barat atau Grand DHika di Bekasi Timur. Kebayang betapa ekonomisnya, dari rumah ke Megamall Bekasi , parkir, lalu pergi dan pulang Bekasi-Jakarta, hanya modal Rp. 30.000 saja/hari. Pengiritan yang luar biasa kan. Belum energi saat  nyupir berkurang, karena tinggal duduk manis dalam bis

Overall pengalaman naik bis Transjabodetabek premium ke Bekasi ini cukup menyenangkan , kagum sama bis premiumnya. Nyaman banget. Beneran deh, enakan naik bis ini daripada naik mobil pribadi. Nyaman , cukup tepat waktu, irit, bisa berkurang tingkat stress akibat kemacetan, praktis banget. Yang pasti bakal meningkatkan kualitas hidup lah. Hidup berkomuter Bekasi-Jakarta bisa lebih mudah karena naik Bus Transjabodetabek premium ini. Semoga selalu lancar dalam pelaksanaannya. Jadi gimana ? Daripada capek nyupir, mending naik bis premium yuk ! Sekalian memberikan kontribusi upaya mengatasi kemacetan Bekasi yang sudah ruwet itu. Win win solution kan, Kita dapat Moda transportasi nyaman , gak capek, ekonomis, jadi #AyoNaikBis

15 comments

  1. Sepertinya memang harus begini, pemerintah menyediakan bus atau transportasi massal apapun yang nyaman untuk menggantikan mobil pribadi. Di samping juga tentu harus aman. Mudah-mudahan dengan bus keren seperti ini para pelaju Bekasi-Jakarta bisa memanfaatkannya dan mengurangi sedikit beban kemacetan di Jakarta

    1. lebih masuk akal naik ini sih daripada bawa kendaraan pribadi. Ongkos dan tenaga yang dikeluarkan tentunya tak semahal bawa kendaraan pribadi. Semoga programnya berjalan lancar ya Bu

  2. Wah, nambah lagi nih alternatif transportasi umum ke Bekasi selain commuter line dan APTB. Busnya terlihat nyaman banget ya, cocoklah buat perjalanan jauh macam Jakarta – Bekasi hahaha. Udah kayak bus antar kota, ada USB port segala.

    Eh, emang antar kota ding ya, hihihi.

    Tapi jujur, menurutku harganya agak kemahalan. Iya, memang setara dengan pelayanannya, tapi menurutku yang dibutuhin bukan servis premium seperti itu. Yang warga butuhkan adalah angkutan yang cukup nyaman, tapi cepat. Kecuali kalo bus ini punya jalur sendiri yang eksklusif, ongkos Rp 20rb bisa dipertimbangkan.

  3. aku…keknya gak pernah ke Bekasi padahal udah mau 3 tahun pindah jakarta haha kayakny cuma lewat doang gitu. Baiklah next bisa coba transportasi ini nih 🙂

  4. Setau saya bus ini hanya melayani penumpang dari bekasi-jakarta saja pada pagi hari, sedangkan jakarta-bekasi pada sore hari…tidak setiap jam melayani

  5. Saya tiap hari naek bus Royal Trans…pagi dari Bekasi Timur jurusan Kalideres, Sore, dari Kalideres – Bekasi Timur. Super nyaman, sesuai dengan kelasnya ‘Premium Bus’. Tapi sayangnya, jadwal terakhir dari KaliDeres jam 18.00. jadi kalo pulang kemaleman, dah gak ada. usul : tambahin armada sehingga yang pulang malempun dapat menikmati jasa transportasi ini.

Leave a Reply