Kesegaran air Sungai Cireong

Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Udah tahu kan kalau setiap #Aiptrip senangnya main air. Apalagi kalau main air di tempat yang jernih dan bersih alami. Kemarin sempat Wisata Main Air di Sungai Cireong Ciamis. Sudah lama gak main ke sungai yang jernih alami. Udah beberapa orang ngajakin kesana, tapi gak sempet melulu. Karena pas lagi di Tasikmalaya, berangkatlah Sungai Cireong Ciamis.

Lokasi Sungai Cireong di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Tasikmalaya dekat aja kok, lewat perbatasan Tasik-Ciamis sedikit, bisa lewat Cikoneng.

Kalau mau ke Cireong pas search di google maps, cari yang Wisata Alam Cireong Park ya , soalnya kalau masukin kata kunci Cireong doang diarahkannya ke mesjid Cireong yang beda daerah.  Jauh banget nanti bablasnya. Kasihan. Awalnya jalannya cukup bagus, tapi semakin ke ats semakin jelek, terutama setelah area perumahan baru yang sedang dibangun, mesti berhati-hati karena aspalnya semacam mengelupas. Jalannya naik pula. Secara jarak dekat, tapi karena kondisi jalan kurang baik, jadi agak tersendat.

Sungai Cireong yang airnya terus mengalir

Tapi semua itu terlupakan ketika sampai di Cireong. 

Pemandangannya Asri. Sebuah sungai mengalir dengan pepohonan dan persawahan disekitarnya. Hijau banget. Ada beberapa Warung di sisi kiri sungai. 

Pas kami masuk bayar Tiket masuk Rp.2.000/orang , disana ada musholla, yang unik sekali arsitekturnya dan terbuat dari Bambu, Warung, tempat bilas.  Dibelah oleh Cireong yang dangkal berbatu dengan airnya yang bersih mengalir sampai jauh. Menyenangkan sekali.

Wisata Main Air di Sungai Cireong Ciamis adalah Wisata alam sungai jernih dan segar yang alami. Airnya mengalir langsung dari Gunung Sawal Ciamis. Kita tinggal  pilih-pilih mana buat main air. Kalau mau agak dalam mesti jalan dulu sedikit ke atas dekat jembatan bambu

Gak dalam-dalam amat sih, paling semeteran… Ada batu-batu besar terbentang , membuat semacam kolam kecil. saya liat banyak anak kecil freedive kesana. 

Langsung nyebur deh main air. Segar banget !  Airnya sejuk khas pegunungan. Ga banyak sampah juga. Saya perhatikan disekitar banyak tempat sampah kok. Tinggal wisatawannya aja , tertib nggak sama peraturan.

Setelah agak lama berendam, jadi Lapeer kan. Mana angin dingin pegunungan bikin badan menggigil.

Main ke Warung, hanya sayang lagi gak jualan nasi liwet. Adanya Gorengan yang dijual on the spot  , Mie Instan. Dia juga menyediakan tempat bilas seharga Rp. 2000 /sekali Mandi.

 

 

 

Gorengan Panaas !

 

Lumayan makan Gorengan enak di tepi sungai. Sayang ga jualan nasi liwet tapi sudah Dua kali datang kok gak jualan ya. Sebaiknya bekal Nasi dari Rumah. Kalau gak ketemu Nasi kan ga makan..

Bermain di Wisata Main Air di Sungai Cireong Ciamis bikin lupa waktu , berendam, foto-foto, berasa kayak di kampung zaman kecil dulu. Zaman sekarang main air seperti ini sudah jarang, paling ke kolam renang dll.

Main air

Nuansa alami kayak ginilah yang dicari dan dirindukan.

Selesai main air, berbilas, badan kerasa Seger banget  ! Berasa awet muda. Memang air Sungai alami menyehatkan ! 

Kalau dilihat sekitar sungai ,tepatnya di depan parkiran yg cukup luas dibangun juga sarana-saran instagramable supaya menarik perhatian pengunjung. Tapi harapan Saya , semoga sungai Cireong nya gak diapa-apain . Sebaiknya dibiarkan alami saja seperti itu. Karena itu daya tariknya. 

Buat poto-poto

Jadi gimana ? TemenAip mau Wisata Main Air di Sungai Cireong Ciamis ?

 

6 comments

  1. Pasti seru siang-siang berendam di air sungai yang jernih ini. Sambil ngobrol dengan teman-teman atau orang tercinta. Apalagi sambil menikmati secangkir kopi berikut cemilannya..

Leave a Reply