Lebih Irit Naik Bus

Hello TemenAip ! Di zaman serba mahal ini Kita mesti pintar menyiasati keuangan. Banyak pos pengeluaran yang bisa ditekan atau disiasati. Salah satunya di bidang transportasi. Sekarang daripada bawa Mobil sendiri, bisa lho Lebih Irit Naik Bus !

Tahukah #TemenAip yang sering komuteran Jakarta- Bekasi bisa ngirit banget tapi nyaman. Kalau dari Bekasi , tinggal parkir kendaraan dengan fasilitas park and ride, hanya Rp. 10.000 seharian dengan menunjukan Tiket Transjabodetabek Premium. Lalu naik Royal Trans ke Jakarta Rp. 10.000 karena lagi diskon 50% sampai Juni 2018. Pulangnya lagi naik Transjabodetabek Premium lagi Rp. 10.000 lagi deh ke parkiran. Total Rp. 30.000 dengan kenyaman yang premium. Bandingkan kalau bawa Mobil sendiri. Belum bayar Bensin yg bertambah karena macet, parkiran, dll. Pegel , lelah nyupir , terus stress, ngantuk, dll.
Jadi daripada repot-repot nyupir sendiri, mending naik Royal Trans Premium jurusan Bekasi selain harganya murah juga praktis. Tinggal duduk nyaman di kursinya yang premium, ngecharge bila perlu, wifi-an, atau tiduran karena di dalamnya adem ber AC. Dan pastinya lebih Irit Naik Bus dong.

Selain lebih irit Naik Bus, Kita juga bisa bantuin pemerintah mengurangi kemacetan. Kita dihimbau buat berpindah transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Karena Kendaraan Pribadilah salah satu sumber kemacetan utama di Jabodetabek. Memang tidak mudah ganti dari kendaraan pribadi kek kendaraan umum. Tapi kalau ga dimulai dari diri sendiri, kapan lagi ?

Kemacetan Jalan Tol

Untuk mengurai kemacetan, Pemerintah lewat BPTJ, telah mengeluarkan 3 Paket kebijakan untuk mengurangi kemacetan Jakarta Cikampek yaitu :
1. Pengaturan Jam Operasional Angkutan Barang Golongan III, IV dan V. Mulai 12 Maret 2018 setiap Senin s/d Jum’at pukul 06.00 s/d 09.00 WIB semua kendaraan angkutan barang golongan III. IV dan V (kecuali angkutan BBM dan Gas) tidak boleh beroperasi di ruas jalan tol Jakarta – Cikampek (berlaku 2 arah baik dari Jakarta menuju Cikampek ataupun sebaliknya dari Cikampek ke Jakarta). Kebijakan ini tidak berlaku pada hari libur nasional.

2. Distribusi lalu lintas dengan skema ganjil-genap untuk kendaraan pribadi pada pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta. Mulai 12 Maret 2018 setiap Senin s/d Jum’at pukul 06.00 s/d 09.00 WIB kendaraan pribadi berplat nomor ganjil hanya dapat masuk akses pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta pada tanggal ganjil. Demikian pula sebalikya kendaraan pribadi berplat nomor genap hanya dapat masuk akses pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta pada tanggal genap. Kebijakan ini tidak berlaku hari libur nasional dan kepada masyarakat yang terdampak kebijakan ini dapat memilih alternatif masuk pada pintu tol lain atau berpindah ke angkutan umum. Terkait implementasi kebijakan ini BPTJ bekerjasama dengan berbagai stakeholder telah menyiapkan Bus TransJabodetabek Premium sebagai sarana bagi masyarakat pengguna kendaraan pribadi yang ingin beralih ke angkutan umum.

 

3. Pemberlakuan Lajur Khusus Bus di Jalan Tol Jakarta – Cikampek ruas Bekasi Timur – Jakarta. Telah disiapkan lajur khusus untuk angkutan bus di Jalan Tol Jakarta – Cikampek ruas Bekasi Timur – Jakarta yang juga berlaku mulai 12 Maret 2018 setiap Senin  s/d Jum’at pukul 06.00 s/d 09.00 WIB. Lajur ini tidak hanya diperuntukkan bagi Bus TransJabodetabek Premium namun juga untuk semua angkutan bus termasuk bus karyawan.

Dalam 3 minggu penerapannya, terdapat penurunan rata-rata VC Ratio Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar 51,29% dan Kenaikan rata-rata VC Ratio JL. KH. Noer Ali (Kalimalang) sebesar 6,61 %.
Sementara itu, terdapat peningkatan rata-rata kecepatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar 41,34% dan peningkatan kecepatan rata-rata Jl. KH. Noer Ali (Kalimalang) sebesar 11,66%. Kalau yang sering lewat pasti bisa merasakan deh sekarang percepatan perjalanannya.

Makanya tiga kebijakan bakal diberlakukan juga di ruas Jakarta Tangerang & Cibubur, supaya membantu mengurai kemacetan di beberapa titik disana.

Saatnya berpindah Naik kendaraan umum deh. Naik Bis Lebih Irit. Nyaman lagi.

Senyum manis sebelum naik Bus

Oiya, untuk Transjabodetabek Premium. Bus ini melayani rute ke Jakarta dari Bekasi Timur, dan Bekasi Barat. Mulai jam 06.00 – 09.00 WIB. Dari Bekasi Timur bus memulai rute dari Grand Dhika, dan Bekasi Trade Center dengan tujuan Grand Paragon GM, Tebet, Mall Sunter, Kalideres, dan Thamrin City. Sedangkan jika menunggu di Bekasi Barat, maka titik berangkatnya adalah dari Mega City, dan Sumarecon. Tujuannya adalah, Plaza Senayan, Kuningan, Podomoro City, Blok M, dan Thamrin City. untuk rute balik dari Jakarta ke Bekasi mulai pukul 16.00 s/d 21.00 WIB dari masing-masing lokasi di Jakarta. Untuk Bekasi Barat tersedia park and ride di Mega City (120 mobil) dan Summarecon (200 mobil) sementara di Bekasi Timur tersedia di Grand Dhika (200 mobil) dan Bekasi Trade Center (150 mobil)

Berpindah Moda transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum bisa memudahkan banyak hal. Memudahkan diri Kita dalam mengurangi keribetan bawa Mobil , stress dan lelah di jalan, Dan yang pasti lumayan mengurangi pos pengeluaran bulanan di bidang transportasi. Lumayan kan kelebihannya bisa buat ditabung atau buat belanja yang lain. Jadi Lebih Irit Naik Bis. 

8 comments

  1. wih, many thanks mas infonya.
    baru tau soal Transjabodetabek Premium, murah banget lagi ya cuma 10 ribu dan ada diskon pula haha bisa nyoba nih kapan2.

    btw artikelnya informatif sekali mas, keep sharing 🙂

  2. Betul Mas, bawa mobil sendiri selain boros bensin, ribet cari parkir dan juga nambah kemacetan. Naik angkutan umum yang semakin membaik merupakan solusi hemat dan mengurangi kemacetan.

Leave a Reply