Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Kemaren Ariefpokto.com sempet ikutan acara Ngabuburit yang amat berfaedah di Bulan Ramadan. Yaitu ngabuburit nyobain naik Kereta Bandara ! Seru banget kan. Terus terang selama ini gak pernah nyobain kereta bandara ini. Nah pas diajakin, sebagai #SahabatKAI pasti langsung girang dan setuju mau ikutan. Kebayang Nyamannya Naik Kereta Bandara Ke Airport Soekarno Hatta , ya kan !

Para influencer yang ikutan , ngumpul di Stasiun BNI City ( Sudirman Baru) yang merupakan stasiun khusus Kereta Bandara. Stasiunnya modern, bersih dan efisien.  Selain ber AC yang bikin stasiun ini adem, ada beberapa tempat ngupi dan makan yang bisa kita mampiri kalau perlu. 

Suasananya mirip-mirip stasiun kereta di luar negeri. Ga semrawut.  Semua serba  mandiri, termasuk membeli tiket. Pakai mesin atau aplikasi. Semua serba cashless, manless , everywhere. Gaptek ? Tenang, ada Customer Service On Train yang tugasnya membantu tata cara naik kereta bandara ini.  Cari aja Mbak-mbak manis pakai baju warna nuansa salem yang bakal bantuin kita ya. Mereka bukanlah pramugari, karena di Kereta Bandara tidak berjualan makanan atau minuman, tapi mereka adalah petugas yang bertugas memberikan informasi atau arahan apabila ada yang bingung .

Kereta bandara masih baru banget. Pembangunannya pun sebenarnya belum rampung , karena stasiun Manggarai belum selesai. Kereta Bandara dioperasikan oleh Railink yang sudah ada sejak 2006. Kereta Bandara Medan sudah beroperasi sejak 5 Tahun lalu. Yang di Jakarta baru beberapa bulan , dan yang terbaru di Bandara Minangkabau, Sumatera Barat.

Proses perjalanan ke destinasi lain dari bandara seperti Bekasi, Palmerah, dll masih perlu proses persetujuan karena harus mendahulukan rel untuk KRL dan Kereta lain yg sudah beroperasi sebelumnya. Itulah kenapa untuk saat ini tujuannya hanya ke Stasiun BNI City atau Sudirman Baru yang berada di tengah kota Jakarta. Pada tanggal 30 Mei 2018 ini akan diadakan uji coba Kereta Bandara sampai Stasiun Bekasi, untuk melihat perjalanan operasionalnya.

Setelah beroperasi sekian lama okupansi terus beranjak naik. Makin banyak penumpang yang menaiki Kereta Bandara dari Stasiun BNI CIty ke Stasiun Basoetta dan sebaliknya.

Temen Aip , Kalau mau naik, dan merasakan Nyamannya Naik Kereta Bandara Ke Airport Soekarno Hatta , Kereta ini beroperasi dari jam 04:50 – 23:30 setiap harinya dari Stasiun BNI City dan sebaliknya. Jadwal berangkatnya tiap 30 menit sekali.

Tiket bisa dibeli di vending machine. Mesin tiket ini hanya melayani transaksi non-tunai dengan kartu debit atau kredit. Ticket Vending Machine dibayar pakai Kartu Kredit, Kartu Kredit dan Kartu Pre-Paid/Pra-Bayar.Kartu Pra-Bayar yang dapat digunakan di sini adalah Kartu Pra-Bayar yang dikeluarkan oleh BNI, BRI, BCA, Bank Mandiri dan Bank Mega. Untuk Credit Card bisa pakai yang         berlogo Visa & Mastercard. Selain itu, Kita juga bisa membeli lewat aplikasi Railink di Google Play Store atau di Apple App Store.

Kalau  mau beli online Kita bisa beli tiket di https://reservation.railink.co.id. Pembelian online bisa dibayar via internet banking.

Kita harus masukin  jadwal keberangkatan,  jumlah tiket yang dipilih, nama, nomor ponsel, dan alamat e-mail. Kalau di Vending Machine tiket kertas akan keluar buat dipakai sebagai boarding pass. Lalu siap berangkat deh !

Harganya : 

Stasiun BNI City – Stasiun Basoetta Rp. 70.000 sekali jalan

Stasiun Basoetta – Stasiun Batu Ceper Rp. 35.000

Dalam masa promosi, setiap weekend ada DISKON 50 % , lumayan banget ya !

 

 

Pengalaman pertama pas naik Kereta Bandara ini benar-benar menyenangkan. Dari stasiun yang adem ini, kita naik ke atas kereta modern yang bersih. Tempat duduknya pakai jok kulit. bisa diatur kemiringan sesuai dengan keinginan kita, lalu ada colokan USB kalau smartphone kita habis baterai.

Di dalam setiap gerbong ada toilet unisex lengkap dengan tempat ganti popok bayi, lalu ada urinoir buat para lelaki, biar cepet ke toiletnya. Ada tempat penyimpanan bagasi kita juga.

Dalam perjalanan dilarang merokok, karena kabin menggunakan AC, sehingga udara tetap bersih dan suhu udara tetap adem, jadi nggak keganggu panas. Nyamannya Naik Kereta Bandara Ke Airport Soekarno Hatta.

Perjalanan ke Stasiun Basoetta ditempuh dalam waktu 42 menit, dengan transit sekali di Stasiun Batuceper. Lalu lanjut ke bandara. karena cepet, ga usah pakai macet, gak perlu bayar tol, dan ngantri kendaraan masuk ke bandara yang kadang bisa bikin kesel. Pokoknya praktis deh.

Sesampainya di Bandara Basoetta, kita akan diarahkan menaiki Skytrain yang menyambungkan antara stasiun dengan terminal-terminal yang ada di Bandara.

skytrain

Skytrain nya modern dan keren , mirip seperti yang di terminal Changi, Singapura. Pas nyobain, Skytrain berangkat dulu ke Terminal 1 dulu, kembali ke Stasiun, lalu lanjut perjalanan ke Terminal 2 dan 3. Menurut Pak Siswadi, Manager Stasiun Bandara Basoetta, tahun 2019 akan dibangun Terminal 4, yang tentunya akan menambah traffic penumpang di Bandara Soekarno Hatta ini.

Dan sudah pasti Kereta bandara bakal jadi moda transportasi yang nyaman ke bandara. Gimana, TemenAip udah pada nyoba Kereta Bandara ? Bisa nyobain juga Nyamannya Naik Kereta Bandara Ke Airport Soekarno Hatta..

 

 

 

9 comments

  1. Kereta api bandara begini bener-bener praktis dan memudahkan banget ya, Aip. Mengingat cukup jauh dan macet kalau harus lewat jalan arteri. Kalau ke Jakarta aku harus coba ini☺.

  2. harganya hemat sekali ya mas, apa lg pas ada diskon 50% hihi
    aku pernah naik kereta bandara medan, harganya sekali jalan 100rb tp ya memang worth it karena bersih dan cepat πŸ™‚

    terima kasih buat sharingnya mas Arief πŸ™‚

Leave a Reply