Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Gimana Libur Lebarannya ? Kalau saya, Mudik Lebaran kali ini dipenuhi dengan silaturahmi , makan-makan, dan nyari Bakso. Tasikmalaya kan terkenal dengan baksonya. Sempat menemukan beberapa tempat bakso baru. Tadinya mau eksplor beberapa tempat wisata baru, tapi kok ya males kemana-mana ? enaknya di rumah, gojekin Bakso, atau jalan-jalan lalu nyari bakso. Gimana gak naik timbangan ya kaan ? Makanya penasaran pengen #Aiptrip jalan-jalan kemana gitu yang belum pernah didatangi. Sampai akhirnya melihat postingan Instagram Aiman Ricky. Dia lagi pulang kampung ke Garut dan berendam di infinity pool yang keren banget. Wah jadi pengen kesana. Pas lihat lokasinya ada di Cipanas Sukasono Garut. Penasaran jadinya.

Yang lucu adalah tempatnya namanya sama dengan Objek wisata yang sudah terkenal sejak dulu, Cipanas yang lokasinya di Tarogong, Garut. Sementara Cipanas yang ini lokasinya ada di Desa Sukasono, Pasir Jengkol, Sukawening , Wanaraja, Garut, yang lebih dekat ke Limbangan. Jadi kalau mau kesini setelah Nagreg , ambil arah ke Tasikmalaya. Setelah Limbangan bisa belok kanan di pertigaan Bandrek, ikuti aja jalannya terus. Tempatnya memang relatif baru, baru buka 6 bulan saja, Tapi di Google Maps udah ada sih. Setelah jalan utama, jalurnya agak kecil, tapi pemandangannya luar biasa, hamparan padi hijau dan kekuningan yang luas bagai permadani dengan latar pegunungan bisa bikin mata adem dan happy. Pemandangan Cipanas Sumur Sukasono Garut ini memang juara lah,

Sesampainya di Cipanas Sumur Sukasono Garut, sempet kelewatan tempatnya, karena beneran ga ada plang pertanda wisata ini. Setelah nanya ke penduduk setempat yang ramah, akhirnya sampai juga. Satu hal yang langsung berasa adalah susah parkir. Jalannya kecil, mobil berderet parkir di sepanjang dinding pembatas lokasi wisata. Masuk Objek Wisata Cipanas Sumur Sukasono Garut , pada tanggal 26 Juni 2018 , kami harus membayar Rp.20.000 untuk dewasa dan Rp.15.000 untuk anak-anak. Mungkin karena masih suasana Lebaran tarifnya naik dari yang dibilang Aiman, Rp. 10.000/ dewasa dan Rp. 6000/ anak-anak. Yang serunya lagi adalah kami ga dikasih tiketnya. Hm… Tapi ada secarik kertas yang ditempel di kaca loket saja sudah cukup lah ya.

Dari Loket, kita diarahkan ke sebuah tangga melingkar menurun, lalu jeng-jeng.. Pemandangan yang kereeen. Memang jagoan yang ngatur landscape Cipanas Sumur Sukasono Garut ini. Jadi, ada sebuah tiga buah kolam renang dengan kedalaman yang berbeda, ada buat bayi kira-kira 30 cm, lalu ada yang 1 meter dan satu kira-kira 1,5 m. Kolam ini didesain sebagai infinity pool dengan kolam ikan besar dengan latar belakang persawahan yang hijau dan juga gunung di kejauhan. Warna-warnanya bagus sekali, biru muda terang kolam renang kontras dengan  air kolam yang kehijauan dengan sawah yang hijau terang dan langit biru. Keren banget pokoknya ! Di sebelah kanan kolam renang ada beberapa gazebo yang bisa dipakai piknik dengan pemandangan kolam dan sawah yang cantik. Apalagi didukung udara khas pedesaan yang sejuk menyegarkan, bikin betah deh.

Kolam renang Cipanas Sumur Sukasono Garut inilah yang menjadi objek utama wisata ini. Dilengkapi dengan tempat bilas pria dan wanita , beberapa shelter dengan tempat duduk dan toilet Sementara di kolam besar ada penyewaan sepeda air berbentuk angsa. Sebenarnya mau nanya harga sewanya berapa, cuman Bapak-bapak yang jaganya agak judes, ditanya waktu buka aja, malas jawab. Jadi ikutan malas nanya yang lain. Gak seramah yang jaga tiket deh. Satu hal yang cukup ganggu lagi adalah kamar bilasnya ngantri kalau lagi ramai. Ga banyak soalnya. Begitu pula dengan toilet. Cuman ada dua, antriannya panjang. Rada repot sih, seharusnya disediakan lebih banyak karena kalau lagi banyak pengunjung pasti butuh lebih banyak. Semoga pengelola bisa memperbaiki hal ini.

Satu hal yang menarik dari Cipanas Sumur Sukasono Garut adalah soal airnya. Kalau namanya Cipanas , harusnya hot spring dong seperti di Cipanas Tarogong atau di onsen-onsen di Osaka gitu ya kan. Disini tuh airnya biasa aja. Hangat suam-suam  kuku aja nggak. Lalu kemudian turun hujan, dan cuaca makin berembun. Kolamnya lalu berasap, dan menjadi lebih hangat. Mungkin air panasnya dicampur dengan air dingin, jadi ga begitu kerasa hangatnya.

Kegiatan yang asik disini ya bersantai di Infinity pool –nya , naik sepeda air seru juga keliatannya. Satu lagi yang menarik, di kolam besar dan kolam-kolam memanjang disekitarnya banyak ikan yang cukup jinak. Menyenangkan kok ngasi makan ikan, apalagi buat anak-anak.

Jadi apakah Cipanas Sumur Sukasono Garut ini recommended ? Kenapa tidak buat keluarga cukup seru kok, bisa menikmati pemandangan yang indah , bermain air dan juga berendam di infinity pool-nya. Cuman harus siap-siap kalau pengunjungnya lagi ramai. Semoga toilet dan tempat parkirnya dibuat lebih memadai lagi. Lokasinya yang tidak begitu mainstream dibandingkan dengan tempat wisata Garut yang lain juga bisa jadi angin segar.

22 comments

  1. Membayangkan ikut rendam-rendam cantik di Cipanas Sumur Sukasono Garut. Sambil menikmati kesegaran air kolam renang, bincang-bincang dengan orang tercinta-menyeruput capuccino, melepas pandang ke alam hijau. Oh surgaaaa…:)

  2. Tempat-tempat bagus seperti ini sebenarnya peluang untuk meningkatkan potensi pariwisata daerah ya, Kang Aip. Suka lihat sejauh mata memandang viewnya kece, apalagi sambil berenang2 cantik. semoga pengelolaannya makin baik lagi.

  3. Kalau dikasi plang dan lebih dipromosikan pasti lbh rame. Tapi buat pengunjung sih enak kyk gtu, justru kalau pengunjungnya bnyk jd mumet, apalagi yg bawa anak kecil hehe.
    Mungkin bapak2nya pas lagi banyak pikiran hehe. Seru banget berenang, kirain td pemandian air panas gtu 😀

  4. Awal baca ini, saya kira infinity pool ini ada di penginapan macam di Bali, tapi ternyata dibuat terbuka untuk banyak orang toh.

    Nah, ini yg perlu diperhatikan pihak pengembang tempat wisata ini. Masa iya kolamnya besar tapi jalan masuknya kecil? Bottleneck dong namanya 🙂

    1. Murah dan mewah karena di Garut udaranya segar, pemandangannya bagus. Baru kepikiran belum pernah berenang di Semarang. Dulu pernah nginep disekitaran Ungaran sih ada kolamnya. Makasih sudah mampir Untari

Leave a Reply