Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Gimana , udah pada liburan belum ? Jawabannya macam-macam deh pasti. Mulai dari udah , lagi direncanain atau jawaban “boro-boro liburan buat sehari-hari aja pas-pasan”. Yah namanya juga hidup, gak semuanya sama. Ada yang kekurangan, ada yang berlebih, ada yang pas-pasan. Tapi memang pembiayaan kehidupan zaman sekarang lumayan besar ya. Belum jumlah pos pengeluaran makin bertambah. Mulai dari pengeluaran reguler kehidupan seperti bahan makanan, bayar tagihan air, listrik, dkk, uang sekolah dan segala macam keperluan anak , belum uang les, cicilan mobil, handphone dan banyak lagi. Beneran deh, makin kesini kayaknya mengelola keuangan keluarga itu makin rumit deh. Tapi masih pengen liburan ? Ya iyalah, liburan itu penting buat refreshing, supaya pikiran gak mumet dan yang penting sekeluarga bahagia. Tapi ya balik lagi, liburan juga bikin pusing. Banyak banget yang harus dipersiapkan buat liburan keluarga

Mau pergi Liburan itu mesti direncanakan dengan baik lho. Apalagi kalau sama keluarga. Banyak banget faktor yg dipertimbangkan

  1. Faktor kenyamanan, destinasi yang ramah untuk anak-anak, dimana anak-anak bisa menikmati liburan dengan maksimal. Jangan sampai ada yang bete karena destinasinya ternyata kurang cocok buat anak-anak. Yang paling aman adalah destinasi yang memiliki tempat dimana bisa ada kegiatan yang melibatkan seluruh anggota keluarg, Jadi kebersamaan sebagai satu keluarga bisa tetap terjaga.
  2. Faktor kemudahan, pilihlah tempat yang mudah dijangkau, kalau pilih tempat yang sulit dijangkau, kasihan anak-anak perjalanannya menjadi lama. Belum lagi kalau harus menggunakan beberapa macam moda transportasi. Jangan dibikin ribet deeh !
  3. dan yg terpenting faktor keuangan !! Repot dong mau Liburan tapi ga punya uang ! Hahaha

Menyisihkan uang untuk Liburan itu ga mudah lho. Butuh perencanaan matang. Jangan sampai mengganggu neraca keuangan rumah tangga. Yang pasti Liburan Jangan sampai bikin Bangkrut! . Liburan yang kurang terencana bisa mengakibatkan banyaknya pengeluaran yang tidak terduga. Yang jumlahnya bisa lumayan. Soalnya kan liburan pengen senang-senang. Tapi kalau banyak biaya tidak terduga , otomatis pulang liburan bisa banyak tagihan baru yang bakal menghantui , dan amit-amit, bisa bikin bangkrut. Hiii , serem.

Liburan itu harus menyenangkan iya, tapi alangkah menyenangkan kalau pulang liburan itu refresh alias segar lagi, makin semangat beraktivitas, bisa punya pengalaman baru, bukannya jadi marah-marah, stress gara-gara tagihan bertambah akibat pengeluaran yang tidak direncanakan, Suasana jadi ga enak kaan.

Liburan Asik Ke Kota Tua. Eh , nyewa sepeda pink kayak gini juga mesti dianggarkan lho

Eh gimana belajar perencanaan keuangan buat Liburan yang asik ? Kalau saya sekarang lagi senang nonton Komedi Situasi Keluarga Surya di Channel You Tube Sunlife Financial.

Sitkom Keluarga Surya bercerita tentang kehidupan keluarga seperti Kita, tapi dengan alur yang menarik, kocak, dan berfaedah soal perencanaan keuangan. Tiap episodenya membahas hal-hal yang bersifat kekinian sesuai dengan gaya hidup keluarga zaman sekarang. Yang masih fresh banget adalah episode 4,  Soal Drama Liburan. Nyambung banget sama kondisi kita zaman sekarang.

Ayah Surya, yang dimainkan oleh Edo Borne, yang amat perhatian terhadap semua pengeluaran keluarga , Fajar ( Bima Azriel) dan Cahaya ( Sandrinna Michelle) kedua anak yg pintar, juga Ibu Mentari (Karina Nadila ) Ibu zaman now yang amat pintar mencari celah bagaimana bisa liburan dengan terencana. Keluarga Surya cukup pintar buat Liburan , tapi sambil nebeng Ayah rapat kerja di Bali, lalu extend karena Ibu Mentari dapat job ngereview cafe di Bali.

Interaksi antara Ayah Surya dan Ibu Mentari yang kenes cukup menarik perhatian. Hahaha. Kebayang sih, mirip kita-kita juga. Banyak kan pasangan kayak gitu… Yang satu pengen ngirit, yang satu pengen liburan. Jadinya seimbang.

 

Yaudah, mending nonton langsung Episode 4 Sitkom Keluarga Surya di Channel YouTube Sunlife Financial.

Suka senang deh lihat keluarga yang pandai mengatur keuangannya supaya semua kebutuhan terpenuhi, dan masih bisa liburan. Banyak temen yang bisa begitu. Tapi sitkom keluarga Surya bisa menangkap dan menggambarkan situasi, cerdas, lucu,  dengan tidak menggurui dan yang pasti menghibur.

Gara-gara nonton episode 4 di atas, jadi terinspirasi bikin Tips Perencanaan Keuangan Buat Liburan ala Keluarga Surya deh ! Lumayan kan bisa membantu TemenAip yang mau Liburan tanpa drama keuangan. Jangan sampai Liburan bikin bankrut, bikin marah-marah.

Baiklah, ini dia ……

Tips Perencanaan Keuangan Buat Liburan ala Keluarga Surya 

Siapkan Liburan Lebih Awal

Biasakan merencanakan Liburan 6 bulan sebelumnya, maksimal 3 bulan deh. Kenapa ? Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam rentang waktu itu, mulai dari mempelajari dan riset untuk memutuskan destinasi wisata, membeli tiket dan booking hotel. Membeli tiket jauh hari memungkinkan kita mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan membeli tiket dadakan alias mepet. Lumayan banget kan penghematan yang bisa dilakukan. Kita juga bisa jadikan acara liburan tahunan yang bisa jadi tradisi keluarga

Riset Tujuan Wisata

Riset itu penting. Setelah menentukan destinasi wisata yang akan dituju, kita bisa menentukan kita akan pergi kemana saja selama disana, yang tentunya akan mempengaruhi pengeluaran. Kita bisa membuat  itinerary perjalanan selama disana sambil membuat estimasi pengeluaran. Kan enak kalau kita sudah bisa membuat prediksi pengeluaran, jadi minimal tidak kaget lah. Kita bisa asumsikan di tempat wisata ada permainan apa, biayanya berapa. Berapa tarif hotelnya, dsb.

Carilah Peluang

Seperti Pak Surya, peluang liburan selalu ada kok, entah itu ikut Rapat Kerja, tapi ingat jangan sampai ganggu kerjaan Bapak ya. Atau misalnya menghadiri pernikahan saudara di luar kota, bisa kita maksimalkan sambil sekalian liburan. Lumayan kan sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Bisa lebih mengirit bensin dan biaya perjalanan karena satu arah. Peluang lain yang bisa didapatkan adalah travel fair, atau sale tiket pesawat. Jangan sampai kelewatan, kalau pintar melihat peluang kita bisa dapat banyak banget diskon atau tiket murah. Ikuti social media penyelenggara travel fair, maskapai penerbangan, kereta api, supaya tahu kalau ada diskon. Manfaatkan juga penawaran diskon kartu kredit, suka ada tuh  diskon yang lumayan. Tapi hati-hati kalap kalau pake kartu kredit ya, penggunaannya harus dengan bijaksana !

Bujetkan Liburan

Buatlah Pos Pengeluaran Khusus untuk Liburan. Dan carilah tambahan untuk mengisinya. Memang disisihkan dari pendapatan utama, tapi ada baiknya kalau ada penghasilan tambahan. Caranya macam-macamlah. Kalau Ibu Mentari cari tambahan dengan job sebagai blogger, sepertinya masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan. Misalnya Garage Sale barang-barang yang sudah tidak terpakai. Daripada berdebu di gudang , mending dikaryakan yaa. Lumayan bisa liburan. Kalau punya bonus tahunan, boleh juga tuh seperberapanya buat nambahin bujet liburan. Jangan semuanya ya. Kalau bisa ajak anak-anak ikut berpatisipasi. Misalnya mereka bisa ikut menabung buat beli tiket masuk di destinasi wisata hasil riset di atas. harganya bisa lumayan lho. Kalau mereka ikutan nabung, makin semangat dan menghargai liburan nanti. Belajar menghargai uang juga.

Buat Catatan

Buat catatan , untuk semua riset destinasi wisata, tabungan liburan, catatan estimasi pengeluaran dan segala tetek bengek liburan. Supaya tidak lupa. Bisa dalam bentuk jurnal, notes di Handphone atau apapun itu supaya gak lupa. Saya pelupa soalnya, jadi catatan itu wajib adanya.

OK, sekian Tips Perencanaan Keuangan Buat Liburan ala Keluarga Surya semoga bermanfaat , dan dapat dipakai. Kalau ada masukan , silakan ditambahkan lho, siapa tau bisa jadi pengetahuan tambahan ya kaan…

Kalau perlu bantuan perencanaan keuangan silakan klik Sunlife Financial Indonesia  , disana ahlinya

 

Kalau Liburan, carilah destinasi yang gratis, kayak Monas ini. Lumayan banget kan

Selamat merencanakan Liburan , Semoga Menyenangkan

 

 

16 comments

  1. Tipsnya cocok nih buatku yg pas-pasan buat liburan hehe. Dan memang bener, ada baiknya kalau liburan bareng anak-anak jangan yg susah-susah perjalanannya, malah kita yg ribet dengan keluh kesah mereka

  2. Eh seru banget ya cerita sitkom komedia Keluarga Surya ini, berasa kesentil, aku dan suami suka drama kalo merencanakan liburan, apalagi kalo uangnya pas-pasan hihi

  3. Hehe keluarga surya ini seperti menyentil keluargaku, pengen banget liburan, tapi ya bisa gitu aja tanpa dana yang matang. Sunlife Finansial Indonesia pasti bisa memberi solusi

Leave a Reply