Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Para pecinta bakso mana suaranyaaa ?? Kali ini pas #aiptrip sekaligus mudik, mau nyobain Bakso Firman Tasikmalaya. Bakso Firman yang berada di daerah simpang lima ini terkenal Bakso Uratnya. Sering denger dan banyak orang merekomendasikan. Sudah lama pengen nyobain , cuman baru sempat nyobain pas libur lebaran kemaren. Yaudah, mari kita cermati Bakso Firman Tasikmalaya ini yaa. Siapa tahu ada yang bakal mampir ke Tasikmalaya atau Bandung lalu cari rekomendasi Bakso Urat yang enak kaan.

 

Nah, TemenAip, lokasi Bakso Firman ini sangat strategis. Ada di Jalan Dokter Soekardjo Simpang Lima Tasikmalaya. bisa ditemukan di Google Maps. 

Bakso Firman buka cabang juga lho di Bandung, alamatnya di jalan Buah Batu no.133 Bandung.

Bakso Firman Tasikmalaya, tempatnya agak masuk ke dalam dengan lapangan parkir yang ramai diisi mobil pengunjung. Siang itu pengunjung rame banget. Disini kita harus pesan dulu, lalu bayar, dan pesanan kita diantar. Tempatnya cukup luas kok, pengunjung bisa duduk di kursi panjang yang berjajar dengan bangku plastik. Suasananya agak hangat karena ramai pengunjung, tapi gak apa-apalah ya kaan. hehehee

Menu yang ditawarkan Bakso Firman Tasikmalaya adalah Mie Bakso , Mie Bakso campur yang terdiri dari bihun, toge, bakso, lalu ada Bihun Bakso, Toge Bakso, Bakso aja yang semua dibandrol Rp.20.000 , kalau mau komplit pesan yang spesial bisa dapat Baso, Bakso Tahu, Bakso halus, kikil, babat. Menu tambahan ada pangsit, babat , kikil , tetalan dan bakso tahu. Tapi pas  pesan semua sudah habis, tinggal tetelan. Karena merasa tetelan udah banyak di badan ini, akhirnya memutuskan pesan yamin manis bakso urat saja deh Rp. 20.000 saja. Kita harus membayar ditempat kita memesan, supaya pesanan langsung diproses.

Kita akan diberikan sebuah papan nomor pesanan. Peernya, kita akan mengikuti permainan PHP, karena banyaknya pesanan, saya suka ge-er pesanan yang datang buat saya, padahal buat orang lain. Sibuk ngacungin papan nomer aja. Kalau pernah nonton acara pelelangan, nah kira-kira kayak gitu deh, cuman kita harus siap di-PHP-in karena pesanan yang datang belum tentu buat kita, saking ramainya pelanggan. HA HA HA ! #capslockJebol

Saking ramenya, untuk ngambil kerupuk, kita harus mandiri, tinggal ambil kerupuk yang diinginkan lalu bayar sesuai dengan harga yang tertera ke petugas terdekat. Waktu itu saya ambil kerupuk kulit harganya Rp.5000 saja.

Setelah beberapa kali kena PHP dan melambaikan tangan, akhirnya pesanan saya datang juga. Yamin Manis Bakso Urat. Dan memanglah Bakso urat disini sesuatu ya, ukurannya sedikit dibawah kepalan tangan, dengan tekstur yang memperlihatkan kandungan uratnya.  Ada beberapa serpihan bawang putih juga daun bawang dalam kuahnya. Yamin manisnya hadir dengan mie yang lebar berwarna kecoklatan karena berbalur kecap dan bumbu lainnya.

Baiklah saatnya mencobaaa !!

 

Bakso Firman Tasikmalaya , Baksonya cukup kenyal, butuh sedikit tenaga buat memotongnya, tapi teksturnya pas sebagai Bakso Urat ! Pas digigit, waduh rasanya enak deh, dan tidak enek walau kelihatan kuahnya agak mlekoh ya. Mienya kenyalnya pas, pasti ini bikinan sendiri deh, manisnya juga tidak berlebihan dengan asin yang cukup. Pas dicobain kuahnya original belum ditambahin sambel juga sudah enak ! berapa kali seruput sedap sekali kuahnya.

Lalu dicobain pakai sambal , kecap dan saus tomat. Waduh kok rasanya makin sedap yaa. Semua rasa bercampur jadi satu gitu. Bakso gurih dengan kuah yang seru membuat makan jadi makin enak. Keringat mulai bercucuran deh saking enaknya… Bakso Firman Tasikmalaya ini memang sesuatu yaa. Kalau kata Syahrini maah…

Makin lama baksonya makin sedikit yaaa… lalu celingukan apa perlu pesan lagi, tapi kok ya antriannya bikin males ya. Akhirnya udah deh, nikmatin saja yang  ada.  Sesuap demi seuap, seseruput demi seseruput, akhirnya habis juga. Dadah Bakso Firman Tasikmalaya !

Kesimpulannya , saya sih suka ya dengan Bakso Firman Tasikmalaya, emang Jagonya Bakso Urat Tasikmalaya, sesuai dengan namanya. Menikmati banget makan bakso urat disini , mie nya juga enak , pastinya bakalan balik lagi dan mungkin mau coba cabang yang di Bandung. Kekurangannya adalah antrian pas beli, walaupun tempatnya luas kan. Dan sepertinya lebih enak makan di tempat daripada dibungkus biar lebih fresh gitu.

Gimana TemenAip ? tertarik makan di Bakso Firman Tasikmalaya , jangan lupa mampir ya kalau ke Tasik , atau ke cabangnya yang di Bandung. Kalau ada rekomendasi tempat Bakso yang enak lagi, kabarin yah, siapa tau bisa ikut nyiciipin !! Sampai ketemu lagi di #Ariview berikutnya

 

 

6 comments

Leave a Reply