Hello TemenAip ! Apa kabar ? Beberapa waktu lalu sempet ngobrol sama #TemenAip soal Yogya, banyak hal yang dikangenin soal kota yang satu ini. Walaupun tidak pernah tinggal disana, tapi setiap tahun pasti saja ada agenda #Aiptrip kesana, baik solo, bareng keluarga atau sama teman-teman. Sampai akhirnya ada pertanyaan, kalau ke Yogya wajibnya kemana sih dan ngapain , sama siapa , kapan pulang ? Eh, pertanyaan terakhir kok jadi posesif ??? Hahahaha..

Satu hal yang menarik dari Yogya adalah dinamika pariwisatanya. Hampir ada selalu yang baru setiap pergi kesana. Kalau waktu kecil dulu paling wajib ke Malioboro, Keraton Kesultanan, Candi Prambanan, lalu ke pasar Beringharjo buat belanja Batik , Tapi makin kesini makin banyak yang bisa dieksplorasi dari Yogya, seperti pas #Aiptrip main di gurun pasir alami yang terbentuk oleh hembusan angin natural hasil aktivitas vulkanis Gunung Merapi dan Merbabu, atau pas heboh film AADC2 sempet juga nyicipin Sate Klathak kayak Cinta dan Rangga , dan memang enak sekali ya, nulisnya aja bikin ngiler.  Jadi kepengen lagi deh… Ada aja hal yang baru di Yogya yang membuat Ariefpokto.com penasaran  !

Satu kalimat yang pas menggambarkannya adalah Yogya itu mempesona. Kita ubek-ubek yuk Pesona Yogya versi Ariefpokto !

Pesona Pantai Yogya

Pantai Nglambor

Kalau dulu ke Yogya mainnya ya ke Parang Tritis, ternyata masih banyak pantai lain yang bagus dan menarik. Terutama di daerah Gunung Kidul. Berderet pantai keren yang bisa dikunjungi, seperti Pantai Indrayanti , Pantai Drini, Pantai Jogan, Pantai Pok Tunggal , Pantai Kukup, Pantai Ngelenehan dan banyak lagi. Terus terang belum sempat semua didatangi, karena waktu kadang terbatas ya kaan ? Satu pantai yang meninggalkan bekas banget adalah Pantai Nglambor, dimana kita bisa snorkelling, seru banget. Silakan nonton deh keseruannya :

 

Pesona Kuliner

Yogya selalu menarik karena selalu ada wisata kuliner yang unik dan enak. Selalu saja ada inovasi baru soal menu kuliner. Entah itu kuliner lama yang dipopulerkan kembali ( atau emang selalu populer) , ada juga kuliner baru yang makin populer. Kayak Ayam Geprek, kayaknya udah se-Indonesia kenal ya. Satu kuliner baru yang dicobain pas ke Yogya adalah Kicik. Salah satu varian dari masakan Iga Kambing yang dimasak dengan pedas. Banyak Cabenya. Sempet nyobain , pedes banget, tapi kok ya enak banget ! Hahaha. Iganya empuk, ga susah meraih dagingnya dari tulangnya Selain Oseng Mercon pedas, Kicik ini bisa jadi alternatif pecinta masakan pedas. Nah itu baru Ayam Geprek dan Kicik, belum kuliner legendaris seperti Gudeg Yu Djum yang wajib disambangi setiap ke Yogya. Kulinernya selalu bikin kangen deh. Sama penasaran bakal ada Kuliner baru apalagi ya ? Disana banyak restoran dan cafe baru dengan menu yang unik dan sedap. Ada yang khusus jamur, ada yang khusus organik, dan aneka jenis kuliner lainnya.

Pesona Seni Budaya

Kalau soal Budaya, Yogya jadi salah satu barometer wisata budaya. Kalau mau belajar dan menyerap seni budaya. Aneka seni budaya mendapatkan rumah untuk berkembang disana. Dari seni musik, seni tari, seni patung, dan aneka seni lainnya. Kita bisa menikmati serunya musisi jalanan di Maliboro , menikmati pameran lukisan di aneka museum.  Banyak banget empat kita mengapresiasi seni dan budaya, tinggal dipilih saja. Mau di dalam atau luar kota ada. Di Yogya ada 515 Bangunan Cagar Budaya yang tersebar di 13 Kawasan Cagar. Kalau mau yang praktis tinggal mampir aja ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kita pasti terpesona melihat sejarah dan juga budaya Jawa disana.

Pesona Belanja

Kalau mau belanja, Yogya adalah salah satu surga belanja di negeri ini. Mau belanja produk fashion, terutama batik dengan aneka macam variasi produknya sampai aneka produk perak di Kota Gede. Dari perhiasan sampai pernak pernik. Aneka macam produk khas perabotan rumah tangga. Wisata Belanja di Yogya bisa sangat variatif. Dari yang premium sampai yang murah meriah. Yang eceran sampai grosiran ada. Tinggal tentukan mau beli apa. Yang populer seperti Pasar Beringharjo, Mirota Batik, Kawasan Malioboro tetap jadi favorit para turis. Cuman jangan lupa bandingkan harga dan ditawar ya, biar dapat harga maksimal.

 

Pesona Alam Yogya

Di Yogya banyak banget tempat wisata alam yang bikin betah, seperti wisata alam Kalibiru, Puncak Becici,Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Goa Jomblang, dll. Sepertinya tiap tahun selalu saja ada tempat wisata alam baru yang menarik untuk dikunjungi. Sama seperti pantainya, Yogya kaya akan pegunungan, persawahan, bukit-bukit cantik yang menanti untuk kita datangi. Kesegaran udara dan hijaunya pepohonan, bisa jadi obat penawar kerasnya ibu kota.

 

Pesona Pendidikan

Loh kok tiba-tiba ngomongin pendidikan ? Jangan salah, banyak orang datang dan tinggal di Yogya untuk bersekolah. Banyak banget sekolah bagus di Yogya. Dan yang utama adalah UGM . Coba deh dicek  #TemanAIp , pasti punya temen lulusan UGM. Ya kan ? Universitas ini menjadi bagian tak terpisahkan dari Yogya. Kalau dikutip dari websitenya , Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 sebagai Universitas yang bersifat nasional. Universitas Gadjah Mada termasuk sebagai universitas yang tertua di Indonesia yang juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan sebagai universitas pembina di Indonesia. Kantor Pusat UGM berlokasi di Kampus Bulaksumur Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini Universitas Gadjah Mada memiliki 18 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi, dan 1 Sekolah Pascasarjana, dengan jumlah program studi mencapai 251 program studi. Seluruh kegiatan Universitas dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Lebih dari 56.000 mahasiswa dari dalam dan luar negeri menjalankan studi di Universitas Gadjah Mada pada jenjang pendidikan Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana (S2 dan S3).  Dan sebentar lagi

Sebentar lagi kan masa penerimaan mahasiswa baru, kali aja mau nganterin anak, kakak, adik, teteh yang keterima kuliah disana, nyari Hotel di Traveloka saja. Mudah soalnya. Nanti sekalian nganter masuk UGM bisa sekalian jalan-jalan kaan lumayan. Sekali jalan dua tujuan dapet.

 
Pesona Orang Yogya
Waduh kalau yang ini poin yang subyektif sih, tapi tiap orang kan punya preferensi sendiri-sendiri. Walaupun secara umum bisa dibilang orang Yogya sopan santunnya tinggi, kalau ngomong halus gitu, tapi selera humornya juga tinggi. Kebanyakan teman saya orang Yogya pinter-pinter dan seru buat diajak ngobrol. Yang patut dikagumi adalah kecintaan mereka terhadap kotanya sendiri. Satu lagi,  rata-rata orang Yogya itu manis-manis. Okay segitu aja dulu daripada Orang Se-Yogya pada GR ya kan. hahhaa
Dapatkan tiket dengan harga terbaik
 
Kalau mau pergi ke Yogya sekarang mudah banget tinggal pilih mau naik kereta api atau pesawat terbang.
Dapatkan hotel dengan harga terbaik
 
Pilihan hotelnya juga banyak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Rencanakan perjalanan , biar gak bingung, dan bisa membandingkan harga supaya bisa mendapatkan harga terbaik. Nikmati Yogya sepuasnya, Alami segala pengalaman baru yang ditawarkan, walaupun boleh juga menikmati nostalgia yang ada.
 
Kalau TemenAip, Pesona Yogyamu apa ?
 

25 comments

  1. Memang jogja selalu menarik untuk dikunjungi lagi dan lagi. Aku juga biasa pakai traveloka kalau mau jalan2 soalnya prosesnya cepat, ga ribet dan harganya sesuai yang tertera

  2. Aku termasuk yg kudet soal destinasi wisata pantai di Yogya mas. Soalnya terakhir ke sana 2009 dan taunya cuma Paratngtritis #tutupmuka
    Semoga ada kesempatan ke Yogya lagi, makin banyak tempat wisata dan kulinernya pastinya ya 😀

Leave a Reply