Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Ada yang pernah ke Amsterdam Belanda ? Kota terbesar di Belanda dengan kanal-kanal yang menghubungkan seluruh penjuru kota. Aneka bangunan tua yang telah ada berabad lamanya. Ada perasaan takjub pas melihat orang berlalu lalang menyusuri kanal, dengan sungai yang bersih. Nyaman dan tenang melihatnya. Setelah lama gak ke Belanda, serasa nostalgia, melihat suasana yang mirip di lokasi yang tidak jauh dengan kita, yaitu di Kota Tua Jakarta !! Tepatnya di Kawasan Kali Besar Kota Tua Jakarta. Tempatnya ada di belakang Museum Wayang. Selama ini jarang memperhatikan, tapi pas dilihat Wow, ternyata baru selesai direvitalisasi pemirsaah ! Satu lagi tujuan wisata Kali Besar Kota Tua Jakarta.

 

Jadi Kawasan Pedestrian Kali Besar Kota Tua Jakarta ini baru saja diresmikan oleh Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno 6 Juli 2018 yang lalu. Kawasan ini adalah sebuah jalan yang lebar berdampingan dengan sungai yang ditata sedemikian rupa menjadi bersih dan rapi. Bangunan Tua di sisi jalur pedestrian berbenah sehingga tampil cantik dan representatif, khusus bagi bangunan yang masih berfungsi sebagai kantor. Ada bangunan lain seperti musholla Kota Tua yang keadaanya masih belum cantik sih. Bangunan Kota Tua yang ikonik yang bisa dilihat dari Kali Besar ini adalah Toko Merah yang warnanya mencolok merah, lalu bangunan Asuransi Jasa Raharja yang masih bagus banget kondisinya.

Jalur pedestrian Kali Besar Kota Tua Jakarta mempunyai trotoar yang lebar dan melingkar sepanjang 1,2 km.Jalanannya terbuat dari batu sehingga memberikan efek cukup Eropa.

Sungainya saya nilai cukup bersih untuk ukuran Jakarta, walau belum bersih ideal ya,tapi kalau difoto masih cantik  lah. Dan tidak berbau, jadi masih aman jalan-jalan disitu. Di sebagian sisinya ditanami bunga-bungaan yang mempercantik suasana. Sayangnya kita belum diperbolehkan untuk turun karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti tenggelam, padahal desainnya kita bisa turun loh. Tapi, gak apa-apalah. Kebayang kalau dibuka, panjang nanti antrian disitu mau difoto, kadang orang kita suka males antri lalu dorong-dorongan. Jangan sampai deh pada jatuh ke sungai.

Di wilayah ini ada beberapa patung yang cukup mirip sama aslinya, seperti patung orang sedang menyapu dan mengecat. Mirip banget, kirain ini semacam performing art kan, eh patung. Kena deh saya ditipu patung.

 

Masuk kawasan Kali Besar Kota Tua Jakarta ini gratis, sama saja seperti kawasan Kota tua yang lain. Memang banyak sekali bangunan tua yang sudah direvitalisasi, digunakan untuk fungsi lain tanpa merusak bangunan aslinya. Semoga bisa dipertahankan. Di Amsterdam aja bisa, kenapa kita nggak kan ?

Selain berfoto, kita juga bisa duduk-duduk manis menikmati suasana. Tapi pesan dari Ariefpokto.com kalau kesana jangan nyampah ya. Jagalah kebersihan. Beneran deh, sayang banget kalau kawasan wisata baru ini sampai rusak oleh sampah dan corat-coret gak penting.

Sebagai info , dari Kali Besar sendiri adalah terusan yang mengalir sejajar dengan Sungai Ciliwung dan bermuara di Teluk Jakarta. Dulunya merupakan perumahan kalangan atas orang Belanda, pantas disebut kawasan elitnya.

Dulu ini rumah siapa ya ?

Jadi gimana TemenAip mau main ke Kali Besar Kota Tua Jakarta ? Yuk kita apresiasi kawasan wisata sejarah yang ada di Indonesia !

Kalau mau lihat videonya silakan lihat di

36 comments

  1. Wiiihhh tjakep bangeeddd kakak!!. Beneran kayak di Amsterdam yaaa btw itu semoga terus terawat yaaa jadi pas besok aku ke Jakarta bisa singgah dan tak ada yang rusak rusak hehehhe

  2. Walaupun belum bisa berlayar di atas sungainya, ini juga sudah bersyukur ya Kang, Ciliwung bagian hulu ini sudah bisa difoto dengan cantik. Semoga semakin bersih lagi, dan semakin indah juga

  3. AKU BELUM PERNAH KE AMSTERDAM Kang. *capslock jebol, maap*
    Ku jadi suka kawasan Kota Tua Jakarta. Eh tapi itu kabel-kabel listrik di pinggiran gedung agak ganggu ya. Coba aja kabel-kabel itu dipindah ke bawah tanah, pasti lebih cakep lagi Kota Tua kita. 🙂

  4. aish, asli lama engga main2 ke sini mas.
    sekalinya liat updatenya udah keren banget ya 🙂
    wiken ini seru keknya kalau bekelana ke sana hihi
    mau foto2, instagramable banget soalnya sekarang.

  5. Yup, satu sungai sudah rapi. Semoga banyak sungai lain yg menyusul ubtuk ditata

    Orang Indonesia terkenal pandai membangun, tapi payah dalam memelihara. Semoga omongan itu salah dan kawasan kali besar ini tetap cantik untuk seterusnya.

  6. aaaahhhhhhh, lovely banget kaaaaaang. Pokoknya bertekad harus segera ke sini, btw mana foto kang ayip langit lagi cerah, pantulan bangunan di permukaan air itu indah bangeeeeeet.Semoga bisa terawat dan kita jaga sama-sama. Suka worry dengan beberapa perilaku pejalan terhadap tempat yang dikunjungi.

  7. Sukaaaaa,,,
    Emang segala sesuatu kalo bersih dan rapi itu jadi terlihat lebih menyenangkan yaaa.
    Semoga warga Jakarta dan penikmat Jakarta selalu inget untuk merawat dan jaga kebersihan bersama-sama,, jadi tetep cantik dan nyaman untuk dinikmati.

  8. Udah liat foto-foto revitalisasi Kota Tua Jakarta dari linimasa tapi baru liat foto-foto detilnya di blog ini. Edaaaaaannn bagus bangeeettt! Dikit lagi bener-bener kayak di Belanda atau Denmark gitu lho. Pas pertama kali ke Kota Tua tahun 2013, gue udah tau, ini kalo kalinya dibersihin bakal bagus banget! Thanks God, impian gue akhirnya terwujud.

    Kalo berhasil dipromosikan, kota tua Jakarta akan jadi favorit turis mancanegara. Negara2 tetangga nggak ada yang punya ambience kayak gini!

  9. Kak Aip, ini keren buangeeet. Rasa tak percaya kalau ini di Jakarta. Kudu ke sana nih, menikmati matahari terbenam di Batavia rasa Amsterdam

Leave a Reply