Hello  TemenAip ! Apa Kabar ? Setelah mengunjungi Kawasan Kali Besar di Kota Tua Jakarta, ada satu lagi tempat yang baru saja direvitalisasi di Jakarta, yaitu Taman Lapangan Banteng di Jakarta Pusat. Lokasinya dekat dengan Gereja Katedral dan Pasar Baru. Taman Lapangan Banteng terletak di RT.9/RW.5, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710. Kalau mau lihat lokasi google maps-nya  Lapangan Banteng silakan klik disini. Lokasinya populer kok ! Mudah kesananya , angkutan umum juga banyak. Mau naik TransJakarta bisa ,angkot dan bis juga bisa.

Suatu Pagi yang Indah di Taman Lapangan Banteng

Dulu banget, beberapa kali kesini buat mengunjungi pameran hewan peliharaan dan juga tanaman hias. Hobinya itu sih, jadi suka aja datang ke pameran seperti ini. Nah ingatan soal Lapangan Banteng, cuman lapangan biasa aja. Ga ada yang spesial. Yang menarik ya penghuni pameran. Selebihnya rada malas kalau mau kesitu di luar jadwal pameran tahunan, soalnya gosipnya daerahnya rawan, apalagi kalau malem. Suasananya surem kayak masa depan percintaan kamu, eh..

Monumen Pembebasan Irian Barat

Nah sejak tahun lalu, Lapangan Banteng direvitalisasi , dengan Yori Antar dari HAP Architecs sebagai perancangnya. Dikutip dari Kompas.com , Yori membagi Lapangan Banteng dalam tiga zona, yakni zona utama di Monumen Pembebasan Irian Barat, zona olahraga, dan zona taman. Adapun area Monumen Pembebasan Irian Barat menjadi fokus utama. Oleh sebab itu, monumen dibuat lebih terbuka dan diatur agar lebih menonjol dari area lainnya. Dan area ini bisa jadi makin komersil untuk pariwisata.

Taman Lapangan Banteng ini baru saja diresmikan akhir Juni 2018, jadi masih Gres banget ! Fasilitasnya masih bagus dan keren. Karena datangnya pagi, udaranya masih enak banget deh, lumayan segar. Banyak juga orang yang jogging lalu lalang. Kalau saya ? Nonton aja. Hahaha. Sambil moto sih, karena banyak objek yang menarik.

Biar makin kebayang suasana di Taman Lapangan Banteng, silakan ditonton dulu deh video “Kerennya Taman Lapangan Banteng” yang saya abadikan ( ciyeh bahasanya) pas kesana

Pas #Aiptrip kesana, sengaja datang pagi-pagi jam 06:45 an lah, karena takut penuh, panas dan ga dapat cahaya. Hahaa, banyak alesan ya. Kita bisa parkir di sekitaran lapangan Banteng. Dan memang suasananya berubah banget dari ingetan zaman jadi pengunjung pameran. Semua serba terang, rapi dan jadi keren banget !! Kalau rias penganten mah manglingi !!

Sesuai rancangan Yori Antar, memang kerasa banget zona utama, dimana Monumen Pembebasan Irian Barat jadi pusat perhatian yang langsung mencuat, terlihat pas kita datang. Disebelah kiri ada zona olahraga, lengkap dengan aneka lapangan olah raga dan juga playground anak-anak. Dan disebelah kanan ada zona taman yang makin bagus kelihatannya.

Yang menarik setiap weekend pada jam 18:30 , 19:30 dan 20:30 akan ada pertunjukan Air Mancur Menari. Kata orang-orang sih bagus, kalau saya mah belum sempet lihat. Pertunjukan Air Mancur Menari ini diiringi Jadi bikin penasaran kan ? Karena belum kesana, kita lihat video buatan MissNidy.com  ya

Senang  kan di Jakarta makin banyak fasilitas umum keren seperti Taman Lapangan Banteng ini. Bisa jadi tempat warga olahraga, bermain bersama anak, dan yang pasti jadi wisata Instagramable. Hehehe. Taman Lapangan Banteng berhasil mengubah image dari yang dulu kusam dan seram kalau malam menjadi taman menarik kebanggaan warga Jakarta.

Mesjid Istiqlal dan Gereja Katedral di kejauhan

Jangan lupa jaga kebersihan, sayang, Taman Lapangan Banteng ini udah bagus, kalau sampai kotor dan rusak pasti bikin sedih.

Kayaknya bakalan balik lagi kesana karena masih penasaran sama Air Mancur Menari.

Gimana TemenAip ? Mau gak jalan-jalan ke Taman Lapangan Banteng ?

18 comments

  1. Wajah Jakarta yang sedikit demi sedikit mulai berubah ke arah lebih baik. Semoga cantiknya Lapangan Banteng merembet ke tempat-tempat bersejarah lainnya di Jakarta. Amin

  2. Iya, memang jadi keren banget Lapangan Banteng sekarang. Terakhir ke sana itu tahun 2012, itupin buat main basket. Gak tau deh kondisi lapangan basketnya sekarang udah sekeren apa.

    Semoga aja warga Jakarta dan pengunjung lainnya bisa terus menjaga Taman ini. Kan sayang banget kalau Taman Lapangan Banteng ini rusak hanya karena tangan-tangan yg gak bertanggung jawab.

    Btw, foto mirror Monumen Pembebasan Irian Baratnya keren, Kang. Toppp

    1. Semoga saja tidak hanya karena ada Asian Games saja, semoga untuk hari hari yang akan datang atau hari hari selanjutnya jakarta tetap seperti dan terus berkembang, bukan hanya jadi tempat buat cari kerja juga bisa jadi tempat rekreasi yang menarik, :

    1. amin. Harapannya itu sih. Tapi masyarakat juga harus berperan aktif, kemaren pas kesana melihat bagia kebersihan nyapuin sampah bekas pengunjung lumayan banyak lhoo

  3. wan, asli ini mah tjakep banget mas Arief!
    udah lama gak lewat atau meimpir ke Lapangan Banteng, tau-tau sekarang udah sekeren ini ya.
    bener-bener appreciate 🙂

  4. Lebih tepatnya bukan “baru direvitalisasi”, tapi “baru selesai direvitalisasi” atau “baru diresmikan”. Langkah buat revitalisasinya udah dimulai cukup lama sejak Jakarta masih dipimpin Ahok.

    Liat tempat ini langsung terbayang area-area publik di Korea soalnya luas dan bersiiihhh. Gue penasaran sama air mancurnya, nanti kalo ke Jakarta harus agendakan ke sini 2 kali nih.

Leave a Reply