Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Bangga gak sih dengan daerah sendiri? Lho, kok mendadak nanya begini?  Soalnya banyak lho yang menganggap daerahnya biasa aja, gak ada apa-apa. Padahal banyak banget yang bisa diangkat dari daerahnya. Kadang dilihat orang daerah itu biasa , sementara buat orang lain justru luar biasa. Sementara itu, banyak sekali kearifan lokal yang bisa diangkat dari berbagai daerah Indonesia. Dan harus dipromosikan supaya meningkatkan kunjungan wisata terhadap daerah tersebut. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara.  Itulah salah satu alasan kenapa diadakan Festival Pesona Lokal oleh Adira Finance.

Festival Pesona Lokal

Festival Pesona Lokal itu apa sih ? Jadi gini TemenAip, Festival Pesona Lokal merupakan program CSR Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata dan INews. Yang dilakukan untuk turut serta mempromosikan dan mendukung potensi kearifan lokal melalui pariwisata, Budaya, Pendidikan dan UMKM. Festival Pesona Lokal hadir dalam rangka menyambut HUT ke-28 Adira Finance.

Kalau mengutip dari pernyataan Bapak Hafiz  Agung Rifai, Kepala Bidang Komunikasi Multi Media Pemasaran  1 Kementerian Pariwisata “Kementerian Pariwisata menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan Festival Pesona Lokal. Dalam pengembangan sebuah destinasi yang harus terpenuhi 3 A, yaitu Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas. Festival Pesona Lokal merupakan salah satu bentuk atraksi yang mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi destinasi. Semoga Festival Pesona Lokal dapat berkontribusi dalam mendukung tercapainya target 275 juta pergerakan wisata nusantara dan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara:

Rangkaian Festival Pesona Lokal akan diadakan di 9 kota di Indonesia yaitu :

  • Bandung , 2 September 2018
  • Solo , 9 September 2018
  • Malang 16 September 2018
  • Bali, 23 September 2018
  • Makassar, 7 Oktober 2018
  • Pontianak, 14 Oktober 2018
  • Medan , 21 Oktober 2018
  • Palembang 4 November 2018
  • Jakarta , 11 November 2018

Dalam Festival Pesona Lokal , setiap Kota dipicu untuk aktif dalam setiap kegiatannya. Ada beberapa perlombaan dimana masyarakat bisa ikut berpartisipasi. Jadi tidak hanya menonton, tapi masyarakat tiap Kota bisa ikut berpartisipasi, memperlihatkan Pesona Lokal Kotanya masing-masing. Seru banget kan ? Ada hadiah senilai Ratusan Juta Rupiah bagi para pemenang lomba pada kegiatan Pesona Lokal ! Bonus ganda kan, selain bisa memperlihatkan potensi daerah, bisa dapat hadiah pula.

 

Ada apa saja di Festival Pesona Lokal ?

  1. Lomba Karnaval Budaya
  2. Lomba Mural
  3. Kreasi Masakan Daerah
  4. Pasar Rakyat ( Otomotif , Produk UMKM, Kuliner )
  5. Penghargaan UMKM Terbaik


Siapa tahu di kota kita ada yang jago melukis Mural , atau siap bertanding mempertontonkan kreativitas dalam karnaval budaya dengan semua kebudayaan lokal. Selain bisa membanggakan kearifan lokal, setiap peserta juga diberikan panggung untuk mempertujukannya. Mungkin selama ini belum ada kesempatan menunjukannya. Atau ingin membuat Kreasi Masakan Daerah Super Lezat ? Atau punya produk UMKM terbaik dari daerah yang bisa kita banggakan, sehingga bisa jadi produk unggulan daerah ? Bisa dipamerkan di Festival Pesona Lokal ini.

Aneka penganan khas

Yuk ikutan daftar lombanya untuk mempromosikan pesona kotamu. Kalau mau ikutan lomba dalam Festival Pesona Lokal , silakan klik tautan ke laman Festival Pesona Lokal ini , tinggal ikuti saja instruksinya !

Festival Pesona Lokal adalah sebuah Event yang mendorong peningkatan kunjungan wisata Lokal. Festival Pesona Lokal akan Keliling 9 Kota 9 Kota.Bandung, Solo, Malang, Denpasar, Makassar, Pontianak, Medan, Palembang dan Jakarta. Akan ada Lomba Karnaval Budaya, Mural, Kreasi Masakan Daerah, Pasar Rakyat & Penghargaan UMKM Kita juga bisa ikutan meramaikan dengan mengikuti kontes Sahabat Lokal , klik saja bit.ly/festivalpesonalokal Dalam Rangka Press Conference Festival Pesona Lokal @adirafinanceid , Hari ini Kita merayakan keindahan dan kekayaan wisata, Budaya , kuliner lokal. Semoga semakin dicintai dan diapresiasi. Happy 28th Anniversary @adirafinanceid ! Jangan lupa baca postingan terbaru Ariefpokto.com soal #FestivalPesonaLokal #tourism #pesonalokal #pesonakotaku #adirafinance #pressconferencefestivalpesonalokal #hut28adirafinance

A post shared by arief rachman (@ariefpokto) on

Suasana Press Conference Festival Pesona Lokal di Sheraton Gandaria Hotel

Dalam Festival Pesona Lokal akan ada penghargaan Kota Paling Mempesona dari Kemenpar ( Pesona Indonesia) , Adira Finance ,dan iNews kepada Kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut. Penganugrahanya akan dilakukan dalam program TV Indonesia Award yang akan ditayangkan iNews. Nah, kesempatan untuk membuat kota kita semakin dibanggakan kearifan lokalnya , lewat Penghargaan Kota Paling Mempesona di Festival Pesona Lokal ini

Buat yang punya foto atau video keren yang memperlihatkan pesona lokal di daerah kita juga ada Kompetisi Sahabat Lokal lho, tinggal posting foto kita di Instagram atau video di Youtube , lalu daftarkan di laman Sahabat Lokal , kita bisa mendapatkan total hadiah ratusan juta rupiah.  Untuk info lebih lanjut , jangan lupa untuk mengikuti akun sosial media Adira Finance di Twitter, Instagram , Like Fanpage Facebook, dan subscribe akun Youtube 

Nah itulah dia TemenAip , Festival Pesona Lokal , sebuah ajang  mempromosikan kearifan lokal. Bukan saja untuk membuat kita lebih bangga dengan kearifan lokal kita sendiri , baik itu seni budaya, kuliner, UMKM dan banyak lagi, tapi juga kesempatan buat kita untuk memperkenalkannya kepada khalayak nasional maupun internasional dalam ajang ini. Sebuah kesempatan emas untuk membangun kekompakan masyarakat sebuah kota dan juga mengasah kemampuan masing-masing dalam suasana kompetitif yang menyenangkan. Ikuti perlombaanya , Ramaikan eventnya. Share di Social Media dengan hastag #FestivalPesonaLokal , #HUT28AdiraFinance , #AdiraFinance . Melalui Festival Pesona Lokal, Ayo sama-sama merayakan Pesona Lokal Indonesia !


13 comments

  1. Kearifan lokal Indonesia banyak banget yang belum terangkat. Semoga dengan festival ini terangkat, dan kita rakyat Indonesia semakin cinta pada keberagaman budaya kita. Amin

  2. Lihat makanan makanan khas daerah selalu bikin nelan ludah wkwkwwk btw aku selalu suka dengan pesona lokal setiap daerah tak terkecuali busana busana daerah dan budaya lokal yang merupakan warisan luhur . Pingin juga lihat gelaran Festival Lokal di kota lain … sayang di lampung gak ada yaaa heheheh

  3. Halooo, temenAip nongol ikutan komen niih

    Wah, setuju banget budaya lokal ikut diangkat dan digencarkan jadi pendukung potensi wisata nusantara.

    Cuma, saranku …., festival seperti ini jangan cuma diadainnya di kota-kota besar saja.
    Perlu sekali waktu juga diadakan di kota-kota kecil.
    Jangan cuma sebatas di kota-kota itu itu saja.
    Gimana kota-kota mau cepat dikenal wisatawan ya … , padahal potensi wisata di kota-kota kecil tak kalah apik.

    1. Ide bagus , semoga pada pelaksanaan berikutnya bisa dilakukan di Kota-Kota atau daerah lain. Untuk saat ini masih bisa dimaklumi karena penyelenggaraan yang pertama. Tapi daerah yang masih se-provinsi seharusnya masih bisa ikutan ya. Terima kasih sudah mampir Mas Himawan.

  4. Waah…semarang ga ada 😀
    Tapi tiap bulan mei di semarang selalu dilaksanakan Semarang Night Carnival untuk merayakan HUT kota Semarang

Leave a Reply