Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Punya penyesalan dalam hidup gak sih ? Kalau saya ada satu. Apa itu ? Kuliah di luar negeri. Kesempatannya sebenarnya datang beberapa kali , tapi tidak dikejar dengan maksimal deh, belum waktu itu ada kendala biaya yang cukup besar. Travelling ke luar negeri membuka wawasan banget, melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Tapi beda lho, pengalaman tinggal dan traveling di negeri orang.  Tinggal di negeri orang itu tidak mudah, pertama harus beradaptasi dengan lingkungan, bahasa dan budaya, lalu harus kuat jauh dari keluarga dan tanah air. Lumayan banget perjuangannya. Tapi sepadan dengan hasil yang didapatkan kelak. Tapi dalam situasi seperti ini kita ditantang untuk kuat bertahan untuk Berani Bercita.

Bukan berarti kuliah di dalam negeri kurang bagus , saya juga lulusan universitas negeri kok, dan bangga dengan pendidikan saya, tapi kalau bisa kuliah di luar negeri untuk memperkaya wawasan dan ilmu kenapa tidak kan ? Sebenarnya sudah merasakan pengalaman kuliah di luar negeri ketika jaman kuliah dulu mendapatkan pengalaman dikirim ke dua negara untuk meninjau dan mendapatkan kuliah umum di Chulalongkorn University di  Bangkok, Thailand dan juga kuliah umum di University of Moscow , Rusia. Atmosfernya berbeda banget, tapi menyenangkan. Ada tantangan tersendiri. Mulai dari perbedaan bahasa, waktu itu menggunakan Bahasa Inggris, juga suasana kampus dan juga kelasnya. yang psti disana mahasiswa lebih kritis dalam kuliah dan lebih aktif dalam interaksi dengan dosen.

Kunjungan ke Universitas Moscow

Ada pepatah yang mengatakan “Tuntutlah ilmu setinggi mungkin, kalau perlu ke negeri Cina!”  Janganlah takut untuk bermimpi. Salah satu investasi terbesar di dalam hidupadalah ilmu . Dengan ilmu kita bisa menjadi apa saja yang kita mau. Ilmu adalah bekal penting di masa depan, menjadi modal dasar bagi kita untuk berkarya, bekerja dan menggapai cita-cita. Kalau tidak pakai ilmu, gak akan kemana-mana toh ?

kunjugnan ke Universitas Chulalongkorn

Dengan banyaknya disiplin ilmu yang ada di dunia ini, tidak semuanya ada di negeri kita, mau gak mau , kita harus pergi ke luar negeri untuk mempelajarinya. Semakin kita ahli di satu bidang, apalagi tidak banyak yang bergelut di bidang itu, semakin tinggi pula posisi tawar dan nilai kita karena kekhususan ini. Kita akan dianggap sebagai ahli di bidang ini.

Tapi salah satu yang paling menarik kalau kuliah di luar negeri adalah kesempatan Travelling yang cukup luas. Pastinya harus pandai menabung. Tapi kemungkinannya menjadi lebih besar. Apalagi kalau kuliah di benua Eropa, pas liburan yang cukup lama, kita bisa mengunjungi banyak negara lain selain negara tempat kuliah. Bisa road trip, naik kereta api, atau cari penerbangan murah. Apalagi kalau jalan ramai-ramai bersama teman, pasti jadi lebih seru.

Sekali lagi, Keinginan untuk kuliah ke luar negeri bukan berarti kita tidak percaya kepada pendidikan yang ada di Indonesia. Kuliah ke luar negeri justru mampu membuat membuat kita melihat banyak hal di luar pendidikan yang selama ini kita terima di dalam negeri. Kuliah ke luar negeri bisa membuat kita melihat banyak hal lain , tidak hanya belajar ilmunya, tetapi juga bisa melihat sisi lain pendidikan, diantaranya kultur pendidikan yang baru, belajar bahasa baru, meningkatkan peluang kita untuk diterima kerja di perusahaan multi nasional hingga memotivasi kita untuk menjadi founder atau owner dari sebuah startup atau perusahaan.

Akan tetapi tidak mudah untuk Kuliah di luar negeri. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Bahkan ada mitos-mitos yang berputar di pikiran masyarakat soal Kuliah di Luar Negeri. Seperti Biaya kuliah di luar
negeri itu mahal, harus bisa menguasai bahasa lokal, Periode waktu kuliah minimal 1 tahun, Tidak Bisa Lulus Tepat Waktu, Biaya Hidup yang Sangat Tinggi, Pergaulan yang buruk, hingga tingkat kriminalitas yang tinggi di luar negeri. Tentunya mitos tersebut harus bisa dibuktikan kenyataanya

Mari kita jabarkan lagi Manfaat kuliah di Luar Negeri

  1. Membentuk karakter yang mandiri dan mampu berjuang hidup.
  2. Kemampuan bahasa asing akan meningkat
  3. Pas liburan bisa traveling untuk meng-explore daerah sekitar Kampus.
  4. Dapat berkenalan dan berkumpul dengan mahasiswaIndonesia yang berprestasi di sana
  5. Bisa mengenal, menyaksikan langsung dan mempelajari budaya lokal
  6. Networking yang luas, bahkan antar negara dan antar benua.
  7. Mendapatkan akses khusus membaca buku langka dan belajar dari profesor  hebat hebat dari mancanegara
  8. Memiliki nilai jual sendiri di mata perusahaan
  9. Lebih cepat diterima kerja di perusahaan multinasional.
  10. Ada pilihan untuk menjadi entrepeneur atau menjadi founder startup.

Sebenarnya ketakutan atau mitos seperti di atas bisa kita minimalisir apabila kita didampingi lembaga yang ahli di bidang ini. Lembaga yang berpengalaman dan juga memiliki channel dan akses terbaik sesuai dengan kebutuhan kita kuliah di luar negeri. Salah satu lembaga itu adalah Idea Institut yang hadir sebagai kawan/sahabat/partner bagi teman-teman yang ingin mengejar mimpi untuk kuliah ke luar negeri terutama ke Jerman.

Idea Institut dapat membantu serta menfasilitasi segala keperluan yang harus dipersiapkan untuk Kuliah di luar negeri. Tujuannya supaya kita tidak takut, repot atau merasa stres dalam mempersiapkan diri untuk mengejar mimpi  kuliah di luar negeri.


Ada beberapa program yang IDEA INSTITUT tawarkan terkait dengan mimpi kuliah ke luar negeri , terutama Studi ke Jerman :

  1. STUDY IN GERMANY : Program persiapan untuk kuliah ke Jerman bekerja sama dengan Freshman Institute. Program ini dimulai dengan tes masuk untuk kuliah di Jerman, persiapan administrasi untuk kuliah di Jerman, serta penempatan langsung di Jurusan dan kampus yang dituju.
  2. STUDY & WORK IN GERMANY: Program yang ditujukan untuk para sarjana (S1) lulusan dalam negeri yang ingin memperoleh kesempatan dan peluang untuk melanjutkan studi S2 keluar
    negeri sambil bekerja dengan pembiayaan mandiri dan peluang karir yang lebih besar di luar negeri, terutama di Jerman.
  3. STUDY TOUR EUROPE : Program “Hand on Science Experience” liburan sekaligus menikmati rasanya belajar dan kuliah di eropa. Langsung praktik bersama tenaga pengajar dan dosen disana, menikmati bagaimana Science itu menarik dan enak untuk dipelajari.


Program-program di atas bisa membantu TemenAip yang ingin belajar ke Jerman atau Eropa. Menempuh pendidikan di luar negeri akan menjadi sebuah perjalanan yang takkan terlupa dan tentunya akan memperkaya wawasan dan pengalaman.


Gimana TemenAip sudah berani Bercita Kuliah di luar Negeri ? Segera hubungi Langsung Idea Institut dan jangan lupa Cek juga Social media Idea Institute untuk mengetahui info lanjutannya. Tetap semangat  untuk berani bermimpi ke luar negeri dengan semangat #BeraniBercita


4 comments

Leave a Reply