Hello TemenAip. Akhir-akhir ini Ariefpokto.com sering banget membahas kopi Indonesia. Karena memang ada ketertarikan terhadap dunia Kopi, terutama Kopi Indonesia. Ada banyak hal baru yang diketahui. Selain tentang jenis kopi, cara penyeduhan, bisnis Kopi Indonesia yang mulai menggeliat dan banyak lagi seiring dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat Indonesia dengan Kopi dari negeri sendiri.

Kopi Indonesia adalah salah satu Kopi terbaik di dunia dengan dua varian yang mengemuka yaitu Kopi Robusta dan Kopi Arabika tergantung ketinggian tempat penanamannya. Uniknya walau jenisnya sama, rasa kopi Robusta di satu daerah bisa berbeda dengan daerah lain , tergantung faktor lokasi, cuaca dll. Inilah yang membuat setiap kopi di Indonesia unik dan berharganya.

Rantai pasokan kopi pun terbilang kompleks. Biji kopi berpindah tangan dari petani ke pedagang, juru proses ke eksportir, dan akhirnya dari pemanggang ke peritel. Banyak sekali pihak yang terlibat .

Kopi Indonesia Kurang Populer Di Negeri Sendiri ?

Tapi ada satu hal yang mengejutkan !  Indonesia salah satu penghasil kopi terbesar, tapi bukan peminum kopi terbanyak. Indonesia adalah negara ke empat penghasil kopi terbesar dunia dengan Indonesia berada di peringkat empat setelah Kolombia, dengan sedikit di atas 10 juta karung kopi. Tapi tingkat konsumsi Kopi orang Indonesia masih sedikit sekali.

Indonesia penghasil Kopi terbesar setelah Brazil, Vietnam dan Cambodia, sumber BBC.com

Berdasarkan data Organisasi Kopi Internasional, orang-orang Finlandia minum kopi 12,5 kilogram setiap tahun bandingkan dengan konsumsi orang Indonesia yang masih di kisaran dibawah 1 kilogram.

Memang orang kita suka meminum Kopi kalau dilihat secara kasat mata, tapi kopi yang diminum bukanlah kopi murni , melainkan bubuk kopi yang telah dicampur. Kalau dilihat dari sejarahnya, Kopi telah menjadi salah satu komoditi andalan Pemerintah Hindia Belanda di tahun 1900 an. Kopi-kopi yang dihasilkan hampir semuanya diekspor. Sementara yang tidak laku diekspor dijual atau diberikan kepada rakyat dan buruh kebun. Kopinya berkualitas rendah sehingga dicampur dengan beras atau jagung, dahulu dikenal dengan kopi Jitu ( Kopi Siji Jagung Pitu ). Kebiasaan itu pun masih terbawa sampai sekarang dimana peminum Kopi Murni belum sebanyak Kopi campuran.

Sesuai dengan perkembangan Zaman, ketertarikan terhadap Kopi negeri sendiri semakin meningkat. Apalagi dengan gaya hidup zaman sekarang yang Budaya minum kopinya makin sering. Tidak hanya diminum seperti Kopi Tubruk, tapi juga disediakan dalam bentuk varian minuman Kopi populer dengan campuran susu/krim seperti aneka minuman blend berbasis espresso dicampur dengan aneka rasa lain seperti hazelnut, mocha, avocado dsb.

Aneka biji kopi di Kopi sugeng

Kopi Sugeng

Salah satu pemain baru dalam bisnis kopi Indonesia adalah Kopi Sugeng. Kopi Sugeng menyuguhkan aneka Kopi Indonesia. Kita bisa memilih Kopi Enrekang Latimojong, Bali Kintamani, Papua Wamena, Sumatra Mandheling , Aceh Gayo, Flores Bajawa , Java Ijen, Java Andongsari, Toraja Dandang Batu , dan banyak lagi. Kopi-kopi ini dibeli langsung dari berbagai petani di Indonesia

Menu Kopi Sugeng
Flores Bajawa & Avocado Blend

Mengutip dari press release-nya KOPI SUGENG INDONESIA dibawah bendera manajemen PT. ANNISA GAHARU INDONESIA secara bisnis menempatkan diri sebagai Jaringan Bisnis Kopi Cepat Saji, dimana konsep Take Away & Fast Moving Coffee menjadi salah satu service yang diberikan untuk konsumen KOPI SUGENG. Untuk pertama kalinya jaringan pertama langsung dibuka di 2 (dua) lokasi yaitu di Eatstreet Jakarta Lt.2 Mall Artha Gading Kelapa Gading Jakarta Utara pada tanggal 9 September 2018 & Mall Bassura City Lt.2 Basuki Rahmat Jakarta Timur pada tanggal 16 September 2018.

Perlu diketahui bahwa KOPI SUGENG INDONESIA adalah konsep “Coffee Ecosystem” dimana selain membuka Jaringan Kedai Kopi atau Coffee Bar, juga berkomitmen dalam mengembangkan konsep edukasi / pendidikan & sertifikasi untuk  profesi Barista, Trading & Retail Biji Kopi, Event Organizing Coffee Industries & Konsultan.

Avocado Coffee

Bekerjasama dengan jaringan petani kopi dari seluruh pelosok Nusantara, supplier alat kopi lokal terbaik & para pemerhati kopi Indonesia  (professional barista, pelaku bisnis kopi Indonesia, pemerintah, reviewer, blogger, media, dll) Kopi Sugeng berharap secara bersama-sama memajukan Industri Kopi Indonesia baik secara lokal maupun Internasional.

Kopi Sugeng hadir menyajikan aneka Kopi Nusantara, sesuai dengan tagline nya Selera Kopi Indonesia. Hadir dengan aneka teknik penyajian Kopi terkini dari manual Brew, V60, Japanese Cold Drip dll. Kopi Indonesia bisa disajikan Murni, tanpa gula, sehingga bisa dinikmati perbedaannya atau dengan cara diblend sesuai popularitas rasa kopi zaman sekarang. Avocado Coffee menjadi salah satu favorit saya karena perpaduan espresso house blend Kopi Sugeng dengan Alpukat matangnya pas betul. Sedap sekali.

Mencicipi aneka Kopi Indonesia beneran menjadi pengalaman Ngopi yang mengesankan.. langsung terpikir semoga Kopi Indonesia makin dicintai. Seperti Mas Aji dari Kopi Sugeng bilang dalam Launching Kedai Kopi Sugeng di Mall Bassura City, Kita harus jadi duta Kopi Indonesia. Selain dicintai orang luar negeri, Kita orang Indonesia harus giat mempromosikan Kopi kita sendiri.

Pak  Sugeng dan Ibu Annisa bersama para Blogger dalam launching kedai Kopi Sugeng di Mall Bassura City

Sebuah kesempatan besar memajukan Kopi Indonesia kan apabila kita mendukung Kopi Indonesia dengan cara mengkonsumsinya. Terutama di Kedai Kopi lokal seperti Kopi Sugeng ini. Selain kita bisa belajar aneka jenis kopi, kita juga bisa bertualang rasa dalam khazanah kopi Indonesia. Tinggal pesan aneka kopi yang disajikan disana, maka rasa kopinya akan membawa kita ke tempat Kopi itu diproduksi. Berbincanglah dengan barista-nya. Kenali lebih dalam kopi yang akan dikonsumsi. Promosikanlah Kopi Indonesia kepada teman, saudara dan kolega dan keluarga.


Ariefpokto dan Kopi Sugeng

Yuk sama-sama dukung Kopi Indonesia dengan cara mengkonsumsi, mempromosikan dan juga mengapresiasinya. Dari petani, pemanggang (roastery) , barista , dan semua komponen pendukung Kopi Indonesia. Marilah menjadi Duta Kopi Indonesia , kalau bukan Kita, siapaaa lagi ?

6 comments

Leave a Reply