Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Selama ini kita selalu memburu tempat-tempat cantik Instagramable untuk mempercantik feed Instagram kita. Sampai ke kota lain nyarinya. Malah sampai ke tengah hutan atau perbukitan buat nyari tempat seperti itu… Tapi Tau gak, Café Cantik Di Tengah Hutan Instagramable di Jakarta ternyata ada juga lhoo ! Namanya Arborea Cafe !

Karen sekali Cafenya


Eh sebentar , Café Cantik ? banyak. Café Instagramable ? Banyak di Jakarta. Tapi di tengah hutan ? Emang masih ada ?
Ada bener !!! Arborea Cafe namanya

Arborea Cafe

Jadi pas Ariefpokto sedang meeting di Manggala Wanabakti, secara gak sengaja nemu Café Arborea. Baru beroperasi beberapa bulan. Jadi Café ini masih dalam lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Gedung Manggala Wanabakti.

Lokasi Arborea Cafe


Letaknya memang di tengah hutan kota di lingkungan kementerian LHK. Tepatnya di area Arboretum Ir. Lukito Daryadi, MSc
Jadi kalau mau kesana , masuk dulu ke Kompleks Kementrian KLH , Jalan Gatot Subroto Senayan, lalu cari Arboretum..

Nah cafenya ada dibelakang. Masuk hutan-hutan mini penuh dengan tanaman kayu yang ditanam sejak lama. Suasana hutan ini pun sudah enak banget lho, jarang jarang kan di Jakarta bisa masuk hutan.


Jalan sedikit kita bisa menemukan bangunan berwarna coklat kayu yang desain arsitekturnya modern minimalis tapi nuansanya menyatu dengan hutan di sekitarnya. Itulah dia Arborea Café !!

Yang amat menarik soal Café ini adalah bangunannya yang keren banget. Ada tangga berundak di depan seakan mengundang tamu untuk bermain. Ada juga bean bag warna warni untuk diduduki. Kontras sekali warnanya dengan warna gedungnya.

Bean Bag

Setelah diperhatikan, warna coklat ini hadir dari panel kayu yang menyelimuti Arborea Café ini. Mulai lantai, tangga, dindingnya. Bagian depan ada semacam runway panjang buat catwalk. Keren banget dah !


Arborea Café terdiri dari 3 tingkat. Tingkat pertama adalah tempat pemesanan merangkap kasir, dapur, lalu dibelakangnya disediakan kursi dan meja untuk tamu.


Tingkat kedua Arborea Cafe adalah sebuah ruangan mungil seperti ruang tamu. Ada seperangkat kursi disana, sementara itu ada meja panjang yang menempel pada dinding. Ada jendela super panjang dan besar disana dengan pemandangan hutan mini. Keren banget guys.


Di lantai teratas ada semacam ruang terbuka, sepertinya bisa dibuat tempat duduk juga sih. Tapi menyegarkan sekali bisa melihat atap pepohonan tinggi lebih dekat lagi.


Arborea Café buka mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 7 malam. Lumayan tuh kalau ada meeting di sekitar Manggala Wanabakti. Kalau malam ada lampu-lampu gantungnya gitu. Pasti lucu kalau difoto. Tapi waktunya singkat karena tutup sampai jam 7 malam.

Menu Arborea Cafe


Arborea Café ini menyediakan aneka menu Kopi. Mulai dari yang panas sampai yang dingin. Ada aneka jenis Kopi yang dijual. Capuccino, Café Latte, Hot Chocolate. Kalau mau kopi Indonesia juga ada dari Toraja, Aceh gayo, Mandailing , Bajawa , dan Papua. Kalau mau versi dingin ada hazelnut Coffee, Mocha milk, iced Capuccino, dll. Ada juga aneka the dengan rasa mangga, lemon, kiwi dll. Yang suka jus , ada aneka jus segar disini dari berbagai buah segar pilihan.

Menu minuman


Menu snack Arborea Cafe ada Kue Pie Daging sapi , Kue Pie Kari Ayam, Kue Pie ayam dan Jamur, Roti manis yang dibandrol 6 ribu rupiah saja. Murah kan. Kalau jajanan pasar ada aneka macam. Semuanya harganya Rp. 6000.

Akhirnya memutuskan pesan Capuccino dan Pie Daging Sapi. Abis pesan sama Masnya ditanya mau duduk dimana ? Di lantai dua Arborea Cafe dong. Nanti dianterin. Pas pesanan datang kopinya dalam gelas kertas, begitu pula dengan Pie Dagingnya. Pas diseruput cocok juga sambil menikmati suasana, cuman perasaan ada yang kurang pas dalam komposisi espresso dan susunya. Lumayan lah.

Pie dagingnya dihangatkan terlebih dahulu. Rasanya enaak ! Pastrinya memang agak lembab sedikit. Tapi rasanya enak, kandungan dagingnya cukup banyak ! Seharusnya saya nyoba menu lain sih. Tapi karena agak kenyang dan harus ketemu orang, ga sempat deh.


Sampai di lantai dua, cukup takjub juga melihat nuansanya yang agak beda, benang merahnya masih di panel kayu, tapi disini rasanya nyaman dan adem serasa di ruang tamu, dengan kehadiran kursi-kursi. Cantik dengan meja. Pemandangnya lucu banget karena jendela besar menghadap pepohonan diluar.

Tanggaception


Yang saya suka di Arborea Cafe adalah konsep ruang terbuka menyatu dengan hutan kota yang ada di kawasan Manggala Wanabakti ini. Seru banget pastinya buat foto-foto. Tapi jangan lupa, keliling juga di hutan kota ini, karena di Area ini kita bisa mengenal aneka jenis tumbuhan, kalau hari biasa juga bisa mengunjungi Museum Kehutanan. Bagus buat menambah pengetahuan.


Yang pasti Arborea Café ini recommended banget. Lumayan ganti suasana di tengah kota Jakarta yang padat ini. Tempatnya bagus, Kopinya lumayan. Makanannya murah. Masuk akal lah

Nonton suasana Arborea Cafe disini


TemenAip kapan mau ke Arborea Cafe ?

9 comments

Leave a Reply