Hello TemenAip ! Udah pada tahu dong kalau saya adalah #SahabatKAI , sebagai pengguna kereta api , senang banget perkembangan pelayanan PT KAI makin lama makin bagus. Jauh banget tempat dibandingkan zaman baheula. Ingat gak masa-masa kereta suka telat, naik kereta ga dapat duduk, stasiun jorok, antrian ga manusiawi dan lain-lain. Dan ternyata sebagai orang yang suka sharing perjalanan naik kereta api lewat media sosial , Ariefpokto.com terpilih untuk menghadiri #SahabatkKAIGathering2018 di Malang dan Bromo. Seneng banget deh, kira-kira bakal ada apa lagi ya ?

Kehebohan Naik Gajayana Ke Malang

Acara #SahabatKaiGathering2018 dimulai dengan berkumpulnya para peserta yang datang dari berbagai latar belakang di Stasiun Timur StasiunGambir di ruangan VIP. Awalnya saya melihat banyak wajah asing yang baru sayalihat. Lalu muncul turissendaljepit.com , Atemalem.com , Negerikitasendiri.com ,yang sudah sudah akrab dan kenal. Lalu ada Fashion Designer Yopie Kurniawan yang pernah ketemu pas nyobain Kereta Bandara dulu. Lalu muncul juga beberapa pria ganteng berbadan tegap. Hmm… jadi agak insecure, bukan soal ganteng,lebih ke badan proporsional ( memandang nanar perut sendiri yang membentuk bukit teletubbies). Tak lama muncul catatanbackpacker.com , nah kalau sama yang ini udah lama follow-followan di media sosial, tapi baru berkenalan secara langsung disini. Ketemu juga sama Aryanatar yang sudah lama saya follow cuitannya di Twitter. Kalau dilihat dari yang ikutan kayaknya bakal seru deh Sahabat KAI Gathering ini. FYI, acara ini diadakan PT KAI setiap tahun untuk lebih dekat dengan konsumennya. Kalau mau baca edisi tahun lalu, silakan klik disini

Lalu berangkatlah kami ke Malang , naik Kereta Api Gajayana… Kami ditempatkan di gerbong 7 dan kebanyakan di gerbong 8. Nah berawal dari jaim, penumpang yang di gerbong 8 mulai memperlihatkan kepribadian yang sebenarnya yaitu heboh dan menggila. Apalagi sebagian besar ga bisa tidur jadilah heboh bergosip. Tiap ada stasiun yang berhentinya agak lama , kita langsung berhenti buat foto-foto.

Kehebohan sempat terjadi pas Kondektur Ganteng bernuansa boyband K-pop bernama Mas Fatah bersama Dua polsuska, Pak Samad dan Pak Rezeki hadir memeriksa penumpang. Semua langsung pengen foto bareng. Lumayan buat di feed IG sekalian bilang terima kasih buat pelayanannya.

Mendekati Malang, kami mendapat sajian makan pagi super istimewa yaitu Pecel Madiun ! Ya Ampun ! Enak banget. Nasi Pecel dengan sayuran bunga turi, disiram kuah kacang yang sedap ditambah rempeyek udang. Waduh sedap banget.

Tak lama, perkampungan warna-warni menandakan bahwa kami sudah sampai di Malang.   

Sesampainya di Malang, Kami langsung dibagi dalam group-group kecil beranggotakan 10-12 orang untuk langsung main Amazing Race. Saya kebagian masuk dalam Group Hijau (Losari) bareng Dika, Vika, Mas Teguh, Fuad, Hady, Kang Guruh, Mbak Christi, Rizki, Jafar, Rini Keep Smile, Tedy dengan LO Mbak Dyah Ayu dari KAI. Dalam HiAce yg dikemudikan oleh Pak Yuna, Kami langsung berembuk soal Yel-Yel di tengah keramaian jalanan Kota Malang.


Akhirnya Genk Ijo memutuskan memakai lagu Baby Shark yang dinyanyikan dengan nada dasar C dengan koreografi Main Kereta Api Sesuai dengan tema. Clue pun sudah dibagikan, untuk Amazing Race.

Sesampainya di Jatim Park 2 , Team Hijau langsung beraksi , masuk Museum dan memecahkan aneka Clue yang diberikan. Foto sama Jerapah dengan Reptil, Raksasa pemakan semut, foto di kapal Nabi Nuh. Walau awalnya masih agak asing, lama-lama jadi kompak pas foto untuk Amazing Race. Sampai akhirnya Tiba waktu Shalat Jumat. Kami yang laki-laki Shalat dulu dong.  selesai Shalat Jumat, Kita langsung makan Siang sedap di restaurant Pohon Inn.. sambil makan Mbak Rini Keep Smile bilang kalau clue nya ketuker , jadi fotonya salah. Mesti diulang lagi… Langsung pengen kayang sambil Yel-Yel Team Hijau sampai Bromo…… Selesai makan langsung regroup lagi photo di depan Museumnya. And you know what !!! Foto hasil Kamera Mbak Rini Keep Smile ternyata hitam doang dong !! Mesti Ulang lagi. Langsung pada lari masuk Zoo nya untuk menyelesaikan tugas.  Untungnya team Hijau kompak, pada jago pose dan selalu tampil ceria dan juga pecinta lingkungan…akhirnya selesai duluan.  Sambil nunggu yang lain Kami praktek Yel-Yel didepan museum. Biarin diliatin orang juga. Yang penting pede.

Selesai di Jatim Park 2 , seluruh peserta berangkat ke Golden Tulip Hotel yang modern dan keren banget. Saya kebagian sekamar dengan Yuda Catatanbackpacker. Lumayan ada temen curhat. Soalnya tahun lalu saya kamarnya sendirian paling mojok lagi.

Sharing Session


Makan malam dilanjutkan dengan acara yang ditunggu-tunggu oleh Sahabat KAI ! Yaitu sharing session ! Disini para pengguna Kereta API bebas memberikan keluhan dan masukan kepada PT KAI. Mulai dari trayek, tarif , pelayanan, sampai toilet Stasiun dibahas. Dan semua dibalas sama direksi PT KAI langsung. Beda kan dibanding perusahaan lain. KAI mah gitu, ada yang komplain malah dirangkul. Katanya biar servis makin berkualitas. Mereka siap dikritik untuk memperbaiki diri demi pelayanan. PT KAI terus berkembang lagi dengan baik. Bekerjasama dengan konsumen melalui masukan , komplen supaya memperbaiki layanan.

Sempat pula diputar video launching Aplikasi KAI Access yang mempermudah Kita untuk memesan, membatalkan tiket, pesan makanan di Kereta, dan banyak lagi. Eh jangan lupa didownload ya. Beneran bikin gampang deh.

Malam itu juga diberikan Penghargaan bagi 8 netizen yg aktif mengkampanyekan #jagakai melawan vandalisme terhadap Kereta Api

Amazing Race Bromo !

Jam 23.00 semua peserta #SahabatKAIGathering2018 sudah siap berangkat ke Bromo buat Amazing Race lagi. Team Hijau dibagi dalam 3 Mobil Toyota Hard Top double Gardan. Cuaca di Bromo dingin banget. Yaiyalah udah disana jam setengah 3 pagi. Wahana Toilet penduduk pun laris. Dengan tarif 3 Ribu sekali pakai, antrian toilet mengular banyak yang kebelet pipis. Sempet ngobrol dengan Ardha, peserta #SahabatKAIGathering dari group lain

Setelah sunrise muncul, kamipun segera bergegas menuju Bukit Teletubbies. Perjalanan kesini cukup spektakuler. Melihat Gunung Bromo dan Batok dari jarak dekat. Rombongan Jeep warna warni menuruni jalan dengan pemandangan indah seperti di iklan-iklan yang dulu Saya sering lihat.

Sesampainya disana, lebih mudah menemukan anggota team Hijau. Karena terang benderang ! Disini kami menyusun strategi supaya lebih kompak dan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat. Satu persatu tugas amazing race diselesaikan.


Foto di Pasir Berbisik, Foto sama Jeep. Dan berikutnya foto di kawah Bromo. Jeep kamipun melaju kencang ke Kawah.

Di parkiran menuju Kawah Bromo terjadi tragedi Kamera jatuh ke pasir Bromo. Pas di check lensanya bunyi krek-krek krek kemasukan pasir. Fixed ini mah ga bisa dipakai dulu. But the show must  go on. Ganti ke action can deh. Karena antara parkiran ke Kawah cukup jauh, Mbak Christi , Vika naik kuda kesana. Sempet kepikiran mau Naik kuda, tapi masak gak kuat sih? Akhirnya bareng temen-temen lain jalan deh. Cuman memang berasa perjuangannya, karena berjalan di pasir di terik matahari lumayan banget kan. Untung bawa Sarung yang dililit-lilit di kepala ala suku baduy. Cuman yaitu pas kena hembusan angin, copot lagi, jadi kayak Kerudung Mbak Tutut deh. Hadeuuh… Tapi karena jalan sambil ngobrol, jadi berasa cepet sampainya. Walau tetep ngos-ngosan ya. Suka sirik sama penduduk Tengger yang dengan lincah beraktivitas disana. Yaiyalah udah biasa.
Di Tengah perjalanan sempat melihat orang yang sembahyang di Pura yang wangi banget. Salut lho , mau beribadah sampai jauh-jauh kesini.


Pemandangan disini luar biasaaa ! Berasa di planet lain ! Rekahan Tanah menuju Kawah itu keren banget. Sempet takjub melihat pemandangan sekitar. Akhirnya team Hijau berkumpul di tangga sebelum Kawah. Hanya Jafar yang udah naik ke Kawah duluan. Sementara yang lain istirahat sejenak. Lalu kami dapat telepon, kalau Kami sudah harus berangkat ke checkpoint berikutnya. Padahal penasaran belum sampai Kawah. Ingin rasanya terjun berguling-guling kayak Sonic The Hedgehog sambil Yel-Yel ke tempat parkiran Jeep. Supaya cepat akhirnya Naik kuda aja. mas Teguh, Hadi , dan anggota team perempuan juga pada Naik kuda. Namanya Boy. Jadilah sepanjang jalan nyemangatin si Boy sambil kudungan pakai Sarung ala Mbak Tutut. Hebohnya si Boy sempet ngadat di tengah jalan. Duh gimana ini. Saya sempat menawarkan diri buat turun dan gantian gendong si Boy ke parkiran. Tapi ditolak sama Bapak penjaga Kuda. Dia bilang si Boy cuman menyapa temannya yang lewat tadi. Dalam hati mungkin si Boy curhat penumpang yang ini berisik dan sok asik. Sesampainya di Parkiran Kita langsung berangkat ke tempat Mobil untuk selanjutnya makan di Plataran Bromo.

Sambil makan Siang enak lihat smartband sampai Siang itu udah jalan 10450 langkah. Moment itu akan terkenang selalu, karena itu moment terakhir Saya dengan smartband tercinta. Yang tercecer entah dimana. So long smartbaaand !!

Perjalanan pulang ke hotel cukup lama, karena sama seperti daerah wisata lain , macet di akhir pekan.

Gala Dinner – Prom Night

Sesampainya di hotel Saya langsung tidur. Lumayan banget. Kasur dan bantal Golden Tulip Hotel nyaman banget buat diboboki…. Enak banget buat recharge energi.. agak sorean terbangun langsung siap-siap buat Gala Dinner dengan tema prom night. Semuanya tampil Gaya seakan mau pergi ke Pesta Prom.
Acara Prom Nite berlangsung meriah. Yang menjadi highlight adalah penampilan Oca Mamamia yang suaranya kayak Beyonce. Penonton juga dihibur dengan DJ yang mainnya seru banget. Memainkan lagu-lagu EDM jaman sekarang.

Yang bikin bahagia adalah Team Hijau keluar sebagai Juara Ketiga. Prestasi banget. Karena team-team yang lain juga kompak, fotonya bagus-bagus. Selamat kepada team Ambarawa yang keluar sebagai Juara pertama.

Selain itu Saya, Andrew, Rere, Ka Ika keluar sebagai the best in social media dan mendapatkan tiket kemana aja memakai Kereta eksekutif PT KAI. Seneng banget deh. Pesta Prom pun diakhiri dengan Pesta Kembang Api yang meriah.

Selesai acara, banyak peserta beranjak tidur. Sementara Saya ? Gak dong. Pengen ketemu Krisdayanti orang Batu kan dia ? Yakali Krisdayanti nongkrong tiap Malam di alun-alun. Diomelin Om Raul dong. Dan pergilah kami kesana. Bersama Deddy, Terry, Rere, Andrew, Dkk kami menelusuri keramaian Alun-alun Batu di malam hari. Mencicipi Ketan Legendaris, makan bakso Malang dll. Ketawa ketiwi di hadapan masyarakat Batu di deket Patung Apel. Yang pasti bikin happy aja. Sampai akhirnya ngantuk, lalu pesen Grab Car. Di depan Mesjid Agung. Gongnya drivernya bernama Rosul Ilahi. Duh berasa gimana gitu, pulang dinihari dijemput Rosul Ilahi di depan Mesjid Agung….

Yang bikin bahagia adalah Team Hijau keluar sebagai Juara Ketiga. Prestasi banget. Karena team-team yang lain juga kompak, fotonya bagus-bagus. Selamat kepada team Ambarawa yang keluar sebagai Juara pertama.

Jalan-jalan di Museum Angkut


Pagi harinya, Rombongan Heboh Sahabat KAI Gathering check out dari Hoten Golden Tulip Batu yang menyenangkan. Untuk melanjutkan perjalanan plesir ke  Museum Angkut. Senang sekali melihat museum komplit tentang aneka angkutan yang kita pakai, mulai dari sejarah sampai aneka jenisnya ada disana. Dari becak sampai pesawat ada dipajang disana. Kalau mau lihat, nonton video yang di atas ya.

Biar beda, orang liat ke Kamera, Kita liat Genteng

Keseruan disini sebenarnya gara-gara teman-teman sahabat Kai juga, sepanjang museum saling photo.Saling adu pose banting membanting supaya tampil terbaik dalam foto. Ketawaan terus, heboh pokoknya

Pulangnya Sedih

Setelah kunjungan ke Museum Angkut selesai, waktu pulang pun tiba. Rasanya sedih juga karena walau sebentar,  rasanya bisa akrab dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Gak mudah loh.

Sesampainya di Stasiun Pasar Turi, Kami makan malam dengan Bebek Sinjay yang legendaris itu, lalu bersiap boarding naik Kereta Argo Anggrek yang super nyaman itu.

Pulang dioleh-olehi lho sama PT KAI, dalam bentuk bingkisan komplit segala ada.

Perjalanan pulang masih sama seperti berangkat. Ada waktu berhenti lama, langsung foto-foto. hahaha. cuman agak sedih saat ada teman yang turun di stasiun yang dilewati.


Kehebatan PT KAI  tiap membuat gathering dengan para konsumen adalah dalam waktu singkat bisa membuat orang-orang menjadi Sahabat. Tadinya asing jadi akrab.

Lewat serangkaian acara seperti Amazing Race, Sharing Session, dan Gala Dinner dan juga jalan-jalan, Kami semua dipersatukan dalam suasana menyenangkan, walau kompetitif di saat kami ditantang untuk mempersembahkan yang terbaik

Tonton juga keseruan #SahabatKaiGathering2018 #Expressivejourney 


Terima Kasih PT @kai121_ dan Sahabat Baru di #ExpressiveJourney ! Perjalanan yang menambah kaya karena dapat banyak Sahabat baru disini.. Nanti Kita kumpul-kumpul lagi ya

Jangan lupa ya.. ” Naik Kereta? KAI ajaaaa!” #AyoNaikKereta #SahabatKAI

6 comments

  1. Kondektur Ganteng bernuansa boyband K-pop bernama Mas Fatah ini memang GONG BANGET sih! Semua langsung ga tau malu minta poto-poto. Hahahhaa…

    Eh, ada mukaku segede layar lagi kalap liat makanan. Sungguh pencitraan yang gagal. Hahahahah

  2. Asik banget traveling di Malang-nya, Kang. Semingguan yg lalu, Ima juga hampir mau ke Bromo, kalo jadi jangan2 ketemu Kang Arif ya disana. Tapi temen2 mah jadi berangkat, saya aja yg ga bisa. Huhuhuuuu…
    Eh, emang sih sekarang pelayanan dan fasilitas KAI makin bagus, ya, Kang. Terakhir pake kereta abis dari Jakarta, jadi pengen pergi2 lagi, kemana gitu.

Leave a Reply