Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Siapa yang suka naik Kereta Api ? “Sayaaaa !” (Ngacung pakai dua tangan). Naik Kereta Api itu sensasinya beda. Praktis, nyaman, santai dan yang pasti bisa melihat sebagan dari Indonesia ! Yaps , lewat jendela super besar kita disuguhi pertunjukan menarik mulai dari persawahan hijau, langit biru, pegunungan, perkebunan, laut (kalau ke Semarang) , perkotaan, pedesaan, orang-orang, semua silih berganti dipertontonkan di jendela itu. Menyenangkan buat saya. Salah satu Kereta Api yang paling bagus dan paling cepet adalah Kereta Api Argo Bromo Anggrek jurusan Gambir – Pasar Turi, yang bisa di tempuh 9 jam saja! Jakarta – Surabaya lhooo !

Kereta Api Tercepat di Tanah Jawa

Kereta Api Argo Bromo Anggrek adalah Kereta jarak jauh tercepat di tanah jawa. Jarak tempuh 725 kilometer bisa dilalui lebih cepat karena kereta ini tidak banyak berhenti dibandingkan kereta yang lain. Kereta ini hanya berhenti di Jatinegara, Cirebon, Pekalongan, Semarang Tawang dan sampai Stasiun Pasar Turi Surabaya. Khusus kereta malam tidak berhenti di Pekalongan. Dan karena kelasnya Eksekutif otomatis lebih didahulukan dibanding yang lain. Ya kan emang gitu. Bandingkan dengan kereta lain, jarak tempuh ke Surabaya yang bisa berlangsung antara 10-15 jam, kalau naik Argo Bromo Anggrek bisa cuman 9 jam aja. Cepat banget kan ?

Jadwal Argo Bromo Anggrek

Dalam sehari ada dua kali perjalanan pulang pergi untuk KA Argo Bromo Anggrek. Kereta Api Pagi 1 berangkat dari Gambir jam 09:30 dan sampai di Pasar Turi jam 18:30. Sementara Kereta Api Malam berangkat dari Gambir jam 21:30 sampai di Surabaya jam 06:30

Ngegaya dulu di atas kereta sama Kondektur dan Polsuska

 Untuk keberangkatan dari Pasar Turi, Kereta Pagi berangkat jam 08:00 dan sampai ke Gambir jam 17:00. Sementara Kereta malam berangkatdari Pasar Turi jam 20:00 dan sampai ke Gambir jam 05:00

Fasilitas Argo Bromo Anggrek

Sebagai Kereta Eksekutif, Argo Bromo Anggrek memiliki kursi yang nyaman, penerangan yang cukup, toilet yang selalu bersih, ada sarana hiburan berupa televisi. Kita bisa memesan makanan dan minuman sesuai dengan menu pilihan. Buku menu disimpan di saku penumpang depan, kayak di pesawat gitu. Kita bisa pesan langsung atau bisa juga memersan makan sebelum berangkat supaya bisa sesuai selera masing-masing . Kalau bosan duduk ada kereta restorasi yang didesain sebagai mini bar.Jangan takut kehabisan baterai karena di setiap tempat duduk ada colokan listrik.

Foto di gerbong

Tempat duduknya bisa diatur level kenyamanan bagian punggungnya dan bisa diputar, kalau misalnya berangkat ramai-ramai bisa seseruan bareng kan sama temen atau keluarga. Kita juga akan dibagikan bantal dan juga selimut. Karena AC-nya dingin pemirsaah ! Nyaman banget. Kalau kedinginan tinggal selimutan dan pakai bantalnya kan.

Tarif

Tarif Kereta Api Argo Bromo anggrek berkisar antara Rp. 375.000 sampai dengan Rp. 485.000 per penumpang tergantungtempat duduk dan sub klas nya. Tapi kalau mau ke Cirebon, Semarang Tawang, harganya bisa lebih murah lagi dari Rp.285.000 sampai dengan Rp 365.000. 


Beli Tiket Kereta di PegiPegi

Kalau mau beli tiket kereta api Argo Bromo Anggrek , coba di pegipegi deh karena Rute Lengkap untuk Semua Jenis Kelas Kereta Api. Terus Kita bisa membeli tiket kereta api mulai dari 3 jam hingga 90 hari sebelum tanggal keberangkatan untuk semua jurusan dan kelas. Transaksi Mudah & Bebas Antre. Navigasi yang mudah membuat kita   bebas menentukan jadwal perjalanan dan memilih kursi yang diinginkan. Dilengkapi Berbagai Pilihan Pembayaran, didukung berbagai metode pembayaran, mulai dari ATM Transfer, Kartu Kredit, hingga Internet Banking. Sistem yang Terpercaya
Telah terverifikasi oleh SSL yang menjamin privasi dan keamanan transaksi online Anda , dan bekerjasama secara resmi dengan PT KAI dan Railink.

Pengalaman Naik Kereta Argo Bromo Anggrek

Terakhir saya naik Kereta Argo Bromo Anggrek pas perjalanan pulang dari Sahabat KAI Gathering 2018. Perjalanan menggunakan Kereta Argo Bromo Anggrek Malam dari Pasar Turi ke Stasiun Gambir. Pas saya masuk ke dalam gerbong, udaranya sudah beda sama udara Surabaya yang hangat. Masuk  ke dalam langsung berasa adem deeh.

Langsung ngotak-ngatik  posisi duduk yang enak supaya perjalanan makin nyaman Sebelum berangkat kami diberikan selimut dan bantal yang langsung saya pakai. Padahal pakai jaket lho. Hahaha.

Para fans Selimut Argo Bromo Anggrek, sampai foto-foto pun mesti berselimut

Kalau bosan bisa nonton TV, walau terus terang volume nya ga terlalu kedengaran tapi gak apa. Karena sumber hiburan utama saya ada di handphone, bisa main games, nonton video, Instagraman, tenang ga akan takut habis batere, karena ada colokan listrik. Lalu kepikiran kapan kereta sebagus ini punya free WiFi ya ? karena ada beberapa daerah sinyal ga bagus buat main games online. Kalah deh karena AFK. Pengalaman tidur di kereta juga nyaman banget. Walaupun ada Argo Bromo Luxury yang merupakan Sleeper Train. Mesti nyobain deh suatu saat nanti. Cuman harganya agak spesial hahaa.

Terus terang tidur saya nyenyak selama perjalanan. Bangun-bangun sudah pagi, dan saya bisa melihat pemandangan di luar saat pagi menyingsing. Kesibukan orang pergi ke tempat beraktivitas, pemandangan alam pagi yang menyenangkan. Dan banyak lagi. Tak terasa sudah sampai stasiun jatinegara tempat saya turun.

Perjalanan yang cepat, nyaman dan overall menyenangkan. TemenAip saya sayarankan naik kereta ini kalau mau ke Surabaya dari Jakarta. Ingat yaaa


Ke Surabaya ? Argo Bromo Anggrek Ajaa !


15 comments

  1. Baru tahu kalo Argo Bromo Anggrek ini kereta Jakarta – Surabaya yg paling cepet. Keren!
    Eh satu lagi mas, kereta sekarang pramugaranya lebih ganteng & kadang bonus wangi. Xixixi

Leave a Reply