Hello TemenAip , awal Februari lalu sempat #Aiptrip ke Bogor. Ada satu tempat keren di Ciampea. Tepatnya di Aldepos Salaca Santri. Pemandangannya keren banget. Kita bisa melihat Gunung Salak berdiri megah di kejauhan. Udara disini segar sekali, bebas polusi, belum pemandangan indah sejauh mata memandang, membuat betah.

Aldepos Salaca Santri adalah kawasan dengan luas kurang lebih 300 Ha terletak di Desa Tenjolaya, Kab Bogor, Jawa Barat. Disini kita bisa berwisata dengan konsep  agrowisata & eduwisata yang memadukan antara pertanian dan peternakan. Ada kebun aneka tanaman, Danau besar, kolam pancing, Restoran di atas kolam dengan sajian yang sedap dan aneka fasilitas outbond seperti Flying Fox, ada juga lapangan bola. Pokoknya di lahan seluas itu fasilitasnya komplit. ATV, Sepeda, Bebek Air pun ada. Banyak spot foto menarik buat pecinta fotografi.

Kalau mau menginap disini juga disewakan aneka Villa, mulai dari tema Jawa , Sunda sampai yang  kekinian. Pas disana menginap di Villa Kuwu yang temanya Jawa. Modelnya seperti rumah di Jawa gitu, tapi fasilitasnya komplit dengan tiga kamar, dapur dengan segala peralatannya, ruang tamu, TV dengan pemandangan danau dan sungai. Harga sewa Villa mulai dari Rp. 700 ribuan sampai dengan Dua jutaan tergantung luas dan daya tampung.

Satu fasilitas yang paling disuka adalah Kolam Renang Tirta Salaca. Dimana ada beberapa kolam renang, mulai dari kolam anak sampai dewasa, lengkap dengan seluncurannya. Tapi yang paling spektakuler, kita bisa memandang Gunung Salak dari kejauhan dan perkebunan dan perbukitan di sekitarnya. Pemandangan ini yang mahal, walau tiket masuknya hanya Rp. 10.000 / per orang. Buat saya ini mewah banget.

Disana juga berdiri sebuah Mesjid indah bernama Mesjid Abdul Fatah. Mesjid ini besar sekali, bisa menampung banyak jamaah. Arsitekturnya bagus banget. Yang menarik menaranya hanya satu tapi menjulang tinggi ke langit. Kalau malam ada lampu biru menghiasi menara, membuat suasana malam menjadi semakin syahdu.

Nah ternyata, mesjid ini akan menjadi salah satu sarana pendukung untuk kegiatan pendidikan. Karena sejak pertengahan tahun lalu, pengelola telah membangun Aldepos Islamic Boarding School, sebuah sekolah berasrama yang mengusung konsep pembelajaran modern, berkualitas dengan dasar Islam moderat yang akan mulai menerima siswa pada Tahun Ajaran Baru 2019. Fasilitas yang sekarang sudah siap mendukung proses belajar mengajar di Aldepos Boarding School. Bangunan sekolahnya sudah siap dipakai. Fasilitas ruang kelas, laboratorium , ruang guru masih baru, tinggal dipakai.

Untuk tahun ini akan dimulai penyelenggaraan pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA khusus untuk santri laki-laki.

Kebayang gak sih, belajar di tempat dengan fasilitas komplit dengan lingkungan alam segar dan bebas polusi. Pastinya belajar disana akan lebih fokus. Lokasinya dekat dengan Jakarta , Bandung dan sekitarnya lagi, jadi kalau orang tua mau menengok cukup dekat. Sekalian bisa berwisata dan menikmati panorama alam sekitar.

Kadang ada orang tua yang gak tega memasukkan anaknya ke asrama atau pesantren. Nah dalam kasus ini , baca deh infografis dibawah ini , supaya lebih memahami kenapa harus memilih boarding school.

ALDEPOS BOARDING SCHOOL adalah lembaga pendidikan Islam berasrama (Islamic Boarding School) di Wilayah Bogor Barat yang berdiri pada tanggal 22 Oktober 2018 bertepatan dengan tanggal 13 Safar 1440 H. Lembaga in memiliki jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). ALDEPOS BOARDING SCHOOL dirancang dan diselenggarakan oleh para profesional yang berdedikasi, berkomitmen kuat dan berkualitas dengan pengalaman yang luas dalam berbagai aspek pendidikan. ALDEPOS BOARDING SCHOOL menawarkan proses pembelajaran yang berkualitas tinggi dengan penguatan pada kompetensi pembelajaran abad 21 dalam aspek knowledge, life skills, literasi dan teknologi, yang diramu oleh para ahli secara akurat. Peserta didik ditempatkan sebagai pusat belajar dan subjek potensial (student centre) yang harus difasilitasi oleh tenaga yang berpengalaman, ahli, amanah, berkepribadian, komunikatif, kreatif, dan inovatif.

Kurikulum Aldepos

ALDEPOS BOARDING SCHOOL menerapkan kurikulum yang mengacu pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan, yang dipadukan (integrated) dengan Kurikulum Kementerian Agama/Pesantren. ALDEPOS BOARDING SCHOOL memiliki program khas membaca (tahsin) dan menghafal (tahfidz) Al-Qur’an, serta kemampuan kewirausahaan (entrepreneurship). Dalam merealisasikan programnya ALDEPOS BOARDING SCHOOL didukung oleh tenaga pengajar dan ustadz yang berpengalaman di bidangnya, profesional,  berdedikasi tinggi, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi peserta didik. ALDEPOS BOARDING SCHOOL juga memberikan pengajaran Islam yang aplikatif dengan dukungan lingkungan sekolah yang RILEKS (Ramah, Ilmiah, Luwes, Edukatif, Kondusif, Spiritual).

Selamat Datang di Aldepos Boarding School

TARGET LULUSAN

Baru dengar kan lulusan sekolah pakai target. Tapi perlu, supaya ada tujuan hasil pendidikan yang harus dicapai santri saat lulus nanti.

Setelah mengikuti pembelajaran selama jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), peserta didik SMP ALDEPOS BOARDING SCHOOL memperoleh hasil sebagai berikut:

1. Lulus Akademik (Ujian Nasional, Ujian Asrama dan Ujian Praktek) di atas standar.

2. Lulus Ujian Bahasa Arab dan Inggris (Basic)

3. Lulus Kriteria Akhlakul Karimah

4. Memiliki hafalan Alquran minimal 3 juz (difasilitasi bagi mereka yang menghafal 30 juz)

5. Mampu membaca Alquran sesuai kaidah tajwid dasar

6. Memiliki dasar-dasar kewirausahaan untuk kemandirian hidup

7. Memiliki kemampuan memimpin do’a dan dasar-dasar khitabah (pidato, ceramah/kultum)

Sementara itu untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) ALDEPOS BOARDING SCHOOL memperoleh hasil :

  1. Lulus Akademik (Ujian Nasional, Ujian Asrama, dan Ujian Praktek) di atas standar (bagi yang ingin melanjutkan pada jenjang berikutnya, difasilitasi upaya memperoleh Perguruan Tinggi yang sesuai).
  2. Lulus Ujian Bahasa Arab dan Inggris (Intermediate)
  3. Lulus Kriteria Akhlakul Karimah.
  4. Memiliki hafalan Alquran minimal 2 juz selain yang dihafalkan pada jenjang SMP (difasilitasi bagi mereka yang menghafal 30 juz)
  5. Mampu membaca Alquran sesuai kaidah tajwid mahir
  6. Memiliki dasar-dasar kewirausahaan untuk kemandirian hidup
  7. Memiliki kemampuan dasar imam,khitabah (pidato, ceramah/kultum) dan khutbah Jum’at
  8. Mampu mengikuti pendidikan jenjang perguruan tinggi (universitas)

Setelah dibaca targetnya, masuk akal dan penting kan lulusan Aldepos Boarding School nanti.

PEMBINA PENDIDIKAN

Nah ini yang penting, siapa sih orang-orang dibalik pendidikan Aldepos Boarding School ?

Peserta didik akan dilayani dengan penuh kasih (marhamah) oleh pendidik dan tenaga kependidikan profesional  dan berdedikasi tinggi yang dibina oleh tenaga-tenaga ahli berpengalaman dalam bidang pendidikan, antar lain:

  1. H. Suwarna Abdul Fatah
  2. Prof. Dr. H.M. Darwis Hude, M.Si
  3. Dr. Akhmad Shunhaji, M.Pd.I
  4. Ade Muhlis, M.Pd

Dalam pendidikan Islam, nama-nama tersebut sudah tidak asing lagi, dan sudah terukur kemampuannya. Insha Allah, amanah Dan memiliki track record yang baik.

Ruang Guru

KARAKTERISTIK PENDIDIKAN

Kelas

Sebagai lembaga pendidikan Islam moderat dan modern, ALDEPOS BOARDING SCHOOL memiliki karakteristik pembelajaran yang akan mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Karakteristik tersebut, antara lain:

  1. Jumlah peserta didik setiap kelas paling banyak 25 orang.
  2. Internalisasi nilai-nilai Islam dan Bimbingan Akhlak Karimah
  3. Bimbingan membaca (tahsin)dan menghafal (tahfidz) Al-Qur’an
  4. Praktik berbahasa Inggris/ Arab intensif
  5. Pendekatan Pembelajaran dengan IBL (Inquiry Based Learning) dan BEP (Based Evidance Practice) dan pembiasaan berpikir lebih tinggi (High Order Thinking Skill) serta Problem Solving (penyelesaian masalah)
  6. Kegiatan Ekstrakurikuler (Olahraga, Seni dan Bahasa)
  7. Bimbingan Belajar Super Intensif UN dan SBMPTN
  8. Counseling Program
  9. Pembinaan Karakter Kepemimpinan
  10. Praktik Khitobah
  11. Pengembangan jiwa kewirausahaan dan life skills
  12. Kajian Fiqih Ibadah dan Muamalah
  13. Kajian Tafsir/ Hadist
  14. Kajian Nahwu/ Shorof (dasar dan mahir)

Sudah agak kebayang kan , nantinya santri akan belajar seperti apa? Pengajarannya padat dan berkualitas, diharapkan akan menghasilkan santri-santri unggulan.

FASILITAS SEKOLAH DAN ASRAMA:

Soal fasilitas sudah komplit sekali, santri bisa belajar maksimal dengan semua fasilitas yang ada. Ditambah lagi dengan dukungan udara segar dan dekatnya dengan Alam, bisa membuat santri makin semangat belajarnya.

  1. Gedung Sekolah representatif
  2. Masjid Abdul Fatah
  3. Ruang Kelas Full AC dan Multedia
  4. Ruang Asrama Nyaman dan Full AC
  5. Laboratorium Komputer
  6. Laboratorium Sains (Biologi-Fisika-Kimia)
  7. Ruang Audio Visual
  8. Lapangan Olahraga Outdoor (Sepak Bola-Futsal-Basket-Bola Voli)
  9. Kolam renang
  10. Joging track
  11. Perpustakaan
  12. Klinik/Balai kesehatan
  13. Ruang Tunggu/Gazebo
  14. Ruang Musik
  15. CCTV dan Free WiFi (Hot Spot Area)
  16. Kantin Bersih dan Sehat
  17. Mini Market dan Kantin Asrama
  18. Auditorium
  19. Lahan untuk latihan wirausaha (green house)
  20. Outbond
  21. Tempat praktek beternak
  22. Kampus Sejuk, Asri dan Hijau
  23. Asuransi kecelakaan
  24. Guru dan Ustadz dengan latar belakang S1 dan S2 dari kampus dalam dan luar negeri
Saya di depan Gedung Aldepos Boarding School

Nah, sekarang Aldepos Boarding School sedang membuka pendaftaran siswa baru, prosedurnya

PROSEDUR PENDAFTARAN:

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran ( Off Line dan On Line )
  2. Menyerahkan Berkas Pendaftaran
  3. Tes Seleksi Masuk Tertulis dan Tilawah/Hifzhul Qur’an
  4. Wawancara Siswa dan Orang Tua
  5. Menerima Hasil Tes Seleksi Masuk

WAKTU PENDAFTARAN & TES SELEKSI MASUK

  1. Pendaftaran di buka mulai tanggal 1 Februari s.d. 30 Mei 2019
  2. Waktu pendaftaran:

 Senin – Sabtu   : 08.00 – 17.00

 Minggu             : 09.00 – 13.00

  • Tes seleksi masuk dilakukan dengan sistem”One Day Service”
  • Lokasi pelaksanaan tes seleksi hanya di Kampus Aldepos Boarding School –Bogor

Lokasinya ada di Jl. Abdul Fatah No. 24 Desa Tapos 2, Tenjolay, Bogor-Jawa Barat.16620

Telp.0251- 8480452, 085215243740, 085772342434.

  • Materi tes seleksi meliputi:
  • Tes tertulis Pengetahuan Agama, Pengetahuan Umum dan Bahasa Inggris
  • Tes Psikologi (dengan perjanjian)
  • Praktek Tilawah atau Hifzul Qur’an
  • Interview / wawancara

Bagi TemenAip yang ingin mendaftarkan anak , keponakan, saudara di Aldepos Boarding School silakan hubungi

  • CAMPUS ALDEPOS BOARDING SCHOOL

Jl. Abdul Fatah No. 24 Desa Tapos 2, Tenjolay, Bogor-Jawa Barat.16620

Telp.0251- 8480452, 085215243740, 085772342434

  • JAKARTA OFFICE:

Plaza 3 Pondok Indah Blok A3 Jl. TB. Simatupang, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.12310 KUnjungi website mereka di http://www.safboardingschool.sch.id

Semoga informasinya bermanfaat buat TemenAip, silakan berbagi kepada yang sedang mencari sekolah untuk anak-anaknya.

Dengan fasilitas yang komplit, staff pengajarannya yang mumpuni, kurikulum yang bagus, ditunjang dengan udara yang segar dan alam yang indah, Aldepos Boarding School bisa menjadi tempat mencari ilmu yang ideal.

Suasana Aldepos Boarding School , February 2019

2 comments

Leave a Reply