Hello TemenAip! Apa kabar ? Saat kabar Ariefpokto.com kepilih buat berpartisipasi acara Juguran Blogger 2019 tiba, hati langsung melonjak gembira karena senang bisa jalan-jalan #Aiptrip ke Kota yang selama ini bikin penasaran plus kulinerannya gimana ya ?

Kita buka seri tulisan Purwokerto dengan Kulineran Hits di Purwokerto ! Menyenangkan ya .

Sewaktu disambut oleh Kang Pradna & Kak Olip dari Blogger Banyumas, Ada satu pernyataan dari Kak Olip yang bilang kalau :

Pulang dari Purwokerto, berat badan harus Naik !”

Oalah gimana ini ? Antara senang dan bingung. Karena body udah bohay banget kan ya… Tapi happy bakal nyobain banyak kuliner Purwokerto juga..

Sebagai Kota dengan perekonomian yang baik, Purwokerto punya banyak sajian kuliner yang menarik. Mulai dari makanan Khas daerah sampai dengan makanan internasional.

Pas kelilingan Kota Purwokerto banyak banget resto, Cafe dan tempat makan yang menyajikan aneka menu. Mulai dari menu tradisional, internasional sampai Kekinian.

Orang Purwokerto seneng makan ya? Kayak Saya…..

Yuk dimulai kisahnya dengan favorit kuuu..

Mendoan

Purwokerto itu identik dengan Kota Mendoan. Banyak banget yang jualan sajian tempe berbalut Tepung dengan bumbu-bumbu, daun bawang yang lalu digoreng setengah matang. Lalu disajikan dengan cabai rawit Dan Sambal kecap.

Tempe disini tuh enak ya. Dan jarang dapet Mendoan yang gagal. Masaknya pas setengah matang dimana balutan tepungnya masih kenyel dan lembut sementara tempenya matang. Kalau gorengnya kelamaan, jadi Tempe Krispy dong ah.

Makan Mendoan ga cukup satu. Bisa Dua, tiga, empat dan Lima. Makannya mesti panas-panas biar nikmat.

Pas pulang beli Mendoan mentah buat digoreng di rumah. Awet 2 Hari lho guys. Belinya di toko oleh-oleh sih. Harganya 40ribu/ packet. Udah komplit dengan Tempe Mendoan mentah , bumbu, Cabe rawit dan tepungnya dan juga Sambal kecapnya.

Praktis banget, tinggal Goreng, hap langsung bisa menikmati Mendoan seperti Purwokerto.

Getuk Goreng


Nah ini penganan yang rodo yunik ( shara kali ah). Kebayang gak sih Gethuk yang terbuat dari singling biasanya kan hasil kukus mengukus. Ini mah digoreng dan dibumbui dengan gula merah lagi. Kan jadi enak…

Kalau mau beli bisa di toko oleh-oleh di sekitar Sawangan Purwokerto. Harganya 36 ribu/kg. Bisa dibeli setengah kiloan. Rasanyapun bisa macam-macam ada durian, original, nangka. Mantaplah.

Soto Raja Lama Sokaraja


Di Purwokerto wajib datang ke tempat Soto ini. Awalnya ada di daerah Sokaraja. Tapi sekarang sudah banyak di Kota Purwokerto. Yang Paling populer adalah Raja Soto Lama, Pak Suradi, dari zaman Bapaknya jualan tahun 70-an. Beliau awalnya jualan dibawah pohon Sawo Kecik sampai sekarang memiliki beberapa cabang. Dan cabang JL Jend. Sutoyo, No. 2, Sawangan, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Bar., Kabupaten Banyumas, adalah yang paling Baru . Kelezatan Sotonya membuat Pepo menjadi langganan. Aku juga sih guys. Abis enak.

Kita bisa milih isian Sotonya. Daging Ayam, Daging Sapi atau Campur ! Potongan Ketupat, soun, Daging disusun cantik lalu ditaburi bawang Goreng & kerupuk warna warni. Lalu dibanjur kuah Soto dan disajikan dengan Sambal kacang khas Sokaraja.

Karena pesan yang campur, Dagingnya empuk, usus & babatnya bersih. Pas diseruput terasa deh. Kuahnya memang Mewah. Dan tambahan Sambal kacangnya menimbulkan suatu sensasi tersendiri. Gurihnya kuah Soto bercampur dengan Sambal kacang ternyata ga bikin enek. Malah enak hahaha..

Kopi Langgongsari


Pas diajak kesini sempet bingung. Mau ngopi cantik kok dibawa ke kebon. Ye kaan ?? Kopi Langgongsari berada di tengah kebun Pepaya. Siapa sangka didalamnya Ada sebuah surga buat para pecinta kopi. Nuansanya ndeso banget. Seneng deh. Orang bisa duduk di luar atau didalam rumah Bambu.

Mas Heri pengelolanya bilang bahwa scene Kopi di Purwokerto berkembang pesat. Dan beliau memilih tempat ini sebagai lokasi kedua karena di tengah kebun ini nuansanya nyaman, orang bisa nongkrong lama dan menikmati kopi dengan serius.


Disini disediakan aneka kopi dengan aneka penyajian. Canggihlah , gak kalah sama cafe-cafe terkenal. Mulai dari yang sederhana sampai Turkish Coffee juga Ada. Tinggal pesen.

Suasananya santai banget. Menyenangkan juga ngopi di antara pohon pepaya. Hahhaa. Kopinya mantep, nyobain Turkish kopinya. Boleh juga.

Disajikan juga Mendoan, Gethuk Goreng Dan mereka sengaja bikinin Pecel yang enak banget pakai kecipir dan Ketupat. Ada juga Cimplung. Rebusan Singkong yang diinfused dengan gula merah. Duh enak. Jadi kepengen lagi.

Ariefpokto.com sempat dipersilahkan  menanam pohon kopi juga di kebun. Saat ini disekitarnya sudah ada pohon Arabika, tapi belum maksimal deh. Makanya ingin meningkatkan kualitas dan juga mengedukasi orang di sekitar supaya lebih paham soal bisnis dan Budaya Kopi.

Wedang Ronde Pak Sulis

Wedang Ronde ? Bukannya udah biasa ya? Di tempat lain ada ?

Wedang Ronde ini cocok banget dikonsumsi menemani dinginnya malam di Purwokerto. Tanggal 28 Juni 2019 sih dingin ya. Hembusan angin menembus tulang.

Apalagi saat kecewa ketika mau beli Bakso Pekih yang terkenal, eh habis.

Untung di dekatnya ada Wedang Ronde Pak Sulis di jalan Masjid deket Alun-Alun.

Kuah Jahe yang menghangatkan badan dengan topping kacang tanah sangrai, moci, kolang kaling, roti tawar.

Rasanya bikin nyaman tenggorokan dan perut. Lupa deh sama dingin dan kecewa. Eh..

Harganya murah pula. Berapa- berapanya gak tau , soalnya dibayarin temen Saya Juan.

Resto Ikan Dewa

Duh apalagi nih. Jadi Rumah Makan ini menyediakan juga mengembang biakan Ikan Dewa alias Kancra yang langka. Karena itu harganya MAHAL. Rp. 100.000/ons. Jadi kalau ikannya 1 kg harganya ya Sejuta.

Tapi menu yang dijual bukan itu saja. Ada menu ikan lain seperti Gurame, Nila, Belut, Bandeng, Lele dan lain-lain.

Gurame Asam manisnya juara deh pemirsah ! Yang bikin jatuh hati juga adalah Tumis pakis kecombrang dan oseng genjernya. Bumbunya meresap dan terasa. Tercipta harmoni di dalam mulut. Bikin happy.

Sebenarnya pengen nyicip ikan dewanya. Tapi Kan harganya mahal ya. Yaudah makan Gurame aja udah sedap banget.

Kelebihan rumah makan ini selain makanannya enak, lokasinya adem dan punya spot foto alami keren. Suasana pedesaan yang asri, Ada banyak taman dan kolam.

Rasa Internasional Ala Purwokerto

Karena diajak Ka Olip yang juaranya kulineran Purwokerto, makanyaa diajakin ke tempat hits kulineran yang sedang berkembang disana. Karena banyaknya permintaan masyarakat, peluang menjual makanan dengan cita rasa internasional. Mulai dari makanan Western, Jepang sampai Korea.

Bisa dimengerti karena orang Purwokerto suka makanan enak, otomatis permintaan untuk variasi makanan juga meningkat.

Alfredo Casual Kitchen Kitchen

Kalau mau yang terbaik soal masakan Western di Purwokerto, mesti cobain Alfredo Urban Kitchen.

Makanan Western dengan citarasa otentik dan kualitas terbaik ya disini tempatnya.

Rasanya ga kalah sama Cafe-Cafe di Jakarta. Desain interiornya juga kekinian dan nyaman untuk hang out.

Pilihan menunya banyak banget , mulai dari aneka steak , burger, pasta, sampai dengan healthy food.

Ibu Lisa pemiliknya biasa hidup sehat, dan membuat menu makanan Sehat. Karena permintaan akhirnya dimasukan juga dalam menu Alfredo.

Sirloin Steaknya empuk sekali. Disajikan dengan kentang & tomat cherry dan caramelized onions. Saus Blackpepper nya kerasa, gak main-main.

Double Decker Burgernya BESAR. Beef patty Buatan sendiri disajikan dengan keju, sayuran dan juga burger buns dan onion rings. Makannya mesti dipotong dulu , ga bisa sekali Hap ! Burger patty nya juicy sekali. Sedap.

Pasta Arabiatanya terpuji. Bumbunya berani, kejunya berlimpah dan pastanya al dente. Mantap deh. Makannya penuh dengan Rasa. Ada gurih, sedikit manis, ga bosen makan ini.

Chicken Parmesannya besar, dipanir dengan baik , bertabur keju parmesan, dan rasanya sedap sekali.

Saya pesan Rosemary Chicken with salad yang termasuk Healthy food. Dada ayamnya bersih dari lemak tapi rasanya enak dan cocok buat yang menjalani gaya hidup sehat. Saus Blackpepper nya terasa sekali. Makan Sehat bukan berarti makan ga enak toh. Di Alfredo Casual Kitchen bisa dua-duanya.

Ada juga Healthy Bowl dengan aneka pilihan buah. Dibuat dari frozen fruit untuk mendapatkan kekentalan, ditambah granola, chia seed dan aneka buah. Enak deh. Terasa banget kesegaran bahan-bahannya. Campuran buah naga dengan aneka bahan tadi mulus banget di lidah.

Nongkrong di Alfredo Casual Kitchen bisa jadi solusi buat pecinta makanan Western. Ga perlu ke Jakarta atau Semarang lagi kaan.

Beruntung lho warga Purwokerto punya Alfredo Casual Kitchen ini. Karena menyajikan menu western dengan cita rasa asli dan bahan-bahan berkualitas tinggi.



Gyudaq BBQ

Buat pecinta AYCE alias All You can Eat , silakan datang ke Gyudaq BBQ. Mereka menyediakan menu All You can Eat Jepang dimulai dengan harga Rp.101.000 , mau bakaran atau rebusan komplit. Kita tinggal ambil makanan apa yang mau dimakan lalu masak sendiri di meja. Meriah. Daging Sapi, ayam, cumi, aneka bakso, sayuran, sayap bisa Kita pilih untuk dimasak..

Buat Sayap Ayamnya unik. Biasanya di AYCE gini ga Ada. Tapi di Gyudaq tersedia. Ada yang blackpepper ada juga bumbu lain. Enak juga lho makan sayap panggang.

Pilihan sausnya banyak, selain itu kita juga bisa makan brokoli Goreng, takoyaki dan aneka sate yang bisa minta tolong dibakarkan oleh server mereka.

Tonton keseruan pas makan Gyudaq rame-rame bareng rekan-rekan blogger Juguran karya Kak Didik disini. Ada akunya. Hahaha.

Buldaq Korean BBQ

Pecinta Korea pasti senang kesini. Karena bisa menikmati sajian makanan Khas Korea seperti yang ada di film-film Korea.

Interior ya Korea banget, bisa buat foto-foto sebelum makan. Biar berasa di Korea. Tapi Purwokerto nya masih terasa kok, karena Ada pemandangan Gunung Slamet sebagai background.

Berlokasi di Rita Mall Purwokerto, disini Kita bisa menikmati aneka menu yang disajikan. Mulai dari main menu sampai dessert. Korean BBQ, Cheeju Wings atau Ribs, Ramyeon, Bingsoo dll. Komplit lah.

Bahan-bahan pilihan

Pas disana sih nyobain paket Korean BBQ dengan menggunakan Daging sapi Australia pilihan. Lidah Sapi, bagian perut sapi & daging dicelupkan ke dalam dua saus pilihan , manis dan spicy. Dipanggang hingga matang lalu dibalut dengan salada dan bisa dimakan.

Dibungkus daun salada pun enak banget

Rasanya sedap dan dagingnya bisa menyimpan rasa sausnya walau tidak dimarinasi. Ini karena tingkat ketebalan Daging yang dirancang khusus. Kita juga bisa makan banchan yang disajikan bersama Korean BBQ ini.

Sekian dulu kisah wisata Kuliner di Purwokerto, cerita soal pengalaman ikutan Juguran Blogger 2019 bakal berlanjut di postingan berikutnya. Gimana TemenAip, jadi pengen kulineran di Purwokerto gak siih?

Terima Kasih untuk Blogger Banyumas, Mas Pradna & Kak Olip, Baturraden Adventure Forest, Grand Karlita Hotel ,Gyudaq bbq, Payung kertas desa kalibagor, Resto Ikan Dewa, Kopi Langgong Sari (lo.lana coffee) Nasmoco purwokerto (yang support transport), Rammona bakery, Biznet, produk banyumas, Pia Agung Bali, Kaos Ngapak, Qwords untuk terselenggaranya Juguran Blogger 2019 Kali ini.

9 comments

  1. Wow, banyak banget Kang Aip. Menyesal mengapa kudatang terlambat :((

    Ternyata mendoan itu enak, walopun gorengannya setengah mateng. Dimakan panas-panas sama cabe nikmaat. Pantes, tiap sepiring keluar, belum 5 menit amblas 😀

Leave a Reply