Hello TemenAip! Apa Kabar ? Saya baru pulang #Aiptrip Jawa Timuran. Cuman sekarang mau nulis soal Jawa Tengah. Lho kok ? Ya gitu. Lagi super excited pisan ! Hahhaa..

Jadi, tadi baru aja mampir ke Sendang Senjoyo di Salatiga. Jadi dalam perjalanan pulang memutuskan mampir dulu karena penasaran sama tempat ini.

Katanya kolamnya sebening kristal ??

Tiket Masuk Sendang Senjoyo


Sesampainya ke area Sendang Senjoyo, sempat bingung ini tiket box nya dimana ya ? Gak ada dong. Ternyata masuk kesini Gratis pemirsa. Walaupun Gratis jangan lupa berbagi rejeki ya, jajan, bayar parkir kendaraan, sewa ban kek. Murah-murah juga sih. Parkir motor Rp.2000 dan parkir Mobil Rp.5000.

Pembagian Area Sendang Senjoyo

Area Danau


Kalau diperhatikan, di sini ada beberapa pembagian area. Ada Danau kecil untuk main perahu, Sepeda air, dll. Kita bisa sewa langsung disana..

pas Saya mau tanya, yang jaga nggak Ada.

Tapi pas nanya sama yang lain katanya Naik Sepeda air aneka bentuk seperti Bebek dll, bayar Rp 10.000/15 menit.

Di area ini juga Kita bisa foto-foto kalau mau keliatan landscape yang luas. Airnya bersih, tidak banyak sampah.

Cocok sekali buat wisata kendaraan air seperti perahu, Sepeda air dsb.

Taman Air


Nah kalau area ini cukup unik sebenarnya, karena disini tidak selebihnya terendam air. Sebagian saja.

Di tengahnya ada beberapa furniture tempat duduk santai. Bagus buat foto. Air mengalir tipis-tipis , karena memang asalnya dari air Danau dan kolam Ikan. Semacam jalur buangan air gitu. Konsepnya lucu juga sih. Bisa main air tanpa takut basah parah.

Ada juga tempat bermain buat anak. Perosotan, ayunan, dan aneka jenis permainan lainnya. Anak-anak sih pasti senang main disini.

Kolam Ikan


Nah kalau area ini airnya dangkal. Airnya cukup bening. Dipenuhi aneka macam ikan. Mulai dari Ikan Nila, mujair, Nilem dan banyak lagi. Disini ada tulisan dilarang memancing. Kalau mau kasih makan ikan boleh. Ada yang jual pakannya. Seneng deh melihat ikan berenang kesana kemari.

Ukurannya besar-besar lagi. Aneka warna , dari kuning, orange, merah, hitam dan banyak lagi.

Mana banyak lagi. Jadi kebayang kan mau digoreng garing ,dibakar, dipesmol. Eh. Ga boleeh. . Mirip di Umbul Ponggok gitu. Cuman airnya lebih dangkal.

Area Sendang Senjoyo

selfie terbaik


Nah ini area yang Saya Paling suka, karena airnya bening sekali. Karena datangnya pas jam 8 pagi, jadinya belum begitu Ramai. Duh auto nyebur langsung.

Pas nyebur , berasa banget kesejukan alami Sendang Senjoyo ini. Walaupun lupa bawa underwater camera, tapi kejernihannya bisa dinikmati dari atas. Segar banget Mandi disini. Berasa auto awet muda deh. Hahahaa.

Memang Sendang ini bisa dibilang sebagai salah satu sendang keramat. Dulunya pernah menjadi tempat pertapaan seorang pendekar Sakti, bernama Pangeran Senjoyo. Lalu sempat menjadi petilasan Joko Tingkir, yang akhirnya menjadi Raja Kerajaan Pajang. Beliau bergelar Sultan Hadiwijaya.

Sampai sekarang banyak yang datang kesana untuk ritual. Tapi datangnya malam sih. Walaupun begitu menurut Saya , lokasinya gak serem. Tapi sebaiknya Kita tetap menjaga kesopanan disana.

Di lokasi Sendang Senjoyo sendiri ada Dua buah makam keramat yaitu Makam Nyai welas asih & Ki Ageng Selamet. Tapi saya gak sempat mengunjunginya, lebih fokus berenang.

Banyak yang bilang berenang di Sendang Senjoyo bisa membuat hati tenang dan pikiran jadi bersih. Bener juga sih. Siapa yang tidak senang berenang di kolam sejernih dan sesegar itu.

Puas berenang di Sendang yang ukurannya seluas lapangan futsal. Bolak balik. Bikin happy.

Sempat Ada kejadian bikin KZL sih. Seorang pemuda mendadak shampoan di pinggir Sendang, Setelah shampoo nya berbusa lalu dia terjun ke Sendang. Helloooo Maaas. Kami ndak butuh busamu…

Ohiya. Disini banyak warung jualan makanan . Abis berenang Kan pasti lapar. Ada banyak pilihan disana , harganya relatif murah. Gorengan Seribuan. Teh manis panas 3000an. Enaknya makan mie instan ya.

Menyenangkan berkunjung kemari. Kayaknya bakal balik lagi. Gimana TemenAip mau berendam disana juga?

Alamat Sendang Senjoyo

Jl. Senjoyo IV, Kadipurwo, Bener, Kec. Tengaran, Semarang, Jawa Tengah 50743, Indonesia

Buka 24 jam

29 comments

  1. Liat jernih airnya, hasrat untuk nyebur kok kuat sekali? hahaha
    Dari atas bacanya trus liat fotonya, berasa aura aneh sik ini. Pas baca di bagian bawah, eh bener kan. amsiong kok mendadak kepikiran KKN di Desa Pedansa aku tuch. wkwkw bye

  2. Ada saung di tengah sendang gitu, turun pakai tangga di samping itu kah? Bisa dong botraman, makan bekel.
    Eaaa…ada pemuda sampoan di sendang. Duuuh…ngeselin banget.
    Btw…sendangnya dalem ga? Aku suka takut kalau dasarnya berlumut, geli sih…

  3. rahasianya berarti untuk dapat air sebening ini harus pagi2 ya sebelum banyak orang datang,
    jangan kedulua sama yg shampoan
    pastilah siapa yang mampu menolak bening dan segarnya air berkilau seperti ini….
    selfinya emang keren banget

  4. Ya ampun bener bening bangeeettt! Mengingat Salatiga sendiri adalah kota sejuk di pegunungan, terbayang betapa segarnya mandi di sendang ini. Dari kota Salatiga-nya jauh nggak sih?

    Ya elah itu bocah yang shampoo-an sembarangan minta dijambak rambutnya terus diiket di dasar sendang (psikopat). Dikira sendang umum kali. Terus ada yang negor nggak?

  5. Wah, sendangnya bening ya airnya, jadi pengen ajak bocah ke sini, enak kalau hari biasa kali ya Kang AIP biar nggak crowded, ternyata petilasan keramat Joko Tingkir ya dulu kala..

  6. Ngeliat foto kolamnya aja jadi pengin berenang. Gimana kalau langsung ke sana, ya? Tapi yang paling menarik ya Taman Airnya. Penasaran, bisa kebanjiran nggak ya tempat ini?

  7. Seru amat berenang di kolam yang kelihatan bening gini. Dasar kolamnya nampak bebatuan jadi asli mandi air kristal ya hehehe. Nakal amat itu orang shampoan kok busanya mampir ke kolam, jewer aja mas. Padahal pas liburan lebaran lalu aku ke Semarang. Ga tau aku ada Sendang Senjoyo ini.

    1. Wah, sendangnya bening ya airnya, jadi pengen ajak bocah ke sini, enak kalau hari biasa kali ya Kang AIP biar nggak crowded, ternyata petilasan keramat Joko Tingkir ya dulu kala..wah masuknya Kab. Semarang ya..daerahku..

  8. Sentil aja mas, orang nakal itu buang shampoannya ke kolam. Ga paham dia taunya ngerusak doang hhmm… AKu ga tau ada Sendang Senjoyo di Semarang, padahal liburan lebaran lalu mampir ke Lawang Sewu, deket ga yah hehehe. Ga tahan kepengen nyebur aja lihat dasar kolam yg bebatuan cantik gitu.

    1. Wah, sendangnya bening ya airnya, jadi pengen ajak bocah ke sini, enak kalau hari biasa kali ya Kang AIP biar nggak crowded, ternyata petilasan keramat Joko Tingkir ya dulu kala..wah masuknya Kab. Semarang ya..daerahku..

  9. Ya Allah, Kang itu airnya sumpah bening banget ya. Sempet teralihkan sama selfie yang hqq wkwkwk.
    Itu cowok yang sampoan ga dimarahin aja? Orang jaga airnya biar bening dia malah ngotorin. Nyebelin beuts.
    Semoga nanti aku bisa ke sana ☺

  10. Aku tu uda serius bacanya tau mas, lalu mendadak ngikik pas liat selfie terbaik. Hahaha.. kayanya memang bener2 pas dapat cahaya illahi itu selfie ya. Foto terkeren menurutku yg di akhir cerita. Kaya adem banget surga dunia ya ngeliatnya

  11. Aku kalau denger nama sendang rada2 spooky karena mengingatkan sama KKN Desa Penari, haha. Tapi yang ini mah kayaknya nggak menyeramkan ya? Btw airnya bisa bening banget gitu, jadi pengen nyebur deh.

  12. Hahhahaaa..mbayangin yang shampoan terjun ke air, berasa dalam bathtub berbusa yaa.
    Btw masa iyaa masih haratis ya kang, makanannya pun masih murmer pisan.
    Ohh jadi selpie sama hp tuh di sinii, hmm emang beneran beniiing pisan aernyaa.

  13. Baru ngelihat fotonya aja udah langsung kepengin nyebuurrrr byur byurrr 😀 btw foto selfie terbaik beneran terbaik! Baguuuss…

Tinggalkan Balasan ke Irene Komala Batalkan balasan