Hello TemenAip ! Apa kabar ? Siapa yang Suka sate ? Sayaaa ! Ngacung sendiri hohohho. Indonesia memang surganya Sate.

Ada aneka macam sate di negeri ini. Mulai dari sate sapi, ayam, kambing, Tempe, Kikil, telur, bandeng , jeroan dan banyak lagi.

Belum Bumbunya, mulai bumbu Kacang, bumbu kecap, bumbu Sate Padang, sampai bumbu Kelapa ada.

Ada satu sate yang Saya suka sekali. Sate Ponorogo. Dulu awal berkenalan pas tinggal di Surabaya, dapat kiriman satu besek besar Sate Ponorogo dari kawan Ayah Saya.

Sate dengan Daging ayam penuh, potongan fillet nya, ditusuk dengan memanjang sempurna. Dipanggang merata. Lalu bumbu kacangnya juga terpujilah. Ditambah kecap manis dan acar juga cabai rawit. Mantap lah !

Nah, pas Aiptrip Ke Ponorogo, Ada sebuah daerah bernama Ngepos di jalan Gajahmada, isinya tukang Sate Ponorogo melulu. Bikin senanglah ketemu kuliner favorit.

Sate Ponorogo Pak Gareng.

Kenapa memilih Pak Gareng? Karena sejak pertama datang ke Ngepos ini nyobain Sate Ponorogo Pak Gareng ini. Dan rasanya pas banget.

Jadi tiap kesini ya pesen punya Pak Gareng ini Disini Kita bisa memilih Sate Daging saja. Tapi kalau mau variasi bisa juga pakai kulit atau potongan ayam lain.

Tapi utamanya sate yang terbuat dari daging ayam Kampung polos tanpa tambahan lainn

Lucunya lagi Sate Ponorogo Pak Gareng berlokasi sama dengan tiga tukang Sate lainnya seperti Sate Yatno, dkk. Bersama-sama mereka menyewa ruko dan memiliki langganan masing-masing. Jualannya santai karena walau jualan sate Ponorogo tapi punya pangsa Pasar sendiri.

Kalau Saya sukanya Sate Pak Gareng ini. Sekarang dipegang oleh generasi ketiga. Sudah lama mereka berjjalan Sate Ponorogo.

Sate Daging Ayamnya empuk, dibakar secara presisi, setelah dilakukan perendaman supaya bumbu meresap ke dalam daging.

Tekstur dagingnya mantap dan terasa Bumbunya, tidak ada rasa amis, lalu dibalur Sambal Kacang istimewa lalu diberi kecap manis.

Sambal kacangnya creamy sekali, gilingannya halus. Rasa kacangnya pas terasa dalam setiap gigitannya. Lalu Ada semburat manis kecap dan sedikit Asam Jeruk nipis.
Dimakan dengan Lontong yang teksturnya pas , tidak lembek tidak keras.

Harga per porsinya Rp 20.000, sepadan dengan rasa yang didapatkan.


Pokoknya #TemenAip mesti nyobain kalau ke Ponorogo ya

6 comments

  1. Namanya sate buat saya enak semua hehehe
    Pernah ke Ponorogo, tapi nginapnya di sekitar Telaga Ngebel. Jadi gak kepikiran beli sate ke situ
    Kapan kapan coba semoga ada kesempatan

Leave a Reply