Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Selama mengikuti Ariefpokto.com , mungkin pernah baca artikel tentang daerah bernama Pohuwato , jalan-jalan ke Brebes, Pasir Kirisik Guranteng , Wisata Air Cireong dll. Bagi banyak orang mungkin bingung untuk apa menulis soal daerah yang kurang dikenal ? Kenapa tidak menulis soal wisata yang sudh terkenal sekalian ? Nah buat saya sebagai travel blogger, sudah tugas saya mempopulerkan aneka tempat pariwisata yang ada di Indonesia tanpa pandang bulu. Dan senangnya, ternyata ada sebuah event yang mengapresiasi tempat pariwisata di Indonesia. Namanya Anugerah Pesona Indonesia.

Alhamdulillah, Ariefpokto.com mendapat undangan dari ayojalanjalan untuk menghadiri malam puncaknya. Senang banget rasanya, karena bisa menyaksikan berjayanya aneka tempat wisata , kuliner daerah yang menjadi terpopuler di Indonesia tahun 2019.

Anugerah Pesona Indonesia

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia. Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing. API Award sendiri sudah masuk pada tahun penyelenggaraannya yang ke 4.

Pelaksanaan kegiatan API berlangsung, cukup lama, yaitu tujuh bulan, dari bulan Mei 2019 sampai bulan November 2019. Dimulai dari pendaftaran, seleksi nominasi, pembukaan vote, promosi dan kampanye pariwisata Indonesia, roadshow dan sosialisasi, akhirnya ditutup dengan pemberian penghargaan pariwisata terpopuler Indonesia (API) 2019.

Pelaksanaan vote oleh masyarakat berlangsung 1 Juni 2019 hingga 31 Oktober 2019. Terdapat kenaikan jumlah perolehan suara yang sangat siginifikan. Pada penyelenggaraan tahun 2019 ini panitia mencatat total perolehan suara sebesar 896.339 suara. Perolehan suara tersebut didapat melalui 4 buah saluran voting yang digunakan yaitu SMS Premium (semua operator), Aplikasi API Award, Aplikasi PrajaTV dan Youtube Video Channel.

Ada 18 kategori penghargaan API 2019 ini, yaitu Objek Wisata Belanja Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Tujuan Wisata Terpopuler, Situs Sejarah Terpopuler, Objek Wisata Unik Terpopuler, Surga Tersembunyi Terpopuler, Dataran Tinggi Terpopuler, Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler.

Selain itu Wisata Air Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Cinderamata Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler, Wisata Halal Terpopuler, Festival Pariwisata Terpopuler, Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, dan Wisata Kreatif Terpopuler. Jambi menjadi juara umum API Awards tahun ini.

Malam Anugerah Pesona Indonesia 2019

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), bekerja sama dengan PT. Ayo Jalan Jalan, menggelar Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tanggal 22 November 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat No.17-19, Jakarta Pusat.

Ariefpokto.com bersama beberapa travel blogger lain yang diundang untuk menyaksikan Malam Anugerah Pesona Indonesia 2019 hadir dengan dress code Batik. Malam itu senang sekali berjumpa dengan banyak teman yang biasa mewartakan tempat wisata di Indonesia. Mulai dari Kang Taufan disgiovery, negerikitasendiri , Eka Situmorang, Lenny Lim, Kopertraveler, tukangngider, Juan Andrian, Astari, Rhoman , Nita Sellya, Sigit Wardaya, Khairulleon, dan banyak lagi.

Para Travel Blogger

Seru sekali berada di satu seksi bersama mereka, karena paling heboh bertepuk tangan menyemangati siapapun yang keluar sebagai pemenang. Walaupun berasal dari berbagai daerah, tapi kami sebagai orang-orang yang selalu mewartakan pariwisata di berbagai daerah di Indonesia, selalu mendukung daerah manapun yang disebut di panggung.

Malam itu, selain diberikan penghargaan, ditampilkan juga aneka kesenian daerah dari Sidoarjo, Langsa hingga Subang. Mulai dari Tari Banjar Kemuning sampai Tari Tumbila Keumalahayati.

Selain itu dilakukan juga penandatanganan MOU antara pemerintah daerah yang hadir malam itu dnegan berbagai pihak yang akan bekerjasama di bidang pariwisata yang tentunya kan menguntungkan industri pariwisata daerah tersebut.

Nasi Pelleng

Nasi pelleng foto oleh Nita Sellya

Sebelum menonton acara Malam Anugerah API Award 2019, Kami sempat mencicipi satu hidangan spesial dari Kabupaten Pakpak Barat yaitu Nasi Peleng. Sebuah hidangan Nasi berkuah istimewa yang kaya akan rempah mulai dari kunyit, jahe, andaliman, dll. Kuahnya kuning dengan daging ayam kampung. Rasanya gurih berempah, dengan tendangan rasa rempah yang menonjol sekali. Ditabur Ayam Trektek, cacahan ayam yang tekstur dan rasa yang berbeda dari yang lain. Dan ternyata hidangan ini masuk nominasi juga lho ! Bahkan akhirnya jadi juara !

Daftar Pemenang API Award 2019

Piala API Award , foto dari API Award

Kalau penasaran dengan para pemenang, silakan dibaca Daftar pemenang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019:

  1. Makanan Tradisional Terpopuler
    (Most Popular Traditional Dishes)
    Juara I : Pelleng – Kabupaten Pakpak Bharat
    Juara II : Kue Talam Durian – Kota Pekanbaru
    Juara III : Gulai Itam – Kabupaten Tebo
  2. Minuman Tradisional Terpopuler
    (Most Popular Traditional Drink)
    Juara I : Sirup Pedada – Kabupaten Tanjung Jabung Timur
    Juara II : Kawa Daun – Kabupaten Tanah Datar
    Juara III : Sirup Aren – Kabupaten Lebak
  3. Promosi Pariwisata Digital Terpopuler
    (Most Popular Digital Tourism Promotion)
    Juara I : palembang-tourism.com – Kota Palembang
    Juara II : IG@jambi_tourism – Provinsi Jambi
    Juara III : Aplikasi Malang Menyapa – Kota Malang
  4. Wisata Halal Terpopuler
    (Most Popular Halal Tourism)
    Juara I : Masjid Al Islam Muh. Cheng Ho – Kota Palembang
    Juara II : Masjid Terapung Usman Al Khoir – Kabupaten Kayong Utara
    Juara III : Pulau Penyengat – Kota Tanjungpinang
  5. Destinasi Belanja Terpopuler
    (Most Popular Shopping Destination)
    Juara I : Pasar Induk Kebun Sayur – Kota Balikpapan
    Juara II : Pasar Hamadi – Kota Jayapura
    Juara III : Kampung Boneka Cikampek – Kabupaten Karawang
  6. Cenderamata Terpopuler
    (Most Popular Suvenir)
    Juara I : Industri Kuningan Juwana – Kabupaten Pati
    Juara II : Songket Unggan – Kabupaten Sijunjung
    Juara III : Sebelik Sumpah – Kabupaten Sarolangun
  7. Wisata Olahraga & Petualangan Terpopuler
    (Most Popular Sport & Adventure Tourism)
    Juara I : Panjat Tebing Gunung Mendelem – Kabupaten Pemalang
    Juara II : Lari Tual Sagu – Kabupaten Kepulauan Meranti
    Juara III : Parangtritis Sandboarding – Kabupaten Bantul
  8. Wisata Air Terpopuler
    (Most Popular Water Tourism)
    Juara I : Cikadongdong River Tubing – Kabupaten Majalengka
    Juara II : Cave Tubing Kalisuci – Kabupaten Gunung Kidul
    Juara III : Sekonyer River Houseboat – Kabupaten Kotawaringin Barat
  9. Ekowisata Terpopuler (Most Popular Ecotourism)
    Juara I : Mangroove Forest Park – Kota Langsa
    Juara II : Pulau Lusi – Kabupaten Sidoarjo
    Juara III : Kampung Flory – Kabupaten Sleman
  10. Dataran Tinggi Terpopuler (Most Popular Highland)
    Juara I : Suligi Hill – Kabupaten Rokan Hulu
    Juara II : Kawasan Wisata Baturraden – Kabupaten Banyumas
    Juara III : Gunung Kerbau – Kabupaten Maluku Barat Daya
  11. Atraksi Budaya Terpopuler
    (Most Popular Cultural Attraction)
    Juara I : Tari Rentak Kudo – Kota Sungai Penuh
    Juara II : Dayung Belang – Kabupaten Maluku Tenggara
    Juara III : Sampan Lemper – Kabupaten Indragiri Hilir
  12. Situs Sejarah Terpopuler
    (Most Popular Historical Site)
    Juara I : Istana Raja Sisingamangaraja – Kabupaten Humbang Hasundutan
    Juara II : Candi Plaosan – Kabupaten Klaten
    Juara III : Rumah Bung Karno – Kabupaten Bangka Barat
  13. Kampung Adat Terpopuler
    (Most Popular Traditional Village)
    Juara I : Jagoi Babang – Kabupaten Bengkayang
    Juara II : Padang Ranah-Tanah Bato – Kabupaten Sijunjung
    Juara III : Kampung Mancong – Kabupaten Kutai Barat
  14. Festival Pariwisata Terpopuler (Most Popular Tourism Festival)
    Juara I : Festival Karang Lintang – Kabupaten Bangka
    Juara II : Festival Tapa Malenggang – Kabupaten Batanghari
    Juara III : Malang Flower Carnival – Kota Malang
  15. Destinasi Wisata Terpopuler (Most Popular Creative Destination)
    Juara I : Rumah Alam Adventure – Kota Menado
    Juara II : Pantai Tongaci – Kabupaten Bangka
    Juara III : Pasar Van Der Capellen – Kabupaten Tanah Datar
  16. Destinasi Unik Terpopuler (Most Popular Unique Destination)
    Juara I : Kilometer Nol Indonesia – Kota Sabang
    Juara II : Gua Mabala – Kabupaten Sabu Raijua
    Juara III : Danau Kaolin – Kabupaten Bangka Tengah
  17. Destinasi Baru Terpopuler (Most Popular New Destination)
    Juara I : Pule Payung – Kabupaten Kulon Progo
    Juara II : Danau Love – Kabupaten Jayapura
    Juara III : Tepian Bandar Sungai Jantan – Kabupaten Siak
  18. Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise)
    Juara I : Tansaran Bidin – Kabupaten Bener Meriah
    Juara II : Pulau Mursala – Kabupaten Tapanuli Tengah
    Juara III : Gulamo – Kabupaten Kampar
  19. Pemenang Juara Favorit API 2019: Mangrove Forest Park dari Langsa
  20. Pemenang Juara Umum API 2019: Provinsi Jambi

Mangrove Forest Park Kota Langsa Juara Favorit

Selamat kepada Mangrove Forest Kota Langsa yang keluar sebagai Juara Favorit. Sejujurnya saya belum pernah ke tempat ini, dulu lewat saja ke Kota Langsa. Salut sekali mereka bisa mengelola hutan bakau menjadi destinasi wisata yang menarik. Pastinya sebuah kerja keras yang berbuah manis. Tonton yuk, seperti apa tempatnya dibawah ini

Jambi Juara Umum

Pada malam itu , Provinsi Jambi keluar sebagai Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2019. Menang banyak ! Karena memang banyak destinasi wisata di provinsi tersebut menang dan masuk nominasi dalam API Award.

Gemuruh tepuk tangan penonton terdengar sesaat setelah pengumuman Jambi keluar sebagai Juara Umum. Ramai sekali feedback dari penonton. Terutama dari seksi Travel Blogger.

Teman saya , Lenny Lim, Travel Blogger asal Jambi senang sekali. Senyumnya tak berhenti mengembang pada akhir acara, karena daerahnya menang. Sebuah pencapaian yang baik sekali bagi Provinsi Jambi di bidang pariwisata tahun 2019 ini.

salah satu kesenian Jambi yang masuk nominasi API AWARD 2019

Sudah seharusnya setiap Pemerintah Daerah mengembangkan dan memajukan pariwisata daerah sendiri. Selain meningkatkan pendapatan daerah, menyejahterakan masyarakat, juga melestarikan lingkungan hidup. Sebuah kebanggan tersendiri saat daerah kita dikenal dan berprestasi.

Satu catatan untuk Ariefpokto.com , banyak provinsi dan daerah sudah dikunjungi, tapi ternyata banyak destinasi wisata baru yang bermunculan yang belum pernah dikunjungi. Semoga nantinya akan berkesempatan mengunjungi masing-masing tempat itu. Butuh itinerary yang tepat juga rejeki yang pas untuk melakukannya.

Harapan Saya, setiap daerah di Indonesia terpacu untuk memajukan pariwisatanya, memunculkan destinasi unik, lengkap dengan semua amenity-nya, layak untuk untuk dipromosikan ke penjuru dunia.

Selamat kepada para pemenang API Award 2019, sampai jumpa di API Award 2020 !

Kalau penasaran ingin menonton keseluruhan acara Malam Anugerah Pesona Indonesia 2019, silakan menonton disini

25 comments

  1. Wah, Jambi juara umum, memang potensi wisatanya kece banget, tinggal dikelola dengan serius ya…kebayang hepinya para blogger Jambi, ikut terlibat memajukan pariwisata daerahnya..

  2. Salah nih saya malam-malam begini lihat foto nasi Pelleng. Jadi pengen cobain. Cari di mana kalau kayak gini hehehe.

    Itu saya baca listnya, sambil dalam hati bertekad. Semoga aja bisa mendatangi semua atau paling gak sebagian, lah. Aamiin

  3. Salah satu acara yang ditunggu-tunggu pegiat pariwisata neh … soalnya bakal menjadi acuan jalan-jalan tahun berikutnya kalau belum ke sana. Btw, yang lomba blog tea bukan di sini pengumumannya Kang Aip?

  4. Maaaaaasss itu Nasi Pelleng menggoda bangeeettt.

    Aku belum pernah menghadiri perhelatan API, padahal TBI selalu diundang. Habisnya selalu weekday acaranya 🙁
    wah jadi penasaran sama Jambi, mungkin obyek wisata di sana lengkap dengan infrastruktur yang bagus ya. Bandaranya sendiri juga menang penghargaan internasional.

  5. Wah keren banget acaranya. Jujur, sebagian besar destinasi wisata yang keluar sebagai pemenang masih asing di telinga saya. Semoga saya bisa menjelajah Indonesia lebih jauh menjelajahi tempat-tempat yang indah.

  6. Wah, malu saya. Banyak banget tempat wisata nasional yang belum pernah saya kunjungi. Ke Jambi pun belum pernah. Memang sebagai warga negara yang sangat luas, agak susah untuk bisa mengunjungi seluruh penjuru Nusantara. Tapi penginnya sih, paling tidak 27 provinsi dapat. Jambi bisa jadi tujuan selanjutnya, nih.

  7. Aku copy daftar pemenang Anugerah Pesona Indonesia, kemudian aku paste di word dan save dengan judul “bucketlist”
    karena setelah baca daftarnya kok ya rata-rata aku belum pernah coba/kesana 🙁 🙁

  8. wahh ternyata banyak banget destinasi wisata yg aku baru tahu. termasuk kampung boneka di cikampek. padahal aku bolak balik ke sana buat nengok ortu tapi ga ngeh udah ada kampung boneka. dulu temen sempet punya toko boneka di cikampek. ternyata skr udah jadi kampung khusus ya. cuss ahh pankapan mau mampir ke sana. hatur nuhun inpohnya kang.

Leave a Reply