Hello TemenAip , Apa Kabar ? Definisi makan mewah seperti apa sih ? Tiap orang pasti punya definisi masing-masing. Ada yang di restoran mahal ala Barat, ada yang makan Wagyu, ada yang di restoran Perancis. Nah kalau saya, makan berasa mewah kalau pemandangannya indah, makanannya enak, hati senang, perut kenyang. Inilah salah satu pengalaman makan mewah versi saya.

Nah , karena kampung halaman Saya di Tasikmalaya , perjalanan pulang selalu jadi trip yang dinantikan. Karena banyak banget tempat makan di tasikmalaya yang enak-enak. Hohoho.

Ada dua jalan menuju Tasikmalaya dari arah Bandung, via Malangbong atau via Garut. Sejujurnya saya lebih suka lewat Garut karena pemandangan lebih asri dan tidak sepadat jalur Malangbong.

Nah, Kalau pergi ke Tasikmalaya via Garut, jangan lupa mampir ke RM. Kujang.Lokasinya di Salawu , sebelum Kampung Naga disebelah Kiri jalan. Tempatnya sederhana bangunannya dari kayu, disaput cat warna biru. Menempel di sebuah tebing di pinggir jalan. Ada tulisan RM KUJANG besaar-besar di jendela kacanya.

Vlog RM Kujang

Pas masuk langsung disambut perasmanan. Ada aneka macam hidangan Sunda berjejer panjang.

Setelah memilih makanan, Kita bebas mau duduk di meja mana saja.

Kalau Saya mah langsung nyari best seat in the house ! Biar maksimal pengalaman makannya !


Duduknya di pinggir ya #TemenAip , nanti bisa dapat #view seperti ini. Ada beberapa tempat duduk yang langsung pemandangannya seperti ini. Biasanya cepat diambil orang. Haha.

Ya gimana gak diambil orang, pemandangannya bagus banget pemirsaah.

Sawah menghampar bak permadani. Hijau menguning indah, dengan aliran sungai gemericik di tengahnya.

Dalam hati kepikiran, abis makan pengen langsung turun berendem di sungainya. LOL.

Makanan disini Khas Sunda, modelnya perasmanan. Kita bisa pilih Nasi merah atau Nasi Putih. Pilihan sambalnya beragam. Dari Sambal terasi sampai Sambal Goreng pedas.

Nasi Merah, Babat, Sate, Tumis Kacang , Sambel & Daun Mint

Variasinya banyak. Mulai ayam, ikan, Daging sapi, aneka sayuran yang ditumis, aneka Pepe’s, dan Sambal & lalapan yang komplit.

Pilihan nasinya bisa merah bisa putih. Tinggal ambil sepuasnya.

Setelah mengambil makan, bisa langsung makan. Jangan lupa makannya apa aja. Nanti pas pulang dihitung sama Ibu Haji yang punya.

Ibu Haji yang punya turun langsung lho, buat masak hidangan andalan setiap harinya. Dapurnya ada di bagian bawah Rumah Makan.

Saya memilih Nasi Merah, Babat, Sate, Tumis Kacang , Sambel & Daun Mint.

Daun Mint ? Yap, mereka menyajikan lalapan daun mint selain dedaunan exotic seperti tespong yang nyereng enak, Selada air, timun, dll. Rasa mint ternyata masuk juga ke masakan Sunda !

Nasi Merahnya dimasak pas, babatnya empuk, gurih dengan hint manis. Enak seperti masakan Babat jadul RM Sunda yang Kami suka.

Tumisan Kacangnya empuk juga. Bumbunya pas.

Sate Ayamnya gede dibalut bumbu ala sate perasmanan Kondangan jadul, tapi lebih spicy dikit. Enyak. Raos pisan.

Sambelnya Saya ambil yang Terasi Dan yang pedas. Pas dikombinasikan, lejat banget sebagai pengikat semua Rasa makanan disini.

Pas pulang, Kita sebut tadi makan apa saja , lalu dihargai sama Ibu Haji. Makan bertiga cuman Rp. 100.000 saja , padahal tiap orang lauknya lebih dari satu.

Rasanya Lezat Mewah tumaninah ditambah pemandangan seperti ini.

Yuk, sambil jalan-jalan, nyobain juga kulinernya. Supaya pengalamannya makin mantap. Bonus lidah senang, perut kenyang, Mata terhibur sejauh Mata memandang.

RM Kujang Facts

Jalan Raya Garut Tasikmalaya KM. 12.5, Tenjowaringin, Kec. Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat 40471
Jam buka:
Jam 05.00 – 21.00 WIB

Telepon: (0262) 2248298

22 comments

  1. Enaknya dateng jam berapa yah yg engga rame? Biar dapet view istimewa gitu, nge-tag tempat mewah.
    Duuh…kebayang lah lezatnya babat goreng tsb. Pasti udah diungkep dulu, jadi empuk dan agak manis. Sluuuurp….

  2. Sepakat nih, makan mewah tuh dengan pemandangan yang indah. Tapi liat makanannya, udah bikin ngiler. Semoga bisa ke Garut atau Tasik. Selama ini, kalo ke Jawa Barat, pilihannya Bandung melulu 🙂

  3. Nah, ini baru benar mewah alias mepet sawah
    Awalnya saya bacanya itu “Kuyang” lho, eh untungnya “Kujang”. Nggak jadi serem deh

  4. Wah, keren banget nih! Duduk di sini serasa punya rumah yang halaman belakangnya luas banget! Pemandangan kece gini, cocok banget dinikmati pakai ikan goreng dan sambal leunca. Nyam!

  5. Ini tempat yang mewah bagi mereka yang kerja di kota, pasti bosen dengan suasana yang gitu gitu aja, nah dengan makan di dekat sawah, makanan ada desa pasti sangat membahagiakan dan begitu mewah.

  6. Kalau ini mah aku bgt, aku tuh paling seneng makan di temani pemandangan alam kyk gini. Terasa nikmat nya double luar biasa, blm pernah di ke Tasikmalaya tp sapa tau besok-besok bisa jalan-jalan ke Tasikmalaya. Jd musti lewat Garut ya aa biar nemu Rumah Makan Kujang ini?

  7. Suka ,ama makanannya dan pemandangannya jadi perpaduan yang klop banget mas. mas, ini nasi merahnya nggak keras kan ya? Smoga ada kesempatan mampir ke sini 🙂

Leave a Reply