Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Kali ini pengen bahas soal Pilih Traveling Mandiri atau dengan Travel Agent. Soalnya kadang suka bingung kan ? Mau pilih yang mana.

Traveling Bersama Dengan Travel Agent

Traveling dengan Travel Agent itu enak banget TemenAip. Semuanya diurusin. Dari mulai tiket, akomodasi, makan, tempat wisata mana yang mau dituju, komplit dengan tour guide, plus tour leader.

Ke Komodo bersama Travel Agent

Ohiya, saat wisata mengikuti paket travel, kita biasanya akan mengikuti itinerary sesuai dengan yang Kita beli. Misalnya saat beli paket Eropa, Kita pergi ke Paris, Belgia, Belanda dan sebagainya. Di negara-negara tersebut ada beberapa tempat wisata yang kita kunjungi.

Begitu pula pas traveling destinasi wisata domestik. Kita sudah tahu dan diuruskan segala keperluan di tempat wisata. Seperti pengalaman ikut Jelajah Gizi ke Semarang bersama Nutricia Sari Husada yang lalu.

Team Jelajah Gizi Sampai di Semarng. Foto oleh Dadang Trillo

Jadi Kita tidak usah repot bikin itinerary, mau kemana, jam berapa, naik apa, beli tiketnya bagaimana. Tinggal ikut saja jadwal yang sudah disediakan oleh Travel. Jadi  enak, sudah kebayang mau kemana aja.

Bepergian dengan Travel Agent bisa dalam group besar atau group kecil. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi Saya lebih senang kalau dapat group kecil, jadinya lebih fleksibel. Haha. Tapi otomatis bujet yang dikeluarkan lebih banyak. Sebagai gambaran, sewa kapal speed boat di Labuan Bajo bisa Rp. 7.500.000 sampai dengan Rp.10.000.000 per hari. Kalau dalam group kecil , otomatis bujetnya melonjak manja kan ?

Sekarang banyak travel agent yang menyediakan paket wisata sesuai dengan kebutuhan wisatawannya.  Misalnya Travel Halal Ke Korea. Jadi wisatawan bisa tenang selama bepergian. Soal makan nggak jadi masalah. Bandingkan dengan Saya yang rempong bawa rendang atau abon pas traveling ke negara-negara yang bukan mayoritas muslim dimana makanan halal susah dicari.

Bersama Teman-teman dan Dosen

Soalnya pernah makan di restoran di Shenzen, dipesenin travel makanan yang aman, kayak ikan, sayur, dll, pas dating ada masakan daging putih-putih, yang pas temen yang biasa makan pork liat bilang “ini mah Pork” langsung ilfeel pemirsah. Inilah kenapa sekarang jualan paket travel halal laku , mayoritas penduduk Indonesia kan muslim ya. Jadi cari yang aman.

Kelebihan & Kekurangan Traveling Dengan Travel Agent

Kelebihan : Semuanya sudah diurus, Kita tinggal jalan dan mengikuti rencana perjalanan. Kita dibantu dengan kehadiran Tour Leader dan Tour Guide. Mereka biasanya berpengalaman, sehingga tahu waktu dan kondisi tempat wisata yang dituju. Bepergian berkelompok biasanya lebih aman

Kekurangan :  Biasa harganya mahal ( walau bisa dimaklumi karena itu servis yang diberikan ) , Saat ikut itinerary, Kita bisa terganggu saat ada peserta lain yang kurang disiplin, membuat perjalanan tersendat, terlambat, bahkan bisa gagal memenuhi itinerary karena ketidakdisiplinan peserta. Dapat teman sekamar yang kurang OK, hahaha, bisa saja terjadi, tergantung bagaimana kita menyikapinya sih.

Traveling Mandiri

Traveling mandiri, bukan berarti backpackeran saja. Bisa juga Kita mengalami pengalaman wisata yang nyaman bahkan mewah, sesuai dengan kebutuhan dan juga kekuatan finansial.

Traveling mandiri adalah semuanya Kita urus sendiri, mulai dari membeli tiket pesawat, booking hotel, sampai destinasi mana saja yang akan dituju. Semuanya bebas tergantung Kita sendiri.

Uniknya kalau booking tiket sendiri adalah Kita bisa mendapatkan diskon-diskon spektakuler. Kalau jago dan rajin cari diskonan dari berbagai maskapai. Begitu pula dengan hotel atau airBNB, kalau beruntung bisa mendapatkan diskonan atau penawaran. Atau bisa memanfaatkan poin AirBnB untuk di redeem menjadi penginapan.

Pengalaman pas ke India, beneran semua ngurus sendiri dari Visa, Pesen tiket murah, booking kendaraan disana, makan, dan banyak lagi.

Enaknya lagi karena itinerary buatan sendiri, pergi-pergi jadi lebih santai menyesuaikan dengan situasi. Misalnya pas datang ke sebuah tempat wisata, betah. KIta bisa extend sesuai keinginan.

Kelebihan & Kekurangan Traveling Mandiri

Kelebihan : Freedom ! Alias Bebas ! Bebas memilih destinasi, bebas memilih tiket, hotel, tempat wisata sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Buat para traveller ambisius, bisa pergi ke satu daerah dan pergi ke banyak tempat wisata, sepuasnya, sekuatnya. Tanpa takut menghambat orang lain. Kita juga berkesempatan mendapat banyak diskon, penawaran, tergantung keberuntungan dan kemampuan Kita mencari tiket atau bookingan hotel.

Kekurangan : Repot ngurus segala macam sendiri. Kadang suka bingung ketika di destinasi wisata kurang informasi ( bisa nyewa tour guide sendiri sih) , Harus selalu waspada , karena traveling tidak diawasi dan dibantu tour leader atau tour guide.

Jadi gitu TemenAip, udah agak kebayang ya, jadinya mau Pilih Traveling Mandiri atau dengan Travel Agent ? Semua kembali kepada masing-masing sesuai kebutuhan dan kemampuan.

10 comments

  1. Sejauh ini masih memilih traveling mandiri… Seru aja gitu merencanakan sendiri, menentukan sendiri dan lain2.. kadang repot emang, tapi asiknya lebih banyak..

    Tapi pernah juga sih sama travel agent, ikut open trip,, serunya lebih mudah dapet temen2 baru….

    Aku sih gak masalah 2-2nya,, walaupun lebih suka traveling mandiri, tapi sesekali juga butuh santuy pake travel agent..

    -Traveler Paruh Waktu

  2. Kalau ada temen jalannya aku lebih suka jalan bareng temen (share cost) bang Aip. Lebih bebas aja. Soalnya berapa kali pengalaman pake Travel Agent kaya diburu2 gitu. Bikin ga nyaman
    Tapi ada juga yg tetap enjoy
    Jadi kalau aku sih tergantung situasi dan kondisi

  3. Boleh pilih dua duanya aja nggak Bang aip? Soalnya kadang traveling mandiri itu seru. Kadang pakai travel agent juga seru sih. Tergantung kemana dan mo ngapain aja di destinasi wisata tujuannya.

  4. Aku baru aja mau traveling pake travel agent karena cape traveling mandiri. Beneran baru akan tapi ditunda dulu karena situasi kurang kondusif. Kalau dari hari hati paling dalam sih sebenarnya lebih milih traveling mandiri

  5. Aku pribadi lebih suka Travel Mandiri mas Aip, hehe kaya lebih leluasa aja explore daerah yg kita kunjungi dan gak berbatas oleh waktu. Tapi memang gk nutup kemungkinan akan pakai Travel Agent jika sekiranya dibutuhkan.

  6. Kalau saya pilih mandiri saat negaranya tourist friendly, dan bahasanya mudah untuk saya pahami atau pelajari sedikit-sedikit plus transportasinya juga aman 😀

    Nah, semisal semua itu sulit, biasanya saya pakai travel agent. Contoh ke China, India, dan beberapa negara lain yang saya rasa saya nggak akan sanggup apabila mandiri, then saya akan pilih agent biar dibantu untuk arrange perjalanan dengan harapan bisa lebih nyaman 😀

    Memang selalu ada plus minusnya ya mas Arief, tinggal disesuaikan dengan keinginan 😀

Leave a Reply