Hello TemenAip Apa Kabar? Saatnya Saya sharing, kalau mau Main Ke Kota Tasikmalaya, Kemana Saja?

Soalnya kalau lagi instastory disini, suka pads banyak, kemana aja sih?

Kota Tasikmalaya sendiri adalah Kota yang cukup besar & kompilt di Jawa Barat.

Ada banyak yang bisa dilakukan di dalam Kota, apalagi kalau mau bepergian keluar kotanya.

Cuman kali ini hanya bahas yang masih dekat di sekitar Kota aja ya.

Main Ke Situ Gede

Di Kota Tasikmalaya, hanya kira-kira 10 menitan dari pusat kota, ada sebuah danau bernama Situ Gede.

Nelayan mancing di Situ Gede

Biaya masuk ke Situ Gede ini murah saja kok, Rp 4000 , tambah biaya parkir.

Disini Kita bisa melihat danau biru tenang dengan pemandangan langit bersih, juga pegunungan sebagai background-nya.

Nikmati aja suasananya, udaranya bersih menyegarkan. Apalagi kalau datangnya lagi.

Suasana Alam Raya tak jauh dari Kota bisa membuat hati senang dan gembira.

Selain memandang Alam, apalagi kegiatannya sih?

Bisa naik perahu, mancing, jogging, atau kulineran ikan bakar di warung sepanjang danau.

Di tengah danau ada pulau dengan sebuah makam keramat yang bisa kita datangi pakai rakit.

Tapi katanya, kalau pacaran belum legal terus berbuat yang aneh-aneh disana, pulangnya bakal putus ceunah.

Taman Wisata Karang Resik

Kalau mau ngajak anak-anak berenang di waterboom, main sama binatang, restoran, nah tempatnya di Karang Resik

di Karang Resik komplit banget fasilitasnya buat entertainment. Kalau mau berenang ada, mau makan ada restorannya.

di Karang Resik ada semacam Farm House nya, kita bisa melihat binatang peliharaan seperti sapi biri-biri, aneka burung, reptile. Ada juga rumah kucing model cat cafe yang trendy.

Disini juga ada maze alias labirin hijau, ga terlalu tinggi sih. Tapi seru aja buat anak-anak.

Yang pasti disini banyak spot selfie nya, ada beberapa tempat menarik seperti kebun bunga matahari, balon udara , dll.

Nah kalau kira-kira mau nyobain semuanya, mendingan beli ticket terusannya deh. Soal nya kalau diketeng repot, jatuhnya lumayan mahal juga .

Kulineran Di Tasikmalaya

Buat Saya, Kota Tasikmalaya adalah surga kuliner!

Ada banyak tempat kuliner sedap yang wajib dikunjungi. Terutama buat pecinta Bakso. Disini banyak tempat makan Bakso enak.

Sebenarnya ada banyak macamnya mulai dari Bakso Aci alias kanji, bakso solo , tapi yang khas banget Bakso tasik itu sejenis bakso restoran yang biasanya disajikan terpisah antara mie dan kuahnya. Istilahnya yamin. Bisa yamin asin, atau yamin manis, dimana mie nya ditambahkan kecap.

Nah basonya ada didalam kuah gurih beserta kawan-kawanya seperti pangsit, bakso Tahun, babat, center, sesuai selera.

Nah kalau soal perbasoan silakan ditonton di atas ya, home video by yours truly.

Dan masih banyak lagi sih tempat baso enak di Tasikmalaya. Jangan remehkan bakso pinggir jalan atau yang didorong mamang-mamang karena bisa jadi bakso mereka enak.

Selain Bakso, di Tasikmalaya juga ada Rujak Honje. Yang istimewa dari bumbu rujaknya adalah mengandung Honje atau Kecombrang. Jadi aromanya bertambah khas, plus nambah rasanya

Selain rujak, di Tasikmalaya juga banyak tempat makan bubur ayam super enak. Paling ngetop dan mahal adalah Bubur Zaenal di Jalan Kalektoran. Rasanya memang top sekali, aroma ayam merasuk Salam bubur yang konsistensinya tidak terlalu pekat. Ditambah topping ayam berlimpah, cakueh bawang daun, bawang goreng sampai buburnya gak kelihatan.

tipikal bubur Tasikmalaya

Ada beberapa alternative bubur lain yang gak kalah enak seperti Bubur Kaleon, TIP, sama bubur depan kantor NU, bubur malam depan hotel Flamboyant. Rasanya mantap mantap dengan harga amat terjangkau. 10 ribu sampai 15 ribu aja.

bubur Kaleon 10 ribu aja pakai ati ampela

Sentra Batik Tasikmalaya

Buat pecinta batik, Tasikmalaya punya motif batik sendiri. Warnanya kebanyakan terang. Dan tempatnya terkonsentrasi di Kampung Ciroyom dan Cigeureung, Kelurahan Nagarasari  Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Kalau baca di infobatik.id , Saat ini ada 28 unit usaha UKM yang fokus di usaha batik.

Batik Tasikmalaya, foto dari infobatik.id

Disana bentuknya rumah atau toko gitu, berada di area ini. Menjual Kain batik, atau pakaian sudah jadi seperti kemeja, blus, gaun dan banyak lagi.

Lumayan banget kan buat nambah koleksi batik .

Sentra Bordir foto dari Wisatajabar.com

Sentra Bordir Tasikmalaya

Kalau pernah ke Thamrin City Jakarta, pusat perbelanjaan tekstil terbesar di pusat Jakarta, disana ada bagian khusus Tasikmalaya, yang kebanyakan menjual bordir.

Foto dari Wisatajabar.com

Nah sentranya ada di Tasikmalaya, terutama di Kawalu, banyak banget pengrajinnya disana. Tapi kalau mau melihat distributor bordiran khas Tasikmalaya, tinggal ke Lingkar Industri Kecil (LIK) di Jalan Perintis Kemerdekaan sekitar 3 km dari Kota Tasikmalaya. Jalan terus ke arah Kawalu, setelah Lotte Mart jalan terus, nanti ada belokan ke kiri. Ikutin aja jalan nya.

Disana bisa dijumpai aneka produk bordir mulai dari mukena, kerudung, taplak meja, apapun itu ada. Bisa dibeli sesuai kebutuhan.

Kita Tasikmalaya cukup luas dan komplit seperti kota lain di Indonesia. Ada mall besar seperti Asia Plaza, Mayasari. Transmart juga sudah hadir disini.

Nah, demikian dulu #aiptrip di sekitar Kota Tasikmalaya, nanti disambung lagi.

39 comments

  1. Nenek saya itu orang Tasik tapi saya ga ngerti apa apa tentang kota itu haha. Wah baru tau ada balon udaranya juga disana. Semoga pandemi ini lekas usai dan bisa wisata kesana yaa aamiin

  2. Wah aku catet ah, soalnya aku belum pernah ke Tasikmalaya kang hihi kasihan yaah aku mainnya masih kurang jauh hehe. Btw, ternyata Tasikmalaya punya banyak tempat dan kuliner yang kece yaah kang.. Mantep euy~

  3. Kangen Tasik jadinyaa, karena tetanggaan dengan Garut, dulu sering banget ke Tasik, terlebih karena banyak sodara tinggal disana. Ternyata masih banyak tempat wisatanya yang belum dikunjungi, mau banget ke situ gedeee 🙂

  4. waktu liburan ke pangandaran kan lewat tasikmalaya. bingung mau nyoba makan apa. pas gugling keluarlah bakso laksana yg terdekat dari rute perjalanan. lumayan juga rasanya dan juga harganya hehehe. kapan2 kudu beneran fokus liburan ke tasikmalaya nih 😀

  5. Ahh kabita rujak honje na kang hehehe. Ada lagi tempat yang kaya Green Canyon di Tasik tapi didaerah perbatasan. Namanya Tonjong Canyon di Cipatujah sama Pantai Karang Tawulan. Mudah2an beres corona ini bisa berkunjung kesana

  6. aku tuh dah ratusa purnama kayaknya gak ke Tasik… tearkhir nemenin sepupu nikahan dulu ke sana. dan ga sempet jalan2… ternyata banyak juga nih yang bisa dicobain dan dinikmati di Tasik…

  7. Tasikmalaya itu sentra kerajinan yang mendunia. Orang-orang Padang aja pada beli mukena bordir dari Tasik untuk dijual lagi di sana. Inget pas ke Bukittinggi yang jualannya bilang semua yang ada di tokonya itu buatan Tasik 😀
    Oh ya, Batik Tasik mirip Batik Garut ya Kang? Karena deket mungkin.

  8. Beeehhh…swiran ayam gorengnya banyak sekali di buburnya. Taman wisata karang resik bisa jadi spot foto andalan nih.

  9. Waah jd inget enaknya bubur tasik deket PLN. Jadi kangen jalan2 lagi.Tasik ngak jauh dr jakarta dan pnya banyak destinasi wisata yang bagus terutama wisata kulinernya yg selalu bikin kangen.

  10. Suka suasana mancibgnya…adem liat danau…
    Wisata kesana ..bikin fresh pikiran ya…
    Abis baca ini pasti banyak yg ingin balas dendam jalan2 setelah masa psbb

    1. Duh mas Arief, selalu deh isi artikel nya bikin ngiler hehe, ngiler pengen jalan2 plus nyicip kulinerannya juga. Kudu banget ini mah ke Tasikmalaya ;).

  11. Belum pernah ke Tasikmalaya nih, jadi terpesona banget baca postingan Mas Aip. Banyak tempat bagus, kulinerannya juga oke. Penasaran sama rujak honje, kebetulan aku penggemar honje nih. Tapi aneh ga sih rujak dikasih honje? 😉

  12. Aku selama ini ke Tasik cuma lewat-lewat aja sekilas kalau habis dari Pangandaran atau habis pulkam trus balik ke Bandung, dulu. Yang aku tahu tasik terkenal juga sama TO-nya alias tutug oncomnya, kak.

  13. Aku Pernah ke Tasik, tapi belum pernah ke Situ Gede. Semoga ada kesempatan lagi buat kesana.

    Kulinernya juga aku pernah coba bakso Sari Raos, memang Raos pisannn….

  14. Cobaan banget ini, pagi ramadan menikmati sajian Kang Aip, hihihi.
    Benar-benar uji nyali.

    Sungguh aku tak sangka Tasikmalaya bisa jadi destinasi wisata favorit juga ini!

    Btw,
    Taman wisata Karang Resik itu keren banget,
    Meningatkan aku setting film Victorian, di amna tamannya bisa bikin salfok dan tersesat

  15. Tasik memang selalu ngangenin, Kang, apalagi anak-anak pesantrennya di sana. Meski belum menguasai setiap jejak kotanya, sedikit demi sedikit jadi tahu titik-titik tertentu yang layak untuk didatangi. Hatur nuhun atas informasi ini juga ^_^

  16. Keren banget nih di Tasik, dulu waktu kerja pas masih ((gadis)) 2 minggu sekali ngontrol distributor di Tasik, suasananya enak disana tuh. Eh, sekarang dunia digital marketing banyak mentemen orang Tasik tukang obat kabeh, kalo pas kesana suka diajak kulineran ngabaso. Terakhir ke Tasik tahun lalu, temen imers meninggal.

    Nanti pankapan pen turing lagi ke Tasik keliling2 ke tempat2 instagramable biar bisa ootedean ,yuuk.
    Tungguan di labiriin etaa..

    1. Waah aku pernah lihat yang maze ituu bternyata namanya Karang Resik dan di Tasuk. Kirian d Jawa Tengah, hehe. Menarik banget.

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.