Hello #TemenAip Apa Kabar? Suka ke museum gak sih? Kalau Saya sih suka. Soalnya Kita bisa melihat banyak hal. Tergantung dari museum apa dulu ya.

Museum kan macam-macam isinya. Ada khusus barang bersejarah, khusus karya seni, dan sebagainya.

Mari kita mulai telusuri Museum Favorit Saya!

Museum Geologi Bandung

Nah , dulu kantor Saya persis di depan Museum Geologi Bandung. Alamat tepatnya ada di Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122.

Tiket masuknya murah, Rp. 2000 untuk pelajar Rp 3000 untuk umum dan Rp. 10.000 untuk orang asking. Museum ini buka dari jam 08.00 s/d 16.00.

Disini tuh selain bangunannya udah cakep karena modelnya Art Deco yang khas, dan amat Instagramable.

Didalamnya ada tiga kategori ruangan yaitu sejarah kehidupan, dimana dipamerkan sejarah kehidupan dari zaman dinosaurus sampai sekarang. Yang seru disini ada repllika fossil T-Rex dan cetakan kakinya. Koleksi replika aneka hewan purba juga lengkap mulai dari gajah, kura-kura dan sebagainya.

Lalu ada ruangan Geologi Indonesia yang memamerkan asal muasal bumi, Tektonik Indonesia, dsb.

Dan ruangan Galerie Mineral untuk kehidupan sehari-hari yang memamerkan koleksi asal usul peralatan yang kita pakai sehari-hari yang terbuat dari mineral & sebagainya.

Museum ini ideal juga buat anak-anak belajar soal banyak hal, dari binatang sampai batuan dan juga mineral yang kita pakai sehati-hari.

Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta ada di kawasan Kota Tua Jakarta.

Sejarahnya panjang banget. Mulai dari zaman Belanda sampai sekarang. Gedung ini sempat jadi gedung pemerintahan, dan akhirnya menjadi museum seperti sekarang. Sempat direnovasi agak lama tapi sekarang sudah bisa dikunjungi.

Dan memang gedungnya paling menonjol sendiri di Kawasan Kota Tua. Dan menjadi background begitu banyak foto yang diambil turis dari berbagai tempat.

Kalau baca di brosurnya, Museum Sejarah Jakarta berusaha menyediakan informasi mengenai perjalanan panjang sejarah kota Jakarta, sejak masa prasejarah hingga masa kini dalam bentuk yang lebih kreatif.

Selain itu, sebagai pusat pertemuan budaya dari berbagai kelompok suku baik dari dalam maupun luar Indonesia dan sejarah kota Jakarta seutuhnya.

Museum Sejarah Jakarta juga selalu berusaha menyelenggarakan kegiatan yang rekreatif sehingga dapat menarik perhatian pengunjung untuk mengetahui sejarah kota Jakarta dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya warisan budaya.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

Terletak di dataran tinggi Ullen Sentalu suasananya adem banget. Bangunannya juga keren. Berbeda banget dengan⁣ museum lainnya.

Cuman disini Kita hanya diperbolehkan foto-foto di daerah tertentu saja. Jadi di dalam, Kita tidak bisa bebas mengambil gambar. Ya diikutin aja, mungkin supaya kita lebih fokus dengan koleksi museum daripada selfie terus kan.

Museum ini adalah museum swasta yang pembangunannya diprakarsai oleh Keluarga Haryono dibawah payung Yayasan Ulating Blencong. Ullen Sentalu sendiri merupakan akronim dari kata Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku yang artinya Pelita Kehidupan Umat Manusia

Disini dipamerkan kehidupan dan budaya Dinasti Sejarah Kerajaan Mataram Kuno. Yang termasuk Silsilah Kerajaan Mataram Kuno adalah Kesultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Kadipaten Pakualaman dan Praja Mangkunegaran.

Museum Ullen Sentalu juga memamerkan koleksi berbagai jenis batik dengan gaya Surakarta dan Yogyakarta.

Museum ini memamerkan para bangsawan seperti para raja beserta para permaisuri dengan banyak jenis busana yang digunakan sehari-harinya.

Salah satu ruang pamer yang menarik adalah Ruang Gusti Nurul, seorang bangsawan yang cantik, serba bisa, dan pernah menolak pinangan Soekarno

Museum Angkut Malang

Nah buat pecinta transportation, Museum ini seru banget. Kita bisa melihat koleksi aneka alat transportasi dari sepeda , motor, mobile sampai pesawat ada.

Kita diajak berkeliling ke berbagai area yang memperlihatkan evolusi transportasi manusia.

Seru banget deh. Apalagi pas nyobain masuknya dalam pesawat kepresidenan! Jadi kebayang deh kalau naik Pesawat presiden begini toh rasanya, hahaha, gak apa-apalah norak dikit ya, namanya juga khayalan rakyat jelata.

Museum Macan

Nah, kalau museum ini Saya suka karena memamerkan karya seni kontemporer. Dan koleksinya diganti , jadi isinya gak gitu-gitu aja. Koleksinya benar-benar membuka wawasan, karena terus terang Saya jarang melihat koleksi seni kontemporer.

Alamatnya ada di Lokasinya ada di AKR Tower , Jalan Panjang no 5, Kebon Jeruk Jakarta.

Infinity Mirror Room Yayoi Kusama

Pas awal kehadirannya, Museum Macan sempat membuat heboh dunia persilatan karena menjadi tempat selfie dan mencari spot foto keren buat di media sosial, karena kekinian. Banyak sekali yang pergi kesana, termasuk Saya ! Tulisan Musum Macan bisa dibaca disini.

Yanagi’s Asean+3 Ant flag creation

Banyak yang mengapresiasi, tapi sempat terjadi kehebohan juga sih, demi mendapatkan foto keren, pengunjung suka melewati batas dengan menyentuh karya seni. Padahal gak boleh kan takut rusak.

Demikianlah , beberapa museum favorit versi Saya. List ini masih sangat bisa diupdate sih. Kalau punya usulan Museum favorit versi TemenAip , boleh loh dikasih tau di bagian komen ya.

2 comments

  1. Salah satu museum favoritku adalah Museum Layang-layang di Jaksel. Dulu banget pas zaman kuliah pernah ke sana buat liputan untuk lomba menulis feature. Seru banget! Bahkan bisa bikin layang-layang sendiri untuk dibawa pulang. Tapi udah nggak tau itu layang-layangnya ada di mana sekarang. Hehehe.

    Omong-omong terima kasih rekomendasi museumnya! Pengin banget ke Museum Angkut.

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.