Hello TemenAip Apa Kabar ? Siapa yang suka masakan Padang ? Wah pasti banyak yang ngacung ya. Karena masakan Padang adalah salah satu kuliner Indonesia favorit banyak orang. Makanya Saya mau membuat List Menu Masakan Padang Favorit Ariefpokto !

Banyak banget sih menu masakan Padang kesukaan Saya. Kalau makan di Restoran atau Rumah Makan Padang, lauknya minimal dua. Hahaha, Seenak itu !

Menurut Saya masakan Padang alias Masakan Minang paling enak ya di Sumatera Barat. Di Kota Padang saja banyak restoran yang menyajikan hidangan lezat seperti RM Lamun Ombak, Pagi Sore, Ampera Tanpa Nama , belum kalau kita pergi ke daerah lain di provinsi ini, seperti ke Bukit Tinggi , Pariaman, Sawahlunto, Agam, Padang Panjang, Painan dll . Duh berasa pengen didatangi satu-persatu.

Tapi sekarang banyak banget Restoran atau Rumah Makan Padang yang rasanya autentik dan sedap di berbagai penjuru negeri ini. Soalnya masakan Padang adalah sajian kebanggaan Orang Minang yang populer sampai ke tingkat dunia.

Oiya kita nonton dulu pas Aiptrip Ke Sawahlunto makan di RM Lamun Ombak

Keunggulan Masakan Padang

Masakan Padang memiliki beberapa keunggulan hingga bisa diterima di banyak daerah di Indonesia. Variasi pilihan menunya komplit, mulai dari menu ayam, daging, sayur, ikan dan banyak lagi. Jadi pengunjung Restoran atau Rumah Makan Nasi Padang bisa memilih lauk apa yang disukai.

Masakan Padang bisa dibilang masuk golongan Fast Food, tidak butuh lama untuk bisa menyantap hidangan yang kita mau. Bisa dihidang, alias aneka menu disajikan di meja dalam piring-piring kecil , atau bisa pilih langsung di piring nasi kita.

Soal rasa, masakan padang rata-rata enak, penuh dengan bumbu, dan disukai masyarakat banyak. Jadi ketika bingung mau makan apa, tinggal mampir saja ke Restoran Padang. Mau dibungkus mau makan di tempat, enaknya sama. Tapi sebenarnya Saya lebih suka makan di tempat, karena bisa tambuah Ciek. hahaha.

Baiklah, mari kita mulai …

Menu Masakan Padang Favorit Ariefpokto

Rendang

Rendang adalah menu utama Masakan Padang yang selalu menjadi barometer enak tidaknya Restoran atau Rumah makan itu. Tidak mudah lho bikin rendang itu, selain bumbuna harus pas, santan kelapanya juga mesti bagus , harus dari kelapa yang tua. Belum proses memasaknya yang cukup lama. Resep setiap Rumah Makan beda-beda. Ada yang memasukaan parutan hati sapi juga supaya lebih pekat warnanya. Pokoknya macam-macam. Tapi bahan daasar intinya sih sama aja. Makanan paling enak sedunia versi CNN ini selalu membuat Saya lahap kalau makan. Tapi entah kenapa, lebih enak kalau makan Nasi Rendang di bungkus. Jadi kuah, sayur nangka, daun singkong dan aneka sambalnya makin terasa sedap deh.

Kebayang daging yang berbalut aneka rempah dan terasa sekali aroma kelapanya, pedas, teksturnya empuk, nikmat sekali.

Ayam Pop

Ayam Pop adalah salah satu masakan Padang favorit Saya. karena rasanya gurih sekali. Bayangkan, Ayam Kampung direbus di air kelapa, lalu digoreng sebentar, disajikan dengan daun singkong dan sambal merah. Tekstur ayamnya masih terasa, dan ada aroma sedap dari rebusan air kelapa yang meningkatkan rasa ayam. Sambalnya tidak terlalu pedas, tapi paas. Kalau makan satu kayaknya kurang. hahaha.

Gulai Cumi

Salah satu kehebatan orang Minang dalam mengolah seafood teruji dalam memasak Gulai Cumi. Perpaduan bumbu gulai yang mantap, santan yang segar bisa membuat Cumi menjadi masakan istimewa. Hebatnya lagi, kalau jago masaknya, tidak tercium bau amis, lalu tekstur cuminya ga alot. Perpaduan kuah gulai yang creamy dengan daging cumi pas sekali. Apalagi kalau ada bonus tahu atau telur dalam rongga cuminya, Waduh sedap banget.

Gulai Tunjang

Salah satu penggunaan Kaki Sapi terbaik dalam masakan adalah Gulai Tunjang. Memasaknya harus benar, karena Kita gak mau Tunjang / Kikilnya alot sehingga susah dimakan. Lalu kuahnya bumbunya mesti pas, karena bagian tunjang ini berlemak juga, supaya gak eneg. Kalau makan Nasi Gulai Tunjang, wah seru banget, tekstur tunjang yang empuk dan mengandung kolagen nikmat banget. Makan pakai kuahnya doang enak. Dijamin Nasinya Tambuah Cieeek..

Gulai Ayam

Gulai Ayam adalah salah satu masakan padang standar yang selalu ada di setiap Restoran atau Rumah Makan Padang. Karena peminatnya banyak sekali. Dan memang lezat. Makan gulai ayam selalu menjadi salah satu incaran kalau makan di Rumah Makan Padang. Ayamnya empuk, bumbunya meresap, terus bagian kulit atau sedikit otot di bagian pahanya enak sekali buat dimakan.

Gulai Kambing

Memang tidak semua Rumah Makan Padang menyajikan Gulai Kambing. Tapi kalau ada yang menyediakan biasanya ENAK. Bumbu untuk gulai Kambing biasanya sedikit lebih keras dibandingkan Gulai Ayam atau Gulai Cumi, dan sedikit lebih pedas juga untuk mengimbangi bau daging kambingnya. Setiap gigitan pada dagingnya semakin berarti, cailah. Tapi memang tekstur daging kambing dan sapi berbeda ya, aromanya juga lain.

Itiak Lado Mudo

Nah ini menu yang langka nih, biasanya Saya dapat kalau ke Bukit Tinggi. Bebek muda yang dimasak pakai cabe ijo lado mudo. Rasanya pedas gurih, berminyak , tapi enak. Dimasak pakai kayu bakar supaya matangnya merata dan bumbunya meresap dalam jiwa. eh Daging bebek. Dagingnya empuk karena dimasak lama. Ada juga kerasa aroma smokey sedikit sih yang membuat enak, ya karena dimasak pakai kayu.

Pokoknya mesti nyobain Itiak Lado Mudo, pasti suka deh.

Gulai Otak

Saya jatuh cinta sama Gulai Otak sejak kecil dulu. Pernah lewat jalur lintas Sumatra, perkenalan Saya dengan menu itu terjadi pada salah satu Rumah Makan di sekitar Lubuk Linggau kalau tidak salah. Sempet merasa aneh karena belum pernah mencicipi bagian sapi yang ini. Padahal ternyata enak banget. Teksturnya seperti tahu, gurih, apalagi kalau digulai. Creamy. Mungkin tidak semua orang berani makan. Tapi coba dulu lah. Enak banget. Salah satu kelemahannya adalah kandungan kolesterolnya lumayan. Sesekali gak apa-apalah ya. Sedap soalnya.

Ayam Bakar

Entah kenapa Ayam Bakar Rumah Makan Padang itu beda banget sensasinya. Dulu pas kuliah suka ngeliatan Udanya pagi-pagi udah membakar ayam yang sudah direndam bumbu di atas bara api dari batok kelapa. Asap dan aromanya kemana-mana bikin ngiler aja.

Ayam Bakar ini memang kaya akan bumbu. Masaknya mesti hati-hati karena gampang gosong. Bumbunya berlimpah gitu, dibakar dengan bara panas sampai meresap sampai kedalam dagingnya. Satu dua potong mesti nambah nasi deh.

Sambal Udang

Duh ini salah satu masakan Udang yang Saya suka. Udang segar dimasak dengan sambalado. Rasa alami udang yang manis bercampur dengan rasa pedas dan asin, pas banget menjadi lauk makan di Rumah Makan Padang. Biasanya ada yang bercampur petai juga buat menambah rasa dan aroma.

Telur Dadar

Yah timbang telur dadar doang beli ke Rumah Makan Padang, di rumah aja bisa kali. Eits, jangan salah , Telur Dadarnya beda karena rasanya lebih kompleks dari telur dadar biasa. Soalnya pakai bumbu padang, jadi lebih beraroma, lebih berempah, ada pedesnya, dan potongan daun bawangnya bikin telur dadar ini makin enak. Apalagi diguyur kuah gulai, dimakan sama nasi panas. Wadauw..

Dendeng Daging

Ada beberapa macam dendeng sapi sih yang Saya tau dalam Maskan Padang. Ada dendeng Batokok, dimana daging sapi dipukul-pukul ( totok) sampai , lalu digoreng garing dan isajikan dengan sambal cabai merah. Lalu ada dendeng Lado Ijo, yang dibumbui sambal cabai hijau. Dendeng Baraciak, aduh ini enak banget. Modelnya dendeng sapi basah gitu, lalu dikucuri jeruk nipis, dan cacahan bawang merah, cabai rawit. Enak pisan. Lupa terakhir makan dimana.

Bonus Round

Lho kok bonus ? Soalnya menu dibawah ini gak semua Restoran Padang nyediain, tapi kalau ada pesan aja. Enak kok. Hahaha.

Sate Padang itu bikin ngangenin. Sate dan potongan ketupat disiram kuah jingga panas. Potongan daging atau lidah, atau usus yang sudah dimarinasi dengan aneka bumbu lalu dibakar, membuat lidah bergoyang. Comfort Food yang menyenangkan.

Kadang ada Rumah Makan Padang yang menjual Teh Talua. Perlu keahlian membuatnya. Telur bebek dikocok lalu disiram teh pekat ditambahkan susu kental manis dan jeruk nipis. Rasanya kayak teh tarik tapi lebih creamy. Seger banget, nonton deh videonya di bawah ini.

Okay, segitu aja dulu TemenAip, Menu Masakan Padang Favorit Ariefpokto, Kalau kalian senang makan pakai lauk apa kalau makan di Restoran atau Rumah Makan Padang ? Silakan berbagi di kolom komentar ya.

oh iya , kalau mau tau makanan Makasar favoritku bisa dibaca dibawah ya.

23 comments

  1. Kecuali gulai kambing dan gulai otak, semua menu di atas adalah favorite saya juga. Sudah makan dari kecil, mungkin lidah saya jadi amat terbiasa..

    Iya masakan padang ada di mana-mana. Karena orang padang itu suka merantau. Daerah rantau mereka pun sampai kepelosok-pelosok. Nah kalau sudah begitu, dengan sendirinya masakan padang juga menyebar sampai ke pelosok-pelosok 🙂

  2. Paling suka nomor 1 itu rendang, terus telur dadar padang, trus gulai cumi deh! Kalau sate padang jangan ditanya, bisa abis seporsi sendiri. Jangan lupa juga kalau ke Sederhana beli martabak mesirnya hehehehe

  3. Duuh salah banget baca tulisan ini malam-malam, jadi kepingin makan nasi padang deeh. Menu favorit aku kalau di restoran padang gulai ayam sama ayam bakar. Oya, saya juga suka sama soto padang kak. Cuma belum tahu apakah soto padang yang aku makan ini otentik atau tidak. Soalnya pernah beli di beberapa restoran padang beda-beda gitu dari citarasa dan kuahnya.

  4. Rendang dong favoritku…dan bener dua kali ke Sumbar puas-puasin makan menu masakan Padang, diantaranya di Resto Lamun Ombak..Pokoknya dari sana ga inget timbangan deh. Karena rasa otentik kalau masakan Padang di daerah asalnya. Kalau di Jakarta sudah disesuaikan dengan lidah banyak orang sepertinya hahaha

  5. Baca postingan ini mengingatkanku saat hamil. Makan apa apa bawaanny mual eh tapi kalo makan nasi pada di tempat, auto semangat. Di tempat lho ya~

  6. Warbiyasak baca ini kok ngiler banget kak hahaha kebetulan di rumah juga buka restoran padang lebih tepatnya bukit tinggi kali ya soalnya bukan aku yang orang padang tapi yang ngontrak hahaha. Aku suka rendang, ayam pop, ayam bakar tapi masih banyak nih yang belum kucoba dan kalo dibungkus porsinya lebih banyak hahaha

  7. Baru banget kemarin aku ngepadang, haha. Rendangnya emang gak bisa ditolak sih, kalau Suami suka banget Ayam Pop. Tapi emang dasarnya semua enak sih ya, jadi kalau ke RM. Padang, bingung pilih menu apa, haha. Deket rumah ada RM. Nasi Kapau yg jualannya asli Padang, jadi bumbunya duuuh mantuuul, walau harganya lumayan sih lebih mahal dr yang lain, haha tapi puas deh :))

  8. Aku kayaknya kalo menu masakan padang semua suka deh, nggak ada yang nggak suka karena emang enak2. Cita2ku tuh pengen banget makan masakan Padang di Sumatera Barat sana.

  9. wah bisa dar der dor gitu
    ya Allah apalagi rendangnya
    pengen banget makan masakan padang di tempat asalnya
    aku juga suka rendang sama telur dadar
    suka saja soalnya makannya simpel hehe
    tapi ayam dan udang juga suka sih kayaknya enggak ada yang enggak enak dari masakan padang hehe

  10. KangAip taggungjawab yah kalo ketemu traktir aku makan di Nasi Padang wkwk. Ini asli aku suka banget kang sama masakan Padang. Aku suka Nasi Padang dan aku suka Sate Padang hehe. Btw, yang biasa aku pesen Ayam Bakar, Rendang, Telu Dadar, sama Ikan Goreng. Lain kali mau coba yang lain juga ah ahahha

  11. Kita sekeluarga pecinta masakan Padang, karena gak begitu suka masakan manis. Kemarin ke Jogja pas beli gudeg gak ada yg makan akhirnya melipir ke warung Padang. Ahaha. Aku paling suka gulai tunjang

  12. Suh, pas jam 12 liat menu masakan Padang, auto laper Mang Aip, aku kalau di RM Padang paling Ikan Kembung, Telur dadar sama tempe, ples sambel yang banyak. Kadang pengen yg cumi tapi takut kolesterol, wkwkwk

  13. Ini favoritku mas arief : Rendang, Gulai Cumi / Ayam dan Telor Dadar, yang itiak sepertinya perlu dicoba juga tuh hehe. Anw tanggung jawab lho mas jadi laper nih jam 12 malem baca artikel masakan padang, auto ngeces hehehe. Anw thankyou mas arief udah berbagi menu favorit nya 😉

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.