Siapa kangen sama Pulau? Kalau di Jakarta paling asik main ke Kepulauan Seribu. Ada 342 pulau disana. Pastinya banyak banget yang bisa jadi pilihan untuk dikunjungi untuk berlibur. Tapi sekarang Rekomendasi 5 Pulau di Kepulauan Seribu aja dulu ya.

Menuju Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah destinasi wisata yang menarik buat Saya, karena lokasinya yang dekat dari Jakarta. Bisa naik speed boat dari Marina Ancol dengan kisaran mulai harga Rp.150.000 sekali jalan, dengan waktu tempuh yang relatif cepat. Tinggal pilih jurusan mana, Nanti kita tinggal naik sesuai pulau tujuan.

Atau kalau mau yang lebih ekonomis bisa naik kapal kayu dari dermaga kaliadem, ada banyak pilihan jurusan, tapi waktu tempuhnya relatif lebih lama. Kalau mau seseruan juga bisa, sama seperti speedboat, kapal-kapal ini juga ada jurusannya.

Menginap Di Kepulauan Seribu

Kalau ada waktu luang, Saya sarankan menginap di Kepulauan Seribu, supaya bisa menikmati pesona Kepulauan Seribu dengan maksimal. Karena kalau One Day Trip tidak bisa menikmati suasana malam, suasana pagi, apalagi kalau pulang kesorean Saya tidak rekomdasikan, kaena gelombang cenderung besar.

Banyak paket wisata ditawarkan ke Pulau Seribu, mulai paket menginap plus island hopping, dimana kita menginap di rumah penduduk. Biasanya semua sudah disiapkan, satu rumah khusus pergrup, dengan makan + seafood BBQ . Semua sudah all in, tinggal pilih sesuai kemampuan dan preferensi.

Selain menginap di rumah penduduk, Kita juga bisa menginap di hotel atau resort yang ada di berbagai pulau. Otomatis lebih mewah dan eksklusif ya. Ada juga resort khusus seperti di Pulau Bidadari yang memang peruntukannya buat wisata. Ada juga pulau khusus yang tidak berbagi pulau dengan penduduk lain, alias khusus wisata.

Dan kalau mau menginap paling hemat , TemenAip bisa berkemah. Ada beberapa pulau dimana Kita bisa berkemah, tapi memang ada lokasinya khusus dan harus meminta izin terlebih dahulu.

Kegiatan Di Kepulauan Seribu

Ngapain aja sih Kepulauan Seribu ? Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di Kepulauan Seribu. Mulai dari berenang, olah raga air, snorkelling, diving,island hopping, aneka macam permainan air seperti banana boat, jetski, dll. Bersepeda , beberapa pulau bisa main sepeda, ada penyewaan sepeda dan bisa keliling pulau tergantung medannya.


⁣Sekarang mari Kita bahas, 5 Pulau Rekomendasi di Kepulauan Seribu !



Pulau Semak Daun⁣


Pulau ini tidak berpenghuni, suasananya asri, pantainya bersih, seru buat main air dan leyeh-leyeh di Pantai. Kalau mau kesini biasanya berangkat dari Pulau Pramuka. Ada paket Island Hopping dari Pulau Pramuka. Katanya disini bisa berkemah juga. Ada fasilitas toilet disini, jadi gak perlu kubur-kubur di pasir kayak kucing. Hehehe.

Saya sih tidak menyarankan menginap disini, tapi kalau mau leyeyh-leyeh seharian boleh juga, tapi pastikan bawa bekal makanan dan minum ya. Bawa juga semprotan anti serangga. Plus sunblock ya, biar gak gosong.

Enak banget kalau suasana pulau disini adem ayem, santai, Berasa pulau pribadi. Kecuali kalau ada pengunjung lainnya.

Dari dermaga udah berasa keindahan pulau ini karena airnya yang hijau tosca, kelilingan disini juga ga lelah karena pulaunya kecil. Yang pasti bisa bersantai ria disini.


Pulau Pramuka



Pulau Pramuka adalah salah satu pulau utama di Kepulauan Seribu. Penduduknya banyak. Disini kita bisa menemui beberapa penginapan, rumah makan. dan menjadi pulau teladan yg ramah lingkungan & pariwisata.

Pulau Pramuka adalah salah satu pulau di Kepualau Seribu yang pertama Saya datangi di awal 2000 an, dulu kondisinya tidak terlalu tertib seperti sekarang. ekarang lebih rapi, bersih dan menyenangkan buat turis. Kita bisa mengelilingi pulau naik sepeda atau berjalan kaki untuk melihat banyak hal.

Di Pulau Pramuka kita bisa melihat penangkaran penyu, rehabilitasi mangrove,. Bisa juga island hopping dari sini sambil mengunjungi beberapa spot snorkeling. ⁣

Mau jajan juga disini banyak yang jualan, jadi soal perut terjaga banget asal bawa uangnya.



Pulau Payung⁣


Pulau Payung tetanggaan sama Pulau Tidung. Lokasinya dekat banget kok. tapi Pulau Payung tidak sepadat Pulau Tidung yang memang menjadi destinasi turis di Kepulauan Seribu.

Pulau Payung adalah pualu yang berpenghuni, dimana disini kita bisa menginap di rumah warga. Disini juga ada lahan buat berkemah. Ada warung tempat kia bisa jajan. ada warung bakso juga. poin plus.

Kegiatan di Pulau Payung adalah berenang, lalu bisa snorkeling di Pulau Payung kecil. Biota lautnya cukup bagus, terumbu karang dan ikan-ikannya cukup sehat untuk kita lihat selama snorkelling.

Bonusnya di pulau ini Kita bisa berenang di Danau Asmara yang keren. Kayak lagoon gitu. Berasa danau pribadi karena sepi.⁣

Kalau mau baca lebih lengkap soal Pulau Payung bisa dibaca di :



Pulau Pari⁣


Pulau Pari relatif dekat dari Jakarta. Mau nginep atau main sehari juga bisa. Pulau Pari adalah salah satu pulau yang berpenghuni. Positifnya, banyak yang jualan makanan dan ada penginapan. Jadi soal kehidupan nggak ribet kalau disini.

Main di sekita dermaga cukup seru, tapi kalau mau ke pantainya sebaiknya naik odong-odong biar gak capek.

Highlight main ke Pantai Pasir Putih Perawan yang pasirnya bersih kontras dengan air laut hijau toska. Ideal buat main air sama keluarga. Menyenangkan sekali main disini, tapi konsekuensinya kalau siang panas banget. Jadi berteduhlah di beberapa gubuk disana , bisa juga di pepohonan di sekitar pantai.

Kegiatan disini bisa main air, berenang, snorkelling, main kayak. Sesuai kemauan dan kebutuhan.

Kalau mau nonton videonya, silakan lho ya.



Pulau Bidadari


Ini adalah Pulau terdekat dari Ancol. Sekarang sudah dipercantik menjadi sebuah resort. Mau day trip juga bisa. Disini ada benteng peninggalan Zaman Belanda, dan ada fasilitas watersport yg komplit. Mau santai di infinity poolnya juga bisa. ⁣

Resort disini punya beberapa bangunan penginapan baru. Yang seru kamar-kamarnya diatur dengan nama-nama daerah di Jakarta seperti Gambir, Cikini dan lain-lain.

Bangunannya juga macam-macam desainnya, mulai dari modern , tradisional, kita tinggal pilih sesuai bujet dan preferensinya.

Karena sebuah resort, otomatis pengunjungnya hanya Kita saja. Kita bebas mengesplorasi pulau Bidadari sesuai keinginan Kita.

Ada sebuah restoran yang cukup besar disini. Ada Kolam renangnya yang menghadap laut, keren banget.

Silakan ditonton videonya , waktu itu sekalian staycation di Ancol, main ke Pulau Bidadari.



Nah, demikian Rekomendasi 5 Pulau di Kepulauan Seribu. #TemenAip mau ke pulau yang mana? ⁣

15 comments

  1. Saya beberapa kali mikir, dari lahir sampai sekarang di Jakarta. Tetapi, kok ya gak pernah kepikiran untuk jalan-jalan ke kepulauan Seribu. Padahal banyak tempat yang bagus. Bener-bener harus saya agendakan nih untuk liburan ke sini

  2. Dulu banget pernah ke Pulau Pramuka buat nanem pohon bakau kalo gak salah, tapi udah lupa gimana keindahannya. Haha. Harus main-main ke sana lagi kayaknya. Ini bisa jadi alternatif kalo pengin jalan-jalan tapi belum bisa yang jauh-jauh, nih.

  3. Aku pikir yang namanya Kepulauan Seribu, bener-bener seribu doonk…jumlahnya.
    hihii~
    Aga serem gak siih…kalau ke Pulau Tak Berpenghuni?
    Aku uda bikin planning niih…mau juga main ke Pulau Seribu. Mungkin dimulai dari yang paling femes dulu yaa…

  4. Kalau piknik di tempat sepi begini sih aman ya Kang Aip, pengen banget ajak bocahku mantai tapi khawatir..pulau seribu aku belum pernah, cakepnyaa..

  5. Cakep banget ya pasir putih, langit biru, laut bersih..aku belum pernah ke Pulau Seribu, pilu yaa hihi semoga ada kesempatan setelah pandemi aamiin!

  6. bucket list aku yang belum kesampaian nih…
    padahal pulau paling deket yg bs ditempuh tp blom pernah ke sana..
    duuh makin mupeng nih baca reviewnya mas arif..
    kenapa jauh2 ke pulau2 di Indonesia timur yaa..yang deket dr Jakarta aku blom pernah
    klo masa pandemi gini ke sana spt apa ya?

  7. jadi ngiler dan pengen banget ke sana gitu minimal 2 hari semalam biar bisa menikmati keindahan secara keseluruhan
    makasih infonya dn wajib bookmark ini

  8. Ahaa..aku jadi rindu island Hopping lagi
    Menikmati debur ombak dan berjalan diatas pasirnya yg halus. Aku ke semak daun gagal terus, ada aja halangannya
    Biasanya camping disana

  9. Satupun belum pernah saya kunjungi pulau-pulau di Kep Seribu ini.
    Sebelum pandemi ada saja halangan buat ke sananya.
    Baca di sini saya jadi menikmati setiap pulau yang dijabarkan. Sangat tertarik ke semuanya terutama Pulau Bidadari yang resort nya beragam 🙂

  10. ke kepulauan seribu tahun 2011 dan terakhir tahun 2016 kayaknya, udah banyak yang berubah kak, apalagi sekarang ya sudah 4 tahun juga gak ke sana, pasti banyak yang baru, mau ke sana lagi lah tar selesai pandemi ini, pantai terdekat yang dapat di jangkau di Jakarta. suka banget sama air lautnya yang toscam, ajak aku jalan-jalan kak Arief

  11. Pengen banget ke Kepulauan Seribu, tapi selalu ngak kesampean hehe ada aja kendala nya. Untung ada rekomendasi pulau-pulau dari Mas Arief nih, jadi gak perlu bingung pas mau ke sana. Semoga segera terealisasi untuk pergi ke Kepulauan seribu bareng temen2, udah ngebayangin bakal se happy apa nanti di sana hehe 😉

  12. Waaah, kebetulan bahas2 pulau2 di Kep seribu mas. Agustus akhir besok aku plan ke pulau seribu, tp mau stay di pulau Macan. Aku sengaja pilih yg macan, Krn penginapannya yg lgs di atas air kan terpisah yaaa, LBH private. Jd ngerasa aman aja ga gabung Ama tamu lain :D.

    Sebenernya ini Krn udh suntuk super duper ga bisa traveling mas, makanya cari tempat yg sepii, tapi seru utk kluarga :). Dan aku blm berani utk naik pesawat soalnya. Sementara kalo pulau macan kan speed boatny juga bisa disewa private , biar ga nyampur :D.

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.