Hello TemenAip apa kabar ? Selama ini senang sharing pengalaman #Aiptrip ke berbagai tempat wisata. Utamanya di Indonesia sih. Pernah juga beberapa kali ke luar negeri. Kali ini Kita bahas Aiprip Indonesia aja dulu.

Tulisan kali ini juga mau sharing, Ariefpokto.com pernah kemana aja sih #Aiptripnya. Selain buat sharing, juga buat reminder, pernah kemana aja selama ini. Disini ditulis singkat aja dulu, karena bisa banyak banget kalau detail.

Sumatera

Duh kalau mendengar kata Indonesia , hati ini selalu membuncah gembira dan penuh pengharapan. Indonesia itu luas dan beragam banget. Mau apa aja ada. Pantai, gunung, laut, budaya, kuliner, kota, sejarah, apa aja ada.

Sejak kecil Saya memang sudah diajak keliling Indonesia oleh orang tua. Karena pegawai negeri yang harus siap ditempatkan dimana  saja. Jadi dari kecil sudah merasakan jalan trans Sumatera. Perjalanan memakai mobil pribadi dari Bandung saat pindah ke Medan. Soalnya naik pesawat mahal banget. Tapi Alhamdulillah jadi pernah menjelajahi Pulau Andalas ini.

Mulai dari Lampung , Jambi, Sumatera Selatan , Bengkulu, Riau, Sumatera Utara terlewati pas pulang pergi ke tempat tugas dan pas pulang kampung.

Dulu sempat kesal sih karena harus berlama-lama di  mobil, tapi akhirnya terbiasa dan malah jadi senang. Karena selalu menyempatkan berhenti di tempat wisata di sepanjang jalan. Jadi tahu jembatan Ampera, Danau Singkarak, Danau Toba dan banyak lagi.

Jaman dulu lewat jalur Trans Sumatera beda banget sama zaman sekarang. Dulu kalau malam disarankan berhenti dulu, karena pernah kejadian di sekitar Bengkulu, ada harimau nyebrang di jalanan , atau rombongan babi hutan lewat, karena waktu kondisinya masih rawan.

Hampir semua wilayah di Sumatera sudah Saya datangi. Kecuali Sibolga. Belum pernah dapat kesempatan pergi kesana. Waktu tinggal di Medan sempat ke Aceh, dan juga beberapa tempat lain seperti Asahan. Waktu tinggal di Kota Padang juga sempat menjelajahi wilayah Sumatera Barat. Begitu pula pas di Pekanbaru sempat menelusuri tamaddun Melayu, yang tulisannya sampai sekarang masih berupa draft.

Paling yang pengen dijelajahi itu adalah Kepulauan Riau. Saya baru pernah ke Pulau Batam, tapi kepulauan Anambas , Natuna dll belum pernah. Banyak faktornya, mulai dari scheduling, tapi paling sering financing. Hahaha. Memang belum rejeki aja sih. Semoga semua nanti bisa didatangi ya.

Pulau Sumatera itu seperti rumah kedua buat Saya. Banyak banget kenangan manis masa kecil disana.

Jawa

Nah kalau Pulau Jawa sudah menjelajahi semua provinsinya. Mungkin ada beberapa kota yang belum pernah didatangi, tapi minimal pernah lewat.

Keluarga Kami sering main ke Banten, selain main ke Pantai Carita, juga mengunjungi salah satu pemuka agama disana. Bonusnya kulineran khas Banten seperti Rabeg , Sate Bandeng , lalu ada restoran seafood Bu Entin favorit. Dulu juga pernah ke Sawarna. Belum pernah share disini sih. Mungkin harus ditulis juga ya ?

Kalau Jakarta udah ga usah disebut lagi lah ya. Saya cinta Ibukota kita dengan segala isinya. Jakarta itu selalu ngangenin dengan selalu kelebihan dan kekuarangannya.

Kalau Jawa Barat, karena Saya orang Sunda, hampir semua juga pernah dijelajahi, mulai dari Bandung, Cianjur, Kuningan, Subang, Cirebon, Majalengka, Sukabumi dan lain-lain. Cuman Saya juga jarang nulis disini ya. Paling sering sekarang nulis soal Tasikmalaya sih, Kota Kelahiran.

Jawa Tengah adalah satu wilayah di Pulau Jawa yang paling jarang saya eksplor, makanya saat ada acara jalan-jalan kesana sebisa mungkin Saya ikutan.  Karena buat Saya , provinsi ini adalah daerah yang dilewati saja, padahal potensi wisatanya banyak juga.

Jogjakarta adalah provinsi yang selalu memiliki tempat di hati Saya. Sejak kecil dulu suka diajak kesana, ke Malioboro, Kraton , Pantai Parang Tritis. Dan ternyata Jogja ga hanya itu saja, selalu ada sesuatu yang baru dan menarik di Jogja. Terakhir kesana datang ke Lava Bantal, Rumah Teletubies, Candi ijo dll.

Jawa Timur juga menarik hati Saya. Pas tinggal di  Surabaya agak menyesal kurang eksplor Jawa Timur hanya focus pada kehidupan metropolitan Surabaya, halah. Atau paling ke Malang, Bromo lalu ke Dieng. Padahal masih banyak tempat wisata d Jawa Timur yang saya baru tahu belakangan, seperti Banyuwangi yang Majestic . Lumajang, Jember , Pacitan dan banyak lagi.

Bali &