Hello TemenAip apa kabar ? Selama ini senang sharing pengalaman #Aiptrip ke berbagai tempat wisata. Utamanya di Indonesia sih. Pernah juga beberapa kali ke luar negeri. Kali ini Kita bahas Aiprip Indonesia aja dulu.

Tulisan kali ini juga mau sharing, Ariefpokto.com pernah kemana aja sih #Aiptripnya. Selain buat sharing, juga buat reminder, pernah kemana aja selama ini. Disini ditulis singkat aja dulu, karena bisa banyak banget kalau detail.

Sumatera

Duh kalau mendengar kata Indonesia , hati ini selalu membuncah gembira dan penuh pengharapan. Indonesia itu luas dan beragam banget. Mau apa aja ada. Pantai, gunung, laut, budaya, kuliner, kota, sejarah, apa aja ada.

Sejak kecil Saya memang sudah diajak keliling Indonesia oleh orang tua. Karena pegawai negeri yang harus siap ditempatkan dimana  saja. Jadi dari kecil sudah merasakan jalan trans Sumatera. Perjalanan memakai mobil pribadi dari Bandung saat pindah ke Medan. Soalnya naik pesawat mahal banget. Tapi Alhamdulillah jadi pernah menjelajahi Pulau Andalas ini.

Mulai dari Lampung , Jambi, Sumatera Selatan , Bengkulu, Riau, Sumatera Utara terlewati pas pulang pergi ke tempat tugas dan pas pulang kampung.

Dulu sempat kesal sih karena harus berlama-lama di  mobil, tapi akhirnya terbiasa dan malah jadi senang. Karena selalu menyempatkan berhenti di tempat wisata di sepanjang jalan. Jadi tahu jembatan Ampera, Danau Singkarak, Danau Toba dan banyak lagi.

Jaman dulu lewat jalur Trans Sumatera beda banget sama zaman sekarang. Dulu kalau malam disarankan berhenti dulu, karena pernah kejadian di sekitar Bengkulu, ada harimau nyebrang di jalanan , atau rombongan babi hutan lewat, karena waktu kondisinya masih rawan.

Hampir semua wilayah di Sumatera sudah Saya datangi. Kecuali Sibolga. Belum pernah dapat kesempatan pergi kesana. Waktu tinggal di Medan sempat ke Aceh, dan juga beberapa tempat lain seperti Asahan. Waktu tinggal di Kota Padang juga sempat menjelajahi wilayah Sumatera Barat. Begitu pula pas di Pekanbaru sempat menelusuri tamaddun Melayu, yang tulisannya sampai sekarang masih berupa draft.

Paling yang pengen dijelajahi itu adalah Kepulauan Riau. Saya baru pernah ke Pulau Batam, tapi kepulauan Anambas , Natuna dll belum pernah. Banyak faktornya, mulai dari scheduling, tapi paling sering financing. Hahaha. Memang belum rejeki aja sih. Semoga semua nanti bisa didatangi ya.

Pulau Sumatera itu seperti rumah kedua buat Saya. Banyak banget kenangan manis masa kecil disana.

Jawa

Nah kalau Pulau Jawa sudah menjelajahi semua provinsinya. Mungkin ada beberapa kota yang belum pernah didatangi, tapi minimal pernah lewat.

Keluarga Kami sering main ke Banten, selain main ke Pantai Carita, juga mengunjungi salah satu pemuka agama disana. Bonusnya kulineran khas Banten seperti Rabeg , Sate Bandeng , lalu ada restoran seafood Bu Entin favorit. Dulu juga pernah ke Sawarna. Belum pernah share disini sih. Mungkin harus ditulis juga ya ?

Kalau Jakarta udah ga usah disebut lagi lah ya. Saya cinta Ibukota kita dengan segala isinya. Jakarta itu selalu ngangenin dengan selalu kelebihan dan kekuarangannya.

Kalau Jawa Barat, karena Saya orang Sunda, hampir semua juga pernah dijelajahi, mulai dari Bandung, Cianjur, Kuningan, Subang, Cirebon, Majalengka, Sukabumi dan lain-lain. Cuman Saya juga jarang nulis disini ya. Paling sering sekarang nulis soal Tasikmalaya sih, Kota Kelahiran.

Jawa Tengah adalah satu wilayah di Pulau Jawa yang paling jarang saya eksplor, makanya saat ada acara jalan-jalan kesana sebisa mungkin Saya ikutan.  Karena buat Saya , provinsi ini adalah daerah yang dilewati saja, padahal potensi wisatanya banyak juga.

Jogjakarta adalah provinsi yang selalu memiliki tempat di hati Saya. Sejak kecil dulu suka diajak kesana, ke Malioboro, Kraton , Pantai Parang Tritis. Dan ternyata Jogja ga hanya itu saja, selalu ada sesuatu yang baru dan menarik di Jogja. Terakhir kesana datang ke Lava Bantal, Rumah Teletubies, Candi ijo dll.

Jawa Timur juga menarik hati Saya. Pas tinggal di  Surabaya agak menyesal kurang eksplor Jawa Timur hanya focus pada kehidupan metropolitan Surabaya, halah. Atau paling ke Malang, Bromo lalu ke Dieng. Padahal masih banyak tempat wisata d Jawa Timur yang saya baru tahu belakangan, seperti Banyuwangi yang Majestic . Lumajang, Jember , Pacitan dan banyak lagi.

Bali & Nusa Tenggara

Terus terang Saya ga ke Bali tiap tahun, liat bujet dan waktunya. Tapi Saya selalu senang kalau ke Bali.  Bali itu atmosfernya beda banget. Pas menapakkan tanah di bandara Ngurah Rai atau di Pelabuhan Gilimanuk, dari udaranya aja udah beda. Bukan hanya factor cuaca, tapi Saya merasakan suasana yang amat berbeda dibanding Pulau Jawa. Selalu senang ke pantai, ke sawah.  Sejujurnya Saya jarang nongkrong di club atau apa, lebih suka yang sepi-sepi hahah. Kalau ke Bali pasti ke Mak Beng di Sanur , karena Sop Ikannya enak banget. Selain itu entah kenapa Saya suka mempir juga ke KFC Sanur.

Welcome to Menjangan Island

Nusa Tenggara Barat

Pengalaman  Saya ke NTB cukup epic, karena Saya kesana berkat menang lomba menulis sebuah perusahaan tambang disana. Mereka membebaskan Saya menulis apa saja yang Saya lihat disana tanpa filter. Selama 9 hari Saya merasakan bagaimana tinggal di pertambangan yang ternyata tidak seseram yang Saya kira. Malah enak karena semua serba bersih dan teratur, terus makanannya enak-enak. Bonusnya sering main ke pantai di Sumbawa Barat yang keren-keren.

Nusa Tenggara Timur

Bapak Saya pernah bertugas di Kupang. Tapi karena biaya pindah yang mahal waktu itu, diputuskan Kami tinggal di Jakarta saja. Ibu dan Abang Saya pernah berkunjung beberapa kali. Tapi yang lain belum karena memang biayanya mahal waktu itu.

Akhirnya Saya pergi sendiri kesana. Dibayarin lagi sama Adira Finance, Makasih banget lho, seneng banget aku tuh. Bisa main ke Labuan Bajo, ketemu Komodo , Manta Ray, main Ke Pulau Padar, Pink Beach dll. Sebuah pengalaman yang menyenangkan, semoga terulang. Eh, Amin.

Kalimantan

Kami dulu pernah tinggal di Balikpapan. Kalimantan Timur. I love that city. Mau apa juga ada. Gunung, Mall, kuliner, pantai, tempat gaul dll. Sempat juga main ke Bontang, Tenggarong, Samarinda. Kalimantan Timur itu keren banget. Selain kaya akan sumber daya, kemajuannya juga cukup pesat. Cuman Saya menyesal belum ke Derawan, masuk bucket list Saya pokoknya.

Kalimantan Selatan

Saya pernah ke Banjarmasin mengunjungi Tante yang menikah dengan orang Banjar. Menarik juga menelusuri Banjarmasin yang memang hidup dari sungai. Seru melihat pasar terapung, beli buah kesturi, sayur mayur dll. Terus masakan apa-apa dikasi ikan. Sampai sayur asem dikasi ikan haruan. Enak sih. Di tempat tante saya, di daerah Ratu Zaleha, kalau perlu ikan tinggal lempar kali di dapur, soalnya dibawahnya rawa-rawa. Ditinggal sebentar, udah strike ikan gabus dua ekor. Mantap kan.

Kalimantan Barat

Dulu Saya sempat tinggal di Pontianak kira-kira sebulan pas Liburan mengunjungi Ayah yang bertugas disana. Memory yang diingat adalah beliau sering membeli guci-guci antic yang sering dibawa orang Dayak ke rumah. Cukup banyak aneka motif. Terus suka dikasih ikan Arawana sama teman-temannya. Yang heboh waktu itu ada Arawana mati, karena sayang akhirnya di goreng. Waw banget rasanya makan ikan mahal.

Di Pontianak pula pertama kali saya pergi ke luar negeri. Eh mewah. Ya mewah buat saya waktu itu, cuman perjalanan cukup mengesankan karena lama dan berliku. Jadi kita pergi ke Kuching, negara bagian Sarawak menumpangi bis Damri selama 16 jam melewati jalan buruk, perbatasan Entikong, hutan belantara, sampai akhirnya tiba di Malaysia. Di jalan heboh banget karena bis sempat slp di hutan, dan para penumpang harus turun dan Saya bantu dorong. Auto belepotan lumpur dong ya. Hahaha.

Provinsi yang belum pernah Saya kunjungi di Borneo adalah Kalimantan Tengah dan Kaltara. Sedih sih, karena ke Brunei dan Kuching Saya udah pernah. Semoga ada umur dan rejekinya ya.

Sulawesi

Dulu tiap tahun Saya ke Pulau Sulawesi. Untuk pekerjaan, kondangan , undangan dan pekerjaan. Setiap kunjungannya menyenangkan dan mengesankan.

Sulawesi Selatan

Saya pergi ke Makassar buat menghadiri kondangan. Sekalian kuliner. Duh makanan di Makassar enak-enak, ga kuat. Mesti stay lebih lama buat menjelajahi semuanya. Mulai dari Coto, Konro, Jalangkote semua dicobain. Apalagi seafoodnya Ya Allah, enak-enak. Orang Makassar jagoan banget masak seafood deh.

Sempat juga mengunjungi Benteng , lalu jalan-jalan ke  Bantimurung. Tapi karena keterbatasan waktu gak sempet ke Tana Toraja dan Tanjung Bira padahal pengen.

Sulawesi Tengah

Pada tahun 2015 dalam rangka pekerjaan Saya pergi ke Palu. Setelah kerjaan beres Saya minta extend sama bos. Buat jalan-jalan ke Donggala. Selain kelilinng Kota Palu dan ketemu teman lama disana, Saya juga sempat mencicip Sop Kaledo. Di Donggala Saya main ke Pantai Tanjung Karang yang pasirnya putih banget dan bersih, bermewah-mewah menyewa Catamaran sendiri, melihat alam bawah laut dari lantai kaca perahu itu. lalu ke Pusat Laut yang keren. Bayangin ada gua berisi air laut dan dihuni biota laut. Di saat ini pula Saya sadar kalau mau ngirit sebaiknya pergi rame-rame sama teman buat share cost. Lumayan kak nyewa mobil terus catamaran sendiri. Hahaha. Auto bokek pulang dari Palu. Belum bosnya agak bete pas lihat socmed kok seru amat main ke pantai ga ngajak-ngajak. Wkwkwkwk

Sulawesi Utara

2016 , karena rajin dan aktif bersosmed Saya mendapat kesempatan pergi ke Menado. Aduh entah kenapa betah amat di Menado. Selain deket laut dan Bunaken, pemandangan Gunung Klabat yang selalu menyapa di pagi hari, makanannya enak-enak, orangnya juga bening-bening.

Selama di Sulawesi Utara, Saya juga diajak ke Minahasa Tenggara melihat bekas tambang yang dikembalikan fungsinya menjadi Kebun Raya. Jadi naik Jip, masuk hutan , sempet disorientasi dan cerewet willayah tambangnya mana. Padahal hutan itulah dulu bekas wilayah tambang.

terus Sempat juga main ke Danau Linow yang unik, dimana danau ini adalah fenomena Geologi yang istimewa. Warnanya bisa berubah warna. Tapi dominannya hijau , cantik sekali

Gorontalo

Nah AIptrip Ke Gorontalo dalam misi memperkenalkan Kabupaten Pohuwato Goes Digital. Selain keren karena semua serba online, ternyata Pohuwato juga punya banyak tempat menarik, seperti Pantai Marisa , Kita bisa melihat pengolaha kopra, lalu ke Kampung Suu Bajo di Torosiaje. Keren banget. Kami menginap di kampung itu dan sempat melihat kehidupan mereka sehari.

#Aiptrip ke Pulau Lahe Gorontalo

Masih banyak Provinsi di Indonesia yang ingin Saya kunjungi seperti Maluku , Papua, Papua Barat. Wilayah Indonesia Timur belum terjelajahi semua. Semoga dengan tulisan ini bisa jadi doa dan motivasi semoga seluruh Indonesia bisa Saya datangi, untuk mengapresiasinya , menikmatinya, dan membagikannya dengan TemenAip semuanya.

8 comments

  1. Masya Allah.
    Berasa jalan-ajalan akutu.

    Tambah cinta juga sama destinasi Indonesia.
    Ternyata masih banyak destinasi yang belum aku kunjungi.

    Belum ada apa-apanya, perjalananku dibanding Kang Aip.
    Masih retjeh lah.

    Kalau trip ke Derawan, pastikan hoping island ke Kakaban, Sangalaki, Maratua dan Labuan Cermin ya.
    Buat pemanasan boleh nih mampir di blog, kecuali kisah Labuan Cermin yang belum ada.

    Ditunggu di pengkolan ya, hahaha.

  2. Mantap banget Kang Aip, udah menjelajah beberapa provinsi di Indonesia!
    Sayangnya waktu ke Makassar kita belum kenal ya, jadinya gak ketemuan deh.

    Artikel ini menginspirasi saya untuk menulis yang sama, walopun saya masih dikit aja yang pernah dikunjungi, hehe…

  3. aih kak arief keren ih udah kemana-mana niy, wah pengalamannya keren, berarti udah hampir semua provinsi di Indonesia ya, kapan-kapan ajak jalan dong kak kita trip bareng hehehehe, senang banget pastinya udah banyak tahu tentang adat, budaya, makanan, dan keindahan setiap provinsi di Indonesia, btw paling indah yang pernah dikunjungi kota atau provinsi mana kak? yang sampai pengen balik lagi atau pengen tinggal di sana?

  4. Waaah Sibolga malah kampung halamanku mas :D. Hrs datang kesana kapan2, dan kalo bisa road trip. Ngelewatin batu lubang dan kelokan seribu dari Tarutung sampe Sibolga, itu ngeri2 sedaap hahahahah. 2 jam full ga brenti, kelokan semuaaaa :D. Kelok 44 mah ga ada apa2nya :p.

    Walopun org Sumatra, tp aku malah blm prnh bener2 road trip dari ujung ke ujung utk Sumatra. Blm berani aja sih, apalagi ingetnya banyak bajing lompat, dan makan waktu lama sementara cuti kan terbatas.

    Jd blm semua kota di Sumatra aku datangin. Lebih banyak Jawa Krn suamiku org solo. Jd kita pernah road trip sampe Surabaya waktu itu.

    Sulawesi baru Makasar Thok. Sementara Kalimantan aku pernah datangin, tp bukan kota2 Indonesianya, malah ke Brunei Darussalam.

    Papua ga usah tanya. Selama tiket PP nya msh lebih mahal drpd ke Jepang, kayaknya aku blm ada niat kesana hihihihi..

    Sbnrnya itu sih alasan kenapa aku LBH banyak trveling LN drpd domestik. Faktor tiket yg mahal, ditambah cuaca indonesia yg terlalu panas, sementara aku gampang sakit kalo terlalu lama kena matahari :(. Tapi aku slalu pengen suatu saat bisa jelajah negeri sendiri, trutama, aku pgn eksplor kuliner nya yang enak2 :D.

  5. Baca daftar trip Kang Aip di Indonesia, benaran dah bikin kangen jalan-jalan. menurut para penjelajah Indonesia itu tidak akan habis walau kita jelajahi seumur hidup. Karena terlalu banyak destinasi destinasi menarik yang perlu kita eksplorasi

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.