Hello TemenAip Apa Kabar ? Semoga semuanya sehat di saat seperti ini. Oiya biasanya setiap tahun Saya menghadiri Festival Pesona Lokal yang diadakan Adira Finance. Tapi karena suasana pandemic tidak cocok untuk orang berkumpul dalam jumlah banyak. Adira Finance muncul dengan ide brilian menghadirkan Festival Kreatif Lokal 2020 !

Pada tanggal  27 Agustus 2020 diadakan Press Conference  Festival Kreatif Lokal 2020 yang dilakukan secara online, dihadiri oleh Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Wishnutama Subandrio , Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli, Donni Gandamana, Direktur Adira Insurance, Swandayani Gunadi DIrektur SDM & Marketing Adira Finance, Nia Niscaya , Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI & Sutanto Hartono, COO Emtek.

Kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020 ini didukung penuh oleh  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing pelaku usaha UKM ekonomi kreatif dan generasi muda sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Festival Kreatif Lokal ini menyesuaikan banget dengan situasi pandemi karena semua serba online dan social distancing.

penandatangan nota kesepahaman

Festival Kreatif Lokal 2020

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah rangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun Adira Finance ke-30 yang meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal.

Kreatif Lokal Award adalah sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya.

Kreatif Lokal Award merupakan ajang pemilihan calon UKM terbaik yang berasal dari 1000 UKM dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum.

Ajang ini mencari 18 brand pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Hadiah Kreatif Lokal Award

Pemenang Kreatif Lokal Award akan mendapatkan modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online ekslusif di Bukalapak, serta paparan di media mengenai produk dan usaha mereka.

Cara Mendaftar Kreatif Lokal Award

Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite Festival Kreatif Lokal 2020 di alamat bit.ly/festivalkreatiflokal

Ikuti saja petunjuk di laman tersebut untuk mengikuti Kreatif Lokal Award.. Penjurian dilakukan secara online.

Nantinya akan ada 40 semifinalis dan 18 pemenang dari 6 Kategori Utama. Yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Kriteria UKM yang bisa berpartisipasi adalah

  1. Sudah berjalan selama 1 tahun
  2. Sudah Go DIgital
  3. Punya Akun media sosial
  4. Termasuk dalam kategori Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Pengumuman Pemenang Kreatif Lokal Award

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award akan diadakan pada bulan November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30. Acara Kreatif Lokal Awarding Night tersebut akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti creative conference dari pembicara ternama, pakar di bidang industri kreatif dan pembicara internasional.

Konser Kreatif Lokal

 Pada akhir Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada bulan Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori, serta Konser Amal bersama artis ternama Indonesia untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terkena dampak pandemi.

Jadi TemenaAip yang merupakan seorang atau group creativepreneur yang punya UKM dengan kategori 6 seperti di atas bisa ikutan Kreatif Lokal Award.

Hadiahnya lumayan banget lho, terus bisa dapat business coacing, exposure media dan juga toko sendiri di bukalapak. Bisa membuka banyak jalan banget ini.

Silakan pada daftar ya.

8 comments

  1. Waaah, ketinggalan info aku nih, aku lagi merintis usaha kuliner dari rumah dan pengen banget bisa ikutan event yang bisa mengimproove usahaku ini. Tapi, makasih infonya ya mas Aip, semoga besok-besok ga ketinggalan info lagi

  2. Bagus sekali acaranya yaa..mendorong dan memberi wadah untuk para UMKM agar usahanya semakin berkembang.
    Semoga meski di masa pandemi, roda perekonomian tetap berjalan dengan baik dengan memanfaatkan teknologi.

  3. Festival Kreatif Lokal ini bermanfaat banget bagi para UMKM ya. Baik yang baru mulai maupun yang sudah lama. Seperti kita tahu UMKM itu biasanya kekurangan banyak sumberdaya. Kalau ada pendampingan akan membuka jalan bagi mereka mengembangkan usaha. Dengan begitu akan merekrut lebih banyak tenaga kerja lagi

  4. wah seru kayaknya ya acaranya, pengen ikutan sayangnya usahanya masih di bawah 1 tahun, belum memenuhi kriterianya, semoga tahun depan bisa ikutan deh. btw sukses selalu acaranya ya Adira, Finance ini menjadi inspirasi dan dapat mendorong UKM lebih semangat mengembangkan usahanya

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.