Hello TemenAip Apa Kabar ? Mau nanya , siapa disini yang pernah kena permasalahan Common Name atau kena Random Check di Imigrasi Singapura ? Saya sering !

Hahahaha

Setiap tahunnya saya bisa 2 atau 3 kali bepergian ke Singapura. Ada beberapa urusan, tapi yang utama adalah mengantarkan orang tua check up kesehatan ke salah satu klinik di Gleneagles Hospital di Napier Road.

Changi Airport adalah pintu gerbang utama masuk ke Singapura. Dan setiap kesana, Saya biasanya kena random check dan permasalahan Common Name.

Jadi pas mendarat di Changi setelah mengisi kartu kedatangan dan mengantri di Imigrasi , biasanya pegawai Imigrasi Singapura akan meminta Saya untuk mendatangi ruang khusus, tidak boleh keluar dulu dan dipisahkan dari penumpang lainnya. Takut ? Yaiyalah, tapi karena sudah biasa, jadi lebih percaya diri.

Dalam kasus Saya, dari 10 kali ke Singapura, 8 kali kena random check atau masalah Common Name.

Makanya nulis ini buat berbagi pengalaman dan tips kalau TemenAip mengalami hal yang sama. Tapi sebelumnya mari kita bahas dulu Apa itu Common Name & Random Check.

Common Name

Common Name sendiri artinya nama yang umum alias pasaran. Jadi setelah bertahun-tahun kena check imigrasi Singapura, Saya menyimpulkan kalau nama saya terlalu pasaran.

Lho emang masalah ?

Yaiya kalau disana. Jadi nama Saya Arief Rachman, bagus Namanya , tapi tiap RT ada. Nah masalahnya, ada seorang Arief Rachman lain yang bermasalah di Singapura. Jadi aja , tiap Arief Rachman masuk diperiksa demi keamanan mereka.

Nama lain yang bermasalah adalah nama dengan satu suku kata. Kayak Suhandoyo , Susi. Kan ada orang Indonesia yang Namanya Cuma satu . Sementara di luar negeri kan orang-orang namanya pakai marga. Jadi ga satu suku kata saja. Kalau yang muslim biasanya ada bin atau binti nama bapaknya .

Nah nama-nama yang dianggap masuk Common Name ini akan dilakukan pemeriksaan lebih menyeluruh saat masuk Imigrasi Singapura. Kalau lagi beruntung , biasanya sih nggak.

Random Check

Sebagai negara yang kita datangi,  Singapura berhak mengecek setiap orang yang masuk ke wilayahnya. Untuk alasan keamanan. Biasanya yang kena random check akan diarahkan ke ruang yang sama seperti yang kena kasus common name.

Disana Kita akan diinterview soal maksud kedatangan Kita. Lalu ditanya beberapa pertanyaan seperti di Indonesia kerjanya apa ? rumahnya dimana ? ke singapura sama siapa ?Sudah berapa kali ke Singapura ? Menginap dimana ? Tujuannya ke Singapura mau ngapain ? Sampai kapan disini ?  Sampai nanya bawa uang gak ?

Siapa aja yang kena random check ? Bisa siapa aja, Saya gak pernah melihat ada pola. Cuman suka bersimpati sama TKW atau orang tua yang kurang lancar berbahasa Inggris. Sebisa mungkin saya bantu. Tapi pegawai Imigrasi disana banyak yang bisa Bahasa Melayu juga sih, jadi harusnya lancar.

Alur Pemeriksaan Random Check atau Common Name

  1. Di loket imigrasi , Paspor ditahan, lalu Kita diminta pergi ke area atau ruangan interview
  2. Kita menunggu dipanggil untuk diwawancara
  3. Dipanggil dan diwawancara tatap mata dengan petugas imigrasi
  4. Menunggu pemeriksaan
  5. Dipanggil ke loket khusus
  6. Memasukkan data sidik jari
  7. Pengembalian Paspor
  8. Keluar dengan pintu khusus

Bagaimana Perlakuan Petugas Imigrasi Singapura Ketika Pemeriksaan Random Check Atau Common Name ?

Menurut Saya perlakuan Petugas Imigrasi Singapura pas memeriksa Kita yang kena Random Check Atau Common Name biasa saja. Mereka bertanya dengan cukup sopan, gak nyeremin atau bagaimana. Petugasnya rata-rata professional kok. Cuman memang pertanyaanya ga pakai basa-basi. Pertanyaannya juga wajar dan biasa saja.

Menurut Saya, Situasi dan kondisi yang membuat tidak nyaman, soalnya ga enak kan, orang boleh lewat, Kita tidak. Apalagi pas liat orang lain yang kena random check, suka bertanya-tanya, kenapa ya mereka kena.

Satu hal yang Saya tekankan disini. Namanya juga RANDOM. Siapapun bisa kena.

Bagaimana Menyelesaikan Permasalahan Common Name ?

Nah kalau kejadian berulang-ulang terus, gimana caranya supaya kita tidak diperiksa lagi pas kena check di Imigrasi Singapura.

Setelah berulang kali bertanya kepada para petugas disana. Cara menyelesaikan permasalahan Common Name adalah dengan mengganti nama yang tertera di Paspor. Atau menambahkan Bin atau binti nama Bapak Kita buat yang muslim. Supaya Namanya gak pasaran-pasaran amat. Dan membedakan dibandingkan dengan nama pasaran yang menjadi masalah selama ini.

Nah masalahnya tidak semudah itu mengganti nama di paspor, karena otomatis harus ganti nama di KTP, KK, dan harus dengan keputusan pengadilan.

Auto Ribet Kan ? Cuman ya gimana lagi. Kalau dalam kasus Saya, ya akhirnya pasrah aja mau diperiksa juga silakan, maksud kedatangan kita ke Singapura baik kok. Dan mereka juga tidak pernah memperlakukan Saya dengan buruk di imigrasi.

Bagaimana Menyelesaikan Permasalahan Random Check ?

Berdoa saja tidak kena random check. Cuman saran Saya kalau bepergian kemanapun, sebaiknya berpakaian rapi dan sopan. Supaya meyakinkan. Selain itu juga bikin keren dan percaya diri.

Beberapa kali pernah liat orang yang kena random check bajunya lusuh dan kurang meyakinkan. Maklum sih kalau kena random check, ini orang masuk ke Singapura punya uang gak ? Bisa membiayai dirinya sendiri kah ?

Tips Saat Kena Random Check & Common Name

  1. Persiapkan semua dokumen. Cetak. Tiket pesawat pulang , voucher hotel tempat menginap, fotokopi Paspor. Satukan dalam satu bundle biar gampang dicari. Karena biasanya akan ditanya, mana tiket pulang, dll. Jadi mudah tinggal diperlihatkan.
  2. Kalau punya nomor contact temen atau saudara di Singapura, siapkan nomernya saat diminta.
  3. Ketika kita dipisahkan karena kena random check, jangan panik. Ikuti saja arahan petugas.
  4. Sewaktu menunggu diwawancara, duduklah dengan tenang, persiapkan semua dokumen yag sekiranya bakal perlu diperlihatkan.
  5. Dilarang foto-foto di area imigrasi ! Gak perlulah selfie-selfie disini, ada larangannya.
  6. Jawablah pertanyaan petugas dengan jelas. Jangan muter-muter.
  7. Jangan protes atau membantah atau cerewet mempertanyakan kenapa Kita kena random check. Udah ikutin aja, mereka hanya melakukan prosedur kemanan saja. Kalau kita cerewet dan kurang kooperatif, prosesnya bakal lebih lama, atau lebih parah nanti malah ga boleh masuk.
  8. Bawalah kartu nama. Kalau punya, kadang mereka suka minta.
  9. Bawa Kartu Kredit atau Kartu Debit, Kalau ditanya bawa uang apa nggak, kita bisa memperlihatkan “sumber keuangan” kita
  10. Ikuti semua alur yang mereka arahkan.
  11. Bersikap sopan dan tidak berperilaku mencurigakan.

Pada akhirnya menulis ini, ingin ngasi tau, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Saat Kita masuk negara orang lain, wajib mengikuti semua aturan yang berlaku. Kita harus menghormati hukum dan aturan negara lain. Jadilah warga negara Indonesia yang baik, jangan sampai melanggar aturan negara lain kan.

Kalau kena random check jangan sedih, jangan nangis, ikuti saja alur yang mereka jalankan. Kalau lancar semuanya beres dalam waktu 20-25 menitan lah.

And do not take it personally. Itu semua hanya standard pemeriksaan keamanan mereka saja. Jadi kita harus maklum dengan semua proses ini.

Semoga artikelnya bermanfaat ya TemenAip, dan semoga kalau ke SIngapura lancar gak kena random check atau Common Name.

54 comments

  1. Bermanfaat sekali nih kang Aip, saya belum pernah ke Singapura , mudah-mudahan bisa kesana secepatnya dan karena baca ini jadi bisa lebih siap hehehe

  2. ya ampun kang, seru gini pengalamannya. Jadi pengalaman yg ga terlupakan ya. Aku tuh jadi keinget suatu hari nanti, ngajak papahku ke Singapure buat plesir pasti deh ini kena common name. Atuh da papahku namanya Maman (udah titik) paling pake bin aki aku…nuhun kang infonya sangat solutip!

  3. Makasih Infonya Kang Aip, ini beneran bermanfaat untuk yang awam sepertiku, setidaknya ada gambaran apa yang harus dilakukan kalau-kalau ngalamin kejadian serupa di kemudian hari.
    Btw, jadi keingetan teman Kantor, ada yang namanya Arif Rahman, jadi pengen kasih lihat artikel ini ke dia deh supaya dibaca, hihi.

  4. “Do not take it personally.”

    Senang sekali bisa dapat insight baru setelah membaca tulisan Ban Aiep. Nggak kebayang bakalan kayak apa kalau aku one day kena random check. jangan sampai deh.

  5. Ihhh petugas imigrasinya gimana sih. Secara mas arief udah sering ke singapur masak ga apal apal ya. Kan mas arief humble orangnya, bedalah sama arief yg diblacklist itu

  6. Kang Aip hatur nuhun ini insightful banget, tak banyak orang yang tau soal ini padahal sewaktu-waktu bisa terjadi pada siapapun.
    Nuhun juga untuk tips nya 🙂
    Moga tulisan ini viral.

  7. Waktu saya kerja di Singapura, majikan juga sering bilang, nama Indonesia banyak yg berbau muslim, itu sama dengan nama orang Melayu di Singapura. Sementara orang Melayu di Singapura biasanya menengah ke bawah suka banyak kasus-kasus…
    Nama saya yg ke Sunda sundaan ga pernah kena hehee…

  8. Bahahahm tips nomor 5 iya banget buang orang Indo. Kadang orang indo suka nggak tau tempat dan waktu soal foto-foto. Hal-hal yang nggak perlu dibanggakan kadang diunggah begitu saja.

    Untuk Random Check, saya sudah clear. Namanya random ya bisa kena siapa saja.

    Namun yang saya nggak habis pikir itu Common Name. Apa pembandingnya cuma nama dan tidak ada pembanding lain seperti negara? Misal Arief Rachman yang pernah membuat onar adalah Arief Rachman asal Malaysia. Apa iya lantas Arief Rachman yang berasal dari negara lain akan terkena imbasnya juga???

  9. Kalau untuk common name mungkin aku tidak ya..karena nama lumayan unik, tapi kalau randomcheck mungkin ya.. Hm, semoga nanti bisa setenang Kang Aip deh.. Trmksh sharing pengalaman & tips nya

  10. Aku dan suami sih belum pernah untungnya mas, tapi anakku pernah wkwkwkwkwk. Pas di Jepang, dan dia baru berumur 4 THN. Sbnrnya bukan Krn common name. Nama dia aku jamin 100% ga bakal ada yg nyamain, tapi namanya puanjaaaang yg bikin nama di pasport dan tiket pasti beda :D. Cuma kan di halaman 4 pasport udh ada tuh pengesahan dari imigrasi kalo nama anakku yg lengkap adalah ABCDE.

    Pas kena di imigrasi sih ga lama, dia bisa ngerti petugasnya. Tapi pas di counter check in, kita tertahan Ampe 1 jam, untungnya kita nginep waktu itu di bandara, Krn memang penerbangan lanjutan pagi2 buta banget.

    Trus yg kedua, anakku kena LG di imigrasi singapur. Gara2nya, foto dia beda wkwkwkwkwk. Ya Allah jelas laah beda, kan di pasport masih bayi :D. Lah pas kesana udah 4 THN an. Pasti beda mukanyaaa :D. Masa dibilang matanya ga mirip :D. Tapi akhirnya dilepas sih, setelah suami bisa menjawab semua data anak dgn benar :D.

    1. Waduh nama kepanjangan juga jadi masalah yaa.
      Kalau soal foto anak bikin bingung juga lha wong anaknya tumbuh. Beratti mesti sedia foto dia waktu seumur pas foto paspor yaa

      1. Walah saya kira yg ribet imigrasinya itu klo kita mau ke negara eropa atau Amerika. Lah di Singapura yg tetanggaan sama Indonesia juga suka ada hal2 kayak gitu ya. Wah makasih ya Mas udah sharing pengalamannya 🙂

  11. suami saya pernah kena mas. Waktu itu kita mau jalan jalan ke sentosa. Kebetulan suami baru balik dari jepang abis konference kan. Lewat changi karena waktu itu kita tinggal di johor malaysia. Jadi deket changi kan ke johor. Eh suami kena deh, diintrogasi di office. Mayan lama banget juga, 2 jam. Aku cuma cap sidik jari. Jadi gak mood jalan jalam ke singapura. Abis itu kita backlist singapura dari list jalan jalan haha

    1. Berarti kenanya di imigrasi perbatasan ama Johor ya? Saya juga pernah. Memang lebih lama. Akhirnya Saya keluarin ticket pesawat yg brgkt beberapa jam lagi. Bebas deh

  12. so far saya belum pernah mengalami sih Mas, karena nama saya tidak ada yang sama. hanya saja salah satu jariku pernah kena luka bakar dna merusak salah satu cap jariku jadi pasti akan lama sekali pada saat pengecekan cap jari, lama-lama jadi terbiasa, awal-awal suka panik sampai dikelilingi para petugas imigrasi hehehe

  13. 10 kali ke Sg dan 8 kali kena random check up. Hmmm,, Kang Aip sungguh berpengalaman. Pas awal kena gimana tu Kang Aip? Deg-degan? Sepertinya tiap ke Sg udah siap mental untuk masuk ruangan khusus yak.
    Maaf Kang Aip, mungkin aku salah satu orang yang suka penasaran, kok orang itu digeret ke ruangan khusus? Dia salah apa? Padal ya belum tentu salah, emang lagi rejeki kena random check up yak.

  14. Suamiku juga pernah kena random check ini mas di Changi tahun 2016. Mana pas sampai sana malam bawa dua anak lagi. Wah deg degan. Baru kali itu kena random check soalnya
    Biasanya lancar saja. Eh alhamdulilah gak ada sejam udah keluar. Tapi deg degannya ituu loh..

  15. Aku membayangkan, bagaimana kalau yg mengecek orangnya sama terus sama-sama ingat hahhahahaha. Memang sih, namanya juga pengecekan acak, jadi siap saja berpotensi kena. Makasih atas info pengalamannya mas

  16. Nah! Akhirnya ada tulisan ini! Sofi belum pernah kena tapi sering ke sana dengan berbeda orang ya dan selalu minimal seorang kena stop lama, pernah nunggu sampai 2 jam, kasian aja karena yang terakhir kemarin di gak pinter english jadi jawabnya kan terbata-bata. Untung bisa minta tolong petugas yang lewat dan akhirnya boleh pergi. Kalo kmrn dia karena baru pertama masuk SG, namanya hanya 1 kata jadi di passport kan diulang, trus kok beda sama aktenya. Udah feeling jd kmrn minta dia bawa copy semua pendukung ID Card. Plus dia di antrian bareng golongan orang2 tertentu yang diperhatikan. Pas ke batam, langsung udh antisipasi soalnya dia pasti kena lagi. Sungguh pengalaman yang berharga..

  17. Wah baru tahu ada yang kena random check gara-gara common name. Aku belum pernah mengalami, Kang. Mungkin karena Bapak saya emang kasih nama terlalu aneh, sampai-sampai sehari-haripun saya hanya menggunakan nama panggilan hahaha…

    Terus gak ada semacam vaksin gitu, pencegahan. Capek juga dari 10 kali ke Singapura terus 8 kali kena random checkup?

  18. Wah aku baru tau ada common name begini Mas di SG kirain di US saja krna nama tertentu. Kalau random check yah mau gmn lagi yak ehehe..

    Thank you for sharing Mas. Pengalaman yg jarang2 orng alami nih 😀

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.