Hello TemenAip ! Apa Kabar ? 2020 ini tahun yang amat berbeda. Bukan hanya buat Saya, tapi untuk seluruh dunia ! Yang pasti tahun ini aka selalu terkenang sepanjang masa. Begitu banyak bencana alam, peristiwa politik , kehilangan, kesempatan baru , destinasi baru dan banyak lagi.

ariefpokto pantai Ngalur

Januari 2020

Bayangkan, pada tanggal 1 Januari 2020, dibuka dengan banjir yang melanda rumah Kami di Jakarta, yang selama puluhan tahun tak pernah terjadi. Benar-benar peringatan alam. Air dengan cepat memasuki rumah, meja , kursi, sepatu-sepatu terendam air. Begitu pula sebuah laptop dan sebuah handphone yang waktu itu sedang ditaruh di karpet menjadi korban banjir. Yang melelahkan dari banjir bukan hanya peristiwanya, tapi juga proses beres-beresnya. Membuat jadi lebih empati kepada para korban banjir, karena Kamipun senasib jadinya.

Tapi Januari juga menjadi bulan yang menyenangkan karena bisa bepergian Bersama teman-teman ke Bogor, mengeksplorasi kuliner dan wisata Bogor http://ariefpokto.com/2020/01/24/seharian-main-di-bogor/ seru banget ternyata mengunjungi bogor menumpangi kendaraan umum secara beramai-ramai. Nyobain kulinernya lebih dekat, lalu pergi ke satu-satunnya pulau di Kota Bogor. Yap ada pulau di Bogor.

Februari

Bulan Februari , Ariefpokto.com diajak dalam kegiatan reaktivasi jalur kereta api ke Garut. Terharu juga bisa jadi bagian sejarah pembukaan jalur kereta api yang sudah 30 tahun ditutup. Melihat antusiasme penduduk Garut menyambut datangnya lagi kereta api benar-benar membahagiakan

silakan dibaca disini http://ariefpokto.com/2020/02/22/kembalinya-kereta-api-ke-garut-reaktivasi-jalur-cibatu-garut/

Yang seru lagi adalah nyobain Kereta Api Inspeksi Generasi 4 yang tidak bisa sembarang ditumpangi orang, tonton videonya di

bulan ini juga seru karena bisa berwisata ke Karawang, yang selama ini hanya dilewati via tol, tapi ternyata memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti Kompleks Candi Jiwa, Rumah Rengasdengklok, Pintu Air, dan kulineran seru seperti makan Pepes Ikan dan juga Serabi Kuntilanak

Di bulan ini juga Ariefpokto.com lebih terlibat dalam promosi Papua yang dan Maluku dimana Masyarakat adatnya, hutannya perlu dijaga dan dilestarikan. Kagum sekali mendengar cerita dan melihat foto dan video tentang Papua, Papua Barat , bisa dibaca di http://ariefpokto.com/2020/02/02/menjelajah-papua-di-outlook-econusa-2020/ Dan #AiptripPapua2020 mulai ditulis bulan ini.

Bulan Februari ini jga penting karena Ariefpokto.com terpilih sebagai salah satu Transmate , yaitu anggota komunitas yang perduli tentang transportasi di Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Salah satu tugasnya adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang segala sesuatu yang terkait dengan perkembangan transportasi di Indonesia.

Dan Alhamdulillah di bulan Februari ini travel blog tercinta ini memasuki umur 3 Tahun sejak Ariefpokto.com diluncurkan. tak terasa ya. Semoga terus maju dan berkembang memberikan informasi buat TemenAip semuanya.

Maret

Maret adalah bulan yang signifikan di 2020 buat keluarga Kami. Bulan ini kami pergi ke Tasikmalaya untuk menghadiri pernikahan sepupu. Tapi karena pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia, akhirnya Kami memutuskan untuk tinggal disana sementara untuk menghindari wabah. Siapa yang menyangka, perkiraan tadinya mau tinggal dua minggu sampai sebulan, malah jadinya tinggal selama 8 bulan. Tapi bersyukur sekali bisa menjauh dari Ibukota yang padat penduduknya.

Bulan ini pun mulai menulis pengaruh Covid-19 terhadap dunia pariwisata dan transportasi. Karena Dunia Pariwisata adalah salah satu sektor yang awalnya terdampak keras pandemi:

Sempat pula menulis soal pentingnya potret diri selama travelling, penting kan No Pic Hoax ceunah

Dan sebelum pergi ke Tasik sempat pua menghadiri Mari Bercerita Papua di Universitas Indonesia, melihat dan mendengar orang Papua yang sukses di berbagai bidang

April

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, situasi mudik tidak kondusif karena pembatasan pergerakan masyarakat, seperti yang ditulis di :

Karena berada di Tasikmalaya , maka mullai lebih rajin menulis soal kota kelahiran Saya ini

Dan karena kegiatannya #Dirumahaja , maka mulai mengolah materi yang selama ini belum dipublish, sma mulai membuat konten #MakanDibalkon di Facebook, lalu #FilmDariBalkon , karena Saya selama pandemi tinggal di lantai dua yang punya balkon. Kenapa tidak ? hahaha

Saat mulai kangen traveling, maka membuat video

Mei

Bulan ini mendapatkan pengalaman yang menarik sekaligus sendu, karena berpuasa dan ber Hari Raya di tengah pandemi itu beda banget rasanya. Tidak bisa berkumpul dengan keluarga inti secara Full karena dipisahkan pandemi, tapi Alhamdulillah masih bisa bareng orang tua dan semuanya sehat walafiat.

Sempat juga menulis soal Playlist lagu yang bisa diputar di perjalana, Saya suka sekali musik, dan perjalanan akan makin asik dengan musik.

Sempet juga menulis soal masak-memasak, karena di rumah saja otomatis kegiatan ini jadi salah satu kegiatan favorit

salah satu video yang dibuat di bulan May ini juga lumayan banyak penontonnya, gak nyangka juga

Juni

Memasuki pertengahan tahun rasa bosan makin membuncah. Tapi untungnya masih bisa mengembangkan diri via webinar, atau kumpul bareng temen di group Whatsapp atau Zoom Meeting.

Di bulan ini juga adapatasi dengan pandemi semakin matang, begitu pula dengan Adaptasi Kebiasaan Baru Saat Traveling

Terus karena waktu itu belum nemu masakan Padang yang enak di Tasik sempat menulis Artikel di bawah ini, untung akhirnya nemu warung Padang pinggie jalan dengan rasa Minang yang otentik, heeheh.

di bulan ini juga lagi seneng sama aplikasi Pixaloop yang bisa membuat gambar menjadi semacam video bergerak dengan aneka efeknya

Juli

Nah di bulan ini rindu banget sama pantai, udah lama kan ga ketemu pantai, laut, sungai, danau dan teman-temannya, bikin rekomendasi deh

dan masih mempromosikan wisata Tasikmaya tentang :

sempat juga upload kulineran Tasik seperti

sempat juga kangen naik pesawat, hahaha, kasian ya, sempat kepikiran tahun ini kayaknya ga akan naik pesawat deh, duh kapan ya ?

Agustus

Nah di bulan kemerdekaan Indonesia ini, kegiatan masih tetap di rumah aja. Tujuhbelasan pun masih di rumah aja, yang penting sehat dan selamat kan.

Masih buat konten tentang kuliner Tasikmalaya

dan di bulan Agustus ini cerita ke TemenAip semua tentang udah kemana saja sih Aiptrip di Indonesia, nanti dibuat versi luar negeri ya..

Di bulan ini juga biasanya Kick Off Festival Pesona Lokal Adira Finance, tapi karena pandemi akhirnya dibuat Festival Kreatif Lokal yang berjalan secara online :

September

Bulan ini sharing cerita yang cukup pribadi di Travel Blog ini, awalnya ragu karan cerita travelingnya udah lama, tapi kenapa nggak sih, pengalaman orang kan beda-beda, sekalian dokumentasi kan. Contohnya kisah Swan Lake di Moscow yang sudah terjadi puluhan purnama lalu :

atau cerita tentang wisata Kereta Api Legendaris di Museum Kereta Api Ambarawa

dan juga sharing permasalahan Saya setiap masuk Singapura

Bulan ini juga istimewa karena Saya memiliki gadget yang keren buat memperbaiki kualitas video Saya, lihat hasilnya di

Oktober

Oktober ini adalah bulan yang cukup ajaib buat Saya. Di kala kepala mulai pusing karena gak kemana-mana, Saya mendapat tugas Transmate Journey untuk meliput transportasi aman produktif di destinasi wisata Pulau Belitung.

Beneran deg-degan dimulai dengan naik kereta api ke Jakarta. Bepergian saat pandemi itu beda banget dengan traveling di saat normal. Banyak yang harus diterapkan demi keselamatan dan kesehatan bersama

Akhirnya Saya dan Rafika Aulia berangkat bertugas ke Belitung dengan protokol kesehatan yang ketat. Kami pergi ke Tanjung Kelayang, Tanjung Ru, Tanjung Pandan, cerita selengkapnya bisa dibaca di

Dan Senang Sekalli, karena akhirnya bisa snorkelling setelah puluhan purnama hahaha. kisahnya bisa dibaca di :

tonton juga videonya

November

Pulang dari Belitung akhirnya kembali ke Tasikmalaya sambil mempersiapkan dua trip yang cukup spektakuler. Kenapa ? selain dilakukan dengan protokol kesehatan di saat pandemi, juga karena Aiptrip akan pergi ke dua destinasi baru yang dilakukan secara simultan. Yaitu trip Tulungagung pada tanggal 25-29 November, lalu dilanjutkan ke Papua !

Jadi waktu itu lumayan hectic karena dilakukan secara berurutan. Oiya baca dan nonton keseruan Saya bersama teman-teman di Tulungagung

Beres dari Tulungagung, lalu berangkat ke Surabaya untuk naik pesawat pagi ke Jakarta. Karena malamnya, Saya dan Pinktravelogue akan pergi ke Papua dan sampai pada tanggal 1 Desember 2020

Desember

Keberangkatan Kami ke Papua adalah untuk mengikuti beberapa kegiatan Econusa, senang sekali karena #AiptripPapua2020 akhirnya terwujud, seru sekali dan yang pasti membuka wawasan. Sebagian ceritanya udah dishare

bisa juga dibaca di http://ariefpokto.com/2020/12/11/beradat-jaga-hutan-papua/

dan ditonton di

Terima Kasih 2020, Selamat Datang 2021

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada banyak pihak yang membuat 2020 bisa dilalui, kepada keluarga, semua TemenAip, juga kepada Kementerian Perhubungan, Kamadigital Nusantara, EcoNusa , Adira Finance, Astra dan banyak pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Dan terima kasih 2020 telah memberikan banyak sekali pengalaman baru yang berguna sekali.

Selamat Datang 2021, semoga Kita semua senantiasa dalam perlindungan Allah SWT, diberikan kesehatan, dan tak kurang suatu apapun, semua mimpi indah tercapai dan yang pasti makin berkembang ya.

2 comments

  1. Bisa menikmati perjalanan ke beberapa destinasi di tahun 2020 ini pastinya jadi berkah tersendiri ya, Aip. Semoga tahun-tahun mendatang bisa bawa pulang lebih banyak cerita perjalanan baru yang ngga kalah seru, ya. Aamiin.

Tak Komentar Maka Tak Sayang , Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.