Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Saya senang banget melihat yang ijo royo-royo, makanya pas Acara Sueger Camp 2018 ada destinasi Taman Botani Sukorambi senang banget. Karena yang namanya botani pasti banyak tanaman toh ? Tapi ternyata Taman Botani ini tidak hanya menjadi tempat belajar, tapi bisa juga jadi tempat bermain dan bergembira.

Taman Botani Sukorambi letaknya dekat dengan Kota Jember, jadi kalau jalan-jalan ke Jember wajib mampir, karena selain dekat, tempatnya juga keren dan menyenangkan. Lokasinya ada di Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68151. Dengan luas 12 hektar , ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan disana.

Taman  Botani Sukorambi adalah destinasi wisata Jember  yang cocok untuk segala usia. Karena disini fasilitasnya lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga. Bisa buat bermain, belajar dan bergembira. Dikutip dari website resminya diawali dari  Bapak H. Abdul Kahar Muzakir sebagai orang pertanian/perkebunan dengan modal dana pensiunan yang terbatas, berkeinginan untuk mempertahankan kesibukan dengan cara membeli tanah di lokasi Sukorambi. Tanah dibeli bertahap hingga berkembang sampai saat ini. Awalnya membuat tambak kecil-kecilan. Lalu saat areal bertambah luas dan dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis bunga,buah-buahan, sayur-sayuran maupun tanaman obat. Koleksi tanaman semakin bertambah dengan tanaman berasal dari luar daerah sampai luar negeri.Bapak H. Abdul Kahar Muzakir kemudian menciptakan tempat rekreasi yang alami sebagai alternatif pilihan tempat rekreasi bagi masyarakat Jember dan sekitarnya. Diharapkan juga dapat membantu dalam menyediakan sarana belajar tentang alam, serta membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan, tanaman dan binatang.


Rombongan peserta Sueger Camp 2018

Saat memasuki Kawasan Taman Botani Sukorambi kita akan disambut oleh gerbang yang cukup megah. Harga tiket masuk kedalamnyaRp.12.000 untuk Hari Senin-Kamis dan Rp.20.000 untuk Hari Sabtu dan Minggu. TamanBotani Sukorambi buka dari jam 07.00 sampai dengan 16.00 , dan setiap hari Jumat tutup. Jadi jangan kesana hari Jumat. Untuk Anggota Polri TNI dan Polri gratis asal menunjukan KTA ( tidak berlaku untuk keluarga) , Buat pemegang KTA SMAN 1 Jember juga gratis , sayang dulu ga sekolah disini hahaha.

Tempat pertama yang dikunjungi Rombongan Sueger Camp 2018 adalah Kebun Edukasi Hidroponik. Mata langsung adem melihat jejeran tanaman hidroponik aneka jenis ditata rapi. Aneka sayuran seperti Kangkung, Pakchoy ( sawi daging) , caisim, Selada Wang ( Siomak) , Selada Keriting dan daun Mint ada disana. Hidroponik adalah solusi bagi pertanian dengan lahan relatif sempit. Dengan sistem dan peralatan yang tepat kita bisa panen sayuran sehat dalam waktu singkat. Salut melihat Kebun Edukasi Hidroponik ini, sayurannya semua terlihat segar dan sehat. Tak lelah mata memandang jajaran sayuran yang dirawat dengan baik sehingga mudah dikelola. Sebagai orang Sunda, sempet kepikiran ingin mencari nasi panas, sambal dan ikan terasi, lalu langsung mencomot aneka sayuran segar disini. Kalau mau belajar Hidroponik, disini ada kelasnya juga lho, tinggal daftar . Sejenak berada di lingkunagna Kebun Hidroponikini bikin hati tenang melihat aneka sayuran hijau, dan happy karena di Indonesia ada tempat seperti ini.

Setelah melihat Kebun Edukasi Hidroponik, Kami berkunjung ke Bunny Friend Farm, untuk melihat kelinci. Kelinci disini lucu-lucu. Ada yang ditempatkan di kandang, ada yang ditempatkan di taman , dan ada yang ditaruh di meja display. Semua langsung heboh mengerubungi mahluk lucu berbulu halus ini. Di Taman Botani Sukorambi ada aneka macam kelinci dari ras lokal sampai dengan mancanegara. Mulai dari Kelinci Rex, Lop, Angora, dsb. Disini kami diedukasi bagaimana cara merawat kelinci, bahkan cara  memegang kelinci yang benar.  Caranya adalah, pegang lehernya seperti kucing, lalu pangku bagian pantatnya. hati-hati ya, jangan sampai lepas. Taman Botani Sukorambi menyediakan tempat bagi anak-anak untuk berkenalan dengan hewan. Di sini mereka bisa lebih dekat dengan hewan peliharaan melalui cara-cara merawat hewan dengan benar.

Menurut saya pribadi, saat memutuskan memiliki hewan peliharaan, kita memiliki tanggung jawab untuk memeliharanya sampai akhir hayat. Jangan sampai memelihara binatang karena ikut trend, tanpa tahu cara merawatnya. Sebaiknya pelajari dulu cara pemeliharaanya supaya hewan bisa hidup sehat. Tidak ada kata bosan, karena ini sebuah komitmen, jangan karena hewannya menua atau sakit-sakitan lalu ditinggalkan begitu saja. Bermain bersama Kelinci-kelinci ini bisa bikin gembira deh. Apalagi para pecinta hewan. Anak-anak pasti pada senang deh sama Bunny and Friends Village ini. Semoga mereka bisa belajar memelihara hewan dengan baik disini.

Satu tempat menarik lagi adalah Cafe Tebing. Cafe ini unik sekali karena lantainya setengah semen, setengah lagi adalah kaca. Dan karena letaknya di tebing otomatis kita bisa melihat ke bawah. Seru banget. Buat yang takut ketinggian duduknya di pinggir saja, tapi bisa jadi pengalaman baru lho. Dan jangan takut karena kacanya dibuat khusus kuat menampung beban. Pemandangan disini indah banget. Kita bisa melihat sawah hijau membentang, pepohonan rindang dan perkampungan di kejauhan. Sebuah pemandangan yang membuat hati adem, apalagi kalau sesekali terkena hembusan angin segar pegunungan yang membuat penat hilang.

Disajikan aneka minuman mulai dari, sampai makanan dengan harga yang terjangkau. Rasanya enak. Jadi sangat direkomendasikan. Menikmati minuman hangat dan cemilan dengan hembusan angin dan pemandangan indah itu nikmat banget.  Saya pesan Marshmallow panas dan sandwich. Rasanya maksimal enak dan harganya terjangkau. Sandwich beberapa potong berisi ayam dan sayuran hanya dibandrol Rp.20.000 saja. Murah kan. Bikin hati gembira karena dompet aman terjaga. Hahahaha. Hanya saja Cafe ini buka sesuai jam operasi Taman Botani Sukorambi, jadi jam 4 tutup ya TemenAip.

Untuk Pecinta Main Air, Taman Botani Sukorambi punya 6 Kolam renang. Keunikan kolam renang disini adalah airnya yang didapatkan dari sumber mata air pegunungan. Jadi tidak memakai bahan kimia. Airnya segar, jadi serasa mandi di mata air pegunungan dengan tampilan kolam renang modern.  Secara berkala kolam-kolam ini dibersihkan, jadi kebersihannya terjaga. Kalau mau berenang atau main air,  Pilihannya mulai dari Kolam Renang Dewasa yang memiliki ukuran panjang 26,5 meter, lebar 14 meter, dengan kedalaman 180 cm , disini orang dewasa bisa bebas berenang dengan leluasa karena ukurannya lebar. Kolam Renang Remaja ukuran panjang 11 meter, lebar 8 meter, dengan kedalaman 80 cm, cocok untuk remaja seperti kita-kita. Aman buat yang belum begitu pandai berenang. Untuk anak-anak ada Kolam Anak dengan kedalaman 60 cm dengan panjang 19 meter dan lebar 5 meter. Untuk main air ada Kolam Pelangi 1 dihiasi dengan dasar kolam yang berwarna seperti pelangi. Panjang kolam 20,5 meter, lebarnya 11 meter dengan kedalaman kolam 30 – 80 cm. Pilihan lain ada Kolam Pelangi 2 lebarnya 9 meter dan panjang 21,6 meter. Kedalaman kolam dari 25 – 80 cm. Kolam ini juga bisa untuk balita karena tidak dalam. Jadi bisa bermain air sepuas hati tanpa khawatir.

Satu lagi yang spesial disini ada Muslimah private Area , dimanaaa selain  ada ruang khusus juga Kolam khusus Muslimah. Supaya lebih private tanpa khawatir dilihat selain muhrimnya karena desainnya tertutup. Bahkan petugasnya pun muslimah supaya tetap terjaga aurat para muslimah yang berenang disini. Untuk memasukinya dikenakan biaya Rp.10.000. Kolam renang Muslimah ini juga bisa disewa keluarga dengan harga Rp.100.000 per jam, jadi bebas untuk berenang bersama muhrimnya karena modelnya seperti rumah dengan kolam renang besar. Mewah dan nyaman sekali.

Satu hal yang saya apresiasi adalah Pihak Taman Botani Sukorambi memberikan informasi tentang pohon-pohon yang ada disana. Selain nama jenis pohon juga nama latinnya jadi kita bisa tahu informasi tentang pohon itu. Karena tidak semua orang tahu jennis pohon lho !


 Duet Memberi makan ikan Koi sama Kak Didik. Shot by Ilham sadli

Pecinta Ikan Koi pasti senang deh kalau ke Taman Botani Sukorambi, karena kita bisa ketemu dengan Koi-Koi terbaik, Juara Lomba Koi Tingkat Nasional. Menurut Pak Febri Kahar,  Koi-Koi-nya sering diikutkan perlombaan tingkat nasional dan menang. Dan secara sekilas, orang pasti tahu ikan koi disana kualitasnya terbaik. Dari bentuk tubuhnya yang seperti cerutu, lalu markingnya atau corak tubuh koi dengan warna yang cerah memperlihatkan kualitas ikan. Ikan Koi-nya jinak dan mau diberi makan memakai tangan. Bahkan ikan-ikan anakannya pun bagus-bagus kualitasnya. Sempet naksir Kohaku, Taisho Sanke, Shiro Utsuri yang menarik hati. Cuman bisa lihat saja dan memberi makan mereka yang makannya lahap.

Satu highlight di Taman Botani Sukorambi adalah Rumah Pohonnya ! Saya suka sekali rumah pohon, tapi belum bisa punya, karena belum menemukan Pohon yang tepat di kebun saya.

Tingginya lima meter di atas tanah, berukuran 2×2 meter,  berdiri kokoh pada pohon yang kuat. Dari atas Rumah Pohon kita bisa melihat pemandangan Taman Botani Sukorambi. Maksimal pengunjung yang naik adalah 6 orang demi keselamatan. Bagus sih, cuman harus berhati-hati pas naiknya. Kalau sudah naik, malas turun !!

Kalau mau seru-seruan bareng teman dan keluarga, kita bisa camping disana, karena disediakan camping ground, nanti bisa BBQ-an sambil menyalakan api unggun. Bisa juga diadakan pelepasan lampion cantik berwarna merah yang menyala terbang ke angkasa

Pelepasan Lampion , difoto oleh Kang Nana

Bagi pecinta destinasi selfie, di Taman Botani Sukorambi, kita bisa berslfie ria dengan sepuasnya, karena banyak banget spotnya. Tinggal pilih saja. Kebanyakan bernuansa alam, sebagian warna-warni. Kita tinggal pilih, lumayan banget buat mengisi feed social media kita. hehehe

Ada aneka kegiatan untuk bermain dan bergembira bersama di Taman Botani Sukorambi mulai dari Camping ground , Dua Macam Flying Fox, yaitu Flying Fox Jungle dan Flying Fox Tombro. Memancing ikan dan Lobster, wisata berkuda, wisata memberi makan hewan, ke sawah dan banyak lagi. Segala macam aktivitas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan pemandangan alami, udara segar pegunungan dan infra struktur yang mumpuni, kita bisa menikmati pengalaman Kebun Botani Sukorambi dengan maksimal. Bisa bermain, belajar dan pastinya bergembira bersama teman-teman atau keluarga.

Camping , foto oleh Salman Faris

Ariefpokto.com mengucapkan terimakasih diundang ke acara Sueger Camp 2018 ini merupakan kerjasama  bloggerjembersueger.com dan tamanbotanisukorambi.com  dan didukung oleh BIN Cigar, Bedhag Kopi, Fondre Oleh-oleh Jember, Repri Tempat Penyewaan Camping Jember, Nyonya Ama Catering, Hotel Lestari, Pengelola Tanjung Papuma, dan Warung Kembang.

Baca juga #Aiptrip jalan-jalan ke Pantai Papuma Jember

Semoga Jember dengan segala potensinya bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Indonesia dan mancanegara. Jadi TemenAip ayo main ke Jember yuk !

16 comments

  1. wahhhh, Bang Aip keren, suka ih jadi ingin piknik disana bang, mulai dari tanaman yang bikin mata seger, ada kelinci yang bikin kita happy, ada rumah pohon yang bisa santai sambil menikmati pemandangan sekitar, ada payung-payung di udara untuk foto-foto syantiks untuk sosial media, ada destinasi camp jugaaa duhhh suka banget bang aip, jadi kepengen.. oh ya paling suka sama kolam renangnya jernih pisan euy.

Leave a Reply