Pandemi telah merubah dunia. Semua orang terdampak terutama di bidang perekonomian, banyak yang terpuruk , ada yang bertahan, dan ada yang masih berjuang sampai saat ini.  Itulah kenapa dibutuhkan platform untuk membantu semua yang terdampak karena pandemi. Melalui Festival Pasar Rakyat 2020 , Adira Finance membantu pihak terdampak dengan Digitalisasi untuk Bersama-sama Bangkit Bersama Sahabat di dalam Keberagaman negeri ini.

Pandemi tidak memandang bulu. Semua suku, ras, agama terdampak. Karena seluruh dunia mengalaminya. Laju perekonomian menurun, volume perdagangan fisik mengecil, karena interaksi yang berkurang signifikan. Salah satu yang terdampak parah adalah pasar tradisional atau Pasar Rakyat.

Untuk membantu mereka yang terdampak, Adira Finance mengajak para sahabat untuk bangkit bersama dalam Program Festival Pasar Rakyat 2020. Masih dalam rangka HUT Ke-30 Adira Finance, Festival Pasar Rakyat 2020 adalah saluran untuk memberikan edukasi mengenai protokol kesehatan, sekaligus mempersiapkan pasar rakyat menuju era digital sebagai adaptasi kebiasaan baru.

Festival Pasar Rakyat 2020 ini adalah bagian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020, ajang motivasi pelaku UKM dan generasi muda agar bangkit membangun perekonomian Indonesia.

Kenapa Pasar Rakyat yang Dipilih ?

Pasar Rakyat penting sekali bagi masyarakat , sebagai tonggak perekonomian dan sarana pengembangan ekonomi kerakyatan kreatif, edukatif, dan berbudaya.

Pasar Rakyat adalah etalase kekayaan daerah serta kamus hidup kuliner Indonesia, memberi karakter pada sebuah kota, dan menjadi destinasi wisata yang unik. Kalau berkunjung ke sebuah daerah biasanya akan datang ke pasar, disana bisa melihat aktivitas , interaksi orang-orangnya, barang yang dijual khas dan beragam.

Walaupun sama-sama menjual keperluan sehari-hari, tapi Pasar Hamadi Jayapura akan berbeda dengan Pajak Sambu Medan. Di Pasar Beringharjo Jogja, Kita bisa belanja aneka macam produk batik dengan aneka macam harga dan kualitas, lalu jajan gudeg kerecek setelahnya, sementara di Pa’baeang-baeang , Sulawesi Selatan Kita bisa menemukan hal yang berbeda.

Keberagaman Indonesia terpampang nyata di wajah pasar rakyat di seluruh Nusantara. Pasar bukan hanya pusat perdagangan saja, tapi juga tempat meneruskan budaya setempat, berinteraksi dan menjalankan kehidupan mereka. Pasar Rakyat adalah denyut nadi negeri yang keberadaanya terguncang wabah.

Program Pasar Rakyat

Pembagian Masker Dan Edukasi Pencegahan Covid-19

Program ini dilakukan di 30 pasar di 6 kota Indonesia yaitu Jakarta, Tangerang Selatan, Cirebon, Yogyakarta, Aceh dan Makassar. Harapannya dengan memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan bisa mencegah penularan virus, dan pasar bisa beroperasi maksimal.

Apabila Pasar Rakyat bisa beroperasi dengan kebiasaan baru bisa disiplin memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun, maka semua bisa bangkit bersama.

Webinar ‘Ayo Berdagang Secara Online ’

Jalan keluar efektif saat pandemi adalah berjualan online. Para pedagang Pasar bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan perdagangan mereka. Perlu ada pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman juga penggunaan sarana online untuk membantu mereka.

Berjualan secara digital juga membuka peluang bisnis baru di daerah lain. Potensi pasarpun makin besar.

Festival Pasar Rakyat 2020 mengadakan Webinar secara simultan di 6 kota, dengan tema Ayo, Berdagang Secara Online.

Dibawakan para pakar dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dengan penyampaian yang approachable, sehingga mudah dipahami supaya bisa diaplikasikan di lapangan. Sharingnya bersifat konkrit dan sangat bermanfaat.

Program Pendampingan

Festival Pasar Rakyat 2020 juga melakukan Program Pendampingan. Jadi tidak dilepas begitu saja, supaya peserta memiliki sarana informasi dan konsultasi untuk mencapai tujuan. Semua dilakukan secara online untuk menerapkan protokol kesehatan.

Forum komunikasinya berbentuk grup Whatsapp sesuai kota dan Facebook Fan Page. Inilah sarana pendampingan para pedagang pasar rakyat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pengembangan usaha.

Adira Finance berencana mendirikan Pasar Rakyat Corner, sebuah aplikasi berbasis whatsapp, nantinya akan ditempatkan di kantor-kantor cabang Adira Finance di sekitar Pasar Rakyat setempat. Pasar Rakyat Corner ini diharapakan akan menjadi saluran informasi tambahan bagi para pedagang pasar.

Saya mengapresiasi program Festival Pasar Rakyat 2020 ini, beragam hal telah dilakukan seperti pembagian masker dan edukasi pencegahan covid di 30 pasar di Indonesia , lalu Webinar Ayo Berdagang Secara Online, dan juga program pendampingan untuk memastikan para peserta dari berbagai daerah di Indonesia bisa mendapatkan bekal yang cukup untuk usaha mereka.

Semoga segala upaya ini bisa berhasil , karena Pasar Rakyat itu penting. Dengan edukasi yang sesuai dan cukup, perekonomian negara ini pun bisa terbantu, . Melalui Festival Pasar Rakyat 2020, Adira Finance bisa membantu banyak pihak terdampak dengan program Digitalisasi untuk bersama-sama Bangkit Bersama Sahabat di dalam keberagaman negeri ini agar  bisa melalui masa sulit seperti sekarang ini. Dan ini semua adalah upaya bersama. Semuanya harus bersama-sama mendukung, menjalankan perannya, supaya Kita semua bisa Bangkit dan berkembang.

35 comments

  1. Kondisi sekarang, berasa sekali kanan Kiri sepi terutama pasar.. pasar tradisional di sini jam 10-11 udah sepi, Dan kalo malam Juga kanan Kiri udah gK Ada Jajanan..

    Gak Bisa dpungkiri memang untuk kebaikan semua..

    Baca artikel ini kok jadi lebih lega ya, Ada solusi untuk pasar rakyat. Ada festival yang kekinian.

    Gak Akan Bisa dilakukan sendiri sh memang harus Ada yang memprakarsai

    Ini buah dari ikhtiar selama ini ya. Dengan adaptasi yang cepat akhirnya muncul solusi

    Semoga awet terus event ini Dan memberikan dampak positif untuk semua

  2. Biasanya pasar rakyat identik dengan kumuh dan bau. Tapi kalau harus pergi ke pasar, ke pasar seperti itu lah yang menarik bagi saya. Karena di sana tumpah ruah segala kekayaan kuliner maupun barang-barang kegunaan sehari-hari. Sampai saat ini belum ada satu pasar moderen pun yang bisa menggantikan keunikan pasar rakyat 🙂

  3. Pasar rakyat memang salah satu kunci pergerakan ekonomi meski sudah zaman digital. Menghidupkan pasar rakyat berarti menghidupkan perekonomian bangsa. Syukurlah Adira Finance punya gagasan ke sana ya:)

  4. Ah iya bener banget Kak. Pasar rakyat bukan sekadar buat Jual Beli tapi menemukan kekhasan daerah tersebut. Akupun tiap traveling ga pernah ketinggalan mengunjungi pasarnya

  5. benar bange mas aip, pasar tradisional ini salah satu tempat berkumpulnya budaya masyarakt yaa.. jadi sasaran csr-nya adira nih tepat banget. aku juga lebih suka ke pasar rakyat gitu, bahkan makanan yang old pun kadang kita masih menemukannya. Semoga makin banyak csr yang menyentuh bagian penting masyarakat ya

  6. Saya suka banget jika ada perusahaan yang program CSR nya bersifat memberikan dukungan kepada pedagang kecil. Dengan diberikan pelatihan dan bimbingan serta support lainnya, mereka bisa one step ahead dalam mengembangkan jualannya. Jika ini meningkat maka kesejahteraan keluarga mereka pun juga ikut. Good job buat Astra.

  7. Patut ditiru nih program adira punya, ngebantu bgt insya Allah, jdi keinget jaman kecil dlu suka diajak ke pasar klo liat foto2nya yg astetik ini

  8. Aq suka banget nih sama gagasan dari Adira untuk menghadirkan pasar rakyat yang bisa menjadi angin segar bagi pelaku UMKM di masa pa demi seperti ini.

  9. Apresiasi banget ya sama Adira yang memperhatikan usaha kecil dan menengah yang memang sangat terdampak dengan pandemi. Semoga semakin banyak pedagang yang bisa terjangkau dan dibantu oleh Adira

  10. Mantap banget kang Adira ini, bisa mengadakan program Pasar Rakyat. Hal ini membantu kesehahteraan para pedagang pasar dan tentu juga membawa dampak yang baik bagi perkekonomian Indonesia. Semoga program ini dapat terlaksana hingga ke pelosok-pelosok yah kang aamiin 😉

  11. Bagus program peduli pasar rakyat dari Adira Finance ini kang aip. Jujur aja pas setiap aku bantuin temen beli bahan baju buat nikahan pasti ada aja curhatan dr si penjual bahwa kondisi sekarang tuh menurun banget sedih, yah. Semoga program pasar ini bisa dicontoh dan tetap ada ya kedepannya.

  12. semoga dengan adanya festival pasar rakyat ini semakin bermanfaat dan berguna untuk kebutuhan masyarakat di masa pandemi ini

  13. apa yg dilakukan oleh adira ini sangat inspiratif ya mas
    pas banget untuk kondisi pandemi seperti ini, dimana orang lebih suka untuk belanja dari rumah

  14. Salut. Program seperti ini patut kita dukung dan turut sukseskan. Good job Adira! Semoga para pedagang yang ikut acara tsb bisa teredukasi dan mulai belajar berdagang online.

  15. Ayo, Berdagang Secara Online
    Kerennn…
    Salah satu kelemahan UMKM adalah ga pernah mencatat sehingga ga tau untung /rugi juga
    Karena itu Festival Pasar Rakyat menjadi terobosan terbaik untuk mereka

  16. Wow kepedulian Adira untuk para pedagang yang terhempas karena covid sangat appresiasi sekali. Dengan program Adira ini semoga para pedagang dapat bangkit danbisa memanfaatkan digital sebagai pemasaran, pembayaran .

  17. Program pendampingan untuk pasar rakyat ini patut diapresiasi karena mengangkat mereka juga yang terdampak pandemi agar tetap mampu berdiri di masa seperti ini

  18. Haduh terharu deh sam programnya dari Adira nih, bisa merangkul para pedagang di pasar untuk go online.
    Apalagi tema Festival Pasar Rakyat familiar banget di telinga, semoga saja mereka pada memahami dengan pendampingan dan bahasa yang disampaikan dengan mudah, semoga mereka diberikan kesadaran.

    Kuy ahh, lebih banyak edukasi buat pasar2 lainnya di seluruh Indonesia, agar mereka bisa bersahabat dengan jaman now.

  19. Akhirnya ada yang merengkuh para pedagang di pasar kecil seperti ini. Dengan program digitalisasi dari Adira ini, semoga jadi banyak yang terbantu dan perekonomian bisa bangkit lagi

  20. Beberapa tahun lalu ada ramalan mama Laurent ttg ekonomi di Indonesia dan dampaknya besar sekali. Lalu beliau bilang kalau yg bs menyelamatkannya adalah pengusaha kecil. Jd kt harus banget dukung mereka dgn belanja produk2 yg mereka jual.

  21. Sekarang, akupun lebih nyaman dengan membeli barang keperluan secara online.
    Program Festival Pasar Rakyat 2020 bagus sekali..jadi terbuka masyarakat untuk melihat adanya program dari Adira ini.

  22. semoga dengan adanya program CSR dari Adira ini dapat membantu masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang terdampak agar bisa bangkit kembali dan perekonomian mereka berangsur pulih. Dan semakin banyak perusahaan yang ikut berbagi dan membantu masyarakat kecil yang terkena dampak dari pandemi ini ya ka AIf. Good job Adira.

  23. Sayang di pasar Deket rumahku, penjual2 nya masih blm banyak ato mungkin malah blm ada yg mau jualan secara online ato at least pake wa. Pdhl kalo ada, aku LBH prefer utk belanja lwt itu mas, drpd DTG langsung ke pasar. Walopun yg kesana asisten, tp kan aku tetap kuatir dia kena pas belanja.

    Padahl enak yaaa kalo semua pasar bisa seperti yg di atas. Pelan2 lah yaaa, semoga program Adira bisa mencakup ke banyak pasar rakyat lainnya

  24. Nah aku suka bagian ini nih:

    “… dibawakan para pakar dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dengan penyampaian yang approachable, sehingga mudah dipahami supaya bisa diaplikasikan di lapangan. Sharingnya bersifat konkrit dan sangat bermanfaat!”

    Gaya bahasa mudah dimengerti itu, krusial!
    Apalagi buat pedagang yang awam media sosial dan teknologi digital.

    YES.
    Setuju di masa pandemi ini, sinergi, adaptasi dan kolaborasi memang keniscayaan!

Tinggalkan Balasan ke piiziiwiizii Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.