Hello TemenAip ! Apa Kabar ? Kalau Saya lagi ada kabar gembira. Tanggal 3 Mei 2021 kemaren Ariefpokto.com berkesempatan Uji Coba LRT Jabodebek sambil Ngabuburit bersama Direktur KAI beserta jajarannya dan para influencer. Senang sekali bisa ikut berpartisipasi mencoba LRT Jabodebek. Biasanya kan suka melihat kalau lewat Jalan Tol Jagorawi. Merhatiin dari tiang-tiang pancang sampai sekarang terlihat kokoh dan wujudnya sudah jelas, sambung menyambung sebagai lintasan kereta api.

Mencoba LRT Jabodebek Dari Stasiun Harjamukti

Para influencer sebelumnya berkumpul di Stasiun Gambir untuk melakukan Tes Swab Antigen , memastikan semuanya sehat dan bisa ikut berpartisipasi. Alhamdulillah semuanya sehat, dan Kami sempat mengunjungi Kantor LRT Jabodebek di Stasiun Gondangdia untuk mendengarkan paparan soal LRT Jabodebek.

Setelah itu Kami mendatangi Stasiun LRT Jabodebek terujung yaitu Stasiun Harjamukti yang terletak di pinggir jalan tol di Cibubur, di seberang Cibubur Junction tepatnya. Pembangunan masih terus berjalan, dan Kami semua diwajibkan menggunakan Helm keselamatan dan Rompi proyek yang berwarna mencolok.

Stasiun ini mengingatkan Saya sedikit pada stasiun MRT, ada loket , ada eskalator, dan lengkap dengan musholla dan juga toilet. Semuanya tertata rapi.

Dan setelah naik ke atas dengan eskalator, akhirnya berjumpa juga dengan LRT Jabodebek yang sudah lama hanya bisa Saya lihat dari jauh. Selama ini baru naik dan menulis soal LRT Jakarta yang sudah lebih dulu beroperasi.

LRT atau Light Rail Transit merupakan moda transportasi massal berbasis rel dengan tenaga listrik. LRT Jabodebek memiliki warna dominan merah dengan tambahan warna putih pada tubuhnya.

Tempat duduknya berwarna biru muda, masih dilapis plastik, jadi Kami masih harus berhati-hati saat duduk. Interiornya didominasi dengan warna Cream dan pegangan tangan penumpang berwarna abu-abu. Ada beberapa tempat duduk untuk lansia, ibu hamil dan penyandang disabiltas.

Sama seperti LRT Jakarta , LRT Jabodebek beroperasi di atas permukaan tanah, tidak seperti MRT yang jalurnya bisa di bawah tanah dan juga di atas tanah.

Dalam 1 rangkaian LRT terdiri dari 6 kereta/car, dengan kapasitas angkut maksimal saat crush load dapat menampung ± 1300 orang.

Moda Transportasi Metro Tercanggih

LRT Jabodebek adalah moda transportasi metro dengan teknologi paling canggih di Indonesia. Operasi kereta dilakukan tanpa masinis, tapi menggunakan system. Sistem persinyalan yang dipakai adalah Moving Block CBTC Grade of Automation level 3. Tercanggih bahkan dibandingkan dengan KRL, LRT Jakarta dan MRT. Untuk faktor keselamatan dilengkapi sistem keselamatan Automatic Train Protection (ATP).

Untuk pemantauan dan manajemen operasi perjalanan kereta dilakukan terpusat melalui Operation Control Center (OCC). Jadi semuanya dilakukan secara jarak jauh. Walaupun untuk keamanan, keselamatan dan juga pelayanan, disediakan petugas khusus yaitu train attendant yang berada di dalam rangkaian kereta saat beroperasi.

Karena semua diatur oleh system, semua jadwal mengikuti system dan didesain akan selalu tepat waktu. Keren sekali kan !

Kereta akan disuplai dengan listrik bertegangan 750V DC melalui rel ketiga (third rail). Pada masa operasional nanti, headway yang direncanakan 3 dan 6 menit. Waktu operasionalnya sendiri dilaksanakan dari pukul 05.00 sampai pukul 23.00 setiap harinya. Di luar jam tersebut akan digunakan untuk pekerjaan perawatan.

Kereta Buatan Negeri Sendiri

Sarana LRT Jabodebebek adalah kereta karya anak bangsa, yang diproduksi oleh PT INKA (Persero). Keseluruhan sarana LRT Jabodebek adalah 31 trainset, dengan alokasi 27 trainset untuk operasi harian, 3 trainset untuk menjalani perawatan rutin dan 1 trainset untuk cadangan.

Dari 31 trainset itu, saat ini 25 trainset yang sudah dikirimkan ke Stasiun Harjamukti dan menjalani tes dinamis serta integrasi dengan peralatan persinyalan.

Perawatan kereta LRT ini akan dilakukan di depo LRT di Bekasi Timur. Baik perawatan berkala maupun insidental yang diperlukan dalam menunjang operasi LRT Jabodebek.

Satu hal yang menarik , karena LRT Jabodebek diproduksi negeri sendiri, otomatis semua pengetesan dilakukan sendiri. Tidak seperti moda transportasi lain yang diproduksi di luar negeri. Uji coba dilakukan untuk menyempurnakan saat operasional nanti.

Fase LRT Jabodebek

Pembangunan LRT Jabodebek dilakukan dalam 2 fase, yaitu :
Fase pertama :
• Lintas Pelayanan 1: Cibubur – Cawang
• Lintas Pelayanan 2: Cawang – Dukuh Atas
• Lintas Pelayanan 3: Bekasi Timur – Cawang
Fase kedua :
• Lintas Pelayanan 4: Cawang – Palmerah – Senayan
• Lintas Pelayanan 5: Cibubur – Bogor
• Lintas Pelayanan 6: Palmerah – Grogol

Pada fase 1, LRT Jabodebek ditargetkan untuk bisa dioperasikan di bulan Juli 2022. Pada Fase ini akan melayani 18 stasiun dengan 2 rute perjalanan, yaitu Cibubur Line (Harjamukti – Dukuh Atas) dan Bekasi Line (Jatimulya – Dukuh Atas). Beberapa stasiun LRT Jabodebek akan terintegrasi dengan moda angkutan lain seperti Transjakarta, Commuter Line, MRT dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung . Target penumpang yang diharapkan pada awal operasi th 2022 sekitar 115-137rb orang per harinya.

Pengalaman Naik LRT Jabodebek

Pengalaman menumpang LRT Jabodebek adalah pengalaman yang menyenangkan. Tarikannya terasa halus, dan sistem pengumumannya berjalan dengan baik, setiap stasiun yang akan dilewati akan diumumkan lewat speaker.

Ada beberapa belokan yang cukup terasa karena memang lengkungannya cukup besar, tapi tidak menggangu Saya saat berdiri di dalam kereta.

AC di dalam LRT Jabodebek juga terasa adem, pas suhunya membuat Kita nyaman di dalam. Papan petunjuk dan informasi menurut Saya cukup mudah di lihat.

Saya juga sempat mengunjungi kabin tempat pengendalian LRT Jabodebek. Sejatinya ada pintu pembatas , tapi Kami bisa melihat panel-panel dan juga aneka layar yang terdapat disana. Takjub juga kalau nanti semua sudah bisa beroperasi secara otomatis tanpa masinis.

selama perjalanan Uji Coba LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Taman Mini sejauh 5,8 KM, semuanya terasa mulus dan menyenangkan. Ditambah Kita bisa melihatnya pemandangan yang cukup indah di luar.

Tahan Gempa

Direktur PT. KAI Bapak Didiek mengatakan kalau struktur LRT Jabodebek sudah didesain sedemikian rupa untuk bisa tahan menghadapi guncangan gempa. Diklaim bisa menahan goncangan gempa sampai dengan 9 Skala Richter.

Harapan Untuk LRT Jabodebek

Menurut Saya LRT Jabodebek akan menjadi jalan keluar bagi permasalahan transportasi di wilayah Jakarta, Depok, Bogor dan Bekasi. Lalu lintas para penglaju di wilayah ini sangat besar, dan bagus sekali ada LRT Jabodebek yang akan memperkuat dan melengkapi armada transportasi di wilayah ini. Memang waktu aktivasinya cukup lama untuk proyek yang dimulai dari 2017, tapi memang banyak kendala dalam pelaksanaannya seperti pembebasan lahan dsb.

Para penglaju di wilayah ini akan mendapat moda transportasi yang cepat, mudah, tepat waktu dan bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Semoga proses pembangunannya lancar dan juga uji coba-uji cobanya berjalan mulus, supaya operasional LRT Jabodebek ini bisa berfungsi seperti yang direncanakan.

Tak sabar menunggu operasionalnya nanti.

23 comments

  1. Bangga sekali. Tahun 2022 ya.. Semoga bisa mencicipi rasanya naik LRT jabodebek ini. Dan harapan lainnya adalah, orang-orang makin mengurangi penggunaan kendaraan pribadi kalau urusannya hanya pulang pergi rumah ke kantor dan sebaliknya. Mana tau bisa bantu kurangi masalah polusi udara di Jakarta juga.

  2. Makin maju dan cepat transportasi kita, dengan hadirnya rangkaian LRT ini. Bepergian juga nyaman karena banyak pilihan transportasi, paling sih jangan lupa untuk menjaga fasilitasnya

  3. Senangnya bisa ikut uji coba LRT Jabodetabek, ya kak.
    Canggih banget, yak. Dikendalikan dari jarak jauh dan buatan dalam negeri pula.
    Semoga sukses, lancar, aman dan nyaman LRT ini

  4. LRT-nya makin bagus dan canggih. Rasanya kalo fasilitas publik rata-rata bisa secantik ini, sangat mungkin mengurangi kemacetan, polusi kendaraan dan efektif melakukan perjalanan rutin.

  5. Ini LRT khusus Jabodebek ya.? berarti TangSel belum terlewati dunk ya.. hehehe.. btw Saya baru tahu kalau LRT ini auto pilot tidak ada masinisnya.. keren banget.. mana buatan INKA berarti produk dalam negeri ya tambah bangga pastinya KIta semua menggunakan produk teknologi buatan anak bangsa

  6. Baru tahu kalau ternyata buatan negeri sendiri. Semakin pengen nyobain LRT deh kalau ke Jakarta

  7. LRT keren dan canggih ya.. berasa nyaman aja liat interior dan sebagainya memperhatikan lansia dan difabel andai bisa ikutan uji coba pasti jadi perjalanan yang sangat menyenangkan

  8. huhuhu bacanya merinding saking bangganya

    apalagi sarana LRT Jabodebek diproduksi oleh anak bangsa ( PT INKA (Persero).

    ternyata jika diberi kesempatan, kita bisa ya?

    Nggak sabar nunggu pembukaannya dan saya lari ke Jakarta untuk naik LRT ^^

  9. pasti senang sekali ya mas bisa ikutan uji coba LRT ini
    Bangga dgn DKI, sistem transportasi umum nya makin banyak
    Setelah MRT ada LRT juga, semoga bisa semakin mengurangi kemacetan di DKI

  10. Keren deh kak, bisa berkesempatan mencoba LRT Jabodebek. Baru tau ternyata LRT ini dijalankan tanpa masinis, canggih banget. Ga sabar menunggu LRT jabodebek beroperasi. Banyak orang dimudahkan dengan LRT.

  11. Seru nih bisa ikutan uji cobanya. Aku penasaran pengen nyoba juga. Semoga cepat beroperasi untuk umum. Bangga ya karya hasil bangsa. Keren sistem dan interiornya apalagi di desain anti gempa.

  12. Wah hebat sekali yach LRT sudah akan beroperasi. Saya masih penasaran apakah bisa yach LRT ini dijalankan tanpa masinis? Jika dalam praktek, nanti penumpang ada yang bandel etc.. gimana, jika ada hambatan di luar kebiasaan…maklum banyak kendala setelah beroperasi…

  13. Mantap LRT Jabodebek ini buatan dalam negeri sendiri. Senang sekali ya kang Aip bisa nyoba mode transportasi yang satu ini. Dan harapan saya juga sama semoga bisa segera beroperasional sepenuhnya dan kontribusi untuk alternatif pergerakan manusia sekitar Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

  14. Wow, perjalanan 5.8 km bikin hati senang yaa Kang, aplagi orang yang pertama uji coba LRT Jabodetabek. Luar biasa banget, dalemannya LRT kursi yang masih diplastikan, ga tega buat didudukin atulah dan aku salut sama karya negeri sendiri. Makin bangga, dan wajib naik LRT ini next kalo ke Jkt ajak aku keliling pake LRT yaa.
    Sukses ya LRT, semoga dilancarkaaan semuanya.

Tak komentar maka tak sayang. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf, tidak menerima komentar dengan active link. Terima Kasih sudah berkunjung

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.